Rabu, 22 Oktober 2014

Skripsi EKonomi: Strategi Pemasaran Produk Kredit Agunan Rumah (Kar) Pada Pt . Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar BelakangMasalah.
Skripsi EKonomi: Strategi Pemasaran Produk Kredit Agunan Rumah (Kar) Pada Pt . Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
Perekonomian Indonesia sekarang ini sudah mulai membaik setelah  mengalami masa krisis ekonomi. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya  perusahaan dan badan usaha yang mulai berkembang, terutama pada sektor  perbankan  yang mulai kembali  menata  fungsinya  sebagai  lembaga  yang  menghimpun  dana  dan  menyalurkan  dana  kepada  masyarakat.  Fungsi  perbankan tersebut berdampak bagi kemajuan perekonomian Indonesia, hal  tersebut terlihat pada semakin meningkatnya jumlah rakyat Indonesia  yang  sudah memiliki tempat tinggal yang layak.

Perbankan  mulai  menata  kembali  fungsinya sebagai  lembaga  penghimpun dan  penyalur  dana  masyarakat,  seperti   yang  terdapat pada  Undang-UndangNomor10Tahun  1998   tentang Perbankan menyatakan  bahwa  bank  adalah  badan  usaha  yang  menghimpun  dana  dari  masyarakat  dalam  bentuk  simpanan  dan  menyalurkannya  kepada  masyarakat  dalam  bentuk  kredit dan  atau  bentuk-bentuk  lainnya  dalam  rangka  meningkatkan  taraf hidup rakyat banyak. Kegiatanmenghimpun dana dari masyarakat dan  menyalurkan  kembali  kepada  masyarakat  (fungsi intermediary  service) merupakan  kegiatan  pokok  perbankan,  sedangkam  kegiatan  memberikan  jasa-jasa  bank  lainnya  merupakan  fungsi  pendukang  kedua  (Kasmir,  2012:13).  Kegiatan  menghimpun  dana  dan  menyalurkan  dana  kepada   masayarakat  bukan  hal  yang  mudah.  Hal  tersebut  membutuhkan  kepercayaan  masyarakat,  mengingat  bahwa  kepercayaan  masyarakat  merupakan modal pokok kegiatan tersebut.
Masyarakat percaya pada lembaga bank tidak hanya sebagai tempat  untuk  menyimpan  uang  saja,  namun  kepercayaan  mereka  lebih  jauh  lagi  karena  bank  juga  memberikan trust  services (jasa –jasa  yang  diberikan  dalam  bentuk  pengamanan  dan  pengawasan  harta  milik)  pada masyarakat.
Bank  sebagai  lembaga keuangan  seharusnya  mampu menciptakan  dan  memelihara  kepercayaan  masyarakat  terhadap  institusinya  karena  kepercayaan  masyarakat  terhadap  bank  dapat  memberikan  dampak  perkembangan perbankan di Indonesia.
Tingkat   perkembangan  perbankan   relatif  meningkat  sejak  tahun  2003  sampai  2014.   Hal  itu  menunjukan  bahwa  salah  satu roda  perekonomian  Indonesia  sudah  mulai kembali  normal melalui  jasa  perbankan. Jasa  perbankan  pada  umumnya  terbagi  menjadi  dua  tujuan.
Tujuan pertama adalah sebagai penyedia mekanisme dan pembayaran yang  efisien  bagi  nasabah.  Tujuan  kedua  menerima  tabungan  dari  nasabah  dan  meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana.
Bank  sebagai  lembaga  keuangan  yang  menghasilkan produk jasa  membutuhkan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Contonya  produk-produk  jasa  kredit  beragunan  property  pada  PT.  Bank  Tabungan  Negera (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo yang dapat memenuhi keinginan  masyarakat.  Produk  jasa-jasa  kredit  beragunan  rumah   tersebut  meliputi;   KPR BTN, KPR BTN Sejarah FLPP, KAR BTN, KPA BTN, KRING BTN,  Kredit  Swadana   BTN,  Kredit  Ruko  BTN,  dan  Kredit  Bangunan  Rumah  BTN. Dalam perekonomian dunia modern, pemasaran merupakansuatu hal  yang  sangat  penting  dalam  masyarakat  dan  dalam  perusahaan-perusahaan  bisnis  ( McCarthy and Andrew  A.  Brogowiez,  1985 :  27  ).  Pemasaran  berperan  penting  dalam  dunia  perbankan untuk menarik  nasabah. Oleh  karena itu, perlu adanya suatu strategi pemasaran yang dilakukan.
PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.Kantor Cabang  Solo melakukan  strategi  pemasaran untuk mendapatkan  kepercayaan  nasabah, dengancara memberikan pelayanan prima kepada nasabah dan memberikan  produk  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  nasabah.  Salah  satu  produk  yang  dipasarkan  cukup  berhasil adalah  produk  Kredit  Agunan  Rumah  (KAR).
Keberhasilan strategi pemasaran tersebut dilihat dari nasabah Kredit Agunan  Rumah  (KAR)  yang  tiap  tahunnya  terus  meningkat. PT.  Bank  Tabungan  Negara (Persero) dengan  produk Kredit  Agunan Rumah  (KAR) membantu  nasabah  mewujudkan  semua  keinginan  atau  kebutuhan  dengan  cara  memanfaatkan  rumah,  ruko,  apartemen  yang  dimiliki  nasabah  tersebut.
Guna membiayai renovasi rumah, biaya pendidikan, membeli perlengkapan  rumah, berlibur dan kebutuhan lainnya.
Kredit berdasarkanpasal 8 Undang-UndangNomor7Tahun1992, dalam  memberikan  kredit, bank umum wajib  mempunyai  keyakinan atas  kemampuan  dan  kesanggupan  debitur  dalam  melunasi  hutangnya  sesuai  dengan  perjanjian. Karena  itu, dalam  memberikan  kredit  kepada  calon   debitur, bankharus lebihberhati-hati.PT. Bank Tabungan Negara (Persero)  Tbk. Kantor Cabang Solo dalam memberikan Kredit Agunan Rumah dalam  melakukan strategi pemasaran menggunakan prinsip berhati-hati dan prinsip  Good Corporate Governance (GCG).
Prinsip Good Corporate Governance (GCG) merupakan salah satu  upaya  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Solo  untuk  memenuhi  ketentuan  Bank  Indonesia  yang  berkaitan  dengan  penerapan Good  Corporate  Governance (GCG),  selain itu  prinsip  tersebut  untuk menunjang keberhasilan pada  strategi pemasaran. Dalam melakukan  strategi pemasaran  harus  dapat  pula  mengenal  nasabah  agar  tidak  terjadi  kerugian dalam memberikan kredit kepada calon debitur Dalam penerapannya,  kerap  sekali  berbagai  program  pemasaran  dipadukan  atau  dilaksanakan  secara  bersama-sama  dengan  strategi  pemasaran.  Sebelum  menentukan  pilihan  program  pemasaran  terbaik,  manajer  pemasaran  harus  terlebih  dahulu  menyusun  dan  mengkomunikasikan  strategi  pemasaran  yang  jelas.  Oleh  karena  itu,  dibutuhkan  mekanisme  yang  dapat  mengkoordinasi  program-program  pemasaran dengan strategi pemasaran dapat sejalan dan terintegrasi. Dengan  mengkooordinasi  program-program  pemasaran  dengan  strategi  pemasaran  akan  berdampak  baik  bagi  kemajuan  perusahaan  dan  dapat  menambah  pendapatan perusahaan (Chandra, 2002:61).
 Berdasarkan  latar  belakang  diatas  mengingat  pentingnya  tentang  strategi  pemasaran  dalam  memperkenalkan  produk  dan  kemajuan  sebuah  perusahaan,  maka  penelitian  mengambil  judul  :   “STRATEGI  PEMASARAN PRODUK KREDIT AGUNAN RUMAH (KAR)  PADA  PT.  BANK  TABUNGAN  NEGARA   (Persero)  Tbk  KANTOR  CABANG SOLO”.
B. Rumusan Masalah.
Dari  latar  belakang  di  atas  penulis  mencoba  mengemukakan  perincian rumusan masalah sebagai berikut :.
1. Apa  saja  strategi  pemasaran  yang dilakukan  olehPT.  Bank Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Solo  untuk  memperkenalkan  produk Kredit Agunan Rumah (KAR) kepada masyarakat ?.
2. Bagaimana  keunggulan  dari  strategi  pemasaran  yang  diterapkan  oleh  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Solo  pada  produk Kredit Agunan Rumah (KAR) ?.
3. Keuntungan  apa  saja  yang  didapat  nasabah  dari  PT.  Bank  Tabungan  Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo pada produk Kredit Agunan  Rumah (KAR)?.
C. TujuanPenelitian.
Dari  rumusan  masalah  di  atas  penulis merumusakan  tujuan  penelitian sebagai berikut :.
1. Untuk  megetahui  strategi  pemasaran  yang  dilakukan  oleh  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Solo  pada  produk  Kredit Agunan Rumah (KAR).
2. Untuk mengetahui keunggulan dari strategi pemasaran yang diterapkan  oleh  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Solo  pada produk Kredit Agunan Rumah (KAR).
3. Untuk  mengetahi  keuntungan  yang  didapat  nasabah  dari  PT.Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Solo  pada  produk  Kredit Agunan Rumah (KAR).
D. Manfaat Penelitian.
1. Bagi Perusahaan.
Penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dalam melakukan strategi  pemasaran  untuk  perkembangan  perusahaan,  yang  berguna  sebagai  acuan dalam bersaing mendapatkan nasabah dengan perusahaan lainnya  pada produk Kredit Agunan Rumah (KAR).
2. Bagi Penulis.
Hasil  penelitian  dapat  digunakan  untuk  memperdalam  ilmu  pengetahuan tentang strategi pemasaran Kredit Agunan Rumah (KAR)  pada  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Serta  memberikan   wawasan  yang  bermanfaat  bagi  penulis  dalam  mempersiapkan  diri  didunia kerja.
3. Bagi pembaca.
Memberikan  informasi   mengenai  strategi  pemasaran  Kredit  Agunan  Rumah  (KAR)  pada  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.serta  menambah pengetahuan bagi peneliti berikutnya.

 Skripsi EKonomi: Strategi Pemasaran Produk Kredit Agunan Rumah (Kar) Pada Pt . Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi