Rabu, 29 Oktober 2014

Skripsi Ekonomi: Analisis Beban Kerja Karyawan Dengan Metode Workload Analysis Dan Tingkat Absensi Karyawan Dengan Metode Workforce Analysis Di Cv. Harapan Baru

   BAB I.
PENDAHULUAN.
A. LATAR BELAKANG.
Skripsi Ekonomi: Analisis Beban Kerja Karyawan Dengan Metode Workload Analysis Dan Tingkat Absensi Karyawan Dengan Metode Workforce Analysis Di Cv. Harapan Baru
Di era globalisasi saat ini salah satu faktor utama dalam produksi adalah manusia. Manusia juga  merupakan faktor utama dalam organisasi (perusahaan) guna memajukan organisasi dan untuk  mencapai tujuan produktivitas.  Dalam suatu perusahaan sumberdaya manusia berperan sebagai  penentu perkembangan, kesuksesan serta kemajuan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan hendaknya berorientasi pada manusia, dengan demikian tercipta kerja sama antara perusahaan  dan karyawan sehingga dapat mencapai tujuan persahaan.

Sumber daya manusia sebagai tenaga kerja memegang peranan yang penting untuk kelangsungan  hidup perusahaan karena seluruh kegiatan produksi dipengaruhi oleh kemampuan tenaga kerja  yang memproduksi produk untuk dipasarkan . Berhasil tidaknya perusahaan dalam memproduksi  produk dipengaruhi oleh sumberdaya manusia sehingga dalam penerimaan karyawan baru diperlukan adanya seleksi yang ketat. Dengan selekti ketat maka akan diperoleh tenaga kerja  yang berkualitas dan diharapkan  dapat meningkatkan produktivitas.
Perencanaan pengelolaan sumber daya manusia dapat membantu perusahaan dalam melihat  penggunaan optimal dari sumber daya yang dimiliki baik itu sumber daya manuasia maupun sumber daya bahan baku yang dimiliki untuk mencapai   target yang diinginkan oleh suatu perusahaan.
CV. Harapan Baru Surakarta merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan. Produksi yang ada di perusahaan ini yaitu berdasarkan order. Produk utama CV.
  Harapan Baru Surakarta yaitu buk u LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk SD sampai dengan SMA,  produk sampingan yaitu kartu nama, kartu undangan, brosur, kop surat instansi, amplop dan kalender. Proses produksi yang baik akan berpengaruh kepada pemenuhan permintaan konsumen  dan memberikan produk   yang berkualitas dengan efisiensi pada proses produksinya.
Upaya untuk meningkatkan efisiensi proses prosduksi sebuah perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah perencanaan pengelolaan sumber daya manusia.
Perencanaan pengelolaa n sumber daya manusia haruslah efektif dan efisien. Usaha yang efektif  mengandung arti bahwa output yang dihasilkan oleh setiap karyawan dapat memenuhi apa yang  ditargetkan oleh perusahaan. Berdasarakan jumlah hasil kerja yang mampu dihasilkan oleh setiap  karyawan, dapat diketahui berapa jumlah yang sesungguhnya diperlukan oleh perusahaan untuk  mencapai target. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pengukuran beban kerja,  sehingga karyawan dapat bekerja optimal sesuai kemampuan.
Metode yang digunakan untuk merencanakan pengelolaan sumber daya manuasia adalak Workload Analysis  atau analisi beban kerja.  Workload Analysis  adalah suatu metode untuk  mengidetifikasiakan aktivitas  – aktivitas yang timbul beserta beban kerja yang diakibatkan oleh  aktivitas – aktivitas tersebut.
Dibagian produksi percetakan terdapat 17 karyawan dengan target minimal 117 buku perorang.
Sementara target produksi perusahaan 2000 buku per hari. Jika dihitung maka satu orang hanya  mendapat 12 buku. Maka target minimal per orang tidak terpenuhi. Yang berarti beban kerja  terlalu rendah. Dan juga terdapat beberapa mesin yang masih berfungsi dengan baik tidak  dioperasikan saat jam kerja. Banyak juga ditemui para karyawan bagian produksi yang berkeliaran kesana kemari tanpa melakukan pek erjaan di jam kerja.     Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kulitas kerja karyawan adalah keseimbangan beban  kerja karyawan. Dalam bagian produksi precetakan terjadi ketidakseimbanga beban kerja.
Beban kerja yang terlalu berat akan berdampak pada kelel ahan kerja pada karyawan dan membuat karyawab tidak produktif dalam bekerja sementara beban yang terlalu ringan berakibat  pada kelebihan tenaga kerja. Kelebihan tenaga kerja ini mengakibatkan perusahaan harus menggaji jumlah karyawan lebih banyak dengan produktifitas yang sama sehingga terjadi inefisiensi biaya.
Atas dasar masalah diatas maka penelitian diambil judul  “ANALISIS BEBAN KERJA KARYAWAN DENGAN METODE  WORKLOAD ANALYSIS  DAN TINGKAT ABSENSI  KARYAWAN DENGAN METODE  WORKFORCE ANALYSIS DI CV. HARAPAN BARU  SURAKARTA”.
  B. RUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan   latar  belakang,   maka permasaalah  adalah  sebagai berikut  :.
1.  Apakah beban kerja karyawan CV. Harapan Baru Surakarta seimbang?.
2.  Berapa tingkat  turn over  dan absensi karyawan di pada CV. Harapan Baru Surakarta?.
C. TUJUAN.
Pelaporan penelitian tentu saja memiliki tujuan yang akan di raih atau di capai. Tujuan penelitian  yang dapat diambil dari penelitian ini merupakan, Yang sesuai  dengaan   rumusan   maasalah  adalah   :.
1.  Untuk mengetahui beban kerja karyawan percetakan CV. Harapan Baru Surakarta.
2.  Untuk mengetahui  tingkat  turn over   dan absensi karyawan di CV. Harapan Baru Surakarta.
D. MANFAAT PENULISAN.
A. Bagi Perusahaan.
o  Untuk mengetahui beban kerja tiap karyawan  percetakan CV. Harapan Baru Surakarta sudah seimbang.
o  Mengetahui   tingkat turn over dan absensi karyawan   di CV. Harapan Baru .
B. Bagi Mahasiswa.

o  Dengan adanya penelitian ini penulis dapat belajar dan menerapkan metode Work  Load Ananlysis dan metode Work  Force Analysis serta mengimplementasikan pendidikan yang dicapai di perguruan tinggi   .
Skripsi Ekonomi: Analisis Beban Kerja Karyawan Dengan Metode Workload Analysis Dan Tingkat Absensi Karyawan Dengan Metode Workforce Analysis Di Cv. Harapan Baru 

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi