Kamis, 28 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI KOMPARASI TENTANG KEAKURASIAN HISAB ARAH KIBLAT MENURUT SYEKH MUHAMMAD THAHIR JALALUDDIN AL-MINANGKABAWI DALAM KITAB PATI KIRAAN PADA MENENTUKAN WAKTU YANG LIMA DAN HALA KIBLAT DENGAN LOGARITMA DAN K. H ZUBAIR UMAR ALJAILANI DALAM KITAB AL-KHULASAH AL-WAFIYYAH


BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Sebelum  turunnya  perintah  Allah  untuk  menghadap  ke  arah  kiblat  dalam  melaksanakan salat, Nabi Muhammad Saw sesuai ijtihadnya, setiap melaksanakan  salat selalu menghadapkan wajahnya ke  Bait al-Maqdis  atau  Masjid al-Aqsa  di  Palestina.
Pada  masa  itu,  Kabah  merupakan  sebuah  bangunan  yang  dikelilingi  oleh  berhala.  Tak  ada  sedikit  pun  syiar  Islam  di  sekitarnya.  Nabi  memilih  menghadapkan wajahnya ke  Bait al-Maqdis  karena dianggap tempat yang paling  suci  pada  saat  itu.  Dalam  satu  riwayat  dinyatakan  bahwa  meskipun  dalam  melaksanakan salat Nabi Muhammad Saw selalu menghadap ke  Bait al-Maqdis,  ketika  berada  di  Makkah  beliau  selalu  menghadap  ke  Baitullah  atau  Masjid  alHaram  dengan cara menghimpun kedua kiblat tersebut saat salat dan  mengambil  posisi  di  sebelah  selatan  Kabah,  dan  hatinya  selalu  memiliki  kecenderungan  menghadap  ke  Kabah,  mengingat  Kabah  adalah  kiblat  nenek  moyangnya,  Ibrahim, dan Kabah sebagai kiblat tertua di dunia.
 Sebuah nama yang diberikan oleh Al-Quran terhadap sebuah monumen di Jerussalem dan  terhadap patung Sulaiman (Solomon), juga dinamakan  Bait al-Maqdis  (bangunan suci). Tempat suci  yang  bersejarah  ini  juga  dikenal  sebagai  qubbat  al-Shahra  (kubah  batu),  terkadang  juga  disebut  sebagai Masjid Umar. Masjid ini di bangun pada akhir abad VII M, dan merupakan masjid terbesar di  Jerussalem.  Lihat  Cyril  Glasse,  The  Consice  Encyclopaedia  of  Islam,  Terj.  Ghufron  A.  Masadi,  Ensiklopedi Islam (Ringkas), Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, Cet. II, 1996, hlm. 34.

 Muhammad Rasyid Ridlo, Tafsir al-Qur’an al-Karim (al-Syahir bi Tafsir al Manaar),  Juz.
II, Beirut : Daarul Marifat, 1367 H, hlm. 2.
 Selama  kurang  lebih  16  atau  17  bulan  Nabi  Muhammad  Saw  selalu  menghadapkan  wajahnya  ke  Bait  al-Maqdis  dalam  melaksanakan  salat.
Diterangkan dalam sebuah hadis: “Bercerita Muhammad bin Musanna dan Abu Bakar bin Khallad, dari  Yahya,  Ibnu  Musanna  berkata:  Yahya  bin  Said  bercerita  kepadaku,  dari  Shofyan,  Abu  Ishak  bercerita  kepadaku,  berkata:  “Saya  mendengar  dari  Bara  berkata:  Kita  shalat  bersama  Rasulullah  SAW  dengan  menghadap  Bait  al-Maqdis  selama  16  bulan  atau  17  bulan,  kemudian kita dipalingkan ke arah Kabah” (HR. Muslim).
 Allah  Swt  memerintahkan  umat  Islam  untuk  menghadap  Kabah  ketika  melaksanakan salat. Firman Allah dalam surat al-Baqarah 144: ِ “Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka  sungguh  Kami  akan  memalingkan  kamu  ke  kiblat  yang  kamu  sukai.
Palingkanlah  mukamu  ke  arah  Masjid  al-Haram.  Dan  di  mana  saja  kamu  berada,  palingkanlah  mukamu  ke  arahnya.  Dan  sesungguhnya  orang-orang  (Yahudi  dan  Nasrani)  yang  di  beri  al-Kitab  (Taurat  dan  Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke  Masjid al-Haram  itu  adalah  benar  dari  Tuhannya;  dan  Allah  sekali-kali  tidak  lengah  dari  apa yang mereka kerjakan” (QS. Al-Baqarah : 144).
  Lihat dalam Muslim,  Shahih Muslim,  Juz.  II, Beirut : Daarul Kutubil „Ilmiyyah, t.t., hlm.
422.
 Departemen  Agama  Republik  Indonesia,  Al-Qur’an  dan  Terjemahnya,  Semarang:  Kumudasmoro Grafindo, 1994, hlm. 37.
 Perpindahan  kiblat  ini  bertujuan  untuk  memberikan  pengertian  dan  kejelasan bagi kaum musyrikin, kaum Yahudi dan kaum Nasara bahwa menurut  umat  Islam,  dalam  mengerjakan  ibadah  salat  itu  bukanlah  arah   Bait  al-Maqdis atau  Kabah  yang  menjadi  tujuan,  melainkan  semata-mata  menghadapkan  diri  kepada Allah Swt. Dengan menghadapkan wajah ke kiblat, bisa mengikat kaum  muslimin  agar  mereka  mempunyai  satu  tujuan  dan  cita-cita  dalam  perjuangannya.
 Sampai  sekarang,  permasalahan  kiblat  pun  masih  selalu  jadi  perbincangan  para ahli falak, terutama di Indonesia. Begitu juga sejak keluarnya fatwa Majelis  Ulama  Indoneisa  (MUI)  No.  03  tahun  2010  tentang  arah  kiblat.
 Fatwa  yang  dikeluarkan  tersebut  mengundang  kontroversi  dalam  masyarakat.  Akhirnya  Majelis  Ulama  Indonesia  (MUI)  meralat  fatwa  yang  juga  sempat  menjadi  pembicaraan dalam Seminar Nasional  yang diadakan oleh  Institut Agama  Islam  Negeri  (IAIN)  Walisongo  Semarang  pada  tanggal  27  Mei  2010,  dengan  tema “Menggugat  Fatwa MUI No. 03 Tahun 2010 tentang  Arah  Kiblat”.  Ketua MUI  Bidang  Fatwa,  Ma'ruf  Amin  berkata:  "Untuk  Indonesia  secara  umum  kiblat  menghadap  ke  barat  laut,  bukan  barat,  ini  sekaligus  merevisi  fatwa  kita  yang   Departemen  Agama  Republik  Indonesia,  Ensiklopedi  Islam,  Jakarta:  Direktorat  Jenderal  Pimpinan  Kelembagaan  Agama  Islam  Proyek  Peningkatan  Prasarana  dan  Sarana  Perguruan  Tinggi  Agama / IAIN Jakarta, 1992/1993, hlm. 629.
 Adapun  diktum  fatwa  MUI  No.  03  Tahun  2010  tentang  Kiblat  disebutkan: 1. Kiblat bagi orang shalat dan dapat melihat Kabah adalah menghadap ke bangunan Kabah (ain alka’bah). 2. Kiblat bagi orang yang salat dan tidak dapat melihat Ka bah adalah arah Kabah (jihat alKa’bah). 3. Letak georafis Indonesia yang berada di bagian timur Kabah/Mekkah, maka kiblat umat  Islam  Indonesia  adalah  menghadap  ke  arah  barat.  Sumber: http://www.mui.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=147:fatwa-tentang-arahkiblat&catid=1:berita-singkat&Itemid=50, diunduh pada tanggal 25 Juli 2010.
 tempo hari.  Indonesia itu letaknya tidak di timur pas Kabah tapi agak ke selatan,  jadi arah kiblat kita juga tidak barat pas tapi agak miring yaitu arah barat laut ." MUI pun menghimbau agar semua wilayah di Indonesia harus menyesuaikan arah  kiblat sesuai dengan ralat dari fatwa sebelumnya.
 Meskipun telah meralat fatwa  tersebut, MUI tidak menyarankan mengubah arah mesjid, hanya perlu mengubah  safnya saja.
Dalam fakta sejarah, ulama-ulama Islam di Indonesia khususnya Sumatera  Barat, mempunyai tradisi berangkat ke Makkah untuk menuntut ilmu.
 Sebagian  dari mereka ada yang pulang kembali ke kampung halamannya, namun ada juga  yang menetap bertahun-tahun lamanya dan bahkan ada yang tidak kembali lagi ke  Indonesia dan mengabdikan ilmunya di sana.
Dari  perjalanan  ulama-ulama  Indonesia  ke  Negeri  Arab,  banyak  sekali  transfer  keilmuan  yang  masuk  ke  nusantara  ini,  mulai  dari  fiqh,  tauhid,  ilmu  hadis, dan berbagai ilmu keagamaan lainnya, termasuk ilmu falak.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi