Sabtu, 23 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAHSISWA DI SMPN I SOKO KABUPATEN TUBAN


BAB I  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang Masalah  Usia  siswa  SMP  adalah  antara  13-16  tahun,  pada  fase ini  seseorang  mulai  mengerti  nilai-nilai  dan  mulai  memakainya  dengan  cara-caranya  sendiri.
  Pada  usia  ini  anak  banyak  menentang  orang  tua,  mereka  ingin  menunjukkan jati diri mereka sendiri. Sesungguhnya  pertumbuhan kesadaran  moral  pada  anak,  menyebabkan  agama,  dan  kitab  suci  baginya  tidak  lagi  merupakan  kumpulan  undang-undang  yang  adil,  yang  dengan  itu  Allah  menghukum dan mengatur dunia guna menunjuki kita kepada perbaikan.
 Begitu penting peningkatan akhlak pada siswa, karena salah satu faktor  penyebab  kegagalan  pendidikan  Islam  selama  ini  karena  anak  banyak  yang  kurang  atau  masih  rendah  akhlaknya.  Hal  ini  karena  kegagalan  dalam  menanamkan  dan  membina  akhlak.  Tidak  dapat  dipungkiri,  bahwa  munculnya  tawuran,  konflik  dan  kekerasan  lainnya  merupakan  cermin  ketidakberdayaan  sistem  pendidikan  di  negeri  ini,  khususnya  akhlak.

Ketidakberdayaan  sistem  pendidikan  agama  di  Indonesia  karena  pendidikan  agama Islam selama ini hanya menekankan kepada proses pentransferan ilmu  kepada siswa saja, belum pada proses transformasi nilai-nilai luhur keagamaan    Muhaimin,  Paradigma  pendidikan  islam(upaya  mengefektifkan  pendidikan  agama  Islam  di  sekolah)Bandung:  PT  Remaja  Rosdakarya,  2002,  hal.170.
  (Zakiyah  Daradjat,  ilmu  jiwa  agama )Jakarta:Bulan  Bintang,  1996,  hal.50.
kepada  siswa,  untuk  membimbingnya  agar  menjadi  manusia  yang  berkepribadian kuat dan berakhlak mulia.
 Dari  semua  fakta  diatas,  sangatlah  perlu  dipertanyakan  bagaimana  sejatinya  potret  akhlak  para  peserta  didik  tersebut,  dan  sebagaimana  telah  disebutkan diatas tentang guru agama (terutama Agama Islam) tentu saja hal  ini  tidak  dapat  dilepas  dari  strategi  guru  pendidikan  Agama  Islam  dalam  mendidik mereka.
Ketidakpahaman  siswa  terhadap  pendidikan  agama  dikarenakan  guru  dalam  menyampaikan  materi  pelajaran  tidak  memakai  teknik  atau  metode  tertentu  sehingga  proses  pengajaran  tidak  berjalan  dengan  meksimal,  lain  halnya apabila dalam pengajaran guru memakai teknikatau metode yang tepat  dalam menyampaian materi bisa dipastikan siswa akanlebih bisa mengerti dan  memahami serta mampu mengamalkan.
Secara  keseluruhan  pendidikan  di  sekolah,  kegiatan  belajar  merupakan  kegiatan  yang  paling  kokoh.  Ini  berarti  bahwa  berhasil  atau  tidaknya  pencapaian  tujuan  pendidikan  banyak  bergantung  kepada  bagaimana  proses  yang dialami oleh siswa sebagai anak didik.
 Perbaikan akhlak merupakan suatu misi  yang  paling  utama  yang  harus  dilakukan  oleh  guru  pendidikan  agama  islam  kepada  anak  didik,  strategi  merupakan  komponen  yang  sangat  berpengaruh  dalam  dunia  pendidikan,  terlebih terkait erat dengan proses pembinaan akhlakul karimahsiswa. Strategi    Toto  Suharto.  dkk,  Rekontruksi  dan  Modernisasi  Lembaga  Pendidikan  Islam, (Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2005), hlm. 169   Slameto,  Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,  (Jakarta:  Rineka Cipta, 2003), hlm. 1  guru pendidikan agama islam dalam pembinaan  akhlakul karimahsiswa pada  dasarnya  nantinya  juga  sangat  mempengaruhi  tingkat  pemahaman  dan  pengamalan  nilai-nilai akhlak  itu sendiri, terlebih apabila  pengaruh terhadap  tingkat kesadaran siswa dalam mengamalkan nilai-nilai luhur, baik yang ada  dalam  lembaga  atau  diluar  lembaga,  baik  yang  bersifat  formal  atau  non  formal.
Pada  setiap  lembaga  pendidikan  baik  yang  bersifat  formal  atau  nonformal,  pastilah  mempunyai  komitmen  yang  kuat  terhadap  usaha  untuk  pembinaan akhlakul  karimah  siswa,  hal  ini  tidak bisa dipungkiri  lagi  karena  pembinaan   setiap  lembaga  pendidikan  yang  berkomitman  untuk  membina  akhlakul  karimah pada  siswanya,  tentunya  memiliki  strategi  atau  cara  tersendiri dalam proses pembinaannya. Hal ini disebabkan perbedaan karakter  dari  masing-masing  peserta  didik  pada  suatu  lembaga pendidikan  tertentu  pula.  Keberagamaan  strategi  guru  agama  islam  dalam  proses  pembinaan  akhlakul karimahbertujuan untuk menarik minat belajar para siswa, dan untuk  membentuk  suasana  belajar  yang  tidak  menjenuhkan  dan  monoton  sehingga  kelancaran dan keberhasilan dalam pembinaan  akhlakul karimahsiswa dapat  semaksimal mungkin berhasil dengan baik.
Tanpa  adanya  strategi  guru  Agama  Islam  sudah  barang tentu  proses  pembinaan  akhlakul  karimah  siswa  tidak  dapat  berjalan  dengan  maksimal,  gaya  mengajar  dan  menyampaikan  materi  pelajaran  agamapun  harus  bervariasi dan disesuaikan dengan keadaan kelas, sehingga siswa tidak merasa  jenuh dan mampu memahami serta mengamalkannya dalamkehidupan seharihari.
Selain  itu  tugas  dan  tanggung  jawab  guru  adalah  untuk  memberikan  sejumlah norma kepada anak didik agar tahu mana perbuatan yang susila dan  asusila,  mana  perbuatan  yang  bermoral  dan  amoral.  Semua  norma  itu  mesti  harus guru berikan ketika di kelas, di luar kelaspun sebaiknya guru contohkan  melalui sikap, tingkah laku dan perbuatan. Pendidikan dilakukan tidak sematamata dengan perkataan, tetapi sikap, tingkah laku dan perbuatan.
 Tugas seorang guru memang berat dan banyak. Akan tetapi semua tugas  guru  itu  akan  dikatakan  berasil  apabila  ada  perubahan  tingkah  laku  dan  perbuatan pada anak didik ke arah yang lebih baik.  Maka tentunya hal yang  paling  mendasar  ditanamkan  adalah  akhlak. Karena  jika  pendidikan  akhlak yang  baik  dan  berhasil  ajarannya  berdampak  pada  kerendahan  hati  dan  perilaku  yang  baik,  baik  terhadap  sesama  manusia,  lingkungan  dan  yang  paling pokok adalah akhlak kepada Allah Swt. jika ini semua kita perhatikan  maka tidak akan terjadi kerusakan alam dan tatanan  kehidupan, sebagaimana  firman Allah Syaiful  Bahri  Djamarah,  Guru  dan  Anak  Didik  dalam  Interaksi  Edukatif,  (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005), hlm. 35  Artinya:  Telah  nampak  kerusakan  di  darat  dan  di  laut  disebabkan  Karena  perbuatan  tangan  manusia,  supaya  Allah  merasakan  kepada  mereka  sebahagian  dari  (akibat)  perbuatan  mereka,  agar  mereka  kembali  (ke  jalan  yang benar). (QS. Ar-Rum: 41).
 Dengan  demikian  tugas  guru  pendidikan  Agama  Islam  disekolah  adalah  membina  dan  mendidik  siswanya  melalui  pendidikan  agama  islam  yang dapat membina akhlak para siswa dan mempraktekkan dalam kehidupan  sehari-hari.  Tugas  tersebut  terasa  berat  karena  ada unsur  tanggung  jawab  mutlak  guru,  akan  tetapi  juga  keluarga  dan  masyarakat  mendukung  dan  bertanggung  jawab  serta  bekerja  sama  dengan  mendidik  anak,  maka  pembinaan akhlakul karimah akan dicapai dengan baik.
Untuk mewujudkan hal tersebut maka seorang guru pendidikan Agama  Islam  mampu  berupaya  dan  menggunakan  beberapa  strategi  dalam  upaya  pembinaan  akhlak  siswa,baik  itu  strategi  dalam  penyampaian  materi  Agama  Islam  dengan  menggunakan  metode  atau  strategi  tentang  kegiatan  apa  saja  yang  harus  dilaksanakan  dalam  membina  akhlak siswa,  karena  dengan  menggunakan  strategi  dapat  mengghasilkan  tujuan  yang  diinginkan  dalam  pendidikan.
Strategi  yang  harus  dilakukan  oleh  guru  pendidikan  Agama  Islam  dalam  pembinaan  akhlak  anak  didik,  selain  menggunakan  beberapa  metode  dalam  penyampaian  materi juga  harus  ditunjang  dengan  adanya  keteladanan  atau  pembiasaan  tentang  sikap  yang  baik,  tanpa  adanya  pembiasaan  dan  pemberian teladan yang baik, pembinaan tersebut akan sulit mencapai tujuan   Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Semarang: CV.
Asy-Syifa’, 1999), hlm. 647  yang diharapkan, dan sudah menjadi tugas guru pendidikan agama islam untuk  memberikan  keteladanan  atau  contoh  yang  baik  dan  membiasakannya  bersikap baik pula.
Dengan  demikian  strategi  merupakan  komponen  yang  penting  dan  mempunyai  pengaruh  yang  besar  terhadap  keberhasilan pembinaan  kerena  dengan  adanya  strategi   guru  pendidikan  agama  islam dalam  pembinaan  akhlakul  karimah siswa,  strategi  selain  untuk  memaksimalkan  dan  memudahkan proses pembinaan akhlakul karimahsiswa yang bertujuan untuk  menigkatkan  mutu  guru  pendidikan  agama  islam  khususnya  peningkatan  dalam bidang cara mengajar, yang mana strategi tersebut merupakan jembatan  penghubung dalam kegiatan belajar mengajar.
Dengan  memperhatikan  uraian-uraian  tersebut  diatas, mendorong  penulis  ingin  mengetahui  pembelajaran  dengan  mengamati  secara  teliti  dan  sistematis  melalui  penelitian,  dengan  judul:  “STRATEGI  GURU  PENDIDIKAN  AGAMA  ISLAM  DALAM  PEMBINAAN  AKHLAKUL  KARIMAHSISWA DI SMPN I SOKO KABUPATEN TUBAN” B.  Rumusan Masalah  Berangkat  dari  latar  belakang  masalah  tersebut  diatas,  maka  permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut:  1.  Bagaimana  Strategi  Guru  Pendidikan  Agama  Islam  dalam  melakukan  pembinaan Akhlakul Karimahsiswa di SMPN I Soko Kabupaten Tuban?  2.  Apa  kegiatan  yang  dilakukan  Guru  Pendidikan  Agama  Islam  dalam  pembinaan Akhlakul Karimahsiswa di SMPN I Soko Kabupaten Tuban?  3.  Apa  faktor  yang  mendukung  dan  menghambat Strategi  Guru  Pendidikan  Agama Islam dalam pembinaan Akhlakul Karimahsiswa di SMPN I Soko  Kabupaten Tuban?  C.  Tujuan Penelitian  Berdasarkan perumusan masalah-masalah tersebut diatas, maka tujuan  dari peneliti ini adalah:  1.  Mendeskripsikan  Strategi  Guru  Pendidikan  Agama  Islam  dalam  melakukan  pembinaan  Akhlakul  Karimah siswa  di  SMPN  I  Soko  Kabupaten Tuban  2.  Mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam  dalam  pembinaan  Akhlakul  Karimah siswa  di  SMPN  I  Soko  Kabupaten  Tuban  3.  Mengidentifikasi faktor yang mendukung dan menghambat Strategi Guru  Pendidikan  Agama  Islam  dalam  pembinaan  Akhlakul  Karimah siswa  di  SMPN I Soko Kabupaten Tuban  D.  Manfaat Penelitian  Hasil dari penelitian ini diharap dapat memberikan manfaat bagi:  1.  Bagi Peneliti  a.  Menambah  wawasan dan pengetahuan  tentang  permasalahan dalam  bidang  pendidikan,  khususnya  dalam  strategi  guru pendidikan agama  Islam dalam melakukan pembinaan Akhlakul Karimahsiswa.
b.  Memberikan  pengetahuan  dan  pengalaman  secara  langsung  mengenai  bagaimana  strategi  guru  pendidikan  agama  Islam  dalam  pembinaan  Akhlakul  Karimah siswa  serta  menerapkannya  dalam  kegiatan belajar mengajar.
2.  Bagi lembaga pendidikan  a.  Memberikan konstribusi keilmuan dalam bidang pendidikan.
b.  Menjadi  masukan  bagi  pendidik  tentang  pentingnya  strategi  guru  Pendidikan  Agama  Islam  dalam  pembinaan  akhlakul  karimah siswa  dan penerapannya.
E.  Ruang Lingkup Penelitian  Sesuai  dengan  penjabaran  masalah  diatas  maka  dalam  penelitian  ini  peneliti akan membatasi ruang lingkupnya sebagai berikut:  1.  Strategi  guru  Pendidikan  Agama  Islam  dalam  melakukan  pembinaan  Akhlakul Karimahsiswa di SMPN I Soko Kabupaten Tuban  2.  Kegiatan yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islamdalam pembinaan  Akhlakul Karimahsiswa di SMPN I Soko Kabupaten Tuban  3.  Faktor  pendukung  dan  penghambat  Strategi  Guru  Pendidikan  Agama  Islam  dalam  pembinaan  Akhlakul  Karimah siswa  di  SMPN  I  Soko  Kabupaten Tuban.
F.  Sistematika Pembahasan  Untuk  mempermudah  dalam  penyajian  dan  memahami  isi  dari  penulisan skripsi ini, maka dibuatlah sistematika pembahasan sebagai berikut:  BAB I  PENDAHULUAN Merupakan  Bab  Pendahuluan  yang  meliputi:  Latar  belakang  masalah,  Rumusan  masalah,  Tujuan  penelitian,  Kajian pustaka,  Manfaat  penelitian,  Ruang  lingkup  penelitian,  dan  sistematika  pembahasan.
BAB II  KAJIAN PUSTAKA  Menyajikan  kajian  pustaka,  yang  membahas  tentang  strategi  Guru  Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Akhlakul Karimahsiswa,  kegiatan  yang  dilakukan  Guru  Pendidikan  Agama  Islam dalam  pembinaan  Akhlakul  Karimah siswa,  faktor  yang  mendukung  dan  menghambat  Strategi  Guru  Pendidikan  Agama  Islam  dalam  pembinaan Akhlakul Karimahsiswa.
BAB III  METODE PENELITIAN  Merupakan  pembahasan  metode  penelitian  yang  dipakai dalam  penelitian ini, diantaranya terdapat: jenis penelitian dan sumber data,  lokasi peelitian, kehadiran peneliti, tehnik pengumpulan data, tehnik  pemeriksaan keabsahan data, analisis dan interpretasi data.
BAB IV  HASIL PENELITIAN  Merupakan hasil penelitian yang meliputi tentang: deskripsi data dan  penyajian data.
BAB V  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN  Merupakan  analisis  dan  interpretasi  data,  yang  membahas  tentang:  strategi  Guru  Pendidikan  Agama  Islam  dalam  pembinaan  Akhlakul  Karimah siswa,  kegiatan  yang  dilakukan  Guru  Pendidikan  Agama  Islam  dalam  pembinaan  Akhlakul  Karimah siswa,  faktor  yang  mendukung  dan  menghambat  Strategi  Guru  Pendidikan  Agama  Islam dalam pembinaan Akhlakul Karimahsiswa.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi