Kamis, 27 November 2014

Skripsi Ekonomi: Analisis efektifitas media promosi

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Analisis efektifitas media promosi
Perkembangan  dunia  teknologi  informasi  yang  pesat  telah  membawa  manfaat  bagi  berbagai  bidang  usaha.  Hampir  semua  bidang usaha bergantung pada teknologi informasi. Perkembangan  ini  memberikan  keuntungan  bagi  masyarakat  terutama  dalam  mendapatkan  informasi-informasi  secara  tepat dan  akurat. Seiring  dengan  berkembangnya  teknologi  informasi,  memberikan  peluang  bagi perusahaan untuk memajukan perusahaannya.

Di  era  globalisasi  seperti  sekarang  ini,  perkembangan  perekonomian Indonesia maupun dunia sekarang sangat pesat dan  tingkat  kompetisinya  juga  ketat.  Semua  perusahaan  kecil  maupun  besar  harus  mampu  menjaga  dan  meningkatkan  kualitas  produk  maupun  pelayanannya.  Hal  tersebut  perlu  diperhatikan  agar  perusahaan  dapat  berkembang serta mampu bersaing untuk  dapat  mempertahankan  kelangsungan  perusahaannya.  Sekarang  ini  banyak  bermunculan  perusahaan  baru,  munculnya  perusahaan  baru  akan  menjadi  pesaing  bagi  perusahaan  yang  tidak  mampu  meningkatkan kualitas perusahaannya.
Perkembangan  perusahaan  ticketing  penerbangan  di  Indonesia  saat  ini  semakin  pesat.  Pelayanan  reservasi  yang    diberikan  setiap  perusahaan  ticketing  penerbangan  semakin  hari  semakin  cepat  dan  canggih.  Demikian  juga  dengan  masalah  pelayanan  pembelian  tiket.  Hal  ini  menjadi  salah  satu  pendorong adanya persaingan antar perusahaan ticketing. Pada saat ini sudah  banyak maskapai penerbangan di Indonesia mulai beralih dari tiket  kertas  (paper  ticket)  ke  tiket  elektronik  (e-ticket).  Pemakaian  jasa  digital  service  juga  di  gunakan  oleh  sebagian  besar  perusahaan  penerbangan Indonesia.
Perusahaan  ticketing  harus  mampu  melakukan  inovasi,  dalam  memasarkan  produknya  agar  dapat  bersaing  dengan  perusahaan  lainnya.  Salah  satunya  dengan  cara  mempromosikan produknya  melalui  beberapa  media  iklan.  Promosi  perusahaan  digunakan  untuk  menyampaikan  informasi  mengenai  kualitas  produk,  harga,  pelayanan  dan  fasilitas  yang  diberikan  kepada  pelanggan.  Salah  satu faktor adanya promosi  karena  jarak  antara  produsen  dan  konsumen  bertambah  jauh,  serta  karena  jumlah pelanggan  potensial  bertambah  besar.  Menurut  Lamb  dkk  (2001:  146),  promosi  adalah  komunikasi  oleh  pemasar  yang  menginformasikan  dan  mengingatkan  calon  pembeli  mengenai  sebuah  produk  untuk  mempengaruhi  suatu  pendapat  atau  memperoleh suatu respons.
Tujuan  dasar  promosi  adalah  menyebarluaskan  informasi  yang  berguna  untuk  memberitahukan  pelanggan  potensial.
Kegiatan  promosi  pun  semakin  berkembang  sesuai  dengan    perkembangan  media  saat  ini.  Promosi  merupakan  salah  satu  variabel  dalam  bauran  pemasaran  yang  sangat  penting  untuk  dilaksanakan  oleh  perusahan  yang  bukan  saja  berfungsi  sebagai  alat  komunikasi  antara  perusahaan  dengan  konsumen,  melainkan  juga  sebagai  alat  untuk  mempengaruhi,  membujuk,  mengajak,  meyakinkan  kepada  konsumen  dalam  kegiatan  pembelian  atau  penggunaan jasa.
Perusahaan  jasa  ticketing  pelayanan  Biro  perjalanan  Haji  Plus dan  Umroh Al-ajwa dari PT. Amrih Rejo Makmur merupakan  perusahaan  di  bidang  pelayanan  jasa  ticketing,  tour  haji  plus  dan  umroh  yang beralamat di Jl. Dr. Radjiman 556 Laweyan  Surakarta.
Perusahaan  ini  melayani  pelayanan  jasa  ticketing,  travel  haji  plus  dan  umroh  dengan  layanan  pemesanan/booking  seat  serta  konsultasi haji umroh seputar perjalanan Ibadah Haji dan umroh.
Pada  umumnya  perusahaan  akan  selalu  berusaha  untuk  tetap  berkembang  serta  mampu  bersaing  untuk  mencapai  tujuan  perusahaan.  Agar  tujuan  perusahaan  dapat  tercapai  diperlukan  strategi  promosi  yang  efektif.  Perkembangan  biaya  promosi  Biro  perjalanan  Haji  Plus  dan  Umroh  Al-ajwa  dari  PT.  Amrih  Rejo  Makmur  selama  empat  tahun  terakhir  tahun  2009  s/d  tahun  2012  dapat ditunjukan dari Tabel I.1.
  Tabel I. Rekapitulasi Keuntungan Biro perjalanan Haji Plus dan Umroh Al-ajwa  PT. Amrih Rejo Makmur Surakarta Tahun 2009-201Periode      Biaya Promosi        Keuntungan    Radio  Tabloid  Brosur  Radio      Tabloid     Brosur Al-Hidayah  Loker   Al-Hidayah    Loker 2009 4.670.000    4.882.000    5.242.000     66.320.210 42.196.456 54.208.332010 4.345.000 4.646.000  5.125.000     82.526.000 44.922.000 63.724.000  2011    3.980.000 3.920.000  4.950.000     93.450.206    63.516.460 78.483.333  2012 3.860.000 3.789.000  4.834.000    102.275.430 77.315.904 89.795.667  Sumber : Tafsiran Biro perjalanan Haji Plus dan Umroh Al-ajwa dari PT. Amrih Rejo Makmur  201Keuntungan  yang  didapat  dari  media  promosi  yang  dilakukan  biro  perjalanan  haji  plus  dan  umroh  Al-ajwa  selama  empat  tahun terakhir  paling banyak melalui media peiklanan.  Radio  Al-Hidayah  mendapatkan  keuntungan  sebesar  344.571.846.
Tabloid  Loker  mendapatkan  keuntungan  sebesar  227.950.820.
Brosur mendapatkan keuntungan sebesar 286.211.33.
Selama ini  perusahaan  memiliki data yang lengkap tentang  promosi yang digunakan serta efek masing-masing media tersebut.
Namun,  perusahaan  belum  pernah  menganalisis  efektifitas  dari  masing-masing  media  promosi  yang  digunakan.  Oleh  karena  itu,  penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengukur  tingkat  efektifitas  masingmasing media promosi  yang  telah digunakan  oleh  Biro  perjalanan Haji  Plus  dan  Umroh  Al-ajwa  PT.  Amrih  Rejo  Makmur  Surakarta.
Judul penelitian ini adalah “Analisis Efektifitas Media Promosi (Studi pada  Biro perjalanan  Haji  Plus dan  Umroh  Al-ajwa PT. Amrih Rejo  Makmur Surakarta)”.
  B.  Perumusan Masalah.
Permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah  media  promosi apa  yang paling efektif  di  Biro perjalanan  Haji  Plus dan  Umroh  Alajwa PT. Amrih Rejo Makmur ?.
C.  Tujuan Penelitian.
Adapun  tujuan  yang  hendak  dicapai  pada  penelitian  ini  adalah  untuk  mengungkap  media  promosi  yang  paling  efektif  di Biro  perjalanan  Haji  Plus  dan  Umroh  Al-ajwa  PT.  Amrih  Rejo  Makmur.
D.  Manfaat Penelitian.
Adapun manfaat yang dihasilkan dari penelitian ini adalah :.
1.  Bagi Perusahaan .
a.  Sebagai  masukan  dan  bahan  pertimbangan  oleh  perusahaan.
b.  Untuk mengungkap efektifitas masing-masing media promosi  yang  digunakan  sehingga  bisa  memberikan  tingkat  keuntungan maksimal bagi perusahaan.
2.  Bagi Akademisi Mengaplikasikan  teori  pemasaran  terutama  berkaitan  dengan pengukuran efektifitas promosi.

   Skripsi Ekonomi: Analisis efektifitas media promosi

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi