Kamis, 27 November 2014

Skripsi Ekonomi: Analisis Segmentasi Berbasis Persepsi Konsumen

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang Masalah.
 Skripsi Ekonomi: Analisis Segmentasi Berbasis Persepsi Konsumen 
Perbankan mempunyai  peran  yang  sangat  penting  sebagai  penggerak perekonomian di dalam masyarakat yang sudah semakin maju. Perkembangan  perbankan  di  Indonesia  mengalami  pertumbuhan  yang  sangat  pesat  semenjak  dikeluarkannya  berbagai  deregulasi  tentang  perbankan sekitar tahun 1980-an. Setelah dikeluarkannya UU No.7 Tahun  1992  tentang  Perbankan  yang  menyederhanakan  bank  di  Indonesia  menjadi  dua  yaitu Bank  Umum  dan Bank  Perkreditan Rakyat  (  BPR ),  yang disusul dengan diterbitkannya PP No.71 Tahun 1992 tentang BPR.

Bank perkreditan  rakyatmerupakan  lembaga  perbankan  yang  mempunyai  lingkup  kegiatan  yang  lebih  terbatas  dibandingkan  dengan  Bank  Umum. Kondisi  tersebut  menyebabkan  persaingan  dalam  dunia  perbankan  yang  semakin  ketat  sehingga  menuntut  pengelolaan  usaha  perbankan dengan  sebaik-baiknya  dan  dapat  menciptakan  keunggulan  bersaing  yang berbeda  dari  para  pesaing  sehingga  dapat  menghimpun  dana  yang  maksimal  dari  masyarakat  agar  bank  tetap  mampu  terus  berkembang dan menghasilkan laba.
 Dana  bank  berasal  dari  masyarakat dapat  diwujudkan  dalam  bentuk  giro,  deposito  dan  tabungan.  Giro merupakan  simpanan  pihak  nasabah kepada  bank  yang  penarikannya  dapat  dilakukan  setiap  saat  menggunakan  cek,  surat  perintah  pembayaran  lainnya  atau  pemindahbukuan.  Depositomerupakan  simpanan  pihak  nasabah kepada  bank  yang  penarikannya  dapat  dilakukan  dalam  jangka  waktu  tertentu  menurut  perjanjian  antara  deposan  dengan  bank  yang  bersangkutan,  sedangkan  tabungan merupakan  simpanan  pihak  nasabah yang  penarikannya dapat dilakukan menurut prasyarat tertentu.
Deposito  merupakan  produk  simpanan  bank  yang  penarikannya  hanyadapat dilakukan pada waktu  tertentu  berdasarkan perjanjian  antara  nasabahpenyimpan  (deposan)  dengan  pihak  bank.  Mengingat  bahwa  penarikandeposito  yang  hanya  dapat  dilakukan  pada  waktu tertentu,  berarti  ada  suatujangka  waktu  yang  harus  disepakati  oleh  kedua  belah  pihak  yaitu  antaradeposan  dengan  bank.  Biasanya  jangka  waktu  yang  diberikan bank kepadanasabah terdiri dari1, 3, 6,atau 12 bulan danhasil  penanaman  investasi  dana  pada  produkdeposito  selain  dana  kembali  dengan  utuh,  juga  deposan  akan  memperolehsebuah keuntungan yang  berupa  bunga  deposito  selama  jangka  waktu  penanamandana  di  produk  deposito tersebut.Bunga deposito pada dasarnya lebih tinggi dibandingkan  bunga tabungan hal iniyang menjadi daya tarik utama dari deposito.
 BPR  Kartasura Makmur berdiri  sejak tahun  1992 dan  merupakan  Bank Perkreditan  Rakyat  yang  ikut didalam  LPS  (LembagaPenjamin  Simpanan)  dan PERBARINDO  (Perhimpunan  Bank  Perkreditan  Rakyat  Indonesia). BPR  yang  berlokasi  di  daerah  Kartasura ini  berhasil  menghimpundana  dari  masyarakat  melalui  produk  andalannya  yaitu  Deposito.Data  Deposito  BPR  Kartasura Makmur  ditunjukan  pada tabel  1.1: Tabel1.1 Deposito di BPR Kartasura Makmur (Desember 2009 -  Desember 2012) Periode Nominal Deposito (dalam Ribuan Rp) Jumlah Nasabah Desember 2009 3.894.500 329 Juni 2010 4.622.400 347 Desember 2010 5.107.900  354 Juni 2011 5.310.400 380 Desember 2011 5.042.900 382 Juni 2012 5.452.400 352 September 2012 5.561.900 345 Desember 2012 5.687.900 348 Sumber : BPR Kartasura Makmur  Tabel1.2 Data Deposito BPR lain di daerah yang sama Periode Nominal Deposito (dalam Ribuan Rp) Desember 2009 509.500 Juni 2010 1.196.500 Desember 2010 447.000 Juni 2011 919.500 Desember 2011 627.500 Juni 2012 1.530.500 September 2012 1.845.500 Sumber : http://www.bi.go.id/ Data  tersebut  menunjukan BPR  Kartasura  Makmur  memiliki  jumlah  Deposito  yang  lebih  tinggi  dari  tahun  ke  tahun  daripada  kompetitor lain yang ditinjau dari letak geografis yang sama. Pada periode  September  2012,  BPR  Kartasura  Makmur  dapat  menghimpun  dana  Deposito sebesar Rp  5.561.900.000,-sedangkan BPR  lain hanya mampu  menghimpun Rp 1.845.500.000,-.
Perbedaan  kinerja  yang  ditunjukkan dengan  adanya  perbedaan  jumlah deposito karena strategi pemasaran yang berbeda pula. Salah satu  strategi yang utama di BPR Kartasura Makmur yaitu strategi segmentasi.
Berdasarkan  perbedaan  kinerja  BPR tersebut  sangatlah  mungkin  bahwa   BPR  Kartasura  Makmur lebih  berhasil  dalam  menerapkan  segmentasi  pasar.
Menurut  Tjiptono(2008:69)  segmentasi pasar  adalah  mengidenifikasi  dan  membentuk  kelompok  pembeli  yang  terpisah-pisah  yang  mungkin  membutuhkan  produk  dan/atau  bauran  pemasaran  tersendiri.
Berdasarkan latar  belakang diatas,  peneliti ingin  mengetahui  tentang  penerapan  segmentasi  pasar  deposito  yang  dilakukan  BPR  Kartasura  Makmur  dengan  mengambil  judul  “ANALISIS  SEGMENTASI  BERBASIS  PERSEPSI  KONSUMEN (  STUDI  PRODUK DEPOSITO PT. BPR KARTASURA MAKMUR )”.
B.Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang masalah yang ada, maka fenomena  yang  diteliti dalam  penelitian  ini  adalah  jumlah  deposito  BPR  Kartasura Makmur lebih besar daripada BPR pesaing di daerah yang  sama. Faktor segmentasimenjadi faktor  kunci  untuk menjelaskan  fenomena tersebut. Secara detail pertanyaan dari perumusan masalah  ini  adalah  bagaimana segmentasi  pasar  produk  deposito  BPR  Kartasura Makmur ?.
 C.Tujuan Penelitian.
Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  menganalisisdasar  segmentasi produkdeposito pada BPR Kartasura Makmur.
D.Manfaat Penelitian.
Penelitianini diharapkan akan memberikan manfaat kepada :.
1.Bagi Praktisi Sebagai  bahan  pertimbangan  untuk meninjau  kembali  penerapan segmentasi  pasar  produk  deposito BPR  Kartasura  Makmur.  Diharapkan  kedepannya akan  tetap  unggul dalam  pesaingan  menghimpun  dana  dari  masyarakat  sehingga  menambah besar jumlah deposito BPR Kartasura Makmur.
2.Bagi Para Akademisi Memberikan  kontribusi  berupa aplikasi  segmentasi tentang  perbankan khususnya di Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

 Skripsi Ekonomi: Analisis Segmentasi Berbasis Persepsi Konsumen 

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi