Jumat, 05 September 2014

Skripsi Ekonomi: Analisis Pengendalian Kualitas Produk Plastik Hitam Kw 2 Dengan Metode C-Chart Pada Pt.Panca Putra Plasindo

   BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi: Analisis Pengendalian Kualitas Produk Plastik Hitam Kw 2 Dengan Metode C-Chart Pada Pt.Panca Putra Plasindo
Perkembangan industri di era globalisasi jaman sekarang ini sangatlah pesat,  hal ini dapat dilihat dari banyak bermunculan perusahaan   perusahaan baru yang  mulai  mengikuti  persaingan  perusahaan  yang  telah  lama  ada.  Dengan  adanya  persaingan  yang  semakin  ketat diantara  perusahaan   perusahaan  yang  ada  maka  setiap  perusahaan  dituntut  untuk berjuang  mempertahankan  perusahaannya  agar  dapat  terus  memajukan  perusahaannya  agar  tidak  kalah  bersaing  dengan  perusahaan   perusahaan saingannya.

Produksi di dalam suatu perusahaan merupakan kegiatan yang cukup penting. Dikarenakan apabila kegiatan produksi di suatu perusahaan terhenti maka kegiatan  di dalam perusahaan tersebut akan terhenti pula. Oleh sebab itu maka perusahaan  dituntut  untuk  dapat  beroperasi  secara  efektif  dan  efisien  dalam  mengalokasikan  sumber  daya  yang  dimilikinya  dan  aktivitas  di  dalamnya  sesuai  dengan  yang  diharapkan oleh perusahaan tersebut.
Selain perusahaan dituntut untuk  dapat  beroperasi  secara efektif dan  efisien  dalam  mengalokasikan  sumber  daya,  perusahaanpun  dituntut  pula  untuk  dapat  menghasilkan  kualitas  produk  yang  konsisten  agar  dapat  memenuhi  kebutuhan pelanggan yang  ada.  Pengawasan  terhadap  produk  mutlak  diimplementasikan  sebagai  jaminan  pada  pelanggan  bahwa  produk  yang  dilemparkan  ke  pasaran  memiliki  mutu  yang  baik.  Proses  ini  didalam  perusahaan  sendiri  masuk  dalam  bagian pengendalian kualitas, dengan proses pengendalian kualitas ini tidak hanya     berlangsung pada hasil produk akhir melainkan juga dimulai pada saat bahan baku  masuk gudang sampai proses terjadinya produksi produk yang ada.
Pengertian kualitas menurut Heizer Render (2009 : 301) menyatakan bahwa  kualitas  adalah  keseluruhan  fitur dan  karakteristik produk  atau  jasa  yang  mampu  memuaskan  kebutuhan  yng  tampak  atau  samar.  Dengan demikian  yang  dimaksudkan dengan kualitas ini akan sangat erat hubungannya dengan produk dan  jasa, karena akan menunjukkan secara langsung terhadap atribut atau sifat-sifat dari  produk dan jasa yang bersangkutan. Untuk mencapai standar yang diharapkan oleh perusahaan maka perusahaan harus menerapkan pengendalian proses statistik atau  SPC.  Pengertian  pengendalian  proses  statistik  atau  SPC  menurut Amin  Syukron  (2013  :  11)  adalah  teknik  untuk  memastikan  setiap  proses  yang  digunakan  agar  barang  dan  atau  jasa  yang  dikirimkan  kepada  konsumen  memenuhi  standar  kualitas.  Dengan  mengetahui  arti  dari kualitas  menurut  ahli  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  kualitas  didalam  perusahaan  sangatlah  penting  agar  dapat  membagun kepercayaan pelanggan untuk menggunakan produk ataupun jasa yang  perusahaan hasilkan.
Dengan  mengetahui  pentingnya pengendalian  kualitas  terhadap terjaganya  kualitas  mutu  produk yang  dihasilkan  perusahaan,  maka  perusahaan  memulai pengendalian  kualitas  terhadap  proses  produksi  yang  ada.  Hal  itu  dimulai dari  pengawasan input yang berupa bahan baku dan bahan pembantu lainya, kemudian  pada proses  produksi  dan yang  tidak  kalah  penting  adalah  pengawasan di  bidang  out  put  yang  berupa  hasil  produksi.  Hal  ini  sangat  membantu  perusahaan  dalam  mengetahui manakah produk yang memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan     dan  produk  yang  rusak  atau  cacat,  sehingga  dapat  mendapat  kepercayaan  dari  konsumen dan dapat meminimumkan kerusakan serta mendapatkan laba.
Dengan  demikian  fungsi  pengendalian  kualitas  memegang  peranan  yang  sangat  penting  bagi  perusahaan  dalam  memperbaiki  dan  meningkatkan  kualitas  produk agar sesuai dengan yang telah direncanakan, karena kualitas suatu produk  adalah  suatu  faktor  yang  menentukan  pesat  dan  tidaknya  suatu  perkembangan  perusahaan  yang  menerapkan  pengendalian  kualitas tersebut. Di  PT.Panca  Putra  Plasindo sendiri  pada  saat  ini  menghasilkan berbagai  jenis produk plastik,  untuk  dapat menghasilkan produk yang baik PT.Panca Putra Plasindo perlu menerapkan  pengendalian  kualitas  agar  produk  plastik  yang  dihasilkan  mempunyai  kualitas  yang baik dan mampu bersaing di pasaran, serta untuk menekan jumlah kerugian  yang disebabkan oleh karena kerusakan pada produk plastik tersebut. Plastik hitam  KW  2  adalah  salah  satu  produk  di  PT.Panca  Putra  Plasindo  yang paling  banyak  diminati oleh konsumen maka perlu adanya perhatian lebih dalam hal pengendalian  kualitas agar konsumen dapat puas dengan produk tersebut.
Oleh  sebab itulah  maka  pengendalian kualitas dengan metode C-chart perlu  diterapkan  di  PT.Panca  Putra Plasindo,  hal  ini  dikarenakan  penulis  ingin  mengembangkan  lebih  luas  dengan  menggunakan  alat  analisis  yaitu  dengan  diagram sebab akibat dan diagram pareto.
Berdasarkan  uraian  dan  latar  belakang  masalah  diatas,  maka  penulis  mengambil  judul  ANALISIS  PENGENDALIAN  KUALITAS  PRODUK  PLASTIK  HITAM  KW  2 DENGAN  METODE  C-CHART PADA  PT.PANCA  PUTRA PLASINDO SURAKARTA.
   B. Rumusan Masalah.
Dari  latar  belakang  masalah  di  atas  maka  dapat  ditarik  pokok  permasalahannya yaitu: 1.  Bagaimanakah  cara  pengendalian  kualitas yang  telah  dilakukan  oleh  PT.Panca Putra Plasindo? 2.  Apakah kerusakan produk plastik hitam KW 2 yang selama ini terjadi masih  berada dalam toleransi pengawasan atau berada di luar toleransi pengawasan  perusahaan? 3.  Apa sajakah jenis kerusakan dan penyebab kerusakan pada produk tersebut? C. Tujuan.
Tujuan dari penelitian di PT.Panca Putra Plasindo adalah sebagai berikut: 1.  Untuk  mengetahui  langkah-langkah  yang  telah  diambil  PT.Panca  Putra  Plasindo  dalam  menerapkan  pengendalian  kualitas  guna  menekan  jumlah  kerusakan produk plastik hitam KW 2.
2.  Untuk  mengetahui  kualitas produk  plastik hitam  KW  2 yang  berada  dalam  toleransi atau standar yang telah ditentukan oleh perusahaan.
3.  Untuk  mengetahui jenis kerusakan  yang  sering  terjadi  pada  PT.Panca Putra  Plasindo dan  apa  penyebabnya,  sehingga  dapat  diantisipasi  diperiode  yang  akan datang.
   D. Manfaat.
1.  Sebagai  masukan  dan bahan  pertimbangan  bagi perusahaan  PT.Panca Putra  Plasindo dalam  membuat  keputusan  yang  berkenaan  dengan  pengendalian  kualitas.
2.  Penulisan  Tugas  Akhir  ini  menambah  kepustakaan  dan  diharapkan  dapat  digunakan  sebagai  bahan  pertimbangan  dalam  memahami  permasalahan  pengendalian kualitas produk plastik pada periode mendatang.

 Skripsi Ekonomi: Analisis Pengendalian Kualitas Produk Plastik Hitam Kw 2 Dengan Metode C-Chart Pada Pt.Panca Putra Plasindo

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi