Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA UD. NO BRAND T-SHIRT SHOP

BAB I .
PENDAHULUAN .
A. Latar Belakang Masalah.
 Secara umum tujuan setiap perusahaan adalah untuk memperoleh laba  semaksimal mungkin. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap perusahaan selalu  membutuhkan modal kerja, baik perusahaanbesar maupun perusahaan kecil, baik  itu perusahaan yang memproduksi barang ataupun jasa. Modal kerja tersebut  adalah untuk membiayai operasi kegiatan perusahaan sehari-hari. Seperti untuk  membeli bahan baku, membayar upah buruh dan gaji karyawan serta kegiatan  usaha lainnya. Dana yang telah dikeluarkan tersebut diharapkan akan dapat  kembali masuk dalam waktu yang pendek melalui hasil penjualan produksinya.

 Modal kerja ialah sejumlah dana yang tertanam dalam aktiva lancar yang  berupa kas, piutang-piutang dan persediaan. Modal kerja merupakan suatu elemen  penting yang mutlak harus dimiliki oleh perusahaan dalam menjalankan fungsinya  sebagai sarana dalam melaksanakan kegiatan perusahaan. Untuk itu, modal kerja  harus dikelola dengan baik melalui penerapan manajemen pembelanjaan secara  tepat. Hal ini diharapkan dapat menjamin kegiatan operasional perusahaan.
 Oleh karena itu, perusahaan harus mengelola modal kerja dengan sebaik  mungkin yaitu bagaimana kebijaksanaan perusahaan mengenai jumlah uang kas,  piutang dan persediaan, karena dengan mengelola modal kerja yang baik maka  perusahaan akan dapat menghindari krisis keuangan perusahaan yang mungkin  saja bisa terjadi.
   UD. No Brand T-Shirt Shop Medan adalah suatu perusahaan yang  bergerak dalam bidang produksi barang dan penjualan pakaian dan aksesoris yang  sering disebut Distro. UD. No Brand T-Shirt Shop Medan didirikan pada tanggal  4 Desember 2002. Dalam hal ini UD. No Brand T-Shirt Shop Medan mengalami  kenaikan kemampuan dalam hal meningkatkan volume usahanya dikarenakan  terjadinya kenaikan jumlah modal kerja bersih sebesar 50 % selama 2 tahun  terakhir. Ini diakibatkan karena terjadinya kenaikan jumlah aktiva lancar yang  sangat besar 77,7 % selama 2 tahun terakhir dan juga kenaikan jumlah hutang  lancar sebesar 3,5 %. Untuk tahun 2005. Dengan kata lain rata-rata kenaikan yang  terjadi pada hutang lancar perusahaan tidak terlalu mengkhwatirkan dikarenakan  pada saat bersamaan juga diikuti dengan kenaikan aktiva lancar. Ini dapat dilihat  dari kenaikan jumlah modal kerjayang cukup berarti yakni sebesar 50 % dalam 2  tahun terakhir. Selain itu kondisi kelikuiditasan perusahaan perusahaan masih  cukup bagus ini terlihat dariperbandingan antara aktiva lancar perusahaan dan  hutang lancar perusahaan pada tahun 2004 sebesar 1,02:1, sedanglan untuk tahun  2005 dan 2006 adlah sebesar 1,1:1 dan 1,6:1. Dari data ini terlihat bahwasanya  aktiva lancar perusahaan hanya mencukupi untuk memenuhi kewajiban lancar  yang dimiliki oleh perusahaan. Sedangkan dari sisi pendapatan, UD No Brand TShirt Shop Medan mengalami kenaikansebesar 5,8 % untuk tahun 2005 dan  sebesar 36 % untuk tahun 2006. Peningkatan jumlah penjualan yang terjadi sangat  besar pada tahun 2006 disebabkan adanya permintaan pasar akan barang dalam  jumlah yang sangat besar, ini berarti kemampuan perusahaan dalam meningkatkan  penjualannya sangta baik.
   Tabel 1  UD. No Brand T-Shirt Shop Medan  Laporan Aktiva Lancar, Pendapatan dan Kewajiban Lancar  Untuk Tahun 31 Desember 2004 – 31 Desember 2006  Keterangan  2004  2005  2006  Aktiva  Lancar:  Kas dan Bank  Perlengkapan  Persediaan  Piutang  Sewa di bayar  dimuka  Jumlah Aktiva  Lancar  Pendapatan  usaha  Pendapatan  Penjualan  Pendapatan  Lain-lain  Total  Pendapatan  Kewajiban  Lancar  Hutang Lancar  Total  Kewajiban  Lancar  28.200.000 1.200.000 7.900.000 780.000 9.000.000 47.080.000 220.000.000 28.000.000 248.000.000 46.000.000 46.000.000 30.500.000  1.125.000  8.000.000  750.000  10.000.000  50.375.000  232.500.000  30.000.000  262.500.000  44.000.000  44.000.000  55.000.000 1.500.000 8.200.000 1.000.000 11.000.000 76.700.000 325.500.000 31.500.000 357.000.000 47.200.000 47.200.000  Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui peranan penting modal kerja  yang dibutuhkan untuk kelancaran kegiatan operasional setiap perusahaan. Oleh  karena itu, untuk membahas permasalahan dalam hal kebutuhan modal kerja,  penulis melakukan penelitian dengan memilih judul “ANALISIS KEBUTUHAN  MODAL KERJA PADA UD. NO BRAND T-SHIRT SHOP MEDAN “.
   B. Perumusan Masalah   Berdasarkan uraian di atas, maka penulis merumuskan permasalahan  sebagai berikut :  1.  Bagaimana perkembangan modal kerja berdasarkan konsep kulitatif  dibandingkan dengan perkembangan penjualan pada tahun 2004 hingga tahun  2006 ?  2.  Bagaimana perkembangan modal kerja berdasarkan konsep kualitatif  dibandingkan dengan perkembangan labaperusahaan pada tahun 2004 hingga  tahun 2006 ?  C. Tujuan dan Manfaat Penelitian   Tujuan penelitian ini adalah :  1.  Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana perkembangan modal  kerja berdasarka konsep kuantitatif dibandingkan dengan perkembangan  penjualan pada tahun 2004 hingga 2006 ?  2.  Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana perkembangan modal  kerja berdasarkan konsep kualitatif dibandingkan dengan perkembangan  laba perusahaan pada tahun 2004 hingga 2006 ?  Manfaat penelitian ini adalah :  1.  Bagi UD No Brand T-Shirt Shop Medan  Dapat di pergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam hal menentukan  kebijaksanaan kebutuhan modal kerja dalam perusahaan pada masa yang  akan datang.
2.  Bagi penulis     Untuk menambah wawasan di dalam menganalisis kebutuhan modal kerja  dalam perusahaan.
3.  Bagi pembaca  Untuk memberikan informasi serta masukan mengenai kebutuhan modal  kerja di dalam perusahaan.
D. Metodologi Penelitian  1.  Lokasi penelitian  Penelitian dilakukan di UD. No Brand T-Shirt Shop yang berada di Jalan  Sei Agul No.56 Sekip-Medan.
2.  Jenis Data :  Jenis data yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah data  sekunder. Data sekunder adalah data yang telah diolah lebih lanjut  kemudian disajikan oleh pengumpul data primer bisa dalam bentuk tabel  atau diagram dengan demikian datasekunder tidak selalu harus dari  sumber pertama.
3. Teknik pengumpulan data  a. Interview/Wawancara  Penulis mengajukan beberapa pertanyaan secara langsung kepada pihakpihak yang berkepentingan padaUD. No Brand T-Shirt Shop.
b. Studi dokumentasi  Penulis memperoleh data secara langsung dari  tempat  penelitian,  termasuk mencari data dan informasi dari buku-buku, literatur-literatur     serta bahan-bahan lain yang relevan yang berkaitan dengan penulisan  skripsi ini.
4. Metode Analisis  Metode analisis yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah  metode deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu metode yang  mengumpulkan data, mengklasifikasikan dan mengintepretasikan data  sehingga dapat memberikan gambaran tentang kegiatan dari perusahaan.
Dalam hal ini penulis akan men deskripsikan Bagaimana perkembangan  modal kerja berdasarkan konsep kulitatif dibandingkan dengan  perkembangan penjualan pada tahun 2004 hingga tahun 2006 ? dan  Bagaimana perkembangan modal kerja berdasarkan konsep kualitatif  dibandingkan dengan perkembangan laba perusahaan pada tahun 2004  hingga tahun 2006 ?    BAB II  GAMBARAN UMUM UD. NO BRAND T-SHIRT  SHOP MEDAN  A.  Profil Perusahaan  1. Sejarah singkat perusahaan UD. No Brand T-Shirt Shop Medan adalah suatu perusahaan yang  bergerak dalam bidang produksi barang dan penjualan pakaian dan aksesoris yang  sering disebut DISTRO. UD. No Brand T-Shirt Shop Medan didirikan pada  tanggal 4 Desember 2004 oleh seorang pemilik yang bernama Donny Ahmad  Fuady. UD. No Brand T-Shirt Shop Medan merupakan bentuk perusahaan  perseorangan yang dikelola oleh individu atau perorangan.
UD. No Brand T-Shirt Shop Medan terbentuk karena pada saat ini bisnis  distro memiliki peluang bisnis yang sangat potensial dan pemiliknya ingin  memberikan sesuatu hal yang berbeda yaitu dengan cara menjual T-Shirt tanpa  motif / desain. UD. No Brand T-Shirt Shop Medan memberikan fasilitas bagi  konsumen untuk menentukan motif / desain sendiri sesuai selera yang diinginkan.
Konsumen juga diberikan hak paten atas motif / desain pilihannya yang akan  didokumentasikan dalam bentuk CD. UD. No Brand T-Shirt Shop Medan  merupakan tempat produksi sekaligus agen penjual tunggal dengan merk “ NO  BRAND ”.
2. Struktur Organisasi Perusahaan  Organisasi merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan, semakin majunya  peradaban manusia maka tujuan organisasi semakin kompleks sesuai kebutuhan  manusia di zaman modern ini.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi