Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS BIAYAOPERASIONAL PT. BHANDA GHARA REKSA

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Pada umunya suatu perusahaan dibentuk untuk mencapai suatu tujuan  tertentu. Tujuan umum dari suatu perusahaan adalah mencapai laba (profit),  kelangsungan hidup (continuity atau survival) dan pertumbuhan (growth). Dalam mencapai tujuan tersebut, perusahaan menetapkan langkah-langkah yang  harus ditempuh dan kemudian diambil suatu tindakan korektif yang mengarah  kepada tujuan organisasi atau perusahaan.

Dalam rangka pengambilan tindakan korektif, perusahaan memperoleh  gambaran tentang perkembangan perusahaan. Salah satunya dapat dilihat dari  perkembangan keuangannya untuk menunjang keefektifan penggunaan biaya  operasional perusahaan. Biaya operasional untuk melihat perkembangan  keuangan, perusahaan memerlukan adanya analisis terhadap data keuangan dari  perusahaan yang bersangkutan, yaitu analisis atau mengukur biaya-biaya umum,  administrasi dan pemasaran.
Biaya (cost) adalah sebagai pengeluaran (expenditure) guna memperoleh  manfaat. (Nasehatun 2000 : 207). Sedangkan menurut Nafarin (2004 : 379)  bahwa “Biaya (cost) adalah nilai sesuatu yang dikorbankan yang diukur dalam    satuan uang untuk memperoleh aktiva yang diimbangi dengan pengurangan  aktiva atau penambahan utang atau modal.
Seluruh rencana kegiatan perusahaan yang mencakup biaya operasional  yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain, dinyatakan  dalam satuan uang yang berlaku pada masa yang akan dating. Dengan  berpedoman pada biaya operasional maka tujuan perusahaan akan tercapai.
Perencanaan penyusunan anggara merupakan tindakan atau langkahlangkah pemikiran dan menghubungkan fakta-fakta serta membuat dan  menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa yang akan dating sesuai dengan  tujuan perusahaan yang diinginkan (Nafarin, 2004 : 04).
Biaya Operasional (operating expenses) adalah biaya yang menjadi  beban tanggungan perusahaan yang berhubungan erat dengan usaha pokok  perusahaan. (Munandar 2001 : 04). Biaya operasional merupakan komponen  yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan anggaran operasional yang  baik dapat mendukung tujuan akhir perusahaan tersebut pula. Anggaran biaya  operasional merupakan anggaran yang bertujuan untuk menyusun anggaran  berupa daftar yang disusun secara sistematis atas pendapatan, beban dan laba  rugi yang diperoleh suatu perusahaan selama periode tertentu.
Anggaran dan realisasi merupakan komponen yang sangat berhubungan  dengan biaya dalam bidang operasional perusahaan. Anggaran  dan realisasi  sangat penting guna menghindari terjadinya penyimpangan biaya yang tidak  diperlukan, yang dapat menyebabkan biaya operasional perusahaan semakin  besar karena pada dasarnya perusahaan menginginkan keuntungan yang besar,  pertumbuhan yang cepat dan kelangsungan hidup yang lama.
  Suatu anggaran yang baik dan tepat dapat membantu pihak manajemen  dalam melakukan perencanaan terhadap pelaksaknaan kegiatan usaha dan  pengawasannya. Anggaran menuntut keputusan pengalokasian sumber daya  menuju pencapaian tujuan, disamping itu anggaran juga mempunyai fungsi  pengawasan yaitu mengawasi realisasi dari anggaran apakah pelaksanaan suatu  kegiatan itu sudah dijalankan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.
Melihat betapa pentingnya penyusunan biaya operasional  dalam  perusahaan, maka dalam skripsi minor ini akan dibahas mengenai Biaya  Operasioanal dengan judul  “Analisis  Biaya Operasional PT.
BHANDA GHARA REKSA CABANG MEDAN” B. Perumusan Masalah Dalam menjalankan kegiatan usaha, perusahaan sering mengalami  hambatan, baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan.
Pengelolaan biaya operasional yang cermat dan tepat akan membantu  manajemen perusahaan mencapai tujuan yang efektif dan efesien. Sehubungan  dengan latar belakang di atas, maka pokok pembahasana permasalahannya yaitu  : “Apakah perencanaan penyusunan anggaran biaya operasional pada PT.
BHANDA GHARA REKSA CABANG MEDAN ini telah disusun dengan baik  serta dapat dilaksanakan dengan efektif dan efesien?”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian    a.  Mengetahui bagaimana PT. BHANDA GHARA REKSA CABANG  MEDAN melakukan perencanaan penyusunan anggaran biaya  operasional.
b.  Memahami tentang analisis biaya operasional yang telah dipelajari  selama masa perkulihan.
c.  Mencoba menerapkan teori-teori ilmiah praktik yang nyata pada  perusahaan tentang analisis biaya operasional perusahaan.
2.  Manfaat Penelitian Manfaat yang dapat diperoleh penulis darihasil penelitian melalui Laporan  Skripsi Minor ini adalah : a.  Bagi Penulis Penulis mampu memahami dan menyusun Anggaran Biaya  Operasional sebagai penerapan Ilmu Perkulihan dan Praktik  dilapangan khususnya pada objek penelitian ini.
b.  Bagi Perusahaan Digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilahn langkah  untuk perencanaan dan penyusunan serta pengawasan biaya operasional perusahaan pada masa yang akan datang, sehingga  diharapkan perusahaan dapat terus mengalami perkembangan.
c.  Bagi Pendidikan Dipakai sebagai perbandingan dan informasi bagi rekan-rekan yang  akan melakukan penelitian pada masa yang akan datang.
  D. Metodologi Penelitian Metodologi Penelitian yang penulis pergunakan dalam penyusunan  skripsi ini meliputi 4 (empat) metode penelitian, yaitu : 1.  Lokasi Penelitian Lokasi penelitian yang dilakukan oleh penulis langsung ke PT. BHANDA  GHARA REKSA CABANG MEDAN yang beralamat di Jalan Titi  Pahlawan Medan – Marelan 20255.
2.  Sumber Data a.  Data Primer Merupakan data yang diperoleh langsung dari sumbernya, diamati, dan  dicatat untuk pertama kalinya.
b.  Data Sekunder Merupakan data yang diperoleh dari dokumentasi yang ada di  perusahaan, biro stastitik, majalah, keterangan-keterangan atau publikasi  lainnya.
3.  Teknik Pengumpulan Data a.  Wawancara (interview)  Merupakan wawancara langsung kepada pimpinan dan karyawan PT.
BHANDA GHARA REKSA CABANG MEDAN dalam memperoleh  keterangan untuk tujuan penyusunan laporan dengan cara mengajukan  pertanyaan secara langsung.
b.  Pengamatan (observation)  Merupakan pengamatan secara langsung terhadap perusahaan dengan  mengamati langsung terhadap kegiatan dan lokasi pelaksanaan kegiatan  operasional.
  c.  Studi Pustaka (library research)  Merupakan pengumpulan data dan informasi dari buku-buku dan  referensi yang berkaitan dengan penelitian.
4.  Metode Analisis a.  Metode Analisis Deskriptif Merupakan metode analisis dengan cara mengumpulkan, mengolah,  menyajikan, menganalisis, dan mengklarifikasikan serta  menginterprestasikan sehingga memberikan gambaran yang jelas  mengenai pengumpulan data, penyusunan dan analisis data untuk  mengetahui gambaran umum objek yang diteliti.
b.  Metode Analisis Kuantitatif Merupakan data yang dinyatakan dalam bentuk jumlah atau angka yang  dapat dihitung secara matematik penjumlahan, pengurangan, perkalian  dan pembagian dalam anggaran biaya operasional agar selanjutnya dapat  diambil suatu keputusan atau kesimpulan untuk menganlisis masalah  tersebut.
  BAB II PT. BHANDA GHARA REKSA CABANG MEDAN A. PROFIL PERUSAHAAN 1. Sejarah Singkat PT BHANDA GHARA REKSA berdiri pada 11 April 1997 bergerak di  bidang pergudangan (dalam arti luas) yang mempunyai tugas utama dari  Pemerintah antara lain untuk menjadi perusahaan yang menyediakan tempat  atau gudang sebagai penyangga untuk barang-barang strategis antara lain pupuk,  beras, dan lain-lain. Atau dengan kata lain juga bisa dikatakan bergerak di biang  penyediaan, penyewaan dan pengelolaan ruangan gudang baik tertutup maupun  terbuka. Disamping itu juga berkegiatan dalam hal penyaluran (distribusi),  pemilikan barang.
Selama kurun waktu 29 tahun PT BHANDA GHARA REKSA terus  melakukan diversifikasi usaha walupun masih dalam ruang lingkup bidang  pergudangan dan distribusi barang, sebagaimana Rencana Jangka Panjang  Perusahaan untuk tahun 2005-2010, PT BHANDA GHARA REKSA telah  mencanangkan menjadi perusahaan jasa logistik terpadu. Kegiatan jasa logistik  terpadu antara lain adalah meliputi penyimpanan barang di gudang, pengiriman  barang sampai ke job site/door to door service (darat,laut,udara).



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi