Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: SISTEM PENGAWASAN INTERN KAS PADA PT. IRA WIDYA UTAMA

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Alasan Pemilihan Judul.
Dalam perkembangan perekonomian sekarang ini, banyak perusahaanperusahaan tidak mampu bersaing akibat ketatnya persaingan dalam dunia usaha. Oleh karena itu, setiap organisasi atau perusahaan selalu didorong untuk lebih  meningkatkan kinerjanya agar lebih baik.

Suatu perusahaan pada dasarnya didirikan untuk memenuhi kebutuhan  akan barang dan jasa dimasyarakat. Disamping itu perusahaan juga didirikan  dengan mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Didalam  mencapai tujuan tersebut perusahaan akan menghadapi persoalan baik yang  berasal dari dalam maupun dari luar perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan suatu  sistem pengawasan yang efektif dan terpadu yang akan membantu manajemen  memperlancar kegiatannya dalam perusahaan untuk mendapatkan laba dan dalam  rangka mewujudkan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
Pada dasarnya semua kegiatan perusahaan menyangkut masalah keuangan,  sehingga peranan kas menjadi sangat penting, dimana kas merupakan aktiva yang  paling likuid dalam perusahaan merupakan objek yang paling mudah  diselewengkan mengingat arti pentingnya kas, maka setiap badan usaha tentunya  harus mengelola kasnya sedemikian rupa agar tidak terjadi penyelewengan dalam  kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan. Untuk melindungi kas maka  1     diperlukan suatu sistem pengawasan intern kas yang baik, sehingga perusahaan  dapat mengawasi kas mulai dari diterimanya hingga disetorkannya ke Bank.
Suatu sistem pengawasan intern kas yang baik akan menghasilkan  informasi yang benar dan dapat diterima oleh karyawan dan pimpinan perusahaan  serta mampu memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan aktiva yang perlu  diawasi. Pengawasan dapat diartikan sebagai alat untuk mengkoordinasikan  aktifitas-aktifitas perusahaan agar sesuai dengan rencana semula. Salah satu cara  untuk melaksanakannya adalah melalui penyusunan sistem pengawasan intern.
Sistem pengawasan intern kas juga merupakan alat pengawasan yang sangat  membantu pimpinan dalam melaksanakan tugasnya menjalankan perusahaan dan  jika terjadi penyimpangan maka dengan segera diperbaiki kesalahan tersebut.
Sehingga nyatalah terlihat betapa pentingnya pengawasan dalam mendukung  keberhasilan perusahaan menjalankan aktifitasnya.
Atas dasar uraian-uraian diatas, penulis memilih PT. Ira Widya Utama  sebagai objek penelitian dengan judul: “Sistem Pengawasan Intern Kas pada  PT. IRA WIDYA UTAMA MEDAN”.
B.  Perumusan Masalah Untuk membuat suatu perencanaan riset guna mencapai hasil yang baik  dan terarah, perlu ditetapkan apa yang akan menjadi masalah pokok pada suatu  perusahaan tertentu yang dijadikan objek penelitian. Berdasarkan alasan tersebut,  maka penulis mencoba merumuskan masalah dalam bentuk pertanyaan, yaitu     “Bagaimana penerapan sistem pengawasan intern kas pada PT. Ira Widya  Utama Medan”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.  Tujuan Penelitian Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan mengenai  sistem pengawasan intern kas yang dilakukan oleh PT. Ira Widya  Utama Medan.
2.  Manfaat Penelitian  a.  Bagi perusahaan, Sebagai bahan masukan dan perbaikan bagi PT. Ira  Widya Utama Medan dalam kebijaksanaan “Sistem Pengawasan  Intern Kas” pada masa yang akan datang sehingga perusahaan  menjadi lebih baik.
b.  Bagi penulis, Sebagai pengembangan ilmu pengetahuan bagi penulis  untuk membandingkan teori-teori yang dipelajari selama perkuliahan  dan masalah yang dihadapi langsung oleh perusahaan, terutama  mengenai pengawasan intern kas.
c.  Bagi lembaga pendidikan, Sebagai bahan informasi, referensi, dan  perbandingan bagi pihak-pihak yang membutuhkan untuk penulisan  dan penelitian “Sistem Pengawasan Intern Kas” pada masa yang akan  datang.
   D. Metode Penelitian  Untuk Lebih mendukung penelitian yang dilakukan maka diperlukan  suatu metode atau cara tertentu untuk memperoleh dan mengumpulkan data yang  dibutuhkan yang terdiri dari : 1.  Sumber Data a. Data Primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari  perusahaan yang diteliti dan kemudian diolah lebih lanjut oleh  peneliti.
b. Data Sekunder adalah data yang diperoleh penulis dari instansi atau  penelitian lainnya yang berupa teori-teori, literatur-literatur, laporanlaporan yang berhubungan dengan penelitian.
2.  Teknik Pengumpulan Data a.  Observasi, yaitu dalam pengumpulan data peneliti melakukan  observasi langsung ke perusahaan atau objek yang akan diteliti  untuk mendapatkan informasi dan data yang diperluka. Peneliti  langsung melakukan pengamatan tentang aktifitas perusahaan  sehari-hari terkait dengan pengawasan intern kas.
b.  Wawancara, yaitu untuk mendapatkan data dan informasi yang  lebih akurat, peneliti melakukan wawancara dan tanya jawab     secara langsung kepada pihak yang dianggap berhak dalam  memberikan keterangan di PT. Ira Widya Utama Medan.
c.  Dokumentasi, yaitu peneliti juga memperoleh informasi berupa  data yang telah baku dari perusahaan atau data yang langsung  diberikan oleh perusahaan.
3.  Metode Analisa  Metode analisa yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu  metode yang dilakukan dengan mengumpulkan,  mengklasifikasikan, dan menafsirkan data yang diperoleh sehingga  dapat memberikan gambaran ataupun keterangan yang lengkap  tentang masalah yang dihadapi.
E.  Sistematika Pembahasan Sistematika pembahasan merupakan suatu gambaran mengenai  pembahasan, penyusunan dan perincian isi dari paper ini. Secara garis besar  pembahasan dan penyusunan paper ini dibagi dalam empat bab, yakni sebagai  berikut :    BAB I :  PENDAHULUAN Dalam bab ini penulis menguraikan apa yang menjadi alasan pemilihan  judul, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode  penelitian, dan sistematika pembahasan.
BAB II : PT. IRA WIDYA UTAMA MEDAN Dalam bab ini penulis akan menguraikan sejarah singkat perusahaan,  struktur organisasi perusahaan, pengertian kas dan pengawasan intern,  sistem pengawasan intern kas perusahaan, unsur-unsur pengawasan  intern perusahaan, sumber penerimaan dan pengeluaran kas  perusahaan, prosedur penerimaan kas perusahaan, dan prosedur  pengeluaran kas perusahaan.
BAB III : ANALISA DAN EVALUASI Pada bab ini penulis menguraikan tentang analisa dan evaluasi  pengawasan intern penerimaan kas, analisa dan evaluasi pengawasan  intern pengeluaran kas.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Merupakan bab terakhir dalam paper ini, dimana penulis memberikan  kesimpulan yang diperoleh berdasarkan uraian terdahulu kemudian  mengadakan penelitian dan penulis akan mencoba mengemukakan     beberapa saran yang mungkin berguna bagi PT. Ira Widya Utama  Medan.

    

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi