Rabu, 20 Agustus 2014

Skripsi Dakwah:ANALISIS PESAN DAKWAH DALAM ALBUM “TAWAKKAL” KARYA RAIHAN


 BAB I  PENDAHULUAN  
1.1. Latar Belakang  Dakwah merupakan segala aktifitas  yang mengubah suatu situasi kepada  situasi lain yang lebih baik menurut ajaran Islam.  Dakwah juga berupa usahausaha  menyerukan  dan  menyampaikan  kepada  perorangan dan  seluruh  umat,  yang  berupa  konsepsi  Islam  tentang  pandangan  dan  tujuan  hidup  manusia  di  dunia yang meliputi amar ma’ruf nahi munkar. (Muafiyah, 2005:4)  Dalam Al-qur’an diterangkan secara jelas dalam surat Yunus ayat 25:  
“Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki  orang  yang  dikehendaki-Nya  kepada  jalan  yang  lurus  (Islam).”  (Q.S  Yunus : 25) (Depag, 1989:310)  Islam  sebagai  agama  dakwah  mewajibkan  umatnya  untuk melakukan  internalisasi, transmisi, difusi, transformasi dan aktualisasi syari’at Islam dengan  berbagai  metode  dan  media  yang  bersumber  pada  Al-qur’an  sebagai  kitab  dakwah dan sunnah Rasul kepada mad’u (umat manusia). Hal ini sebagai ikhtiar  muslim untuk membuat syari’at Islam menjadi kenyataan dalam kehidupan baik  secara individu, keluarga, komunitas dan khalayak secara berjama’ah sehingga  terwujud  umat  terbaik  (insan  kamil)  dalam  kehidupan di  dunia  dan  akhirat.

(Kusnawan, 2004:xii)   Agar  kegiatan  dakwah  lebih  mengena  pada  sasaran  dakwah  maka  aspek  tujuan  juga  ikut  menentukan.  Tujuan  dakwah  yang  tidak  jelas  menyebabkan  dakwahnya  tidak  terarah  bahkan  cenderung  pelaksanaannya  membingungkan  dan lebih lagi sasaran dakwahnya kemungkinan akan ragu-ragu menerima. Oleh  karena itu diperlukan perumusan dakwah yang jelas. (Ghazali, 1997:10)  Dakwah  sebagai  suatu  kegiatan  komunikasi  keagamaan  dihadapkan  kepada  perkembangan  dan  kemajuan  teknologi  komunikasi  yang  semakin  canggih.  Perkembangan  tersebut  memerlukan  adanya  adaptasi  terhadap  kemajuan,  artinya  dakwah  dituntut  agar  dikemas  dengan  berbagai  metode  termasuk  dengan  penerapan  media  komunikasi  sesuai  dengan  keragaman  masyarakat  (mad’u)  yang  dihadapi  yang  menjadi  obyek dakwah.  Dakwah  melalui  media  komunikasi  lebih  efektif  dan  efisien  atau  dengan  bahasa  lain  format dakwah yang demikian merupakan dakwah yang komunikatif. (Ghazali,  1997:33)  Dakwah  sebagai  ekspresi  dari  rasa  iman  dan  tanggung jawab  serta  ketaqwaan kepada Allah, perwujudannya bukan sekedardalam bentuk kegiatan  pembinaan  atau  peningkatan  dan  penghayatan  ajaran,  melainkan  menuju  pada  dataran  yang  lebih  luas,  yaitu  sebagai  pelaksanaan  keseluruhan  masyarakat.
Dengan  kata  lain  dakwah  adalah  keseluruhan  pelaksanaan  ajaran  Islam  oleh  orang  perorangan  atau  suatu  kelompok  dalam  kehidupan  bermasyarakat.
(Ahmad, 1997:33)  Oleh karena itu, respons dan kepentingan dakwah terhadap alat atau media  yang  tepat  dalam  berdakwah  merupakan  sebuah  keniscayaan  yang  tidak   terelakan  bahkan  sangat  urgen  sekali  sebagai  media  dakwah.  Dengan  media  dakwah  barangkali  akan  lebih  mudah  diterima  oleh  mad’u  dan  dengan  pemanfaatan media sebagai media komunikasi dakwah,  maka aktifitas dakwah  akan  lebih  komunikatif  antara  da’i  dan  mad’u  atau  sasaran  dakwahnya  akan  lebih dekat dan mudah dimengerti serta diterima. (Ghazali, 1997:12)  Begitu pula alat atau media dakwah memerlukan kesesuaian dengan bakat  dan kemampuan da’inya, artinya penerapan media dakwah harus di dukung oleh  adanya  potensi  da’i,  karena  media  dakwah  pada  dasarnya  sebagai  alat  untuk  menyampaikan pesan-pesan dakwah terhadap mad’u. (Ghazali, 1997: 21)  Melihat  perkembangan  dakwah  Islamiyah,  banyak  ditemukan  cara  berdakwah  yang  menggunakan  media  album  lagu.  Pada  dasarnya  media  ini  merupakan  cara  yang  praktis  menghibur  hati  masyarakat,  yakni  dengan  memanfaatkan  media  album  lagu,  maka  penyajian  informasi-informasi  keagamaan  dapat  disisipkan  di  dalamnya.  Hal  ini  menjadikan  album  lagu  mempunyai  manfaat  yang  lebih  besar  dibanding  dengan tujuan  semula  yang  hanya merupakan produk dari hasil karya seni seseorang. Oleh karena itu bagi  penyelenggara dakwah pemanfaatan media seperti ini dapatlah kiranya dijadikan  sebagai alat untuk menyampaikan dakwah Islamiyah.
Atas dasar pemikiran tersebut di atas, maka peneliti mencoba mengangkat  judul: “Analisis Pesan Dakwah Dalam Album “Tawakkal” Karya Raihan”, yang  peniliti  kira  layak  dikaji  untuk  dikembangkan  sebagai  media  dakwah  yang  efektif pada era globalisasi. Hal ini di sebabkan bahwa obyek penelitian dakwah  dalam  album,  peniliti  nilai  tepat  dan  komunikatif  karena  album  Raihan  yang   dikemas dalam bentuk VCD, karena VCD sendiri disamping memiliki kelebihan  audio visual, didalam kehidupan masyarakat juga bisa berfungsi sebagai media  hiburan yang bisa ditonton dan dinikmati oleh semuakalangan, baik orang tua,  remaja, dan juga anak-anak, serta bisa diputar berulang-ulang.  .
1.2. Perumusan Masalah  Berdasarkan  latar  belakang  yang  di  uraikan  di  atas, maka  yang  menjadi  permasalahan  pada  penelitian  ini  adalah:  Apa  pesan  dakwah  dalam  album  “Tawakkal” karya Raihan?  1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian a. Tujuan penelitian  Dari  permasalahan  di  atas  maka  tujuan  penelitian  ini  adalah:  untuk  mengetahui apa saja muatan dakwah yang ada dalam album “ Tawakkal “ karya  Raihan.
b. Manfaat penelitian  Begitu  juga  dalam  penelitian  ini  diharapkan  membawa manfaat,  diantaranya:  1.  Memberi  khasanah  ilmu  pengetahuan  bagi  penulis  di  bidang  dakwah  dan  dapat memberikan masukan kepada siapa yang membutuhkannya.
2.  Dapat  memberikan  masukan  kepada  para  Da’i  sebagai  bahan  perenungan  dan juga pertimbangan dalam melaksanakan proses dakwah melalui media  kaset.
 3.  Sebagai informasi kepada masyarakat bahwa di dalam  album “Tawakkal”  karya Raihan, tidak semata-mata hiburan tetapi jugaberisi pesan dakwah.
1.4. Tinjauan Pustaka  Untuk  menghindari  kesamaan  dari  skripsi  ini,  maka  penulis  menyajikan  beberapa kajian yang telah di teliti oleh peneliti lain yang relevan dengan judul  yang penulis teliti.
Pertama,  penelitian  milik  saudari  Ainun  Thoharoh  (2007)  yaitu  tentang  “Analisis pesan dakwah dalam syair album Istighfar karya Opick”. Pembahasan  dalam  penelitian  ini  yaitu  menekankan  pada  puji-pujian  Allah  SWT  dan  Nabi  Muhammad  SAW.  Pesan-pesan  dakwah  yang  ada  di  dalam  syair  album  ini  berupa akidah, syari’ah, dan akhlak dan pesan tersebut menekankan pada amar  ma’ruf nahi munkar. Penelitian ini juga membahas bahwa segala sesuatu akan  kembali  pada  Allah  SWT,  tentang  bersyukur,  tentang  obatnya  hati  dan  semua  hal-hal yang baik dan terpuji.
Kedua,  penelitian  dari  saudari  Siti  Nur  Hayati  (1997)  tentang  “Pesan  dakwah dalam syair lagu Neno Warisman”. Skripsi inilebih penekanannya lebih  pada  obyek  dakwahnya.  Obyek  dakwah  dalam  lagu  Neno  Warisman  adalah  anak-anak,  syair  lagunya  memperhalus  jiwa  dan  memperkaya  imajinasi  anak,  jenis musiknya adalah pop progresif, sehingga lebihmudah dihafal dan difahami  oleh  anak-anak.  Pesan  dakwah  yang  ada  di  dalam  syair  lagu  Neno  Warisman  diwujudkan  dalam  segi  aqidah,  syari’ah  dan  akhlakul karimah.  Penelitian  ini  menggunakan metode analisis deduktif dan induktif.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi