Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: ANALISIS F AKTOR KETIDAKDISIPLINAN KERJA GURU DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN


BAB I  PENDAHULUAN  
A.  Latar  Belakang Masalah  Dahulu,  kata  “pesantren”  sering  sekali  diiden t ifikasi  o l eh  banyak  orang  dengan  tempat  y ang  kumuh  dan  t i dak  t eratur ,  di penuhi  pelajar­pel ajar  yang  t i dak  di terima  di  seko l ah  SMP/SMA   favor i t   di   kot a  mereka,  dan  sebagian  adalah  anak­  anak  “nakal”  yang  orang  tuanya  sudah  “angkat  tangan”  dalam  mendidik  da n  mengurusnya.
1  Pesantren  juga  dapat  di katakan  sebagai  tempat  rehabilitasi  para  pecandu  narkoba  yang  sudah  akut.  Kit a  j uga  sering  mendengar anggapan  bahwasanya para  santri   yang  belajar  di  pesantren  i t u  “kuper”,  ketinggal an  jaman,  kampungan,  dan  apat is  (acuh)  terhadap  dinamika  sosial  yang  ada.  Ada  juga  yang  beranggapan  bahwa  mereka  t i dak  mampu  memahami  pelajaran  Eksakta,  akan  t etapi   hanya  mampu  membaca Al  Qur’an, ki tab  kuning, Shalat,  atau mengumandakan  adzan  d i  surau­surau atau masjid­masjid.
Ti dak  hanya  i t u,  dahulu  pesantren  j uga  pernah  dianggap  ant i ­pemerint ah  dan  ant i   pancasila  yang  ingin  menjadikan  negara  Indonesia  ini  sebagai  negara  Islam,  pesantren adalah  lembaga swast a y ang t i dak demo krati s dan tertut up, bahkan  yang  lebih  parah  lagi,  saat   ini  sei r ing  dengan  maraknya  terori sme,  pesantren  sering  dilabeli   sebagai sarang teroris.

Semua  anggapan  ”mir ing”  dan  negat if   di  atas  adalah  t i dak  sepenuhnya  benar  1  http://www .gemilang­95.blogspot.com/ 19  dan  merupakan  generalisasi  yang  t i dak  bertanggung  jawab.  Sebab  kesimpulan  i t u  hanya  melihat  pesantren  secara  persial  (terpi sah­pisah)  atau  dari   satu  sudut  pandang  saja,  t i dak  utuh  dan  t i dak  obyekt if .  Atau,  menilai  pesantren  atas  dasar  kebencian  dengan  dunia  pesantren.  Ibarat  seseorang  yang  merasakan  semangkuk  sup ay am tapi  hanya garamnya saja, tent u saj a yang di rasakan adalah rasa asin da n  ingin  memuntahkannya.  Begi t u  halnya  dengan  pesantren,  apabila  ki t a  haya  melihat  dari   satu sudut pandang  saja,  lebih­ lebih  atas  dasar  kebencian,  maka  yang  ki t a tem ukan hanya sis i ­ sisi   buruk atau negat ifnya saja.
Ji ka  ki t a  ingin  melihat  kehidupan  pesantren  dengan  lebih  dekat ,  maka  ada  banyak  hal  posi t if   yang  t i dak  ki t a  tem ui   di  seko l ah­seko l ah  dan  lembaga­ lembaga  non­pesantren.  Di  antaranya  yang  patut  di garisbawahi  adalah  bahwa  pesantren  adal ah  lembaga  pendidi kan  yang  mengedepankan  pengembangan  inis iat if  (mendidi k  santri   unt uk  mandir i),  kader i sasi   pemimpin  masa  depan,  membent uk  jiwa  yang  ikhlas  serta  berdisiplin  dan  l ain  sebagaimya.  Keikhlasan  sangat  dibutuhkan  keberadaannya  dalam  sebuah  pesantren;  kyai  ikhlas  mengajar ,  guru­  guru  i khlas  mengajar  dan  para  santri   ikhlas  diaj ar .  Dari   si t u  terlihat  j alina n  Ukhuwah  Islamiyah  ant ara  ky ai,  guru,  dan  santri  yang  sangat  indah,  Bila  kei khlasan  t i dak  di terapkan  di  suatu  pondok  pesantren,  niscaya  pondok  i t u  akan  kehilangan  ruh  dan  wujudnya.  Bahkan  pondok  hanya  menjadi  lahan  mencar i  keuntungan.  Bila  semua  guru  mengajar  hanya  karena  imbalan  materi   semata,  mereka  past i   hanya  bergerak  dan  beker j a  bila  ada  imbalan  materi  dan  jika  t i dak  ada  mereka pun  akan  berhent i  unt uk beker ja dan bergerak.  It ul ah  salah  satu aspek  yang membedakan pesantren dengan  lembaga­ lembaga non­pesantren.
20  Di samping  keikhlasan,  kedis iplinan  juga  merupakan  penggerak  roda  kehidupan  suatu  pesantren.  Di siplin  yang  baik  menunjukan  t ingginya  kuali tas  suatu  pendi dikan  pondok  pesantren.  Dan,  tanpa  disiplin  yang  bermutu,  mutu  dan  keberadaannya  bisa  dipertanyakan.  Penerapan  disi plin  di  seko l ah­seko l ah  yang  non­pesantren  hanya  terbatas  selama  para  siswa  berada  di   seko l ah,  setel ah  pulang  dari   seko l ah  disiplin­disiplin  i tupun  sudah  t i dak  berlaku  lagi .  Namun  t i dak  demikian  dengan  kehidupan  santri   di  pondok  pesantren.  Sel ama  24  jam  dar i  bangun  t i dur  sampai  t i dur  kembali,  para  santr i   wajib  mentaat i  disiplin.   Selain  i t u,  dengan  sistem  asrama (boarding school )  yang di terapkan  pondok pesantren,  santr i  akan  lebih  t erjaga  dari   segala  pengaruh  lingkungan  yang  negat if   di  luar  pesantren.
2  Melihat  dari  paparan  diatas,  ada  beberapa  hal  yang  perlu  digarisbawahi  jika  ki t a  membahas  tentang  dunia  pesantren,  salah  satunya  adalah  pendidi kan  f orma l  (sekol ah  f ormal /SD,MI,SMP ,MT s,MA,SMA,Dll )  yang  kini  seakan  t elah  menjad i  kebutuhan wajib dalam setiap l embaga pondok pesantren.
Pondok  pesantren  yang  umumnya  berupa  yayasan  keluarga  (keluarga  kyai)  seringkali  kurang  dapat   memperhati kan  pendidikan­pendidikan  f ormal  sepert i  di sebutkan  di atas,  hal  i t u  t erlihat  dengan  kurangnya SDM  y ang  memadai  “t ingkat  pendidikan  dan  disiplin  ilmu  guru”  dilingkungan  seko l ah  f ormal  di pondok  pesantren.  Sal ah  satu  contoh    pada  pondok  pesantren  Raudlatul   ulum  II  Putukrej o  kecamatan Gondanglegi  kabupaten Malang.
Pondok  pesantren  yang  berada  di  wilayah  Malang  bagian  selatan  ini  memilk i  2  htt p://id.wi kipedia.org/wi ki /Pesantren 21  empat  sekolah  f ormal ,  Mts,  SMP ,  MA   dan  SMA,  dengan  jumlah  guru  60  orang.
Dar i   sekian  banyak  guru  sebagian  besar  mengajar  pada  lebih  dari  2  lembaga  pendidikan  di  pondok  tersebut,  sel ain  i t u  sebagian   besar  guru  juga  merupaka n  pengurus  dan  bahkan  guru  (ngaji )  di  pondok  tersebut.  Kesibukan  i t u  pul a  yang  seringkali  berakibat pada si kap indisipliner guru tersebut.
Dar i   hasil  pengamatan  sement ara  peneli t i   di  SMA   dan  MA   Raudlatul   ulum  II  ada  beberapa  hal  yang  sangat  disayangkan  terj adi  di  pondok  pesantren  tersebut,  salah  satunya  adalah  t ingkat  kedisi pilinan  guru  dalam  menunaikan  tugasnya  (beker ja), hal  i t u sebagian besar terlihat dari  keterlambatan guru masuk kelas pada  jam  pelajaranya  yang  mengakibatkan  lebih  banyak  waktu  l uang  bagi  para  siswa,  keadaan  sepert i   i t u  memberi  peluang  lebih  besar  bagi  siswa  unt uk  melakukan  t indakan  indisipliner ,  sepert i   merokok,  pergi   ke  warung  atau  koperasi .  Sehingga  pada  saat  guru  y ang  bersangkutan  datang,  pelajaran  di  kelas  masih  belum  dapat  dimulai   karena  masih  menunggu  siswa  y ang  menghabiskan  rokok  at au  menghabiskan  jajanan  di  koperasi  sekolah  tersebut.  Selain  i t u  keterl ambatan  guru  dal am  menyampai kan  materi   sesuai  dengan  tuntutan  kuri kulum  (silabus)  seringkali  pada  akhirnya  mengorbankan  jam  pela jaran  lain  (yang  dianggap  t i dak  t erl alu  berpengaruh  pada  pero l ehan  nilai  akhir  sepert i   computer ,  ol ahraga,dll)  unt uk  mengejar  target  silabus.  Disamping  karena  kurang  adanya  peraturan  yang  ketat  terhadap pelanggaran  indisipliner baik guru atau si swa diseko l ah tersebut.
Fenomena tersebut bukan  saja terj adi di SMA  Raudl atul  Ulum II, tet api  di MA  (Madrasah  Aliyah)  Raudlatul   Ulum  II­pun  demikian,  kedua  lembaga  sekolah  in i  berada pada satu l okasi dengan guru y ang sebagian besar sama (merangkap).
22  Dilihat  dari   t ingkat  pendidikan  guru  yang  ada,  sangat   di sayangkan  hal  sepert i  di atas  harus  terj adi .  Karena  pada  tahun  ajaran  2007/2008  80%  guru  SMA   RU  II  dan  70%  guru  MA   RU  II  bergel ar  sarjana  (meski   t i dak  semuanya  sarjana  pendidikan).
Pada  tahun  ajaran  2005/2006  guru  SMA   RU  II  hanya  60%  yang  bergelar  sarj ana  (S1)  dengan  t ingkat  kel ulusan  siswa  100%,  pada  tahun  ajaran  2006/2007  71%  guru  bergel ar  sarjana  dengan  t ingkat  kel ulusan  siswa  95%,  sement ara  pada  tahun  ajaran    2007/2008  ada  80%  guru  bergelar  sarj ana  dengan  t ingkat  kel ulusan  siswa 98%.
Ti dak  jauh  berbeda  dengan MA   RU II,  Pada tahun aj aran  2005/2006 guru MA  RU  II  sebanyak  55%  Guru  y ang  bergelar  sarjana  (S1)  dengan  t ingkat  kel ulusa n  siswa  95%,  pada  tahun  ajaran  2006/2007  60%  guru  bergelar  sarj ana  denga n  t ingkat  kel ulusan  siswa  95%,  sement ara  pada  tahun  ajaran    2007/2008  ada  70%  guru bergel ar sarjana dengan t ingkat kel ulusan siswa 94%.
Sement ara  i t u,  dilihat  dari   jumlah  siswa  kedua  lembaga  ini  juga  hampi r  t i dak  mengalami  peningkatan  dan  bahkah  pada  tahun  ajaran  2007  kedua  lembaga  tersebut mengalami penurunan dalam hal   jumlah siswa baru.
T erl epas  dari   pendidi kan  f ormal  yang  berada  dilingkungan  pondok  pesantren,  guru  tet ap  merupakan  salah  satu  kunci   keberhasilan   pendidikan.sepert i   di katakan  ol eh  Padil   beri kut  ini :  Guru  merupakan  seorang  mot ivator ,  administrator ,  instruktur  dan  sebagaimana  dalam  mendidik  dan  mengajar  peserta  di dik  melalu i  proses pembelajaran. Tugas  berat di panggul o l eh guru unt uk membangun generasi  baru  yang  bermoral  dan  berperilaku  jujur,  mulia,    dan  bermartabat  demi  masa 23  depan  bangsa  dan  Negara  melalui   proses  pendidikan .  Hakikat  guru  sebagai  figur  yang  digugu  dan  ditiru,  memilki  kepribadian  luhur  y ang  mempengaruhi   suasana  kel as,  seko l ah  dan  kehidupan  dimasyarakat.  Perilaku/tingkah  laku  guru  di seko lah  yang  berbent uk  proses  pembelajaran,  interaksi  sesama  guru,  dengan  muri d,  dengan  kepala  seko l ah,  dan  dengan  pegawai  sekol ah  memerlukan  perhatian  dan  pembinaan khusus.
3  Dar i   paparan  diatas  ki t a  tahu  bahwa  prilaku  atau  kebiasaan  guru  dapat  mempengaruhi  muri d, apalagi  guru dilingkungan  pondok pesantren  yang  bisa  jad i  akan  hidup bersama dengan para muri d selama 24 jam  set i ap harinya.
Sangat  di sayangkan  jika  ki t a  melihat  peningkatan  pendidikan  guru  dikedua  lembaga  tersebut  cukup  si gnifikan  sement ara    prestasi   siswa  dan  l embaga  t i dak  bernasib  demikian,  selain  dari  pada  i t u  di siplin  kerj a  guru  y ang  j uga  t i dak  i kut  meningkat  dimana  hal  i t u  sangat  berpengaruh  terhadap  po l a  prilaku  siswa  da n  budaya  yang  ada  di   lembaga  tersebut.  Ji ka  t erus  demikian  bagaimana  seko l ah/ lembaga  tersebut  akan  mampu  memperbaiki   kuali tas  pendidikanya,  padahal   dis iplin  di  suatu  l embaga  sekolah  dapat  menentukan  berhasil   atau  t i daknya seko l ah tersebut.
Sekol ah  yang  menegakkan  disiplin  akan  menjadi   seko l ah  yang  berkuali tas,  baik dari   segi apapun juga. Konon, bagaimanapun  atau apapun model dan kuali tas  inputnya  semua  akan  menjadi   berkuali tas,  semua  bisa  dilakukan  lewat  disi plin.
Mungkin  ada  benarnya.  Seti daknya  membuat  lingkungan  seko l ah  berdisiplin,  terutam a  disiplin  dalam  belajar  dan  proses  mengaj ar .  Set i daknya  pengkondisia n  3  Moh  Padil dan Tr iy o Supriy atno, Sosiologi Pendidikan,(Malang: UIN Malang Pres, 2007),  hlm.
24  dal am  soal   disiplin  akan  membuat  image  tersendir i   di   lingkungan  seki t ar  tentang  kondi si seko l ah.
4  Di siplin dis ini diarti kan  ketaatan  pada  peraturan.  Dari   sini  semuanya  bermula,  sebelum  disiplin  di terapkan  perlu  dibuat  peraturan  atau  tat a  tert ib  yang  benar­  benar  realist i k  menuju  suatu  t i t i k,  yai t u  kuali tas  tadi .  Lalu  mengapa  banyak  seko l ah  yang  mutunya  rendah  baik  di t injau  dari   nilai­ nilai  siswa,  kinerja  persona l  seko l ah.  Jawabanya  mungkin  disebabkan  masih  bel um  jelasnya  peraturan  sehingga  t i dak  mudah  diaplikasikan,  atau  buruknya  pengawalan  penerapa n  peraturan  i t u.  Dal am  hal  ini  kekurangkonsistenan  semua  pihak.  Bahkan  kadang  gurupun  t i dak  tahu  apa  yang  harus  dilakukan  dal am  kelas,  sehingga  ia  hanya  mengajar apa adanya terkesan menghabiskan waktu mengajar saja.
5  Ket i daktepatan  dalam  hal  guru  masuk  kelas  sehingga  jeda  waktu  pergant i an  jam  bisa  dimanfaatkan  siswa  unt uk  melakukan  t indakan  indisipliner .  Komi tme n  guru  dalam  hal  ini   kadang  sering  menjadi   penyebabnya.  Dalam  manajeme n  seko l ah, biasanya pengawasan banyak yang t i dak bisa berjalan dengan baik,  l ebih­  lebih  jika  komi tmen  guru  dan  siswa  rendah  maka  seko l ah­pun  akhirnya  sulit  majunya.  Hal  demikianlah  yang  mungkin  terj adi  di   SMA   dan  MA   RU  II  yang  berada  di  bawah  naungan  ya yasan  pondok  pesantren  Raudlatul   Ulum  II,  mengingat  sebagian  besar  guru  dan  aparat  sekolah  memegang  jabatan  rangkap  ( l ebih  dari  satu),  bai k  Sebagai  pengurus  yayasan,  pengurus  pondok,  persone l  seko l ah  (pegawai  termasuk  guru  SL TP ,MT s,MA   dan  SMA   RU)  seko l ah  diniyah,  dan  lembaga­ lembaga  lain  yang  ada  di pondok  tersebut  sepert i   lembaga  kajian  4  K2 team blog, k2 wordpres.com,10 apr il 2007,hal 1  5  Ibid,hal.
25  hukum Islam,dll .
Melihat hal tersebut sangat besar kemungkinan bagi  seseorang unt uk bertindak  indisipliner ,  di tambah  dengan  peraturan  yang  kurang  pengawalan  dari   semua  pihak.  Secara  sepintas  mungkin  memang  bisa  dimaklumi,   namun  jika  ki t a  mengacu  pada  tuj uan  pendidikan  nasi o nal ,   maka  hal  demikian  t i dak  dapat  dibiarkan  begi tu  saja,  sebab  di khawat i rkan  budaya  tersebut  akan  t erus  mempengaruhi  kehi dupan generasi  muda selanjutnya.
Berangkat  dari   kekhawat i ran  tersebut  di atas,  maka  penulis  bermaksud  unt uk  menyusun  sebuah  skripsi  dengan  mengangkat  j udul  Analisis  Faktor  Ketidakdisiplinan  Kerja  Guru  Di  Lingkungan  Pondok  Pesantren  (Studi  Kasus  pada SMA  dan MA  Raudlatul Ulum II Putukrejo Gondanglegi Malang)  
B.  Rumusan Masalah  1.  Apa  saja  f aktor  y ang  mempengaruhi  disiplin  kerja  guru  di  SMA   dan  MA  Raudlatul  Ulum II ?  2.  Apakah  faktor  y ang  dominan  mempengaruhi  disip lin  kerja  guru  di   SMA  dan MA  Raudlatul  Ulum II ?  3.  Upay a  apa  saja  yang  dilakukan  kepala  sekolah  unt uk  meningkatkan  kedisi plinan guru? 26  
C. T ujuan  Tuj uan dari  peneli t ian  ini   adalah:  1.  Unt uk  mengetahui  Apa  saja  faktor  y ang  mempengaruhi  disiplin kerj a  guru  di  MA  dan SMA  Raudlatul  Ul um II  2.  Unt uk  mengetahui  faktor y ang dominan  mempengaruhi disiplin kerja guru  di  SMA  dan MA  Raudlatul  Ul um II  3.  Unt uk  mengetahui  upaya  apa  saja  yang  dilakukan  kepala  seko l ah  unt uk  meningkatkan kedisiplinan guru  
D. Manfaat Penelitian  1.  Bagi   Seko l ah:  Dengan  peneli t i an  ini   diharapkan  dapat   memberi ka n  inf ormasi   yang  berguna  unt uk  menyusun  kebijakan  seko l ah  yang  bersangkutan.
2.  Bagi   Lembaga:  Peneli t ian  ini   diharapkan  dapat  menambah  khasana h  keilmuan  dan  sebagai  masukan  bagi  fakul tas  unt uk  mengevaluasi   sejauh  mana  kuri kulum  yang  diberi kan  mampu  memenuhi   tunt utan  perkembangan dunia pendi dikan pada saat ini .
3.  Bagi   Peneli t i:  Peneli t ian  ini   diharapkan  sebagai   sarana  berfikir  ilmiah  dan  sistemat i s dalam melihat, mengident ifikasi dan memecahkan permasalahan  di kai tkan dengan teori  yang ada.
27  E. Ruang Lingkup Pembahasan  Agar pembahasan dalam penulisan  ini   bisa j elas dan terarah maka penulis  memberi  batas terhadap permasalahan y ang akan penulis teli t i , yai t u :  1.  Faktor  y ang  mempengaruhi  dis iplin  kerja  guru,  dilihat  dari   aspek  dis iplin  waktu  2.  Faktor  y ang  mempengaruhi  dis iplin  kerja  guru,  dilihat  dari   aspek  dis iplin  perbuatan.
F . Sistematika Pembahasan  Secara  garis  besar  peneli t ian  ini  terbagi  menjadi   6  bab,  dan  dalam  t i ap­t i ap  bab,  masing­masing  diurai kan    aspek  yang  berhubungan  dengan  faktor  yang  mempengaruhi  dis iplin  kerja  guru  dilingkungan  pondok  pesantren.  Lebih  lanjut  setiap  bab  diperinci  lagi  menjadi  bagian­bagian    lebih  khusus  dalam  bent uk  sub  bab.
Urai an  keenam  bab  ini  merupakan  t otali tas,  dimana  ant ar  bab  yang  satu  dengan  yang  lain  saling  topang­menopang  sehingga  ant ara  bab  satu  dengan  ba b  yang  lainnya  t i dak  bisa  dipisahkan.  Bila  t i dak  demikian  akan  mengurang i  kesempurnaan  isinya.
Adapun sistemat i ka y ang dipakai dalam penulisan ini  adalah :  Bab I  Pendahuluan  Bab  ini merupakan langkah awal dari pembahasan yang merupakan po l a dasar  penulisan  dan  merupakan  landasan  pembahasan  bab  selanjutnya  yang  menguraikan  latar  bel akang,  perumusan  masalah,  t uj uan  dan  kegunaan  peneli t ian,  Ruang lingkup pembahasan dan sistemat i ka pembahasan.
28  Bab II Kajian T eori  Bab  ini  merupakan  pembahasan  tentang  hasil  peneli t ian  sebelumnya  yang  serupa,  kajian  tentang  disiplin  kerja,  dan  kajian  tentang  lingkungan  pondok  pesantrten.
Bab III, Metode Penelitian  Bab  ini  membahas tentang pendekatan dan  j enis peneli t ian, sumber data dan  jenis data, instrum ent  peneli t ian, rencana tindakan peneli t ian, dan analisis data.
Bab IV , Hasil Penelitian  Bab  ini  merupakan  bab  yang  memaparkan  hasil  tem uan  di  lapangan  sesua i  dengan  urutan  rumusan  masalah/f okus  peneli t ian,  yai t u  l atar  belakang  obyek,  SMA   dan  MA   Raudlatul  Ulum  II  Putukrej o  Gondanglegi  Malang,  yang  meliput i  sejarah  dan  perkembangan,  visi  dan  mis i  serta  struktur  organisasi  SMA   dan  MA  Raudlatul  Ulum  II.  Kemudian  juga  akan  dipaparkan  tentang  kedis iplinan  guru,  serta  f aktor ­f aktor  pendukung  dan  penghambatnya  di  SMA   dan  MA   Raudlatul  Ul um II Putukrej o Gondanglegi Malan 


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi