Selasa, 25 November 2014

Skripsi Ekonomi: Evaluasi Sistem Piutang Asuransi Kendaraan Body Repair Pada Pt Astra International Tbk – Daihatsu Cabang Solo Baru

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi: Evaluasi Sistem Piutang Asuransi Kendaraan Body Repair Pada Pt Astra International Tbk – Daihatsu Cabang Solo Baru
Kecelakaan  merupakan  risiko  yang  menjadi  tanggungan  pengendara  mobil  (tertanggung).  Terjadinya  kecelakaan  tidak  dapat  diprediksi,  kondisi  masyarakat  Indonesia  yang  konsumtif,  kurang  percaya  pada  kenyamanan  transportasi  yang  difasilitasi  oleh  pemerintah  sehingga  padatnya  kendaraan  pribadi  dijalan  raya  tidak  dapat  dihindari  ada  kemungkinan  terjadinya  kecelakaan.  Dan  utamanya  karena  kurang  hati-hati  saat  berkendara.  Maka  dari  itu,  segala  resiko  yang  ada  kendaraan  merupakan  objek  atau  barang  dinilai  tinggi  derajadnya  sekarang. 
Sehingga  setiap  pembelian  kendaraan  telah  dijamin  dengan  perusahaan  asuransi.  Asuransi  adalah  suatu  perjanjian  antara  pihak  penanggung  dan pihak tertanggung,  dimana  pihak  penanggung  menerima suatu  premi,  untuk  penggantian kepada pihak  tertanggung  karena  suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin  akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tentu. Salah satu asuransi  yang  ada  di  Indonesia  adalah Asuransi  Kendaraan. Asuransi  Kendaraan  merupakan asuransi yang menjamin dimanaresikoyang kemungkinan terjadi  pada kendaraan dialihkan kepadaperusahaanasuransi Asuransi  kendaraan  merupakan  jenis  asuransi  khusus  kendaraan,  dimana  jenis  asuransi  kendaraan  terdiri  untuk  asuransi  mobil  dan  asuransi  motor.  Jenis  perlindungan  asuransi  ada  yang  kategori Komprehensif,  yaitu jaminanganti  rugi  atau  biaya  perbaikan  atas  kehilangan  atau  kerusakan   sebagian  maupun  keseluruhan  pada  kendaraan  akibat  kejatuhan  benda,kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan  ataukecelakaanlalu  lintas  lainnya.  Kemudian  ada yang  jaminan  perlindungannya Total Loss  Only(TLO) Jaminan  ganti rugi atas kehilangan  atau kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran,  perbuatan  jahat,  pencurian,  perampasan,  tabrakan,  benturan  ataukecelakaan  lalu  lintaslainnya.  Kini,  perusahaan  asuransi  kendaraan  semakin  banyak,  dengan  bermacam-macam  keunggulan   serta  mengalami  perkembangan  secara  substantial,  baik  dari  sifatnya,  jenispertanggungan,  danhal-hal  yang  perlu  dipehatikan  adalah  kekuatan  keuangan  (security),  jasa  (service)  dan  biaya atau beban.
Menjalankan  kegiatan  operasionalnya  PT  Astra  International  TbkDaihatsu  khususnya  dalam  kegiatan  operasi  bengkel  yaitu Body  Repair bekerjasama  dengan  perushaan-perusahaan  asuransi.  Perusahaan  yang  telah  bekerjasama atau membuat kesepakatan (MOU) diantaranya adalah: Asuransi  Astra  Buana  (AAB),  Asuransi  Central  Asia  (ACA),  Asuransi  ADIRA,  Asuransi  Jaya  Proteksi,  Asuransi   Wahana  Tata,  Asuransi  Bina  Dana  Arta  (ABDA)  dan  17   perusahaan  asuransi  rekanan  lainnya.  Dalam  kesepakatan  antara  PT  Astra  International  Tbk- Daihatsu  dengan  perusahaan  asuransi  rekanan mempunyai persetujuan yang berbeda-beda.
Perbedaan  persetujuan  kerjasama  antara  asuransi  yang  satu  dengan  asuransi  yang  lain  adalah  tentang   hak  dan  kewajiban  antara  kedua  belah  pihak yang dilandasi hukum yang saling mengikat. Dalam hak dan kewajiban   berisi perlakuan jangka waktu pembayaran piutang , persetujuan harga diskon  jasa  dan  sparepart.  Sehingga  jelas  bahwa  sistem  piutang  sangat  penting  dalam  kegiatan  operasi  PT  Astra  International  Tbk- Daihatsu. Piutang  merupakan pendapatan yang akan diterima pada masa mendatang yang timbul  karena  terjadinya  transaksi  di  masa  sekarang  atau  masa lalu.  Sistem  penagihan  piutang  yang  sangat  kurang  sehingga  perlu  pengendalian  pada  sistem  penagihan  dalam  perusahaan.  Selain  itu  sistem  penagihan  piutang  perusahaannya.  Dokumen  dalam  mengajukan  piutang  dari  masing-masing perusahaan asuransi berbeda-beda.
Perbedaan  pengajuan  berkas  yang  tidak  lengkap  kepada perusahaan  asuransi  tertanggung,  maka  perusahaan  asusransi  tersebut  tidak  akan  menyetujui  untuk  melakukan  pembayaran  piutang  dan  akan  dikembalikan  .
Penyebab  belum  lengkap  berkas  bukan  100%  kesalahan  bengkel  namun  persetujuan  harga  terlalu  lama  sehingga  untuk  menagihnya  menunggu  persetujuan  dari  perusahaan  asuransi.  Kemudian  ada  kejadian  piutang  yang  ditagihkan  berbeda dengan  persetujuan  harga  yang  telah  disepakati bersama  (kesalahan  pada  perusahaan)  dan perlakuan  dalam  kejadian  ini  tagihan  tersebut  dikembalikan  oleh  perusahaan  asuransi  kepada  perusahaan  untuk  membenahi tagihan sesuai dengan persetujuan harga awal.
Dari beberapa kejadian atau kasus yang terjadi mengenai piutang dalam  perusahaan  sangat  penting  evaluasi  sistem  piutang  pada  PT  Astra  International Tbk-Daihatsu terkait kelancaran penerimaan piutang asuransi.
 Dalam  pelayanan  kepada  pelanggan  PT  Astra  International  TbkDaihatsu  sangat  baik  menggunakan  sistem  yang  modern.  Namun  dalam  sistem  pengajuan  dan  penagihan  piutang  mengalami beberapa  kendala.  Dan  untuk  mengurangi kendala-kendala tersebut perlunya pengelolaan  yang baik  dari  manajemen  berupa  system  informasi  yang  mendukung  dan  mengembangkan  kegiatan  utama  PT  Astra  International  Tbk- Daihatsu.
Sistem  informasi  manajemen  mempunyai  bagian  sistem  yaitu  sistem  akuntansi.  Sistem  akuntansi  digunakan  untuk  mendukung  kegiatan  utama  perusahaan, salah satunya adalah sistem piutang atau penagihan.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka penulis tertarik untuk  melakukan  penelitian  dengan  judul  Kendaraan Body  Repairpada PT  Astra  International  Tbk- Daihatsu cabang Solo Baru.
B.Perumusan Masalah.
Perumusan masalah inidilakukan untuk mengetahui perkembangan dan  kemampuanpengelolaan sistem piutang dan kendala-kendala yang berkaitan  dengan  piutang  pada  PT  Astra  International  Tbk- Daihatsu,  maka  permasalahan yang akan dibahas pada PT Astra  International Tbk-Daihatsu  adalah :.
1. Bagaimana gambaran sistem piutang asuransi kendaraanbody repairpada PT  Astra International Tbk-Daihatsu cabang Solo Baru?.
2. Bagaimana proses pengelolaan sistem piutang asuransi kendaraanbody repair pada PT Astra International Tbk-Daihatsu cabang Solo Baru?.
 C.Tujuan Penelitian.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengevaluasi  sistem  pengelolaan  piutang asuransipada PT Astra International Tbk-Daihatsu cabang Solo Baru.
D.Manfaat Penelitian.
1.Bagi Instansi Diharapkan  dapat  menjadi  bahan  pertimbangan  pengambilan  keputusan,  dan  masukan  dalam  penyusunan  kebijakan yang  berkaitan  dengan  pengelolaan  piutang  pada  PT  Astra  International  Tbk- Daihatsu cabang Solo Baru.
2.Bagi Pembaca (pihak lain) Dapat dijadikan referensi pihak lain yang ingin melakukan penelitian  lanjutan yang berkaitan dengan sistem piutang asuransi pada Perusahaan  sejenis.
Skripsi Ekonomi: Evaluasi Sistem Piutang Asuransi Kendaraan Body Repair Pada Pt Astra International Tbk – Daihatsu Cabang Solo Baru



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi