Rabu, 26 November 2014

Skripsi Ekonomi: Analisis Masalah Dalam Data Surat Setoran Pajak Di Kantor Pos Surakarta

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Gambaran Umum Perusahaan.
1. Sejarah Berdirinya Perusahaan .
Skripsi Ekonomi: Analisis Masalah Dalam Data Surat Setoran Pajak Di Kantor Pos Surakarta
PP  No.  5  Tahun  1995  tentang  pengalihan  bentuk  Perum  menjadi  Perseroan, maka pada tanggal 20 Juni 1995 Perum Pos Indonesia dan Giro  berubah menjadi Perseroan dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

PT  Pos  Indonesia  mulai  mengantisipasi  masa  depan  bisnis  perusahaan  dengan  redefinisi  bisnis  dan  pasar.  Pada  pertengahan  April  1998, Marketing Pos 2000 dirumuskan. Salah satu aspek yang dirumuskan  dalam Marketing Pos 2000 adalah mengubah konsep redefinisi bisnis yang  telah dilontarkan sebelumnya.
Rumus  konsep  redefinisi  ini  adalah  antara  lain:  bisnis  surat  pos  diubah menjadi bisnis komunikasi, bisnis paket pos atau lalu lintas barang  diubah  menjadi  bisnis  layanan  logistik,  bisnis  wesel  dan  giro  atau  lalu  lintas  uang  diubah  menjadi  bisnis  layanan  keuangan,  bisnis  keagenan  diubah  menjadi  bisnis  retail  dan  terakhir  bisnis  filateli  diubah  menjadi  filateli.
Kiriman internasional adalah jenis layanan pengiriman dokumen dan  barang exspress dengan  jangkauan  lebh  dari  200  negara  denga  fasilitas  track & traceyang terdiri dari:.
 a. EMS Merupakan pelayanan premium. Produk PT Pos Indonesia untuk  mengirimkan  dokumen  dan  barang  dagangan  ke  luar  negri.  Kiriman  express ke 83 negara yang termasuk dalam jaringan EMS.
b. Paket Pos Internasional.
Layanan  pengiriman  barang  ke  184  negara,  baik  Paket  Pos  Internasional  Udara  maupun  Paket  Pos  Internasional  Laut,  dengan  harga  yang  kompetitif  dan  jangkauan  5  benua,  yaitu:  Asia,  Amerika,  Eropa, Afrika, dan Australia.
c. Filateli.
Filateli  merupakan  hobi  dalam  mengumpulkan  prangko.  Tanpa  disadari, seorang pengumpul perangko yang menekuni hobinya dengan  sungguh  sungguh,  akan  memperoleh  pengetahuan  luas.  Perangko  perangko  yang  diterbitkan  oleh  berbagai  negara  dapat  menampilkan  gambar  gambar  yang  berkaitan  dengan  sejarah,  ekonomi,  politik,  budaya, flora, fauna, dan lain  lain.
d.Hybrid mail.
Hybrid  mail merupakan  surat elektronik atau  yang  lebih dikenal  dengan nama SMS (Short Message Services).
e. Ritel.
Kios  Pos  merupakan  salah  satu  inovasi  kami untuk  memberikan  pelayanan ekstra kepada  konsumen. Peningkatan  nilai  pelayanan  kami  menuju   dengan  meningkatkan  fungsi  Kios  Pos  sebagai  pasar  yang  menjembatani  interaksi  konsumen  produsen,  dan  sebagai  pusat  informasi sekaligus sarana berkomunikasi dan bertemu diantara anggota  masyarakat.
f. Logistik.
Dibagi  menjadi: Costumized, Layanan  Kargo,  Layanan  logistik  lainnya, dan Kargo Pos.
g.Wesel Pos Internasional.
Layanan  pengiriman  uang  dari  dan  ke  14  negara  (Brunai,  Hongkong,  Irian,  Jepang,  Korea  Selatan,  Malaysia,  Philipina,  Qatar,  Singapore,  Uni  Emirat  Arab,  Austria,  Brazil,  Taiwan,  Thailand)  dan  dapat dilayani oleh seluruh Kantor Pos Online Weselpos.
h. Keuangan .
PT Pos juga melayani keuangan dengan layanan kelas dunia dan  handal sehingga kebutuhan konsumen akan terpenuhi diantaranya: 1) System Online Payment Point.
Merupakan  cara  termudah,  cepat,  praktis  dalam  melakukan  setoran  tabungan,  pembayaran  tagihan,  rekening  telepon  seluler,  asuransi, kredit, penerimaan pajak, dan isi ulang kartu seluler. Kerja  sama  SOPP  pada  PT  Pos  Indonesia  dilakukan  dengan  FIF,  TELKOM, ADIRA, BAF, TELKOMSEL,INDOSAT, PLN, dll.
 2) Wesel Pos Standard.
Sarana  pengiriman  uang  untuk  tujuan  di  seluruh  Indonesia  dengan service paling  cepat  2  hari.  Uang  dapat  diantar  sampai  rumah.
3) Wesel Pos Prima.
Sarana  pengiriman  uang  untuk  tujuan  di  seluruh  Indonesia  dengan service (H+0  /  H+1).  Produk  kiriman  uang  cepat  sampai,  bisa diantar sampai rumah.
4) Wesel Pos Instan.
Merupakan  solusi  untuk  pengiriman  uang  Anda  secara  cepat  dan aman karena penerimaan dilengkapi dengan PIN. Dapat diambil  seluruh Kantor Pos dalam jaringan.
5) Wesel PosBerlangganan.
Sarana  pengiriman  untuk  tujuan  di  seluruh  Indonesia  dalam  jumlah uang  yang  tepat dan rutin.  Kiriman uang  dapat diterima  di  rumah.
6) Wesel Pos Luar Negeri.
Sarana  pengiriman  dan  penerimaan  uang  dengan  tujuan  seluruh  dunia,  dan  dengan service (H+0)  dan  dapat  diterima  di  seluruh Kantor Pos jaringan.
7) Paket Pos.
Merupakan  layanan  dalam  pengiriman  paket  keseluruh  Indonesia dan dunia dengan layanan darat, laut, maupun udara.
 8) Surat Pos.
Terdiri  dari:  Surat  pos  biasa,  Surat  pos  kilat  khusus,  Pos  Express.
9) Surat Pos Tercatat.
Sarana  pengiriman  dokumen  dan  barang  dengan  aman  dan  dalam jangkauan terluas.
10)Surat Pos Kilat.
Sarana pengiriman pesan dan barang secara impersif dan cepat  yang dapat diposkan kapan saja dan dimana saja.
2. Tujuan Berdirinya PT Pos Indonesia.
Perusahaan jasa PT Pos Indonesia ini didirikan dengna sifat, maksud  dan  tujuan  sesuai  yang  tercantum  dalam  Peraturan  Pemerintah  No.24  tahun 1984 tentang Pos dan Giro (Ps 5 bagian 3) yaitu sebagai berikut: .
a. Sifat usaha dari perusahaan adalah menyediakan pelayanan masyarakat  bagi  kemanfaatan  umum  dan  sekaligus  menumpuk  keuntungan  berdasarkan prisip pengelolaan perusahaan.
b. Maksud  perusahaan  adalah  menyelenggarakan  kemanfaatan  umum  berupa  jasa  yang  bermutu  dan  memadai  bagi  pemenuhan  hajat  hidup  orang  banyak,  serta  turut  aktif  melaksanakan  dalam  menunjang  pelaksanaan kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi  dan pembangunan pada umumnya.
c. Tujuan  perusahaan  adalah  membangun,  mengembangkan  dan  mengusahakan pelayanan pos dan giro dalam arti seluas  luasnya guna   mempertinggi  kelancaran  hubungan  masyarakat  untuk  menunjang  terlaksananya pembangunan nasional.
3. Lokasi Perusahaan.
PT  Pos  Indonesia  Surakarta  terletak  di  tengah  kota  Surakarta  sepanjang Jl. Slamet Riyadi tepatnya berada di Jl. Jendral Sudirman No.Surakarta  57100,  berderatan  dengan  Kantor  Balai  Kota  Surakarta.  Pos  Indonesia  Surakarta  merupakan  Unit  Pelaksanaan  Teknis  (UPT)  serta  sebagai Sentral Pengelolaan Pos (SPP) dengan fungsi yang cukup lengkap  ditinjau dari segi aktifitas layanan fungsi  fungsi tersebut, antara lain: a. Sebagai Kantor Pos.
b. Sebagai Kantor Sentral Distribusi.
c. Sebagai Kantor Sentral Giro Gabungan.
Jaringan  pelayanan  Kantor Pos  Surakarta  meliputi  seluruh  wilayah  kota Surakarta dengan jumlah 5 kecamatan dan 51 kelurahan. Disamping  itu,  Kantor  Pos  Surakarta  juga  melayani  sebagian  wilayah  Kabupaten  Sukoharjo  (meliputi  Kecamatan  Kartasura,  Bekonang  dan  Grogol)  dan  sebagian  wolayah  Kabupaten  Karanganyar  (meliputi  Colomadu,  Gondangrejo, dan Ngringo).
Kantor  Pos  Surakarta  memiliki  22  buah  kantor  cabang  diseluruh  Kota Surakarta, antara lain:.
a. Kantor Pos Cabang Gading.
b. Kantor Pos Cabang UNS.
c. Kantor Pos Cabang Purwosari.
 d. Kantor Pos Cabang Nusukan.
e. Kantor Pos Cabang Semanggi.
f. Kantor Pos Cabang Bekonang.
g. Kantor Pos Cabang Ngringo.
h. Kantor Pos Cabang Kerten.
i. Kantor Pos Cabang Pajang.
j. Kantor Pos Cabang Mojosongo.
k. Kantor Pos Cabang Jebres.
l. Kantor Pos Cabang Gondangrejo.
m.Kantor Pos Cabang UMS.
n. Kantor Pos Cabang Jongke.
o. Kantor Pos Cabang Cengklik.
p. Kantor Pos Cabang Makan Haji.
q. Kantor Pos Cabang Colomadu.
r. Kantor Pos Cabang Solo Baru.
s. Kantor Pos Cabang Stabelan.
t. Kantor Pos Cabang Karasura.
u. Kantor Pos Cabang Solo Barat.
v. Kantor Pos Cabang Tipes.
Kantor Pos Surakarta memiliki  jam  buka loket selama 6 hari dalam  seminggu, yaitu: Senin  Sabtu : 08.00  13.00.
 4. Visi dan Misi Kantor Pos Surakarta.
Visi : .
Menjadi  pemimpin  pasar  di Indonesia  dengan  menyediakan  layanan  surat  pos,  paket  dan  logistik  yang  handal  serta  jasa  keuangan  yang  terpercaya.
Misi :.
a. Berkomitmen  kepada  pelanggan  untuk  menyediakan  layanan  yang  selalu tepat waktu dan nilai terbaik.
b. Berkomitmen  kepada  karyawan  untuk  memberikan  iklim  kerja  yang  aman, nyaman dan menghargai kontrisbusi.
c. Berkomitmen  pada  pemegang  saham  untuk  memberikan  hasil  usaha  yang menguntungkan dan terus bertumbuh.
d. Berkomitmen untuk berkontribusi positif kepada masyarakat.
e. Berkomitmen  untuk  berperilaku  transparan  dan  terpercaya  kepada  selurh pemangku kepentingan.

 Skripsi Ekonomi: Analisis Masalah Dalam Data Surat Setoran Pajak Di Kantor Pos Surakarta

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi