Jumat, 24 Oktober 2014

Skripsi Ekonomi: Niat Pembelian Ulang Perspektif Kualitas Layanan, Harga, Dan Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Olive Fried Chicken Cabang Isi)

   BAB I PENDAHULUAN
Bab I menjelaskan mengenai pendahuluan yang berisikan  fenomena, variabel  yang diteliti, dan alasan pemilihan topik penelitian. Selanjutnya juga dipaparkan  mengenai rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.
1.1 Latar Belakang Saat ini persaingan bisnis pada skala domestik maupun global semakin  meningkat. Walaupun konsumen tetap ada, namun daya beli mereka semakin  terbatas.  Akibatnya  konsumen  menjadi  semakin  selektif  dalam  melakukan  pembelian  produk  yang  mereka  butuhkan.  Pada  situasi  tersebut  akan  membuat  setiap  perusahaan  untuk  meningkatkan  profesionalitasnya  agar  dapat bersaing dan bertahan.
Setiap  perusahaan  harus  mampu  menarik  konsumen  dengan  menawarkan produk dan layanan yang berkualitas serta harga yang ekonomis.

Pelayanan yang berkinerja tinggi adalah pelayanan yang mampu memberikan  kepuasan  terhadap  kebutuhan  konsumen  atau  mampu  melebihi  harapan  konsumen (Anderson dan Marry, 1993).
Selain  kualitas  pelayanan  yang  diberikan  perusahaan  terhadap  konsumen,  perusahaan  harus  mampu  menetapkan  harga  yang  kompetitif.
Diungkapkan  (Garretson  et.al.2002)  persepsi  harga  adalah  kecenderungan  konsumen  untuk  menggunakan  harga  dalam  memberi  penilaian  tentang  kualitas produk. Konsumen akan lebih selektif memilih layanan jasa dengan  membandingkan harga, memilih produk yang harga dasarnya murah, memilih     produk  yang  harganya  sebanding  dengan  kualitasnya  atau  berbagai  alasan  lainnya.  Pada  situasi  tersebut,  perusahaan  harus  menetapkan  harga  yang  sesuai dengan kualitasnya dalam rangka menarik konsumen dan memberikan  kepuasan terhadap konsumennya.
Penelitian  Rangkuti  (2002)  mengungkapkan  bahwa  kepuasan  konsumen  merupakan  respons  konsumen  terhadap  ketidaksesuaian  antara  tingkat  kepentingan  sebelumnya  dan  kinerja  aktual  yang  dirasakan  setelah  pemakaian). Berkaitan dengan pembelian ulang, Anderson  dan Marry (1993)  menyatakan  bahwa  apabila  konsumen  puas  terhadap  barang  atau  kualitas  layanan yang diberikan maka akan timbul kesetiaan konsumen sehingga niat  beli  konsumen  meningkat  dan  membuat  konsumen  kembali  melakukan  pembelian ulang (repurchase).
Konsumen  yang  bertahan  dan  melakukan  pembelian  ulang  akan  memberikan  dampak  dalam  peningkatan  kinerja  bisnis  sebuah  perusahaan  .
Sehingga  strategi  kualitas  pelayanan  yang  mampu  meningkatkan  jumlah  konsumen  yang  bertahan  (customers  retained  rate)  menjadi  fokus  utama  dalam era persaingan bisnis jasa yang ketat (McDougall dan Levesque, 1994).
Perusahaan  harus  paham  bagaimana  respon  para  konsumen  dalam  mengevaluasi produk, harga maupun kualitas layanan yang diberikan. Proses  evaluasi  bagi  para  konsumen,  baik  konsumen  baru  maupun  retained  customers  sangat  menentukan  tingkat  motivasi  pembelian  ulang  terhadap  suatu  merek  atau  produk.  Motivasi  tersebut  akan  menimbulkan  keinginan  pembelian  ulang  untuk  memenuhi  setiap  kebutuhannya  atau  meningkatkan     jumlah  pembeliannya,  dan  menghasilkan  komitmen  untuk  menggunakan  kembali merek atau produk tersebut dimana keinginan itu berkaitan dengan  psikologi konsumen (Hawkins et al., 1998).
Oleh karena itu penelitian ini membahas sejauh mana persepsi kualitas  layanan dan persepsi harga memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen  dalam  rangka  menciptakan  niat  pembelian  ulang  konsumen.  Penelitian  ini  menggunakan Olive fried Chicken cabang ISI sebagai objek penelitian. Olive  Fried  Chicken  merupakan  salah  satu  restoran  domestik  yang  bergerak  di  bidang kuliner cepat saji yang menyajikan produk ayam dan produk lain yang  berkaitan  dengan  daging  ayam.  Banyaknya  restoran  cepat  saji  akan  menimbulkan  persaingan  dalam  menyajikan  produk  yang  berkualitas  dan  disukai masyarakat.
Olive  Fried  Chicken  perlu  menyadari  tentang  persaingan  ini,  Olive  Fried  Chicken  perlu  menyajikan  kulitas  produk  dan  layanan  yang  baik  jika  mereka  tidak  menginginkan  konsumennya  pindah  ke  restoran  lain.  Layanan  merupakan hal yang utama dalam bidang jasa, jika layanan baik maka akan  memberikan  gambaran  yang  baik  terhadap  perusahaan.  Layanan  yang  diberikan Olive Fried Chicken harus baik untuk memberikan gambaran baik  terhadap Olive Fried Chicken.
Penelitian  sebelumnya  yang  dilakukan  oleh  Iglesias  dan  Guillen  (2004)  meneliti  tentang  restoran  secara  umum  di  pusat  kuliner  di  Spanyol.
Variabel  variabel  dalam  penelitian  Iglesias  dan  Guillen  (2004)  meneliti  hubungan  antara  pesepsi  kualitas  layanan  dan  persepsi  harga  terhadap     kepuasan  konsumen,  sedangkan  variabel  niat  pembelian  ulang  belum  diuji  pada penelitian tersebut. Penelitian ini mengambil  setting  yang berbeda yaitu  sebuah restoran cepat saji yang bernama Olive Fried Chicken yang terletak di  area kampus dan juga menganalisis  variabel niat beli ulang  sebagai  variabel  dependen  nya.  Berdasarkan  pemaparan  diatas,  judul  penelitian  ini  adalah “Niat  Beli  Ulang  :  Perspektif  Kualitas  Layanan,  Persepsi  Harga,  dan  Kepuasan Konsumen ( Studi Terhadap Restoran Cepat Saji Olive Fried  Chiken Cabang ISI )” 1.2   Rumusan Masalah Kompetisi  perusahaan  makanan  cepat  saji  yang  semakin  meningkat  menyebabkan  semakin  mudahnya  para  konsumen  untuk  berpindah  dalam  melakukan pembelian produk, tidak terkecuali di Olive Fried Chicken. Olive  Fried  Chicken  juga  menghadapi  kendala  tentang  bagaimana  meningkatkan  niat  pembelian  ulang.    Oleh  karena  itu,  analisis  variabel  pembentuk  niat  pembelian ulang menjadi sangat penting bagi Olive Fried Chicken.   Research  question dalam penelitian ini adalah : a.  Apakah  persepsi  kualitas  layanan  berpengaruh  terhadap  kepuasan  konsumen restoran cepat saji Olive Fried Chiken Cabang ISI? b.  Apakah  persepsi  harga  berpengaruh  terhadap  kepuasan  konsumen restoran cepat saji Olive Fried Chiken Cabang ISI? c.  Apakah  kepuasan  konsumen  berpengaruh  terhadap  niat  pembelian  ulang konsumen restoran cepat saji Olive Fried Chicken Cabang ISI.

   1.3 Tujuan Penelitian Berdasarkan  pemaparan  rumusan  masalah  diatas,  penelitian  ini  bertujuan  untuk: a.  Menganalisis variabel variabel yang mempengaruhi niat pembelian ulang b.  Menganalisis  dan  menguji  pengaruh  persepsi  kulaitas  layanan  terhadap  kepuasan konsumen restoran cepat saji Olive Fried Chiken Cabang ISI c.  Menganalisis  dan  menguji  pengaruh  persepsi  harga  terhadap  kepuasan  konsumen restoran cepat saji Olive Fried Chiken Cabang ISI d.  Menganalisis  dan  menguji  pengaruh  kepuasan  konsumen  terhadap  niat  pembelian  ulang  konsumen  restoran  cepat  saji  Olive  Fried  Chicken  Cabang ISI 1.4 Manfaat Penelitian a.  Teoritis Hasil  penelitian  ini  bermanfaat  sebagai  bahan  referensi  model  penelitian  tentang  antecedent  dari  niat  pembelian  ulang,  referensi  mengenai  analisis  hubungan  variabel  persepsi  kualitas  layanan,  persepsi  harga, kepuasan konsumen, dan niat beli ulang dalam penelitian ini dan  wacana   khususnya  yang  berkaitan  dengan  masalah  persepsi  kualitas  layanan, persepsi harga, kepuasan konsumen dan niat pembelian ulang b.  Praktis Bagi  manajemen  Olive  Fried  Chiken  Cabang  ISI  hasil  penelitian  ini dapat digunakan sebagai dasar perumusan strategi dalam meningkatkan  kualitas  layanan  dan  menentukan  kebijakan  penentuan  harga  untuk     meningkatkan  kepuasan  dari  para  konsumennya  dan  membuat  konsumennya melakukan pembelian ulang  


Skripsi Ekonomi: Niat Pembelian Ulang  Perspektif Kualitas Layanan, Harga, Dan Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Olive Fried Chicken Cabang Isi)
Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi