Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: STRATEGI KOPERASI DALAM MENGEMBANGKAN USAHA


BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Perkembangan koperasi di berbagai dunia cenderung berbeda - beda.
 Perkembangan koperasi di negara-negara Eropa telah memasuki tahap perkembangan yang sangat maju. Terlepas dari keragaman tingkat pekembangan koperasi tersebut, satu hal yang perlu disadari bah wa  perkembangan koperasi tidak dapat dipisahkan dari seperangkat nilai luhur  yang disebut landasan koperasi.
 Koperasi adalah su atu badan usaha dalam perekonomian Indonesia, yang  merupakan wadah kerjasama yang dibentuk dari, oleh dan untuk anggota.
 Koperasi terdiri dari orang - orang yang memiliki kepentingan yang sama.
 Sebagai suatu bentuk badan usaha, koperasi memperjuangkan pemenuhan  kebutuhan ekonomi para anggotanya secara efesien. Sedangkan sebagai sekumpulan orang- orang, koperasi memiliki watak sosial ( social oriented).
 Hal inilah yang membedakan badan usaha koperasi dengan badan usaha lainnya.
 Berpegang pada UU No. 25 Tahun 1992 yang menyatakan bahwa tujuan  koperasi negara Indonesia adalah “memajukan kesejahteraan umum, mewujudkan keadilan sosial bagi  seluruh rakyat Indonesia”. Penjelasan ayat  tersebut di atas adalah produksi yang dikerjakan oleh semua, untuk semua di  bawah kepemilikan atau pimpinan. Kemakmuran masyarakat yang diutamakan, bukan orang seorang.

 Dengan demikian secara tegas gerakan koperasi memiliki kekuatan konstitusional yang harus dipertahankan denga n didorong terus keberadaannya. Karena koperasi memiliki tujuan utama untuk meningkatkan  kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Ha l  itu sesuai dengan pasal 3 UU N o. 25/1992, dalam pasal tersebut dinyatakan  bahwa tujuan koperasi Indonesia adalah memajukan kesejahteraan anggota  pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang  adil da n makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  Untuk mencapai tujuan tersebut, koperasi harus dikelola dengan baik dan  benar. Dan dalam pengelolaan kop erasi tersebut tentunya memi lik i suatu strategi tertentu guna mewujudkan apa yang telah menjadi dari berdirinya  koperasi. Dalam menentukan suatu strategi, koperasi harus mempertimbangkan secaracermat hal - hal sebagai berikut : 1 .   Kekuatan - kekuatan internal koperasi 2 .   Kelema han -kelema han internal koperasi 3 .   Kesempatan atau peluang bisnis yang tersedia untuk dimanfaatka n guna  mencapai tujuan koperasi  Revrisond Baswir, Koperasi Indonesia, BPFE -Yogyakarta, Yogyakarta. Hlm. 41  4 .   Hambatan atau kendala bisnis yang diperkirakan mengganggu pencapaian  tujuan koperasi  Dari  gambaran terhadap hal -hal di atas, barulah ditentukan strategi yang  sebaiknya disusun untukmelaksanakan misi dalam mencapai tujuan koperasi.
 Adapun jenis strategi yang dapat dipilih oleh koperasi dalam garis besarnya  dibedakan antara strategi pada tingkat korporasi dan strategi p ada tingkat unit  usaha.
 Begitu juga dengan Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang mempunyai tujuan yang sama untuk mensejahterakan anggotanya. Apalagi koperasi ini menggunakan prinsip- prinsip syari’ah dalam  menjalankan usahanya, sehingga  diperlukan manajemen yang solid dan pengelolaan yang benar guna mencapai tujuan usahanya.
 Dari uraian latar belakang tersebut peneliti berminat untuk meneliti lebih  lanjut tentang bagaimana koperasi merancang sebuah strategi guna dapat  mengembangkan usahanya dengan sebaik mungkin, dengan judul  “Strategi  Koperasi dalam Men gembangkanUsaha  (Studi Kasus  Pada Koperasi  Agro Niaga Indonesia Kabupaten Malang)”.
 B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas, maka pokok permasalahan dalam p enelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : 1 .   Bagaimana Profil Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang?  Ibid, Hlm. 159   2 .   Bagaimana Kinerja dari masing -masing Unit Usaha (KANINDO) Kabupaten Malang? 3 .   Bagaimana penerapan strategi pengembangan usaha Koperasi Agro Niaga  Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang?
C. Tujuan Penelitian Dalam melakukan penelitian ini peneliti mempunyai tujuan sebagai berikut : 1 .   Untuk mendeskripsikan profil dari Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang 2 .   Untuk mendeskripsikan kinerja dari unit usaha yang dikembangkan oleh  Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang 3 .   Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan usaha Koperasi Agro Niaga (KANINDO) Kabupaten Malang
D. Manfaat Penelitian Dari penel itian ini diharapkan ada konstribusi terhadap strategi koperasi  yang diterapkan khususnya pemenuhan terhadap kesejahteraan anggota koperasi. Adapun manfaat penelitian ini adalah untuk : 1 .   Peneliti Penelitian ini dapat memberikan manfaat tambahan pengetahuan  tentang bagaimana sebuah organisasi menyusun sebuah strategi untuk mencapai tujuan daripada organisasi tersebut.
 2 .   Lembaga   Untuk mengetahui dan menilai kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu dan teori yang diperoleh dari bangku kuliah. Penelitian ini juga dapat dijadikan referensi terhadap penelitian selanjutnya.
 3 .   Pihak Koperasi Penelitian ini dapat dijadikan bahan petimbangan dalam mengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota.
 Di samping itu juga untuk mengevaluasi berhasil tidaknya strategi yang  diterapkan oleh pihak koperasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan  anggotanya.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi