Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN DAN PENGAWASAN BIAYA PRODUKSI PADA PT. PENERBIT BUMI AKSARA

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Dalam mendirikan sebuah perusahaan, setiap perusahaan bertujuan  mencari laba karena dengan adanya laba suatu perusahaan dapat memperoleh laba  dari setiap produknya. Karena dengan adanya laba perusahaan dapat  mempertahankan kelangsungan hidupnya. Laba optimum merupakan tujuan dari setiap perusahaan, baik itu perusahaan dagang, jasa, industri maupun perusahaan  lainnya. Laba yang menjadi tujuan perusahaan tidak terwujud dengan sendirinya,  tetapi diperoleh dengan usaha yang dilakukan secara terencana, teratur dan terusmenerus.

Dalam pengertian sederhana, laba merupakan selisih antara pendapatan  dan biaya. Dalam pengertian ini ada dua hal yang dapat digunakan untuk mencari  keuntungan, pertama meningkatkan pemuaian dengan jumlah biaya tetap dam  kedua, perusahaan harus mampu menekan biaya atau dengan kata lain perusahaan  dapat bekerja seefisien mungkin. Efisiensi dalam setiap kegiatan atau merupakan  salah satu faktor untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
Agar perusahaan dapat bekerja secara efisien, dibutuhkan suatu  perencanaan yang baik. Perencanaan yang harus melalui semua aktivitas yang  akan dilakukan untuk masa yang akan datang. Perencanaan yang haruslah melaui  semua aktivitas yang akan dilakukan untuk masa yang akan datang. Perencanaan  harus merumuskan langkah-langkah untuk tujuan yang akan dicapai serta pengembangan tujua jangka waktu yang akan datang, atas ketentuan dasar  nilai-nilai yang dimiliki realisasi dengan apa yang seharusnya sesuai dengan apa  1    yang dianggarkannya. Dari perbandingan dapat dinilai apakah operasi perusahaan  dapat berjalan dengan efisien dan dapat ditentukan apakah ada penyimpangan  yang terjadi pada masyarakat yang bersangkutan. Perencaan dapat dibuat dalam  berbagai bidang, salah satu bidang perencanaan adalah bidang keuangan.
Perencanaan dibidang keuangan atau rencana yang dinilai dengan uang  tersbut dengan anggaran. Anggaran atau budget merupakan anggaran tertulis  mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan dalam satuan uang untuk  jangka waktu tertentu.
Perencanaan selalu diikuti dengan pengawasan, karena bagaimanapun  perencanaan tanpa adanya pengawasan yang baik, maka tujuan yang ingin dicapai  belum tentu berhasil. Pengawasan produksi yaitu mengawasi serta mengatur agar  kegiatan produksi dari proses hingga hasil produksi sesuai dengan apa yang sudah  direncanakan. Pengawasan juga dimaksudkan untuk menilai sampai berapa jauh  prinsip efisiensi telah tercapai dalam melaksanakan kegiatan.
Anggaran dapat digunakan sebagai alat melakukan pengaawasan yaitu  dengan cara membandingkan.
Untuk mencapai sasaran yang optimum dengan tujuan laba yang  maksimal, perencanaan dan pengawasan adalah kunci pokok, terutama sekali  berhubungan dengan biaya produksi. Mengingat pentingnya perencanaan dan  pengawasan biaya produksi. Mengingat pentingnya perencanaan dan pengawasan  biaya produksi dalam mencapai tujuan perusahaan, maka penulis tertarik dengan  judul yang dituangkan dalam skripsi minor yang berjudul : ”PERENCANAAN BIAYA PRODUKSI PADA PT. PENERBIT BUMI  AKSARA MEDAN”.
2    B.  Perumusan Masalah 1.  Apakah perencanaan biaya produksi telah terlaksana secara teoritis untuk  mencapai tujuan perusahaan ? 2.  Bagaimana pengawasan biaya produksi dilakukan oleh perusahaan agar  pelaksanaan sesuai dengan perencanaan ? C. Tujuan dan Manfaat Penelitian Adapun tujuan yang dilakukan adalah : 1.  Untuk mengetahui apakah perencanaan biaya produksi telah terlaksana  sebagaimana teoritik untuk mencapai tujuan dari perusahaan 2.  Untuk mengetahui bagaiam pengawasan biaya produksi dilakukan oleh  perusahaan agar pelaksanaan sesuai dengan perencanaan Sedangkan manfaat penelitian ini adalah : 1.  Bagi penulis : dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap program  studi Diploma Jurusan Keuangan serta menambah pengetahuan dalam  perencanaan dan pengawasan serta bagaimana perusahaan dapat menekan  biaya produksi seefisien mungkinagar tujuan perusahaan untuk  memperoleh laba dapat tercapai 2.  Bagi perusahaan : hasil penelitian ini akan memberikan informasi bagi PT.
Penerbit Bumi Aksara dalam meningkatkan produksi yang telah dikelola  belum atau kurang efektif serta efisien dan perencanaan maupun  pengawasan biaya produksi dimasa yang akan datang.
3    D. Metode Penelitian 1.  Lokasi Penelitian Bertempat di PT. Penerbit Bumi Aksara Medan dengan alamat Jl. Letter  Press No. 09 Komp. Wartawan-Krakatau Medan.
2.  Sumber Data a.  Data Primer Merupakan data yang diperoleh dengan cara melakukan penelitian  langsung ke lapangan. Dalam hal ini, peneliti langsung melakukan  penelitian ke PT. Penerbit Bumi Aksara Medan. Data ini dapat berupa  sejarah singkat, struktur organisasi perusahaan dan lain-lain.
b.  Data Sekunder Merupakan data yang diperoleh akan buku dan bahan bacaan lainnya  yang ada hubungannya dengan penelitian yang dilakukan, baik itu  yang berasal dari buku-buku referensi yang berhubungan dengan  perencanaan dan pengawasan 4    3.  Teknik Pengumpulan Data a.  Wawancara  Dilakukan dengan bertanya secara langsung kepada pihak manajemen  perusahaan pada bagian produksi, yang mengerti mengenai hal-hal  yang berhubungan dengan judul penelitian.
b.  Pengamatan Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengadakan  pengamatan langsung ke tempat penelitian atau perusahaan.
4.  Metode Analisa a.  Metode Deduktif Metode yang dilakukan untuk mendapatkan data yang diperoleh  sehingga terlihat pengaruhnya terhadap keputusan yang diambil oleh  perusahaan tersebut.
b.  Metode Deskriptif Metode yang dilakukan dengan mengumpulkan data, merumuskan,  mengklasifikasikan serta menginterprestasikan sehingga memberikan  gambaran atau keterangan yang jelas mengenai masalah yang dihadapi  perusahaan dan berbagai keadaan yang berhubungan dengan topik  yang dibahas atau diteliti.
5    BAB II PT. PENERBIT BUMI AKSARA MEDAN A. Sejarah Singkat Perusahaan  PT. Penerbit Bumi aksara merupakan salah satu perusahaan penerbit yang  didirikan pada tahun 1990 oleh Bapak Amir Hamzah.  Pendirinya berdasarkan  Akta Notaris Andalan Yulizar, SH Nomor 86 tanggal 20 Februari 1990 dan di  sahkan oleh surat Keputusan dari Mentri Kehakiman Republik Indonesia No. C2-9816 HT.01.01.TH’93 pada tanggal 27 September 1993.
Berawal dari beberapa judul buku manajemen, agama dan pendidikan, PT.
Penerbit Bumi Aksara terus berkembang dalam dunia perbukuan dengan  menerbitkan buku-buku perguruan tinggi, buku pengetahuan umum dari berbagai  disiplin ilmu dan buku cerita untuk anak-anak.
Pada tahun 1992 Penerbit Sinar Grafika, sebuah perusahaan penerbit yang  khusus bergerak di bidang buku hukum dan perundang-undangan bergabung  menjadi anak perusahaan dari Penerbit Bumi Aksara. Dalam perkembangannya,  penerbit Sinar Grafika diarahkan khusus menerbitkan buku-buku yang berkaitan  dengan hukum dan perundang-undangan saja.
Pada tahun 1995 PT. Penerbit Bumi Aksara telah memiliki percetakan  sendiri dengan unit yang cukup lengkap. Pada tahun itu juga Penerbit Bumi  Aksara mulai terjun ke dunia buku sekolah, khususnya buku pelajaran SLTP dan  SMU.
6    Sukses yang dicapai oleh PT. Penerbit Bumi Aksara tidak dating begitu  saja, kesuksesan yang dicapai oleh Penerbit Bumi Aksara tersebut tidak terlepas  dari sumber daya manusia yang merupakan nafas dari perusahaan. Dengan  dukungan karyawan yang bekerja dengan semangat tinggi dan penuh tanggung  jawab sesuai dengan keahliannya masing-masing, semua kegiatan perusahaan  mulai dari pengelolaan naskah, pencetakan sampai kegiatan pemasarannya dapat  berjalan dengan baik. Dalam rangka pengembangan usaha sejak tahun 1995  Penerbit Bumi Aksara mulai terjun ke dunia buku sekolah, khususnya buku  pelajaran SLTP dan SMA.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi