BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Perkembangan
koperasi di berbagai dunia cenderung berbeda - beda.
Perkembangan koperasi di negara-negara Eropa
telah memasuki tahap perkembangan yang sangat maju. Terlepas dari keragaman
tingkat pekembangan koperasi tersebut, satu hal yang perlu disadari bah wa perkembangan koperasi tidak dapat dipisahkan
dari seperangkat nilai luhur yang
disebut landasan koperasi.
Koperasi adalah su atu badan usaha dalam
perekonomian Indonesia, yang merupakan wadah
kerjasama yang dibentuk dari, oleh dan untuk anggota.
Koperasi terdiri dari orang - orang yang
memiliki kepentingan yang sama.
Sebagai suatu bentuk badan usaha, koperasi
memperjuangkan pemenuhan kebutuhan
ekonomi para anggotanya secara efesien. Sedangkan sebagai sekumpulan orang-
orang, koperasi memiliki watak sosial ( social oriented).
Hal inilah yang membedakan badan usaha
koperasi dengan badan usaha lainnya.
Berpegang pada UU No. 25 Tahun 1992 yang
menyatakan bahwa tujuan koperasi negara
Indonesia adalah “memajukan kesejahteraan umum, mewujudkan keadilan sosial
bagi seluruh rakyat Indonesia”.
Penjelasan ayat tersebut di atas adalah
produksi yang dikerjakan oleh semua, untuk semua di bawah kepemilikan atau pimpinan. Kemakmuran
masyarakat yang diutamakan, bukan orang seorang.
Dengan demikian secara tegas gerakan koperasi
memiliki kekuatan konstitusional yang harus dipertahankan denga n didorong
terus keberadaannya. Karena koperasi memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan
masyarakat pada umumnya. Ha l itu sesuai
dengan pasal 3 UU N o. 25/1992, dalam pasal tersebut dinyatakan bahwa tujuan koperasi Indonesia adalah
memajukan kesejahteraan anggota pada
khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan
perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil da n makmur berdasarkan Pancasila dan UUD
1945.
Untuk
mencapai tujuan tersebut, koperasi harus dikelola dengan baik dan benar. Dan dalam pengelolaan kop erasi
tersebut tentunya memi lik i suatu strategi tertentu guna mewujudkan apa yang
telah menjadi dari berdirinya koperasi.
Dalam menentukan suatu strategi, koperasi harus mempertimbangkan secaracermat
hal - hal sebagai berikut : 1 .
Kekuatan - kekuatan internal koperasi 2 . Kelema han -kelema han internal koperasi 3
. Kesempatan atau peluang bisnis yang
tersedia untuk dimanfaatka n guna mencapai
tujuan koperasi Revrisond Baswir,
Koperasi Indonesia, BPFE -Yogyakarta, Yogyakarta. Hlm. 41 4 .
Hambatan atau kendala bisnis yang diperkirakan mengganggu pencapaian tujuan koperasi Dari
gambaran terhadap hal -hal di atas, barulah ditentukan strategi yang sebaiknya disusun untukmelaksanakan misi dalam
mencapai tujuan koperasi.
Adapun jenis strategi yang dapat dipilih oleh
koperasi dalam garis besarnya dibedakan
antara strategi pada tingkat korporasi dan strategi p ada tingkat unit usaha.
Begitu juga dengan Koperasi Agro Niaga
Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang mempunyai tujuan yang sama untuk
mensejahterakan anggotanya. Apalagi koperasi ini menggunakan prinsip- prinsip
syari’ah dalam menjalankan usahanya,
sehingga diperlukan manajemen yang solid
dan pengelolaan yang benar guna mencapai tujuan usahanya.
Dari uraian latar belakang tersebut peneliti
berminat untuk meneliti lebih lanjut
tentang bagaimana koperasi merancang sebuah strategi guna dapat mengembangkan usahanya dengan sebaik mungkin,
dengan judul “Strategi Koperasi dalam Men gembangkanUsaha (Studi Kasus
Pada Koperasi Agro Niaga
Indonesia Kabupaten Malang)”.
B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang
di atas, maka pokok permasalahan dalam p enelitian ini dapat dirumuskan sebagai
berikut : 1 . Bagaimana Profil Koperasi
Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang? Ibid, Hlm. 159 2
. Bagaimana Kinerja dari masing -masing
Unit Usaha (KANINDO) Kabupaten Malang? 3 .
Bagaimana penerapan strategi pengembangan usaha Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang?
C. Tujuan Penelitian Dalam
melakukan penelitian ini peneliti mempunyai tujuan sebagai berikut : 1 . Untuk mendeskripsikan profil dari Koperasi
Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang 2 . Untuk mendeskripsikan kinerja dari unit
usaha yang dikembangkan oleh Koperasi
Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang 3 . Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan
usaha Koperasi Agro Niaga (KANINDO) Kabupaten Malang
D. Manfaat Penelitian Dari penel
itian ini diharapkan ada konstribusi terhadap strategi koperasi yang diterapkan khususnya pemenuhan terhadap
kesejahteraan anggota koperasi. Adapun manfaat penelitian ini adalah untuk : 1
. Peneliti Penelitian ini dapat
memberikan manfaat tambahan pengetahuan tentang
bagaimana sebuah organisasi menyusun sebuah strategi untuk mencapai tujuan
daripada organisasi tersebut.
2 .
Lembaga Untuk mengetahui dan menilai kemampuan
mahasiswa dalam menerapkan ilmu dan teori yang diperoleh dari bangku kuliah.
Penelitian ini juga dapat dijadikan referensi terhadap penelitian selanjutnya.
3 .
Pihak Koperasi Penelitian ini dapat dijadikan bahan petimbangan dalam mengambil
kebijakan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota.
Di samping itu juga untuk mengevaluasi berhasil
tidaknya strategi yang diterapkan oleh
pihak koperasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya.
Download lengkap Versi PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi