Kamis, 27 November 2014

Skripsi Ekonomi: Penerapan strategi promosi pada produk speedy pt.telkom kandatel solo

   BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi: Penerapan strategi promosi pada produk speedy pt.telkom kandatel solo
Di  era  globalisasi  saat  ini  telekomunikasi  dan  informasi  sudah  menjadi  kebutuhan  pokok  bagi  masyarakat.  Kebutuhan  akan  jasa  telekomunikasi  telah  mengalami  kemajuan  yang  cukup  pesat  dengan  di  temukannya teknologi seperti internet. Adanya internet masyarakat dapat  mengakses  segala  macam  informasi  dari  belahan  dunia  dimana  saja  dan  kapan saja. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi  menyebabkan  persaingan  yang  cukup  ketat  diantara  mereka.  Salah  satu  perusahaan  yang  meramaikan  telekomunikasi  Indonesia  adalah  PT. Telekomunikasi Indonesia (PT.Telkom).

Berkembangnya  perekonomian  saat  ini  banyak  produk  baru  serta  layanan  jasa  bermunculan.  Konsumen  dihadapkan  dengan  bervariasinya  produk  konsumsi  dalam  memenuhi  kebutuhan,  maka  dari  itu  konsumen  semakin  ragu-ragu  dalam  memilih  produk  yang  akan  di  konsumsi.  Pada  saat  inilah  para  produsen  berlomba-lomba  merebut  perhatian  konsumen  dengan menginformasikan dan menawarkan produk mereka agar menjadi  pemenang  dalam  pasar  persaingan.  Semakin  ramainya  situasi  pemasaran  saat  ini,  mengakibatkan  bertambah  tajamnya  persaingan  yang  dihadapi  oleh perusahaan di dalam memasarkan produksinya.
   Promosi memiliki hubungan yang erat dengan maju atau suksesnya  suatu perusahaan, karena didalam  promosi terdapat beberapa strategi yang  dapat mengenalkan produk ataupun perusahaan kepada masyarakat. Tanpa  promosi  tidak  mungkin  perusahaan  tersebut  dapat  bertahan  ditengah  banyaknya  para  pesaing  yang  ada,  dengan  hanya  mengandalkan  kualitas  dan  pelayanan  saja  terhadap  konsumen  maka  perusahaan  tidak  dapat  berbicara  banyak  dengan  persaingan  yang  ada  pada  saat  ini.  Munculnya  berbagai  perusahaan  swasta  baru  yang  bergerak  pada  bidang  yang  sama,  membuat PT.Telkom bersaing dalam merebut pangsa pasar terutama jasa  komunikasi  dikarenakan  semakin  pesatnya  persaingan  dibidang  telekomunikasi.
Menurut  Lupiyoadi  (2001:108)  promosi  merupakan  salah  satu  variabel dalam bauran pemasaran  yang sangat penting dilaksanakan oleh  perusahaan  dalam  memasarkan  produk  barang  dan  jasa.  Promosi  digunakan untuk menginformasikan kepada konsumen mengenai produkproduk dan meyakinkan konsumen dalam pasar sasaran suatu perusahaan,  organisasi saluran, dan masyarakat umum untuk membeli produknya.
Suatu  kegiatan  promosi  jika  dilaksanakan  dengan  baik  dapat  mempengaruhi  konsumen  mengenai  dimana  dan  bagaimana  konsumen  membelanjakan pendapatannya. Keuntungan bagi produsen yaitu promosi  dapat  menghindarkan  persaingan  berdasarkan  harga,  karena  konsumen  membeli barang lebih dikarenakan tertarik dengan merknya atau loyalitas  produknya.
   Adapun  strategi  promosi  yang  dapat  digunakan  menurut  Lamb,  Hair, McDaniel (2001:147) antara lain  Advertising  (periklanan),  Personal  Selling  (penjualan pribadi),  Sales Promotion  (promosi penjualan),  Public Relation  (hubungan masyarakat), Direct Marketing  (pemasaran langsung).
Perusahaan menerapkan strategi promosi akan memperoleh banyak sekali  keuntungan  yaitu  produk  yang  mereka  promosikan  akan  terealisasikan  secara  baik  kepada  konsumen  dengan  menggunakan  strategi-strategi  promosi  yang  dipakai  oleh  perusahaan,  selain  itu  informasi  produk  akan  diketahui secara jelas oleh konsumen.
PT. Telkom sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang  jasa  telekomunikasi,  sangat  menitikberatkan  pada  pelayanan  telekomunikasi  dan  akses  internet  yang  canggih  serta  terjangkau  oleh  masyarakat. PT. Telkom juga perlu memperhatikan strategi promosi yang  akan  dijalankan  untuk  menarik  minat  konsumen.  PT.  Telkom  menyadari  bahwa  strategi  promosi  yang  akan  dijalankan  harus  benar-benar  tepat, efektif,  efisien.  Efektif  dalam  menarik  minat  konsumen  dan  membantu  perkembangan  volume  penjualan  produk  perusahaan,  serta  efisien  dalam  biaya  promosi  yang  seminimal  mungkin  dapat  meningkatkan  volume penjualan yang besar.
Mengingat  pentingnya  strategi  promosi  yang  dilakukan  PT.
Telkom  Kandatel  Solo  kaitannya  dengan  menarik  minat  konsumen  pada  salah satu produk PT. Telkom yaitu speedy, maka penulis tertarik untuk      mengambil  judul  penulisan  Tugas  Akhir  ini  adalah  :  “PENERAPAN  STRATEGI  PROMOSI  PADA  PRODUK  SPEEDY  PT.  TELKOM  KANDATEL SOLO”.
B.  Rumusan Masalah.
Perumusan  masalah  yang  akan  dibahas  bertujuan  untuk  mengungkapkan  pokok-pokok  permasalahan  secara  jelas  serta  dapat  memberikan  gambaran  yang  jelas  dan  tepat  tentang  permasalahan  yang  akan  dibahas.  Berdasarkan  latar  belakang  masalah  diatas,  maka  dalam  penyusunan  laporan  ini  dirumuskan  permasalahannya  yaitu  :  Bagaimana  penerapan  strategi  promosi  yang  digunakan  oleh  PT.  Telkom  Kandatel  Solo untuk menarik minat konsumen ?.
C.  Tujuan Penelitian.
Tujuan  pada  intinya  adalah  menjawab  pertanyaan  dari  rumusan  masalah.  Sesuai  dengan  permasalahan  yang  telah  penulis  rumuskan,  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi  apa saja  yang  diterapkan atau  digunakan oleh PT. Telkom Kandatel Solo  untuk menarik  minat konsumen.
   D.  Manfaat Penelitian.
Penelitian  ini  diharapkan  memberikan  manfaat  bagi  pihak  yang  berkepentingan, antara lain :.
1.  Bagi Penulis Hasil  penelitian  ini  dapat  menambah  wawasan  dan  pengetahuan  penulis mengenai strategi yang diteapkan PT. Telkom Indonesia untuk  menarik konsumen.
2.  Bagi perusahaan Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan  dan masukan bagi perusahaan untuk dapat mengetahui strategi promosi  yang tepat digunakan pada PT.Telkom Kandatel Solo.
3.  Bagi Pihak Lain Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  digunakan  sebagai  salah  satu  sumber  informasi  pengetahuan,  bahan  perbandingan  dan  sebagai  referensi untuk penelitian selanjutnya.

 Skripsi Ekonomi: Penerapan strategi promosi pada produk speedy pt.telkom kandatel solo

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi