Senin, 09 Juni 2014

Skripsi IPS: PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HONDA AHASS 07819 HAMADA MOTOR NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

BAB I  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang Masalah  Di  era  globalisasi  yang  kita  hadapi  saat  ini  menimbulkan  dampak  tersendiri  dalam  tatanan  perekonomian  pada  seluruh  lapisan  masyarakat.
Perkembangan dunia usaha saat ini telah membawa para pelaku dunia usaha  pada persaingan yang sangat ketat untuk memperebutkan konsumen, hal itu  tidak menutup kemungkinan untuk perkembangan HONDA  AHASS 07819  HAMADA  MOTOR  Ngoro  yang  pada  saat  ini  juga  dihadapkan  pada  persaingan ketat untuk memperebutkan konsumen. Sebagai konsekuensinya  kita harus siap menghadapi perkembangan dan tuntutan era global tersebut  secara bijak dan teliti.
Keberhasilan  suatu  perusahaan  tidak  hanya  dinilai  dari  banyak  konsumen  yang  diperoleh  perusahaan,  namun  bagaimana cara  untuk  mempertahankan  kelangsungan  hidup  perusahaan  tersebut.  Memberikan  kepuasan  konsumen  merupakan  salah  satu  strategi  untuk  mempertahankan  kelangsungan  hidup  perusahaan.  HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR  Ngoro  Kabupaten  Mojokerto  didirikan  oleh  H.  Abdul  Wahid  Rozaq,  yang  bekerja  sama  dengan  Astro  Honda  Motor.  HONDA  AHASS  07819 HAMADA MOTOR Ngoro ini didirikan pada 21 Februari 2005 yang  saat ini sudah bertahan hingga tahun ke-4. Karena HONDA AHASS 07819  HAMADA  MOTOR  Ngoro  Kabupaten  Mojokerto  ini  baru  berdiri  sekitar   kurang lebih empat tahun, maka perlu untuk ditelitiapakah kualitas layanan  yang  diberikan  oleh  HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR  Ngoro  Kabupaten Mojokerto ini sudah dapat memberikan standar kualitas layanan  yang  pada  akhirnya  menghasilkan  kepuasan  para  konsumen  atau  masih  belum  dapat  memberikan  standar  kualitas  yang  akhirnya  para  konsumen  belum dapat merasakan kepuasan.

HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR  Ngoro  merupakan  perusahaan  yang  yang  bergerak  dibidang  jasa  yang  harus  berusaha  untuk  memberikan  kepuasan  konsumen  yang  bukan  hanya  pada  kepuasan  konsumen  dari  segi  kualitas  produk,  akan  tetapi  HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR  Ngoro  juga  harus  berusaha  untuk  memberikan  kepuasan  konsumen  dari  segi  kualitas  layanan.  Peranan  setiap  perusahaan  dalam  memberikan  layanan  sangat  penting  dan  berpengaruh  terhadap  kepuasan yang dibentuk perusahaan tersebut (kepuasan konsumen), hal ini  didukung sesuai dengan teorinya Tjiptono yang menyatakan bahwa kualitas  jasa harus dimulai dari kebutuhan konsumen dan berakhir dengan kepuasan  konsumen serta persepsi positif terhadap kualitas jasa   .
Kualitas  layanan  merupakan  senjata  ampuh  dalam  keunggulan  perusahaan,  terutama  perusahaan  yang  bergerak  dalam bidang  jasa.  Oleh  karena itu, kualitas layanan harus menjadi fokus perhatian dan sebagai isu  strategi  manajemen  perusahaan  dalam  menjalankan  usaha,  karena  keberhasilan  suatu  perusahaan  sangat  dipengaruhi  oleh  bagaimana     Tjiptono Fandy, Chandra Gregorius. Service, Quality & Satisfaction( Yogyakarta:ANDI 2005),  hlm.121   perusahaan tersebut memberi kepuasan dan kebahagiaan kepada konsumen,  baik  internal  maupun  eksternal,  hal  ini  didukung  sesuai  dengan  teorinya  Kotler  menyatakan  kepuasan  konsumen  (consumer  satisfaction)  sebagai  tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang  dia rasakan dibandingkan dengan harapannya  .
Kualitas  layanan  HONDA  AHASS  kepada  konsumennya  dapat  diartikan  sebagai  jasa  yang  diberikan  oleh  HONDA  AHASS  kepada  para  konsumennya yang berupa penyediaan alat pemuas kebutuhan dan harapan  para konsumen akan barang dan jasa.
Kualitas  produk  dan  kualitas  layanan  merupakan  pilar  yang  dapat  mendukung tingkat harga. Akan tetapi, kualitas produk dan kualitas layanan  tidak hanya dapat dinilai dengan ukuran baik dan buruk.  Image  perusahaan  mempengaruhi  nilai  konsumen  karena  image  perusahaan  sangat  bekaitan  erat  dengan  kualitas  produk  dan  kualitas  layanan.  Konsep  nilai  konsumen  adalah  sangat  erat  kaitannya  dengan  kepuasan  konsumen.  Jika  harapan  konsumen  dari  suatu  perusahaan  terhadap  kualitas  produk  atau  kualitas  layanannya  dan  harganya  terlampaui  maka  perusahaan  tersebut  akan  mendapatkan  nilai  tinggi  dari  kepuasan  konsumen  dan selanjutnya  akan  menciptakan  kesenangan  konsumen.  Sebaliknya,  jika  kepuasan  konsumen  tidak  terpenuhi,  maka  yang  timbul  adalah  ketidakpuasan  konsumen.
Semakin  rendah  tingkat  kepuasan  konsumen  terhadap  layanan  suatu   http://mitrariset.blogspot.com/2008/10/Pengukuran-Kepuasan-Konsumen.html.
 perusahaan,  semakin  besar  kemungkinan  konsumen  untuk  meninggalkan  perusahaan tersebut.
Umumnya  harapan  konsumen  merupakan  perkiraan  atau  keyakinan  konsumen  tentang  apa  yang  akan  diterimanya  bila  ia  membeli  atau  menkonsumsi suatu produk atau jasa. Sementara itu, kinerja yang dirasakan  adalah  persepsi  konsumen  terhadap  apa  yang  ia  terima  setelah  mengkonsumsi  produk  atau  jasa  yang  dibeli.  Kepuasan merupakan  fungsi  dari  kesan  kinerja  dan  harapan.  Jika  kinerja  berada dibawah  harapan,  konsumen tidak puas. Jika kinerja melebihi harapan,konsumen sangat puas  atau  senang.  Hal  ini  didukung  sesuai  dengan  teorinya  Fandy  yang  menyatakan  bahwa  kepuasan  membantu  konsumen   dalam  merevisi  persepsinya terhadap kualitas jasa  .
HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR  Ngoro  perlu  memperhatikan  harapan-harapan  konsumen  yang  belum  terpenuhi,  kemudian  berusaha  memenuhinya  dan  meningkatkan  aspek-aspek  yang  sudah sesuai dengan keinginan dan harapan para konsumen, agar citra dari  HONDA AHASS 07819 HAMADA MOTOR Ngoro terus meningkat serta  dapat  memberikan  kepuasan  kepada  para  konsumennya  dari  segi  kualitas  layanan.
Dalam  pemasaran  jasa,  kualitas  jasa  tidak  terlepas  dari  cara  penyampaiannya.  Hal  ini  diakibatkan  karena  karakteristik  jasa  yang  tidak  berwujud,  tidak  dapat  dilihat,  atau  dicium  sebelum  jasa  itu  dibeli.  Karena  3 Tjiptono. Fandy. Prinsip-prinsip Total Quality Service.(Yogyakarta:ANDI 2004), hlm.209   kualitas  jasa  memiliki  hubungan  yang  erat  dengan  kepuasan  konsumen,  maka  perusahaan  jasa  harus  senantiasa  memenuhinya  .  Layanan  terbaik  biasanya  dikaitkan  dengan  kemampuan  memberikan  layanan  pribadi  pada  konsumen, kemampuan berkomunikasi dengan baik kepada konsumen, dan  tindakan yang bersahabat dengan konsumen. Hal ini merupakan aspek-aspek  empati dalam kualitas layanan  .
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penulis bermaksud  mengetahui kualitas layanan yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Hasil  penelitian  akan  dituliskan  dalam  skripsi  berjudul  ”PENGARUH  KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA  HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR  NGORO  KABUPATEN  MOJOKERTO”.
B.  Rumusan Masalah  Berdasarkan pada uraian latar belakang, maka rumusan masalah dalam  penelitian ini adalah :  1.  Apakah  kualitas  layanan  secara  simultan  berpengaruh terhadap  kepuasan  konsumen  pada  HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR Ngoro Kabupaten Mojokerto?  2.  Apakah kualitas layanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan  konsumen pada HONDA AHASS 07819 HAMADA MOTOR Ngoro  Kabupaten Mojokerto?     Erna. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Ayam  Bakar Wong Solo(Skripsi, Fakultas Tarbiyah Jurusan P.IPS. UIN Malang 2004), hlm. 01   Analisis Kualitas Layanan Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Skripsi-Tesis_com™.htm.
 C.  Tujuan Penelitian  Berdasarkan  rumusan  masalah  yang  ada,  maka  tujuan  penelitian  ini  adalah :  1.  Untuk menjelaskan pengaruh kualitas layanan secara simultan terhadap  kepuasan  konsumen  pada  HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR Ngoro Kabupaten Mojokerto.
2.  Untuk menjelaskan pengaruh kualitas layanan secara  parsial terhadap  kepuasan  konsumen  pada  HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR Ngoro Kabupaten Mojokerto.
D.  Manfaat Penelitian  Manfaat dari penelitian ini adalah :  1.  Manfaat bagi Instansi  a.  Bagi UIN  Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka melengkapi dan  mengembangkan hasil penelitian yang sudah ada.
b.  HONDA  AHASS  7819  HAMADA  MOTOR  Ngoro.  Kab.
Mojokerto  1)  Dapat  dijadikan  sebagai  bahan  masukan  atau  saran  bagi  HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR  Ngoro  Kabupaten  Mojokerto  dalam  upaya  meningkatkan  dan  memajukan  kualitas  layanan  HONDA  AHASS  07819   HAMADA  MOTOR  Ngoro  Kabupaten  Mojokerto  dimasa  yang akan datang.
2)  Sebagai  bahan  pertimbangan  HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR  Ngoro  Kabupaten  Mojokerto  dalam  mengambil kebijakan dan keputusan yang baik.
2.  Manfaat bagi Peneliti  Sebagai penambah hazanah keilmuan, pengalaman, latihan dan  pengembangan  teori  yang  diterapkan  yang  didapat  selama  dibangku  perkulihaan.
E.  Hipotesis  Setelah  peneliti  mengadakan  penelaahan  terhadap  berbagai  sumber  untuk  menentukan  anggapan  dasar,  maka  langkah  berikutnya  adalah  merumuskan hipotesis.
Agar  dapat  lebih  mudah  dipahami  pengertian  ini,  perlu  dikutipkan  pendapat  Arikunto  tentang  pemecahan  masalah.  Permasalahan  itu  akan  diselesaikan segi demi segi dengan cara mengajukan  pertanyaan-pertanyaan  untuk  tiap-tiap  segi,  dan  mencari  jawabannya  melalui  penelitian  yang  dilakukan.
Jawaban  terhadap  permasalahan  ini  dibedakan  atas  dua  hal  sesuai  dengan taraf pencapaiannya yaitu :   1.  Jawaban permasalahan yang berupa kebenaran pada taraf teoritik,  dicapai melalui membaca.
2.  Jawaban permasalahan yang berupa kebenaran pada taraf praktik,  dicapai  setelah  penelitian  selesai,  yaitu  setelah  pengolahan  terhadap data.
Sehubungan  dengan  pembatasan  pengertian  maka  hipotesis  dapat  diartikan  sebagai  suatu  jawaban  yang  bersifat  sementara  terhadap  permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul.
Dari  arti  katanya,  hipotesis  berasal  dari  dua  penggalan  kata,  “hypo”  yang  artinya  “di  bawah”  dan  “thesa”  yang  artinya  “kebenaran”.  Jadi  hipotesis yang kemudian cara menulisnya disesuaikandengan Ejaan Bahasa  Indonesia menjadi hipotesa, dan berkembang menjadi  hipotesis  . Rumusan  hipotesis yang ditetapkan dalam penelitian ini sebagai berikut :  1.  Bahwa  antara  kualitas  layanan  secara  simultan  berpengaruh  terhadap  kepuasan  konsumen  pada  HONDA  AHASS  07819  HAMADA MOTOR Ngoro Kabupaten Mojokerto.
2.  Bahwa antara kualitas layanan secara parsial berpengaruh terhadap  kepuasan  konsumen  pada  HONDA  AHASS  07819  HAMADA  MOTOR Ngoro Kabupaten Mojokerto.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi