Kamis, 27 November 2014

Skripsi Ekonomi: Upaya Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Surakarta Guna Menumbuhkan Budaya Menabung Melalui Simpanan Tabunganku

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Upaya Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Surakarta Guna Menumbuhkan Budaya Menabung Melalui Simpanan Tabunganku
Perkembangan  perekonomian  tidak  terlepas  dari  peranan  sektor  perbankan untuk  meningkatkan  taraf  hidup  masyarakat.  Bank  sebagai  salah  satu lembaga keuangan ikut berpartisipasi dalam aktifitas perekonomian dan  berperan  besar membantu  pemerintah  dalam  membangun  sektor  perekonomian.  Saat  in i,  bank  dan  lembaga  keuangan  merupakan  salah  satu  pelaku  terpenting  dalam   perekonomian  disuatu  negara.  Masyarakat  umum  maupun  kalangan  industri  atau  usaha  sangat  membutuhkan  jasa  perbankan  dan  lembaga  keuangan  lainnya,  untuk  mendukung  dan  memperlancar  aktivitas usahanya.

Menurut  Undang-Undang  Perbankan  No.10  tahun  1998  tentang  pengertian  bank  adalah  “badan  usaha  yang  menghimpun  dana  dari  masyarakat  dalam  bentuk  simpanan  dan  menyalurkan  kembali  kepada  masyarakat  dalam  bentuk  kredit  atau  bentuk  lainnya  dalam  rangka  meningkatkan  taraf  hidup  rakyat  banyak”.  PT. Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk merupakan bank milik pemerintah yang telah banyak berperan  dalam  usaha  meningkatkan  taraf  hidup  rakyat Indonesia  melalui  penghimpunan dana dari masyarakat dan penyaluran pembiayaan. Banyaknya  pesaing  yang  menciptakan  produk-produk  baru  dari  bank  lain,  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  terus  berinovasi  dengan  meluncurkan   produk-produk  baru  yang  selalu  berorientasi  pada  kebutuhan  pasar,  sesuai  dengan kebutuhan masyarakat serta meningkatkan pelayanan yang maksimal.
PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk mendapatkan nasabah  serta  mempertahankan  nasabahnya  mempunyai  strategi-strategi  dalam  memasarkan  produk  yang  dimilikinya,  terutama  produk  simpanan.  Konsep  pemasaran  yang  cocok  adalah  konsep  pemasaran  yang  bersifat  kemasyarakatan,  keinginan  dan  kepuasan  nasabah  harus  benar-benar  diperhatikan.  Hal  inilah  yang  mendorong  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  untuk  selalu  meningkatkan  kualitas  dan  mutu,  baik  dalam  pelayanan,  mengembangkan produk,  dan jasa yang  nantinya  akan dinikmati  oleh  nasabah.  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  menawarkan  berbagai produk simpanan antara  lain BNI  Taplus,  BNI  Taplus  Bisnis, BNI  Tap lus  Muda,  BNI  Tappa  (Taplus  Anggota),  BNI  Tapma  (Taplus  Mahasiswa), BNI Haji, BNITapenas, BNI Taplus Anak, BNI Deposito, BNI  Duo, dan TabunganKu.
TabunganKu adalah salah satu produk dari PT. Bank Negara Indonesia  (Persero)  Tbk  yang  dikeluarkan  oleh  pemerintah  melalui  Bank  Indonesia  untuk  perorangan  dengan  persyaratan  mudah  dan  ringan  yang  diterbitkan  secara  bersama  oleh  bank-bank  di  Indonesia  guna  menumbuhkan  budaya  menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Juklak BNI, 2010).
Saat  ini  masih  banyak  masyarakat  yang  kurang  minat  menabung  dibank  karena biaya yang dikeluarkan perbulan terlalu banyak dan dirasa membebani  mereka  serta  banyak  masyarakat  yang  kurang  pengetahuan  tentang   pentingnya  menabung  dibank. Tujuan pemerintah  meluncurkan  produk  TabunganKu  adalah  untuk  mengedukasi  masyarakat  sebagai  implementasi  ayo  ke  bank,  meningkatkan  budaya  gemar  menabung  dimasyarakat,  meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menghimpun dana dari masyarakat,  membangun  gambaran  bahwa  menabung  itumenguntungkan  dan  sangat  mudah,  membantu  perencanaan  keuangan  masyarakat  yang  berpenghasilan  rendah  akan  menjadi  lebih  baik  dengan  adanya  TabunganKu,  serta  sebagai  langkah awal agar masyarakat yang berpenghasilan rendah supaya mengenal  perbankan.
Beberapa  upaya  untuk  menghadapi  persaingan  dimasyarakat  dalam  lembaga perbankan perlu memperhatikan konsep pemasaran yang ada seperti,  sasaran  pemasaran,  kebutuhan  pelanggan,  dan  sarana  promosi.
Diluncurkannya produk TabunganKu yang persyaratannyamudah, dan ringan  harus  dimanfaatkan  oleh PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakartauntuk  menghimpun  dana  dari  masyarakat.  Salah  satu cara untuk mengetahui apa saja yang telah dilakukandalam memasarkan  produk TabunganKu ini yaitu dengan mempelajari strategi-strategi pemasaran  yang  diterapkan  oleh PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta.  Sumber  utama  dari  strategi  pemasaran  produk  TabunganKu  dapat  dilihat  dari  sejauh  mana  TabunganKu dikenal  oleh  masyarakat luas.
Produk  TabunganKu  khususnya  pada  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta ini  mempunyai  beberapa   masalah  dalam  proses   pemasarannya,  seperti  nasabah  TabunganKu  masih  kurang. Produk TabunganKu kurang fleksibel, nasabah lebih memilih produk  yang sama yaitu bebas biaya administrasi tetapipenarikannya bisa dilakukan  diloket  BNI  manapun  tanpa  harus  ke  loket  BNI  cabang  penerbit.  Strategi  pemasaran  yang  tepat  dan  menarik  diharapkan  bisa  menjadi  masukan  pada  PT.  Bank  Negara  Indonesia (Persero)  Tb k Kantor Cabang  Utama  Surakarta dalam  memasarkan  produk  TabunganKu  tersebut,  strategi  pemasaran  dapat  dilakukan  dengan  berpedoman  pada  4P,  yaitu place,  price,  product, dan  promotion(Philip Kotler dan Gary Armstrong, 2008:62).
Melihat permasalahan yang ada dalam masyarakat seperti sekarang  ini,  PT.  Bank  Negara  Indonesia (Persero)  Tbk Kantor Cabang  Utama Surakarta memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi tanpa harus  mengganggu  penganggaran  maupun  biaya  kebutuhan  yang  lain. PT.  Bank  Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakartamempunyai  produk simpanan TabunganKu, produk TabunganKu ini merupakan simpanan  untuk membantu dan memfasilitasi kebutuhan menabung sejak usia dini. BNI  TabunganKu didesain untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat umum.
Berpangkal dari latar belakang yang telah diuraikan diatas maka penulis  tertarik untuk mengambil judul “Upaya PT. Bank Negara Indonesia (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta Guna  Menumbuhkan  Budaya  Menabung Melalui Simpanan TabunganKu”.
 B. Rumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  masalah  yang  telah  dikemukakan,  maka  dapat  diidentifikasikan  beberapa  pertanyaan  penelitian  yang  akan  diangkat  dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:.
1. Bagaimana upaya PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang Utama Surakartauntuk menumbuhkan budaya menabung melalui  simpanan TabunganKu ?.
2. Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan PT. Bank Negara Indonesia  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta  dalam  memasarkan  produk TabunganKu untuk mendukung budaya menabung ?.
3. Bagaimana  analisis  SWOT  dari produk TabunganKu  pada  PT.  Bank  Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Surakarta ?.
C. Tujuan Penelitian.
Tujuan  dari  pelaksanaan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  efektivitas secara langsung bagaimana keadaan dilapangan, yaitu :.
1. Mengetahui upaya PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang Utama Surakartauntuk menumbuhkan budaya menabung melalui  simpanan TabunganKu.
2. Mengetahui  strategi  pemasaran  yang  dilakukan oleh  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta untuk  mendukung budaya menabung.
 3. Mengetahui  analisis  SWOT  dari  produk  TabunganKu pada PT.  Bank  Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta.
D. Manfaat Penelitian.
Manfaat yang penulis harapkan dari penelitian ini antara lain :.
1. Manfaat Teoritis.
Penelitian ini diharapkan  dapat memberikan sumbangan bagi dunia  ilmu  pengetahuan  khususnya  mengenai  strategi  pemasaran  produk  pada  lembaga  keuangan  bank  sehingga  dapat  memantapkan teori  dengan  praktek  dilapangan.  Penelitian  ini  juga  diharapkan  dapat  menghasilkan  konsep mengenai konsep strategi pemasaran produk Tabunganku pada PT.
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Surakarta.
2. Manfaat Praktis.
a. Bagi Pembaca Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat  dan memberikan  sumbangan  bagi  pengembangan  ilmu  pengetahuan  dibidang  ekonomi  perbankan  pada  khususnya  dan  bagi  masyarakat  pada  umumnya.
Membantu  memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan  kepada  pihak  terkait  dengan  masalah  yang  ditulis,  dan  juga  kepada  berbagai  pihak  yang berminat pada permasalahan yang sama.
 b.Bagi Universitas Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memperkaya  referensi  dan  literatur  kepustakaan  tentang  strategi  pemasaran  produk  dalam  perbankanserta budaya menabung.
c. Bagi Penulis.
i. Penelitian  ini  diharapkan  dapat  mengembangkan  penalaran,  membentuk  pola  pikir  dinamis,  sekaligus  untuk  mengembangkan  kemampuan  penulis  dalam  menerapkan  ilmu  ekonomi  yang  diperoleh selama dibangku kuliah.
ii. Dapat  menambah  wawasan dan memperluas pengetahuan mengenai  masalah-masalah  pemasaran  yang  terjadi  dalam  perusahaan  khususnya lembaga perbankan.
iii. Memberikan jawaban atas permasalahan yang ditulis.
d.Bagi PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama  Surakarta Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  turut  mendukung  dalam  pembangunan  perusahaan  dan  sebagai  masukan  yang  berguna  bagi perusahaan  dalam  strategi  pemasaran  khususnya  untuk menumbuhkan  budaya menabungkepada masyarakat.

 Skripsi Ekonomi: Upaya Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Surakarta Guna Menumbuhkan Budaya Menabung Melalui Simpanan Tabunganku

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi