Rabu, 12 November 2014

Skripsi Ekonomi: Penerapan segmentasi, targeting, positioning produk batik kresno pada pt. Dewi Samudra Kusuma Surakarta

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi: Penerapan segmentasi, targeting, positioning produk batik kresno pada pt. Dewi Samudra Kusuma Surakarta
Seiring  dengan  pertumbuhan  ekonomi  dan  perkembangan  teknologi,  maka  dunia  usaha  pun  mengalami  perkembang  yang  sangat  pesat dengan menculnya berbagai perusahaan yang menciptakan produk  dan  jasa  guna  memenuhi  kebutuhan  dan  keinginan  konsumen.  Industri  garment  di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dan  mengakibatkan adanya persaingan yang sangat ketat. Sehingga menuntut  perusahaan  untuk  menentukan  pasar  sasaran  yang  akan  dituju  dan  memenuhi kebutuahan  konsumen serta memberikan kualitas produk yang  terbaik bagi konsumen.

Pada dasarnya semua bentuk usaha berorientasi pada laba yang  setinggi – tingginya dan memberikan kesejahteraan bagi para  steakholder.
Berbagai  usaha  dilakukan  guna  mencapai  volume  penjualan  yang  maksimal. Namun tidak semua usaha yang dilakukan perusahaan sesuai  dengan  harapan  mereka.  Terkadang  perusahaan  mengalami  kerugian  yang cukup signifikan akibat ketidaksesuaian dalam menentukan strategi  pemasaran  serta  kesalahan  dalam  pemilihan  segmentasi,  targeting,  dan  positioning.
  Selama ini sudah terlihat banyak perusahaan yang memilih pasar  sasaran yang dituju. Keadaan ini dikarenakan mereka menyadari bahwa  pada  dasarnya  mereka  tidak  dapat  melayani  seluruh  pelanggan  dalam  pasar  tersebut.  Terlalu  banyak  pelanggan,  sangat  tersebar  bervariatif  dalam tuntutan kebutuhan dan keinginan. Jadi arti  “pasar sasaran adalah  sekelompok  pembeli  yang  berbagi  kebutuhan  atau  karakteristik  yang  sama yang akan dilayani perusahaan”. (Kotler dan Amstrong, 2008:238) Perilaku  konsumen  yang  cenderung  berubah  –  ubah  seiring  perubahan  waktu  juga  menuntut  perusahaan  untuk  selalu  mengikuti  perubahan tersebut. Kondisi seperti ini menyebabkan banyak perusahaan  saling  berlomba  –  lomba  untuk  menempatkan  produk  mereka  di  benak  konsumen,  serta  dapat  melayani  konsumen  dalam  berbagai  segmen.
Perusahaan membagi pasar kedalam kelompok –  kelompok pembeli yang  terpisah  –  pisah dengan kebutuhan dan tanggapan yang berbeda  –  beda, guna memperoleh peluang segmen pasar yang terbaik dan potensial.
Setelah  perusahaan  mengidentifikasi  peluang  segmen  pasar,  selanjutnya  adalah  mengevaluasi  beragam  segmen  tersebut  untuk  memutuskan  segmen  mana  yang  menjadi  target  pasar.  Dalam  mengevaluasi segmen pasar yang berbeda perusahaan harus melihat dua  faktor  yaitu daya tarik pasar secara keseluruhan serta tujuan dan sumber  daya  perusahaan.  Perusahaan  harus  melihat  apakah  suatu  segmen  potensial  memiliki  karakteristik  yang  secara  umum  menarik  seperti  pertumbuhan dan profitabilitas yang tinggi bagi perusahaan.
  Perusahaan harus mempertimbangkan situasi persaingan secara  langsung  atau  tidak  langsung  mempengaruhi  daya  tarik  targeting  perusahaan.  Beberapa  faktor  yang  di  pertimbangkan  disini  antara  lain  :  intensitas persaingan segmen, potensi masuknya pemain baru, ham batan  masuk  industri,  keberadaan  produk  –  produk  pengganti,  kehadiran  komplementer  serta  pertumbuhan  kekuatan  pemasok.  Jika  perusahaan  telah  memutuskan  segmen  pasar  mereka  dan  menetapkan  segmen  tertentu  untuk  dilayani  maka  perusahaan  harus  mampu  menempatka n  produknya  di  mata  konsumen  (positioning)  sehingga  konsumen  dapat  membedakannya  dengan  produk  sesuai  dengan  keinginan  pasar  yang  dituju atau pasarnya (Swastha dan Irawan, 1990:99).
Perusahaan  harus  mempunyai  strategi  untuk  membaca  pasar  sasaran  yang  akan  dituju.  Hampir  semua  perusahaan  menerapkan  konsep  STP  agar  perusahaan  dapat  lebih  mengenali  dan  mampu  mengelompokkan  para  pelanggan  potensial  mereka  berdasarkan  persamaan  dan  perbedaan  yang  dimiliki  konsumen  dalam  menentukan  produknya mampu bersaing dengan para pemimpin pasar.
PT. Dewi Samudra Kusuma salah satu perusahaan yang bergerak  dibidang industri garment  yang ada di kota Surakarta. PT. Dewi Samudra  Kusuma merupakan pasar industri dimana perusahaan ini membeli bahan  baku  untuk  diperoses  menjadi  bahan  jadi  (baju).  Salah  satunya  pada  proses  produksi  Batik  Kresno  yang  memproduksi  kain  dan  hasilnya  berupa  baju  batik.  Perusahaan  berharap  produk  yang  mereka  produksi    dapat terjual sesuai target. Oleh sebab itu perusahaan harus mempunyai  konsep  segmentasi,  targeting,  dan  positioning.  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma  menyadari  bahwa  untuk  dapat  eksis  dalam  persaingan  maka  perusahaan  harus  memiliki  strategi  –  strategi  yang  tepat.  Sehingga  perusahaan  mampu  untuk  dapat  memenuhi  kebutuhan  para  konsumennya secara maksimal.
Hal  ini  menarik  minat  penulis  untuk  dapat  mengevaluasi  dan  mengetahui  strategi  apa  yang  telah  dilakukan  oleh  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma untuk dapat menjual dan memperkenalkan produknya sehingga  perusahaan dapat berkembang dengan cukup pesat.
Berdasarkan  keterangan  diatas  maka  penulis  ingin  mengadakan  penelitian  untuk  menyusun  penulisan  Tugas  Akhir  dengan  judul  “PENERAPAN  SEGMENTASI,  TARGETING,  POSITIONING  PRODUK  BATIK KRESNO PADA PT. DEWI SAMUDRA KUSUMA”.
B.  Rumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang yang telah  ada diatas, maka rumusan  masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut : .
1.  Bagaimana  penerapan  segmenting,  targeting,  positioning  produk batik kresno pada PT. Dewi Samudra Kusuma?.
2.  Hambatan  apa  yang  dihadapi  dalam  penerapan  segmenting,  targeting,  positioning  produk  batik  kresno  pada  PT.  Dewi  Samudra Kusuma? .
  C.  Tujuan Penelitian.
Adapun tujuan penulisan ini adalah :.
1.  Untuk  mengetahui  penerapan  segmentasi,  targeting,  positioning produk  batik  kresno  yang  dilakukan  oleh PT.  Dewi  Samudra Kusuma.
2.  Untuk  mengetahui  masalah  yang  terjadi  dalam  penerapan  segmenting, targeting,  positioning serta solusinya.
D.  Manfaat Penelitian.
Penelitian yang akan dilakukan diharapkan dapat bermanfaat bagi  berbagai pihak, antara lain :.
1.  Sebagai bahan informasi dan pertimbangan bagi perusahaan  serta  dapat  dijadikan  pedoman  dalam  menentukan  segmentasi,  targeting,  dan  positioning  yang  baik  untuk  diterapkan dalam perusahaan.
2.  Untuk  menambah  pengetahuan  serta  wawasan  tentang  STP  pada perusahaan.
3.  Sebagai literatur yang diharapkan akan memberi manfaat bagi  pembaca yang membutuhkannya.
E.  Metode Penelitian.
Dalam  penyusunan  Tugas  Akhir  ini  memerlukan  data-data  yang  mendukung  terbentuknya  suatu  karya  ilmiah.  Data  yang  mendukung    adalah  data  yang  secara  langsung  diperoleh  dari  perusahaan.  Untuk  mendapatkan  data  yang  mendukung  maka  diperlukan  metode  penelitian  yang sesuai. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu :.
1. Desain Penelitian.
Dalam  penelitian  ini  menggunakan  desain  kasus  yaitu  mendeskripsikan  suatu  permasalahan  tertentu  dengan  memfokuskan  jawaban  atas  pertanyaan  siapa  dan  bagaimana  guna memperoleh jawaban atau kesimpulan secara umum.
2. Objek Penelitian.
Penelitian  yang  dilakukan  oleh  penulis  dilaksanakan  di  PT Dewi Samudra Kusuma dengan alamat : Jl. Tegalmulyo 21,  Sondakan,  Solo,  Telp  (0271)  716364,  Fax.  712908.  Pemilihan  lokasi  ini  dipertimbangkan  karena  PT  Dewi  Samudra  Kusuma  merupakan  salah  satu  perusahaan  industri  yang  bergerak  dibidang  garment.  Dan  memiliki  batik  kresno  yang  masih  mencapai  pasar  lokal.  Sedangkan  garment  sudah  menempati  pasar  global  yang  berkembang  pesat.  Oleh  karena  itu  menimbulkan  masalah  dalam  penerapan  segmentasi,  targeting,  dan positioning dalam batik kresno.
  3. Jenis dan Sumber Data.
Dalam  melaksanakan  penelitian  ini,  penulis  menggunakan  data  primer  dan  data  sekunder,  dimana  data  tersebut  digunakan  sebagai  dasar  atau  pedoman  dalam  melaksanakan dan menyelesaikan penelitian.
a.  Data Primer.
Data  yang  didapat  dari  sumber  pertama  dan  diperoleh  secara  langsung  dari  informan,  dengan  cara  melakukan  wawancara  secara  langsung  kepada  narasumber  atau  pihak  terkait  seperti  pimpinan  perusahaan atau staff perusahaan.
b.  Data Sekunder.
Data  sekunder  adalah  data  yang  secara  tidak  langsung berhubungan dengan responden yang diselidiki  dan  merupakan  pendukung  bagi  penelitian  yang  dilakukan.  Data  yang  diperoleh  dari  catatan  perusahaan,  referensi  atau  sumber-sumber  data  yang  telah  tersedia  seperti  data  manajemen  yang  berhubungan  dengan  penyusunan Tugas Akhir.
  4. Teknik Pengumpulan Data.
Adapun teknik pengumpulan data dalam penyusunan  laporan Tugas Akhir ini ada tiga macam teknik yaitu :.
a.  Wawancara.
Wawancara  adalah  teknik  pengumpulan  data  dengan  mengajukan  beberapa  pertanyaan  yang  terkait  dengan  tema  penulisan  secara  langsung  kepada  pihak  perusahaan  untuk  memperoleh  data-data  yang  diperlukan  dalam penulisan. Pelaksanaan wawancara dilakukan dengan  wawancara  mendalam  yaitu  berupa  percakapan  dengan  informan  terhadap  obyek  yang  akan  diteliti.  Wawancara  ini  dilakukan  untuk  mendapatkan  informasi  tentang  obyek  penelitian  secara  langsung  dari  kata  –  kata  key  informan.
Wawancara  dilakukan  secara  mendalam  kepada  informan  (key  person)  yaitu  Bapak  Mugiyanto  sebagai  pimpinan  personalia  perusahaan  dan  Dwi  Astuti  sebagai  tenaga  marketing Batik Kresno pada PT. Dewi Samudra Kusuma.
b.  Observasi.
Observasi adalah teknik pengumpulan data dengan  cara melakukan pengamatan secara langsung ke perusahaan  untuk  mengetahui  aktivitas  perusahaan.  Dalam  observasi  studi  yang  secara  langsung  dan  sistematis untuk  mengamati   fenomena sosial dan gejala  –  gejala psikis yang ada dalam  rangka  analisis.  Pengamatan  dilaksanakan  dengan  menelusuri hasil wawancara kepada  key informan  dan dicatat  dengan  alat  tulis.  Cara  mengobservasi  penelitian  ini  dengan  melihat  atau  mengamati  langsung  tenaga  marketing  dalam  menerapkan segmentasi, targeting, positioning.
c.   Studi Pustaka.
Studi pustaka adalah teknik pengumpulan data dengan  membaca  literatur  buku  dan  sumber  bacaan  mengenai  segmentasi  dan  target  sasaran  pasar  serta  referensi  yang  berasal  dari  buku  pemasaran  atau  sumber  lain  yang  mendukung penelitian ini.
5. Teknik Pembahasan.

Dalam  menganalisis  data,  penulis  menggunakan  teknik  analisis deskriptif yaitu teknik untuk memberikan gambaran atau  suatu  metode  analisa  data  dengan  mengumpulkan  beberapa  literature  yang  berkaitan  dengan  permasalahan  yang  akan  dibahas secara sistematis, faktual, dan akurat.   
Skripsi Ekonomi: Penerapan segmentasi, targeting, positioning produk batik kresno pada pt. Dewi Samudra Kusuma Surakarta

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi