Kamis, 28 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI ANALISIS METODE PENENTUAN ARAH KIBLAT MASJID MENARA KUDUS JAWA TENGAH


 BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang  Menghadap  kiblat  adalah  salah  satu  syarat  dalam  melaksanakan  shalat.
Kiblat adalah arah atau jarak terdekat sepanjang lingkaran besar yang melewati  ke Ka’bah (Makkah) dengan tempat kota yang bersangkutan  . Sebelum kiblat  berpindah  ke  Masjidil  Haram,  Rasulullah  Saw.  ketika  berada  di  Madinah,  beliau shalat menghadap ke Baitul Maqdis selama kurang lebih 17 bulan.
 Dalam  sebuah  riwayat  dijelaskan  bahwasannya  Rasulullah  Saw.  selalu  menghadap  ke  langit  seraya  memanjatkan  do'a  agar  kiblat  berpindah  dari  Baitul  Maqdis ke  Baitul  Haram,  kemudian  turunlah  wahyu  Allah  Swt.  yang  memerintahkan  Rasulullah  Saw.  untuk  menghadap  kiblat  yakni  Ka'bah  yang  ada di Saudi  Arabia sebagai respon atas do’a dan keinginan Rasulullah Saw.
untuk menghadap ke Ka’bah.
 Hal ini sebagaimana Allah SWT. berfirman “Sungguh  Kami  (sering)  melihat  mukamu  menengadah  ke  langit,  maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu  sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana  saja  kamu  berada,  palingkanlah  mukamu  ke  arahnya.  Dan  sesungguhnya  orang-orang  (Yahudi  dan  Nasrani)  yang  di  beri  alKitab (Taurat dan Injil)  memang  mengetahui,  bahwa  berpaling ke  Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekalikali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan” (QS. Al -Baqarah :  144).

 Dari  pemaparan  di  atas  para  ulama dan  para  fuqaha sepakat  bahwasannya ka'bah merupakan kiblat di  mana ketika shalat umat Islam harus  menghadapnya sebagai salah satu syarat syahnya shalat sesuai dengan kaidah  ushul fiqih sebagai berikut : “Suatu kewajiban yang tidak sah kecuali dengan adanya suatu syarat  tertentu, maka syarat itu adalah menjadi wajib pula.
Apabila  dalam  keadaan  tertentu  misalnya  ketakutan  karena  diserang  musuh ketika dalam peperangan, dalam keadaan  darurat  diperbolehkan tidak  menghadap kiblat, sesuai dengan kaidah ushul fiqih yang menyatakan “(Dalam keadaan) darurat diperbolehkan segala hal yang dilarang.
  Departemen  Agama  Republik  Indonesia,  Al-Qur’an  dan  Terjemahnya,  Semarang  :  Kumudasmoro Grafindo, 1994, hlm. 37.
  Jalaluddin  Abdurrahman  bin  bin  Abu  Bakr  as-Suyuthi.  al-Asybah  wa  an-Nadhair.
Jakarta : Dar Ihya’ al-Kutub al-Arabiyyah. hlm. 101.
 Abdullahbin Sa’id al-Hadrami. Idlahu Qawa’id al-Fiqhiyyah, Jakarta : Haramain, t.t.
hlm. 42.
 Ketika  dalam  keadaan  sakit  berat   dan  ketika  melaksanakan  shalat  sunnah  di  atas  kendaraan  maka  juga  diperbolehkan  untuk  tidak  menghadap  kiblat  .  Hal  ini  sebagaimana  hadis  yang  diriwayatkan  oleh  Imam  Bukhari  sebagai berikut:  “Muslim  berkata  kepada  kami,  bercerita  Hisyam,  bercerita  Yahya  bin  Abi  Katsir  dari  Muhammad  bin  Abdurrahman   dari  Jabir  berkata  :  Ketika  Rasulullah  SAW  shalat  di  atas  kendaraan  (tunggangannya)  beliau  menghadap  ke  arah  sekehendak  tunggangannya,  dan  ketika  beliau  hendak  melakukan  shalat  fardlu beliau turun kemudian menghadap kiblat.”(HR. Bukhari).
Berdasarkan al-Quran dan al-Hadis di atas menghadap kiblat merupakan  syarat  sah  shalat,  ketika  melaksanakan  shalat  seseorang  harus  yakin  bahwa  sudah menghadap kiblat dengan benar . Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam  hadits Rasulullah Saw., sebagai berikut : Dari  Abi  Hurairah  r.a  berkata  :  Rasulullah  SAW.  bersabda  :“menghadaplah kiblat lalu takbirlah” (HR.Bukhari).
 Lihat QS. Al-Baqarah ayat 239.
 Lihat QS. Al-Baqarah ayat 115.
 Abi Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, Juz. I, Beirut : Dar  al-Kutubil ‘Ilmiyyah, t.t, hlm. 130-131.
 Ibid. hlm. 130.
 Dalam kitabTafsir Ayat al-Ahkam  terdapat uraian tentang apakah wajib  menghadap  ke  Ain  al-Ka'bah   atau  arahnya  saja?,  Ali  as-Shabuni  menjelaskan  bahwa  golongan  Syafi’iyah  dan  Hanabilah  berpendapat  bahwasanya  menghadap  kiblat  harus  dilakukan  dengan  cara  menghadap  ke  benda  Ka'bah  itu  sendiri,  bukan  sekedar  arah  Ka'bah  saja.  Mereka  sepakat  bahwa  seseorang  harus  benar-benar  menghadap  ke  benda  Ka'bah  sebagai  syarat syahnya shalat.
 Hal  ini  berbeda  dengan  golongan  Hanafiyah  dan  Malikiyah  yang  menyatakan bahwa bagi penduduk Makkah yang dapat menyaksikan Ka’bah,  maka  wajib  menghadap  kepada  benda Ka'bah,  tetapi  bagi  yang  tidak  dapat  melihat  Ka’bah  cukup  dengan  menghadap  ke  arahya  saja  sebagaimana  penduduk  yang  berada  sangat  jauh  dari  wilayah  Mekkah  misalnya  negaranegara  Asia,  Afrika,  Australia,  Amerika  dan  sebagainya  sebagaimana  hadis  dari Abu Hurairah.
”Dari Abi Hurairah r.a berkata : Rasulullah Saw. Bersabda Baitullah  adalah  kiblat  bagi  orang-orang  di  Masjid  al-Haram,  Masjid  alHaram  adalah  kiblat  bagi  orang-orang  penduduk  tanah  haram   Ain al-ka'bahadalah ka'bah yang terbuat dari batuan-batuan yang disusun berbentuk  kubus. Lihat C. E. Bostworth, et. al (ed), The Encyclopedia of Islam, Vol. IV, Leiden : E. J. Brill,  1978, hlm. 317.
 Muhammad Ali as-Shobuni, op.cit, hlm. 34.
 Ibid, hlm. 35.
 Imam al-Baihaqi,  Sunan al-Baihaqi,  Juz I,Beirut:  Libanon, t.t, hlm. 143. Lihat juga  Imam al-Qurtubi, Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, Juz I,  Beirut:  Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.t,hlm.
562   (Mekkah),  dan  tanah  haram  adalah  kiblat  bagi  semua  umatku  di  bumi, baik di barat maupun di timur (HR. Baihaqi.) Mereka juga merujuk pada hadits Rasululah SAW. yang berbunyi: ”Bercerita  Hasan  bin  Bakar  al-Maruzy  bercerita  al-Ma’ally  bin  Manshur  bercerita  Abdullah  bin  Ja’far  al-Mahzumy  dari  Utsman  bin Muhammad al-Akhnas dari Sa’id al-Maqbury dari Abi Hurairah  r.a berkata : Rasulullah SAW. bersabda :“Arah yang ada di antara  timur  dan  barat  adalah  Kiblat”  (HR.  Tirmidzi  dan  dikuatkan  oleh  Bukhari).


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi