Senin, 26 Mei 2014

Skripsi Finansial: PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA FAKULTAS EKONOMI

BAB I.
PENDAHULUAN.
1.  Latar Belakang.
Kedisiplinan  merupakan suatu hal yang menjadi tolok ukur untuk  mengetahui apakah peran pimpinan secara keseluruhan telah dilaksanakan dengan  baik atau tidak. Disiplin juga merupakan bentuk pengendalian diri karyawan dan  pelaksanaan yang teratur serta menunjukkan tingkat kesungguhan tim kerja dalam  sebuah organisasi, tindakan disiplin menuntut  adanya  hukuman terhadap  karyawan yang gagal memenuhi standart yang ditentukan.  Oleh karena itu  tindakan disiplin tidak diterapkan secara sembarangan, melainkan memerlukan  pertimbangan bijak.

Kesuksesan atau kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh banyak hal,  salah satunya adalah kepemimpinan yang dibangun di dalam organisasi tersebut. Kepemimpinan (leadership) dapat dikatakan sebagai cara dari seorang pemimpin  (leader) dalam mengarahkan, mendorong dan mengatur seluruh unsur–unsur  dalam kelompok atau organisasi untuk dapat mencapai tujuan. Seorang pemimpin  harus dapat menemukan dan menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan  organisasi dan bawahan yang dipimpinnya.  Untuk memimpin sekelompok  manusia tertentu akan berbeda dengan memimpin kelompok manusia lainnya.
Salah satu diantara sekian banyak kriteria pemimpin yang sukses adalah  apabila pemimpin tersebut mampu menjadi creator  (pencipta) dan motivator  (pendorong) bagi bawahannya dengan menciptakan suasana dan budaya kerja  yang dapat memacu peningkatan disiplin kerja karyawannya.
  Banyak orang menyatakan  bahwa disiplin merupakan suatu proses  yang  negatif, yaitu sesuatu yang memaksa tingkah laku karyawan yang bermasalah.
Sikap seperti ini dapat menimbulkan perasaan ragu – ragu pada semua orang yang  terlibat. Proses disiplin ini dapat digunakan sebagai sebuah kesempatan untuk  membalik sebuah situasi yang bermasalah menjadi sesuatu yang menguntungkan  semua pihak dan untuk mengubah perilaku serta bukan untuk menghukum  karyawan yang bermasalah. Kenyataannya sebagian karyawanperilakunya sesuai  dengan harapan organisasi, dan sebagian lain yang perilakunya cukup diterima,  namun ada pula beberapa karyawan yang sering menimbulkan masalah walaupun  tidak semuanya seperti itu.
Seorang pemimpin harus menggunakan dua pertiga waktu, tenaga dan  pikirannya untuk mengawasi dan mendisiplinkan para karyawan yang bermasalah.
Pemimpin tidak dapat berharap bahwa karyawan akan disiplin, jika pemimpin  sendiri tidak disiplin. Jika karyawan diharapkan tepat waktu, berpakaian sesuai  dengan ketentuan. Pemimpin harus dapat menunjukkan contoh yang dapat  diteladani oleh para karyawannya.
Berkaitan dengan kepemimpinan manajemen sumber daya manusia, maka  kedisiplinan merupakan salah satu fungsi operatif dari manajemen sumber daya  manusia karena semakin baik disiplin karyawan, semakin tinggi prestasi kerja  yang dapat dicapainya dan akan menciptakan karyawan yang berkualitas. Tanpa  disiplin karyawan yang baik, sulit bagi organisasi perusahaan untuk mencapai  hasil yang optimal. Disiplin kerja karyawan dapat dilihat dari kehadiran karyawan  setiap hari, ketepatan jam kerja, mengenakan pakaian kerja dan tanda pengenal,  serta ketaatan karyawan terhadap peraturan.
  2.  Permasalahan  Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka terdapat  permasalahan yang menjadi objek dalam penelitian ini, yakni Seberapa Besar  Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Disiplin Kerja Pegawai di  Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara? 3.  Tujuan Dan Manfaat  Penelitian    Tujuan Penlitian  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepemimpinan yang  diterapkan oleh manajer sumber daya manusia dan bagaimana pengaruhnya terhadap kedisiplinan Pegawai di Fakultas Ekonomi Sumatera Utara.
  Manfaat Penelitian  a. Bagi Perusahaan  Memberikan tambahan informasi tentang kepemimpinan dan disiplin kerja  sehingga pelaksanaan dan tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik  b. Bagi Pihak Lain  Sebagai pedoman atau referensi dalam melakukan penelitian di masa yang  akan datang, khususnya penelitian yang berkaitan dengan disiplin kerja karyawan  dan kepemimpinan seorang pimpinan.
c. Bagi Penulis  Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk menerapkan  teori- teori yang penulis dapatkan baik dari bangku kuliah maupun dari luar dan  memperdalam pengetahuan serta menambah wawasan di bidang manajemen  sumber daya manusia, khususnya menyangkut disiplin kerja karyawan.
  4.  Rencana Penulisan  a.  Jadwal survei / observasi  Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara Jl. T.M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya  jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada Tabel 1.1 dibawah ini.
NO  KEGIATAN MINGGU KE 1  2  3 1.   Persiapan      2.   Pengumpulan Data       3.   Penulisan Laporan    Dalam kegiatan pengumpulan data, Penulis melakukan riset selama  beberapa minggu mulai dari 13 November -  5 Desember 2009 di Fakultas  Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
b.  Rencana Isi  Tugas akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap babnya dibagi atas  beberapa sub bab antara lain : I.  Pendahuluan  Bab ini menguraikan tentang Latar Belakang, permasalahan, Maksud  dan tujuan, rencana penulisan terdiri dari Jadwal survei/obsevasi dan  rencana isi.
  II.  Profil Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Dalam bab ini diuraikan mengenai sejarah ringkas, struktur  organisasi & personalia, job description, jaringan usaha/kegiatan, kinerja  usaha terkini dan rencana kegiatan.
III. Topik Penelitian  Bab ini membahas tentang Pengaruh Kepemimpinan Terhadap  Peningkatan Disiplin Kerja Pegawai di Fakultas Ekonomi Univesitas  Sumatera Utara.
IV. Penutup  Dalam bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang Pengaruh  Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Disiplin Kerja Pegawai di  Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera.
  BAB II PROFIL FAKULTAS EKONOMI 1.  Sejarah Ringkas Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara lahir di luar kota Medan atau  di luar Provinsi Sumatera Utara. Jelasnya Fakultas Ekonomi lahir dan didirikan  tahun 1959 di Darussalam (Universitas Syiah Kuala) Kota Kuraja (Banda Aceh),  dan sebagai Dekan pada waktu itu Dr. Teuku Iskandar.
Yayasan Universitas Sumatera Utara sendiri pada waktu itu berada di kota  Medan, Namun Fakultas Ekonomi yang berada di Kutaraja (banda Aceh) tetap  memakai nama dibawah panji Universitas Sumatera Utara. Ini menunjukkan  bahwa pada waktu itu tekhnik operasional pendidikan berada di Kutaraja,  sedangkan penyelesaian administrasinya tetap berada dibawah Presiden  Universitas Sumatera Utara (Istilah untuk nama pimpinan pada waktu itu).
Berhubung Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara yang  berkedudukan di Kutaraja (sekarang Banda Aceh) memisahkan diri dari  Universitas Sumatera Utara dan bergabung dengan Univeritas Syiahkuala, maka  Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara didirikan di Medan dan  memperoleh status Negeri dengan surat Keputusan Meteri Perguruan Tinggi dan  Ilmu Pengetahuan R.I No. 64/1961 tentang Pengertian Fakultas Ekonomi yang  diselenggarakan  oleh Yayasan Sumatera Utara dan pemasukan kedalam  lingkungan Universitas Sumatera Utara tanggal 24 November 1961 yang berlaku  surat terhitung mulai 1 Oktober 1961.
  Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I No.
05350 /1983 tanggal 8 Desember 1983, Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No.
131/DIKTI/Kep/1984. dan disusul dengan Surat Keputusan No.
23/DIKTI/Kep/1987, No.25/DIKTI/Kep/1987 dan No. 26/DIKTI/Kep/1987,  Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara mengasuh dua jenjang Program  Pendidikan, yaitu Program Pendidikan Strata-1 dan Pendidikan Diploma-III.
Program Pendidikan Strata-1 meliputi 3 (tiga) Departemen, yaitu : a.  Departemen Akuntansi b.  Departemen Manajemen c.  Departemen Ekonomi Pembangunan Sedangkan Program Diploma-III terdiri dari : a.  Jurusan Akuntansi b.  Jurusan Keuangan  c.  Jurusan Kesekertariatan  Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara di Medan mulai menerima  Mahasiswa pada bulan Agustus 1961.
Visi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Visi Fakultas Ekonomi Sumatera Utara adalah menjadi salah satu Fakultas  Ekonomi terkemuka yang dikenal unggul dan mampu memenuhi kebutuhan pasar  dalam persaingan global.
Misi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Misi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara adalah sebagai berikut : a.  Menghasilkan lulusan yang mempunyai karakter dan kompetensi dalam  bidang ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi yang berorientasi pasar.
  b.  Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan pemberdayaan  peningkatan kualifikasi dan kualitas dosen.
c.  Mengembangkan dan meningkatkan pelaksanaan dharma penelitian dan  pengabdian sebagai upaya meningkatkan mutu keilmuan dan sumber  pendanaan fakultas dalam status PT. BHMN.
d.  Senantiasa berusaha meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa selaku  pelanggan (customer) dan shareholders lainnya.
e.  Meningkatkan jaringan dan kerjasama dengan institusi swasta dan  pemerintah serta organisasi professional dan lembaga lain yang bertaraf  nasional dan internasional.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi