Kamis, 28 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI ANALISIS ARAH KIBLAT MASJID BAITUSSALAM DUKUH GIRIKUSUMA DESA BANYUMENENG KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Pada  hakekatnya,  kewajiban  menghadap  dalam  ibadah  shalat  adalah  kewajiban  menghadapkan  jiwa  raga  dengan  sungguh-sungguh  dan  ikhlas  kepada Allah Swt. Untuk itu, menghadapkan wajah ke tempat tersuci dengan  akurat adalah salah satu cara untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran  sehingga dapat merasakan kehadiran Allah Swt.
 Awal 2010, arah kiblat menjadi  salah satu hal yang dipermasalahkan dan  selalu  diperbincangkan  oleh  masyarakat  maupun  ulama.  Menurut  penelitian  para  ahli,  kebanyakan  masjid  di  Indonesia  tidak  memiliki  arah  kiblat  yang  lurus  ke  Ka‟bah.  Sehingga  perlu  adanya  pelurusan  kembali  terhadap  arah  kiblat  masjid-masjid  tersebut.  Sedangkan  sebagian  masyarakat  mengatakan  bahwa  tidak  mungkin  mereka  merubah  arah  kiblat  masjid  yang  sudah  ada.
 Menurut keyakinan mereka, masjid merupakan warisan leluhur yang memiliki  kekeramatan, sehingga mereka harus selalu menjaga dan memelihara keaslian  masjid tersebut.

  Pada  1  Februari  2010,  MUI  pusat  mengeluarkan  fatwa  nomor  3  tahun  2010 tentang arah kiblat di Indonesia. Fatwa tersebut meliputi tiga hal yaitu:  Pertama,  kiblat  bagi  orang  yang  shalat  dan  dapat  melihat  Ka‟bah  adalah  menghadap  ke  bangunan  Ka‟bah.  Kedua,  kiblat  bagi  orang  yang  shalat  dan   Ali Mustafa Yaqub, Kiblat Antara Bangunan dan Arah Ka‟bah, Jakarta: Pustaka Darus  Sunah, 2010, hlm. 9.
  tidak  dapat  melihat  Ka‟bah  adalah  ke  arah  Ka‟bah.  Ketiga,  letak  geografis  Indonesia  yang  berada  di  bagian  Timur  Ka‟bah,  maka  kiblat  bagi  orang  Indonesia adalah menghadap ke arah Barat. Selain menetapkan fatwa tersebut,  MUI  juga  merekomendasikan  agar  bangunan  masjid/mushala  di  Indonesia  sepanjang kiblatnya menghadap ke arah Barat tidak perlu dirubah, dibongkar  dan sebagainya.
  Menurut akademisi ilmu falak, Ahmad Izzuddin mengatakan bahwa fatwa  MUI dinilai kurang relevan  dengan perkembangan  disiplin  ilmu  sekarang ini.
 Berbagai  metode  dan  alat  yang  dapat  membantu  dalam  menentukan  arah  kiblat  secara  akurat  sangat  mudah  didapatkan.  Sehinga  Fatwa  MUI  tidak  menyelesaikan permasalahan yang ada, tetapi justru menambah permasalahan  baru.
  Pada  bulan Juli 2010, MUI memfatwakan  kembali  tentang arah kiblat di  Indonesia.  Dalam  fatwa  kedua  ini,  MUI  menegaskan  bahwa  arah  kiblat  di  Indonesia telah mengalami  pergeseran,  yaitu yang semula menghadap ke arah  Barat  bergeser  ke  arah  Barat  Laut.  Masyarakat  menilai  bahwa  fatwa  kedua  MUI ini  masih global sehingga  MUI perlu mengeluarkan surat resmi  kepada  seluruh  takmir  masjid  tentang  pergeseran  arah  kiblat  di  Indonesia  beserta   Slamet  Hambali,  Arah  Kiblat  dalam  Perspektif  Nahdlatul  Ulama.  Makalah  yang  disampaikan dalam acara “Seminar Nasional Menggugat Fatwa MUI No 03 Tahun 2010 Tentang  Arah Kiblat”, Semarng, 27 Mei 2010.
  Ahmad Izzuddin, Menyoal Fatwa MUI tentang Arah Kiblat,  Makalah yang disampaikan dalam acara “Seminar Nasional Menggugat Fatwa MUI No 03 Tahun 2010 Tentang Arah Kiblat”,  Semarng, 27 Mei 2010.     penjelasanya.  Hal tersebut bertujuan agar para takmir memiliki panduan  jika  kiblat masjid mereka perlu dirubah.
  Ada  fenomena  unik  di  Dukuh  Girikusuma  Desa  Banyumeneng  Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Di daerah ini,  masyarakat memiliki  kepercayaan  terhadap  kekeramatan  sebuah  masjid  yaitu  Masjid  Baitussalam.
 Secara sekilas masjid ini seperti halnya masjid-masjid tua lainya. Yaitu masjid  berbahan kayu jati dan didirikan oleh seorang wali. Tetapi ada hal unik dalam  pembangunan masjid tersebut. Menurut prasasti yang ada, Masjid Baitussalam  hanya didirikan dalam waktu 4 jam yaitu dari pukul 21.00 WIB sampai pukul  01.00 WIB.
  Masjid  tersebut  didirikan  lansung  oleh  KH.  Hadi  Siraj.  Ia  merupakan  pemimpin pesantren “Girikesumo” yang menjadi cikal bakal lahirnya thariqah di  Jawa  Tengah.  Thariqah  tersebut  bernama  “Naqsabandiyah  Khalidiyah”.
 Thariqah  ini  diyakini  oleh  masyarakat  Girikusuma  Desa  Banyumeneng  Kabupaten Demak  sebagai  thariqah  yang relevan dengan kondisi masyarakat.
 Ciri  khusus  thariqah  ini  yaitu  mengikuti  syari‟at  secara  ketat,  keseriusan  dalam beribadah dan mengutamakan berdzikir dalam hati  dan menolak  musik  dan tari.
  Masjid  Baitussalam  terletak  di  area  pesantren  salafiyah  yang  bernama  Pesantren Girikesumo. Pesantren ini didirikan  pada masa penjajahan Belanda   http://digilib.sunan-ampel.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain-gdl-res  1994-drshsymsu-439. Diakses pada tanggal 7 juni 2010 pukul 11.48 WIB.
  Keterangan pada prasasti yang ada di atas pintu tengah ruang asli masjid. Prasasti  tersebut di tulis langsung oleh KH. Hadi menggunakan tulisan pegon.
  Wiwit,  Pondok  Pesantren  Girikusumo  (Cikal  Bakal  Thariqah  di  Indonesia).  Tabloid  Pondok  Pesantren  untuk  Kemaslahatan  Umat,  edisi  IV.  Jakarta:  Lembag  Kajian  Pendidikan  Keislaman dan Sosial (LeKDIS) Nusantara, 2009, hlm. 10-11   yaitu  pada  bulan  Rabiul  akhir  1228  H  atau  April  1813  M.  Sehingga,  umur  masjid sekarang ini sekitar 197 tahun.  Hampir dua abad, masyarakat setempat  hanya melakukan perluasan dan penambahan fasititas masjid seperti AC, kipas  angin,  pengeras  suara,  jam  dan  lain-lain.  Sedangkan  bentuk,  bangunan  dan  arah  kiblat  masjid  tersebut  tidak  pernah  dilakukan  perubahan  sedikit  pun.
 Menurut  Hj  Aisyah,  seseorang  akan  mendapat  musibah  jika  berani  merubah  masjid  tersebut.  Karena,  musibah  besar  pernah  dialami  oleh  para  pekerja  bangunan,  yaitu ketika pemindahan bangunan pesantren  yang  dulunya  terletak  dibelakang  masjid  kemudian  dipindah  di  Utara  masjid.  Setelah  selesai  pemindahan  tersebut,  para  pekerja  mengalami  sakit-sakitan  dan  akhirnya  meningal dunia. Peristiwa ini dijadikan contoh oleh masyarakat sekitar ketika  hendak  melakukan  perubahan  peninggalan  KH.  Hadi  Siraj.  Oleh  karena  itu,  sampai  sekarang  ini  belum  pernah  ada  orang  yang  berani  merubah  masjid  tersebut.
  Masjid Baitussalam merupakan masjid yang sangat berpengaruh di Dukuh  Girikusuma dan sekitarnya. Selain sebagai panduan waktu shalat dan kegiatan  keagaman  seperti  thariqah  dan  sima‟atul  Quran,  masjid  tersebut  juga  dijadikan acuan  pengukuran arah kiblat masjid-masjid sekitarnya.  Selain itu,  masjid  tersebut  juga  pernah  dijadikan  tempat  muktamar  Partai  Kebangkitan  Bangsa (PKB) ke-2 pada tanggal 15-18 April 2005.
   Hasil wawancara dengan Hj. Aisyah pada tanggal 7 September 2010 pukul 09.45-11.09  WIB  di  rumahnya.  Hj.  Aisyah  merupakan  cucu  KH.  Hadi  Siraj.  Ia  sekarang  ini  berumur  +  75  tahun.
  Hasil wawancara dengan KH. Rofi‟I pada tanggal 5 September 2010 pukul 20.10-21.30  WIB di rumahnya. Ia merupakan salah satu ahli fikih Masjid Baitussalam.     Sedangkan bagi masyarakat Banyumeneng, Masjid Baitussalam memiliki  arti  tersendiri.  Masjid  tersebut  merupakan  satu-satunya  masjid  di  Desa  Banyumeneng yang dijadikan tempat shalat Jumat oleh enam dukuh di Desa  Banyumeneng  yaitu  Girikusuma,  Kalitengah,  Katonsari,  Kedung  Dolok,  Mbarang dan Karanglo.  Ukuran masjid yang tidak terlalu luas  menyebabkan  jamaah melebihi kapasitas masjid. Melihat kondisi seperti ini, KH. Zahid yang  merupakan  putra  KH.  Hadi  Siraj  melakukan  penambahan  ruangan  depan  Masjid  Baitussalam.  Ruangan  ini  berukuran  hampir  sama  dengan  ukuran  ruang masjid yang asli. Kemudian pada masa cucu KH. Hadi yaitu KH. Nadif  Zuhri, Masjid Baitussalam dilengkapi dengan penambahan teras dan pendapa.
 Selain  untuk  memperindah  penampilan  masjid  juga  dikarenakan  semakin  banyaknya masyarakat yang melaksanakan jamaah shalat Jumat, Idul Fitri dan  Idul Adha di masjid tersebut. Penambahan ruangan-ruangan tersebut ternyata  masih  belum  cukup  untuk  menampung  seluruh  jamaah,  sehingga  teras-teras  rumah  masyarakat  di  sebelah  Timur  masjid  terpaksa  dijadikan  tempat  shalat  oleh para jamaah.
 Jika melihat syarat dan rukun shalat Jum‟at, maka di setiap dukuh tersebut  diperbolehkan  melaksanakan  shalat  jumat  secara  tersendiri.  Selain  jumlah  penduduk yang cukup, keberadaan masjid  dan kemungkinan pendirian masjid  di  dukuh  mereka  juga  menjadi  alasanya.  Tetapi,  adanya  tabarukan  yang  diyakini  oleh masyarakat  menyebabkan  mereka  enggan melaksanakan ibadah   shalat  jumat  selain  di  Masjid  Baitusssalam,  meskipun  jarak  yang  harus  ditempuh hingga 1 km.
  Secara  Astronomi,  Masjid  Baitussalam  terletak  di  koordinat   o 5‟  23,3” Lintang Selatan dan  o 30‟ 03,6” Bujur Timur.
  Sedangkan Ka‟bah terletak  pada koordinat  o 25‟ 21,04” Lintang Utara dan  o 49‟ 34,3” Bujur Timur.
  Menurut  perhitungan  astronomis,  arah  kiblat  Masjid  Baitussalam  adalah   o 30‟ 26,32”    dari arah Barat ke Utara,   o 29‟ 33,68”   dari arah Utara ke Barat  atau  o 30‟ 26,32” dari arah Utara menuju Ka‟bah searah jarum jam.
 Salah satu santri KH. Munif Zuhri, Nur Rahim mengatakan bahwa pernah  ada orang dari Timur Tengah yang melakukan pengecekan arah kiblat Masjid  Baitussalam  menggunakan  kompas.  Menurut  orang  Timur  Tengah  tersebut,  arah  kiblat  Masjid  Baitussalam  kurang  condong  ke  Utara.  Kemudian  ia  memberitahukan  kepada  sebagian  santri  dan  hendak  mengatakanya  kepada  KH. Munif. Tetapi sampai sekarang keterangan orang Timur Tengah tersebut  tidak pernah dibahas dan ditindak lanjuti oleh siapa pun.

  Sedangkah  menurut  salah  satu  tokoh  masyarakat  setempat,  KH  Rofi‟i  mengatakan  bahwa  arah  kiblat  Masjid  Baitussalam  sudah  lurus  ke  Ka‟bah.

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi