Selasa, 25 November 2014

Skripsi Ekonomi: Analisis Kinerja Antara Perusahaan Telekomunikasi Seluler Tbk Dan Perusahaan Indosat Tbk Berdasarkan Rasio Laporan Keuangan Periode 2008-2011

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Analisis Kinerja Antara Perusahaan Telekomunikasi Seluler Tbk Dan Perusahaan Indosat Tbk Berdasarkan Rasio Laporan Keuangan Periode 2008-2011
Perkembangan teknologi semakin pesat dalam setiap lini kehidupan yang  secara  disadari  atau  tidak  telah  mengubah  gaya  hidup  masyarakat.  Sehingga  teknologi  mempermudah  segala  lini  kehidupan  menjadi  mudah.  Salah  satunya teknologi telekomunikasi  di  dalam  negeri. Hingga  saat  ini  dari  semua  lapisan  masyarakat dari  pembantu sampai  ibu rumah tangga dapat  mengakses teknologi  telekomunikasi yang  ada. Dengan semakin banyaknya jasa telekomunikasi yang  sudah tersediadi dalam negeri, pertumbuhan pengguna  jasa telekomunikasi pun  meningkat seiringnya berkembangnya teknologi telekomunikasiitu.

“Berdasarkan  data  AsosiasiTelepon  Seluler  Indonesia  (ATSI),  total  pelanggan Seluler Indonesia hingga Juni 2011mencapai 180 juta pelanggan, dari  jumlah tersebut  90%  merupakan pelanggan  prabayar. Pertumbuhan  pelanggan  seluler  ini  semakin  berkembang  setiap  tahunnya  berdasarkan  hasil  riset  yang  dilakukan danareksa Research Institute sampai dengan akhirtahun 2009 jumlah  pelanggan  seluler berjumlah  98,5  juta orang  atau  mengalami  peningkatan sebesar 49,6% dari tahun sebelumnya.” “http//google.com/2013/04/25/s_pem_0607735_chapter1.pdf” Sejalan  dengan  cepatnya  perkembangan  informasi  khususnya  pertumbuhan  dan  perkembangan  telepon  seluler  Indonesia, persaingan  dalam  industri telekomunikasi pun semakin ketat, apalagi dengan munculnya pesaing-  pesaing  baru  yang  mampu  menawarkan tarif  yang  kompetitif. Banyaknya  pengguna seluler ini menjadikan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang  jasa operator  GSM dan CDMAberlomba-lomba  menawarkan produk  unggulan  mereka  untuk  menarik  pelanggan.  Pangsa  pasar  operator  GSM  di  Indonesia  masih  didominasi oleh  beberapa perusahaan  operator  terbesar,  yaitu PT  Telkomsel  dan PT  Indosat. Terlihat  perkembangan  pangsa  pasar  operator telekomunikasi di Indonesia padatabel1.1sebagaiberikut.
Tabel I 1.Pangsa Pasar Operator Telekomunikasi GSM di Indonesia Sumber: Warta Ekonomi (17/XVIII/24 Desember 2010) Melihat  perkembangan  pangsa pasar  diatas,  hingga  tahun  2010 PT  Telkomsel Tbk masih menguasai pangsa  pasar sebesar 96juta dan disusul oleh  PT  Indosat  Tbk  dengan  45,1 juta. Hal  ini  dapat  mengindikasikan  bahwa  kepercayaan  konsumen dari merekproduk  yang  dijual dapat mempengaruhi  perkembangan  pangsa  pasar  telekomunikasi  di  Indonesia.Dandenganadanya  perusahaan-perusahaan  yang menguasai  pangsa  pasar nasional, pasti  terdapat  unsur-unsur  yang  membuat  keberhasilan  perusahaan-perusahaan tersebut,  contohnya melalui keunggulan  produk dandari konsistensikenyamananproduk  yang  dipakai,  juga terutama  kinerja dari perusahaan  tersebut.  Dari  unsur-unsur  yang membuat  keberhasilan perusahaan perlu  untuk  dilihat atau  diukur kinerja  dari  perusahaan-perusahaan  tersebut, makadiperlukan sebuah  analisis  yang  tepat, sepertilayaknya analisis terhadap suatu laporan keuangan.
 Menurut  Subramanyam  dan  John  (2010)  untuk  membantu  pengguna  dalam menganalisis  laporan  keuangan,  tersedia  beragam  alat  yang  dirancang  untuk  memenuhi  kebutuhan  yang  spesifik.  Secara  khusus  diterapkan  analisis  laporan  keuangan  komparatif,  analisis  laporan common  size,  dan  analisis  rasio juga  secara ringkas analisisarus kas,  maka seorang analisis dapat memutuskan  baik tidaknya kinerja dari suatu laporan keuangan.DanMenurut  Subramanyam  dan John  (2010) alat analisis  merupakan salah  satu alat analisis keuangan yang  paling  populer  dan  banyak  digunakan,  dengan  alasan  tersebut  untuk  membandingkan  kinerja  keuangankedua perusahaan Telekomunikasi  yaitu  perusahaan  Telkomsel Tbkdan  perusahaan  Indosat Tbkdiperlukannya  suatu  tahapan  analisis,  maka  dari  itu  PT  Telkomsel  Tbk  dan  PT  indosat  Tbk  dipilih  sebagai objek penelitian  dengan  judul: “AnalisisKinerja Antara Perusahaan  Telekomunikasi  Seluler  dan  Perusahaan Indosat Berdasarkan  Rasio  Laporan Keuangan Periode 2008-2011”.
B. Rumusan Masalah.
Berdasarkan  pemilihan  judul  di  atas,  maka  dapat  dirumuskan  masalah  sebagai berikut.
1. Bagaimana  perbandingan  kinerjaPerusahaan  Telkomsel  dan  Perusahaan  Indosat berdasarkan rasio  laporan  keuangan  dalam  lima periode  (2008-2011) ?.
2. Berapa tingkatnilairasio  pada Analisis  Likuiditas,  Aktivitas, Solvabilitas,  Profitabilitas dan Pasardalam empatperiode tersebut? .
 C. Tujuan Penelitian.
Berdasarkan  rumusan  masalah  yang  sudah  diuraikan,  maka  disusun tujuan  penelitian untuk menganalisisdan membandingkan kinerja kedua Perusahaan  tersebut.
1. Mengetahui perbandingan kinerja perusahaan Telkomsel dan perusahaan  Indosat  berdasarkan  rasio  laporan  keuangan  dalam  lima  periode  (2008-2011).
2. Mengetahui  berapa  tingkat  rasio  pada  analisis  likuiditas,  aktivitas,  solvabilitas, profitabilitas, dan pasar dalam empat periode tersebut.
D. Manfaat Penelitian .
1. Bagi Investor Memberi pertimbangan bagi Investor untuk  menanamkan modalnya atau  tidak dan bisa menilai kinerja perusahaan kedepannya.
2. Bagi Pembaca Agar dapat dijadikan  sebagai bahan  studi kasus bagi pembaca dan acuan  bagi  mahasiswa  serta  dapat  memberikan  bahan  referensi  bagi  perpustakaan  sebagai  bahan  acuan  yang  dapat  menambah  ilmu  pengetahuan.  Dan bagi  pembaca  dalam  hal  ini  mahasiswa  yang  lainnya  digunakan  sebagai  sumber  informasi  tambahan  untuk penelitian lain yang  tertarik  dengan  pemahaman  analisis  laporan  keuangan  suatu  perusahaan.

 Skripsi Ekonomi: Analisis Kinerja Antara Perusahaan Telekomunikasi Seluler Tbk Dan Perusahaan Indosat Tbk Berdasarkan Rasio Laporan Keuangan Periode 2008-2011

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi