Selasa, 25 November 2014

Skripsi Ekonomi: Penerapan Pemasaran Relasi Telkom Speedy Pada Pt. Telkom Indonesia, Tbk Cabang Surakarta

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.LATAR BELAKANG.
Skripsi Ekonomi: Penerapan Pemasaran Relasi Telkom Speedy Pada Pt. Telkom Indonesia, Tbk Cabang Surakarta
Sesuai  dengan  perkembangan  kebutuhan  komunikasi  yang  semakin  besar,  perusahaan  komunikasi  mempunyai  peluang  yang  sangat besar untuk mencukupi kebutuhan pangsa pasar. Bukan hanya  dengan meningkatkan kualitas produk tetapi juga dalam hal pelayanan  yang  prima  dan  responsive  terhadap  keluh  kesah  konsumen  pun  menjadi  sangat  penting.  Hal  ini  akan  memeberikan  dampak  pada  loyalitas pelanggan supaya lebih setia pada perusahaan bukan hanya  pada  produk  yang  dipasarkan,  mengingat  pentingnya  keberadaan  pelanggan atas kesetiaan mereka maka perusahaan perlu melakukan  berbagai  upaya  untuk mempertahankan  kesetiaan  mereka  agar  tidak  berpindah ke perusahaan pesaing.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah  memberi  dan  menjalin  hubungan  yang  baik  dengan  para  pelanggan  sehingga  perusahaan  dapat  mengenali,  dan  memahami  kebutuhan  serta  keinginan  para  pelanggan  .  Hal  ini dapat  diterapkan melalui  strategi  pemasaran  yang  disebut  dengan  pemasaran  relasi atau  (relationship marketing),   yaitu  pengenalan  setiap  pelanggan secara  lebih  dekat  dengan  menciptakan  komunikasi  dua  arah  dengan   mengelola  suatu  hubungan  yang  saling  menguntungkan  antara  pelanggan  dan  perusahaan.  Dalam  hal  ini  Kotler  (1997:11)  menyebutkan  bahwa  pemasaran  relasi  merupakan  suatu  praktik  membangun  hubungan  jangka  panjang  yang  memuaskan  dengan  pihak-pihak  kunci  meliputi  pelanggan,  pemasok,  dan  penyalur  guna  mempertahankan preferensi dan bisnis dalam jangka panjang.
Esensipemasaran relasimenyangkut hubungan yang langgeng  dan pertukaran yang terus-menerus serta dituntut untuk saling percaya  dan  ketergantungan  sehingga  dalam  konsep  pemasaran  relasi,  pemasaran  sangat  menekankan  pentingnya  hubungan  baik  jangka  panjang  dengan  konsumen  dan  infrastruktur  pemasaran  yang  dapat  menciptakan kesadaran dalam bentuk hubungan, dan komitmen yang  menyeluruh. Jalinan relasi dalam pemasaran relasi berlangsung terusmenerus dalam jangka  panjang  dan  tidak  hanya pada satu  penjualan  (Tjiptono, 2004).
Berdasarkan  uraian  diatas  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  setiap  perusahaan  dalam  berhubungan  dengan  para  pelanggannya  sangat  membutuhkan  proses  pemasaran  relasi  ini   karena,  secara  tidak langsung proses tersebut merupakan salah satu faktor penunjang  keberhasilan untuk mencapai loyalitas pelanggan.
Pemasaran  relasi  menurut  Kotler  dan  Armstrong  (1996,p.579-582) mengandung 3 manfaat yaitu :  1. Manfaat Ekonomis Pendekatan pertama untuk membangun suatu hubungan  nilai  dengan  pelanggan  adalah  menambah  manfaat-manfaat  keuangan  atau  ekonomis,  manfaat  ekonomis dapat  berupa  penghematan  biaya  yang  dikeluarkan  oleh  pelanggan,  potongan-potongan khusus.
2. Manfaat Sosial Meskipun  pendekatan  dengan  menambah  manfaat  ekonomis  seperti  diatas  dapat  membangun  preferensi  konsumen, namun hal ini dapat mudah ditiru oleh para pesaing  satu  badan  usaha  dengan  yang  lainnya  hampir  sama  dalam  pendekatannya.  Sehingga  dalam  pendekatan ini,  badan  usaha  kita  harus  berusaha  meningkatkan  hubungan  sosial  mereka  yaitu  dengan  memberikan  perhatian  kepada  para  pelanggan  dengan  mempelajari  kebutuhan  dan  keinginan  pelanggan  secara individual.
3. Status Pendekatan  ketiga  untuk  membangun  hubungan  yang  kuat  dengan  pelanggan  adalah  menambah  status, maksudnya  bahwa  badan  usaha  memberikan  pendekatan  atau  program   yang terstruktur yang dapat menarik minat konsumen untuk mau  terlibat menjadi anggota kartu keanggotaan.
Mengenai  tiga  manfaat  dari  pemasaran  relasi  yang  telah  dijelaskan  oleh  Kotler  dan  Armstrong  dapat  disimpulkan  bahwa,  pemasaran  relasi  mempunyai  daya  tarik  magnet  yang  sangat  kuat  untuk  mempererat  hubungan  antara  perusahaan  dengan  para  pelanggannya.  Dengan  keuntungan  yang  diperoleh  oleh  perusahaan  dan pelanggan yaitu, perusahaan tidak perlu khawatir akan beralihnya  konsumen ke pesaing karena strategi pemasaran relasi adalah strategi  jangka panjang.
Bagi  pelanggan  akan  merasa  kebutuhan  atau  keinginan  terpenuhi  dan  terpuaskan,  karena  sesuai  dengan  persepsi  yang  diharapkan. Ditambah dengan  program-program,  potongan-potongan  harga  khusus,  atau  reward  yang  diberikan  perusahaan  pada  pelanggan  yang  setia,  maka  akan  menambah  erat  hubungan  antara  perusahaan dan pelanggan.
PT.  Telkom  Indonesia  Tbk,  merupakan  Perusahaan  Terbatas  yang  bergerak  pada  bidang  jasa  yaitu  telekomunikasi,  dimana  pelangganya memeliki kebutuhan jangka panjang (long time horizon),  dengan  kondisi  seperti  itu  perlu  disadari  bahwa  pentingnya  konsep  pemasaran  relasi. Konsep  ini mengharapkan  adanya  inovasi  produk,  peningkatan  kualitas  pelayanan  dan  peningkatan  fasilitas,  sehingga   hubungan  jangka  panjang antara  pelanggan  terjalin  dengan baik dan  PT. Telkom Indonesia dapat terus berkembang.
Bersinggungan  dengan  produk  layanan  jasa  internet  yang  di  produksi  PT.  Telkom  Indonesia,  yaitu   Telkom  Speedy  diharapkan  dapat  lebih  membantu  perusahaan  dalam  berhubungan  lebih  baik  dengan  pelanggan,  dengan cara service  excellentdan  meningkatan  kualitas  produknya  demi  terjaganya  hubungan  yang  telah  terjalin  dengan  para  konsumen  setianya  agar  lebih  baik.  Dalam  rangka  mewujudkan  hal  tersebut  PT.  Telkom  Indonesia  mempunyai  variasi  produk  Telkom  Speedy  tertentu untuk  memenuhi  kebutuhan  layanan  internet  masing-masing  konsumennya,  diantaranya  Telkom  Speedy  Instant (SPIN).
Berdasarkan  uraian  diatas  maka  penelitian  ini  diberi  judul  “PENERAPAN PEMASARAN RELASI TELKOM SPEEDY PADA PT.
TELKOM INDONESIA CABANG SURAKARTA”.
 B.RUMUSAN MASALAH.
Pemasaran  relasi  merupakan  strategi  yang  telah  diterapkan  oleh  PT.  Telkom  Indonesia,  yang  diharapkan  mampu  untik  menjaga  hubungan  baik  jangka  panjang  antara  pelanggan,  berdasarkan  latar  belakang  yang  telah  diuraikan  diatas,  maka  penulis  mengemukakan  permasalahan  yang  akan  dibahas  dalam  penelitian  ini  yaitu  :.
Bagaimanakah  Penerapan  Strategi  Pemasaran  Relasi Pada  PT.
Telkom Indonesia Tbk Cabang Surakarta?.
C.TUJUAN PENELITIAN.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  penerapan  strategi  pemasaran  relasi  pada  PT.  Telkom  Indonesia  Cabang  Surakarta,  khususnya  pada  produk  Telkom  speedy  instan  atau  spin  antara  perusahaan  PT.  Telkom  Indonesia  Cabang  Surakarta  dengan  para  pelanggannya.
D.MANFAAT PENELITIAN.
1) Bagi Praktisi Peneliitian  ini  dapat  digunakan  sebagai  bahan  masukan  dalam menentukan kebijakan penerapan strategi pemasaran relasi  yang  berkaitan  dengan  Telkom  speedy  dan  umumnya  secara  keseluruhan.
 2) Bagi Akademisi Penelitian  ini  dapat  digunakan  untuk  bahan  tambahan  informasi  mengenai  pemasaran  relasi  dan  sejenisnya  yang  berhubungan dengan pemasaran.
3) Bagi Penulis Penelitian  ini  diharapkan  mampu  untuk  menambah  pengetahuan  dan  wawasan  dalam  bidang  ekonomi  khususnya  mengenai  penerapan  strategi  pemasaran  relasi serta,  untuk  mengaplikasikan  pengetahuan  yang  telah  didapat  selama  masa  perkuliahan.
E.METODOLOGI PENELITIAN.
1. Desain Penelitian.
Desaindalam metodologi  penelitian inimenggunakanstudi  kasus,  karena  penulis  ingin  mempelajari  secara  lebih  lanjut  dan  intensif mengenai subjek penelitian dan kemudian untuk membrikan  gambaran secara mendetail dari subjek penelitian tersebut.
2. Objek Penelitian.
Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah:.
 NAMA :PT.  TELEKOMUNIKASI  INDONESIA  (TELKOM)  Tbk. CABANG SURAKARTA.
ALAMAT :Jl. Mayor Kusmanto No. 1 Solo 57113.
TELEPHONE :0271 634400.
FAX :0271 641234.
3. Jenis dan Sumber Data.
a. Data Primer.
Data  primer  berasal  dari  kata  (primary) yang  berarti  pertama,  dalam  penelitian  ini  data  di  dapat   secara  langsung  melalui  sumber  data  yang  utama  yaitu  perusahaan.  Sumber  data primersecara  langsung dikumpulkan melalui wawancara  dan observaasi yangdilakukan terhadap pihak perusahaan.
b. Data Sekunder.
Data sekunder berasal dari kata (secondary)yang berarti  kedua,  data  sekunder  di  dapat  dari  berbagai  sumber  yang  berkaitan.  Sumber  data sekunder  yaitu  merupakan  data  yang  telah  dikumpulkan  oleh  pihak  lain,  dan  bukan  oleh  peneliti  itu  sendiri.  Ini  berarti  bahwa  peneliti  hanya  sekedar  mencatat,  mengakses, atau meminta data tersebut kepada pihak lain yang  mengumpulkan  dilapangan.  Data  sekunder biasanya  didapat  melalui internet, jurnal, serta buku referensi.
 4. Teknik Pengumpulan Data.
Dalam mengumpulkan data yang  akan  diolah,  penelitian ini  menggunakan metode pengumpulan data :.
a. Metode wawancara.
Metode  pertama  yang  digunakan  adalah  metode  wawancara, pengumpulan data yang dilakukan dengan cara  mengajukan  beberapa  perntanyaan  langsung  kepada  narasumber yaitu pembimbing  institusi magang  PT. Telkom  Indonesia Tbk Cabang Surakarta.
b. Metode observasi.
Metode  yang  digunakan  dalam  teknik  pengumpulan  data  yang  kedua  adalah  metode  observasi.  Metode  ini  dilakukan  dengan cara  mengadakan  pengamatan langsung  keperusahaan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.
c. Metode studi pustaka.
Metode  yang  digunakan  dalam  teknik  pengumpulan  data yang ketiga adalah metode studi pustaka yaitu, metode  pengumpulan  data  dengan  cara  menggunakan  buku-buku  referensi  dan  keperpustakaan  lain  yang  berhubungan  dengan masalah yang diteliti agar mendapat gambaran dan  pengertian secara teoritis.
5. Teknik analisis data.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis  deskriptif  kualitatif  yaitu,  teknik  untuk  membuat  gambaran  atau  deskripsi  secara  sistematis, faktual,  dan  akurat  mengenai  suatu  objek  yang  diteliti,  serta  menguraikan  dan  memaparkan  masalah  yang diteliti tersebut yang tersusun dalam bentuk laporan.

 Skripsi Ekonomi: Penerapan Pemasaran Relasi Telkom Speedy Pada Pt. Telkom Indonesia, Tbk Cabang Surakarta

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi