Rabu, 12 November 2014

Skripsi Ekonomi: Prosedur pembiayaan kendaraan bermotor dengan prinsip murabahah pada pt. bank tabungan negara (persero) tbk. cabang syariah Solo

  BAB 1.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Prosedur pembiayaan kendaraan bermotor dengan prinsip murabahah pada pt. bank tabungan negara (persero) tbk. cabang syariah Solo
Kebutuhan  akan  jasa  layanan  sudah  merupakan  kebutuhan  primer  bagi  masyarakat  moderen  untuk  saat  ini.  Pengembangan  konsep  syariah  berupaya  mewujudkan sistem ekonomi  yang lebih adil dan sejahtera bagi seluruh  masyarakat.

Dengan demikian pula lembaga perbankan syariah sebagai industri yang berkembang  di  bidang  perbankan  berupaya  memberikan  solusi  keuangan  yang  memenuhi  kebutuhan  nasabah  dengan  cara  mengombinasikan  keahlian  finansial  dengan  prinsip  berbasis  syariah.  Fungsi  dari  lembaga  keuangan  terutama  perbankan  adalah  sebagai  intermediasi yaitu penghimpun dan penyalur dana dari masyarakat dan di kembalikan  kepada  masyarakat  guna  untuk  mensejahterakan  masyarakat.  Dalam  hal  tersebut,  lembaga  keuangan  terutama  perbankan  mulai  mengembangkan  produk  pelayanan  yang  tidak  hanya  penghimpun  dana  (tabungan,  deposito,  giro)  namun,  juga  menyediakan  jasa  lain  seperti  penyaluran  dana  seperti  pembiayaan  kendaraan  bermotor.
Salah satu bank di  Indonesia  yang berkontribusi dalam industri perbankan di  Indonesia adalah Bank Tabungan Negara (BTN). Keberadaan BTN sebagai salah satu  Badan  Usaha  Milik  Negara  memiliki  keunggulan  dalam  produk  kredit  yang  salah  satunya  adalah  Kredit  kendaraan  bermotor.  Produk  pembiayaan  di  BTN  syariah  munggunakan prinsip murabahah. Pembiayaan yang menggunakan prinsip murabahah    seperti pembiayaan Kendaraan bermotor, Kredit Pembiayaan Rumah.  Seiring dengan  berkembangnya  perbankan  syariah  di  Indonesia,  yang  merupakan  perwujudan  dari  permintaan  masyarakat  yang  membutuhkan  suatu  sistem  perbankan  alternatif  yang  selain menyediakan jasa perbankan atau keuangan yang sehat, juga memenuhi prinsipprinsip syariah, maka Bank BTN pun membuka layanan yang sama pada BTN Syariah  dengan  tetap  memfokuskan  layanan  jasa  dan  produknya  pada  kredit  kendaraan  bermotor.  Produk pembiayaan yang telah ada salah satunya adalah  Kredit Kendaraan  Bermotor  yang menggunakan prinsip  murabahah.seiring dengan kebutuhan nasabah,  BTN mencetuskan produk pembiayaan Kendaraan Bermotor. Sebagian besar nasabah  memerlukan  alat  transportasi  dalam  kebutuhan  sehari-hari.  Prinsip  murabahah  ini  banyak digunakan dalam setiap pembiayaan  Kredit kendaraan bermotor  maka penulis  tertarik  untuk  memilih  judul”  Prosedur  Pembiayaan  Kendaraan  Bermotor  dengan  Prinsip Murabahah pada Bank Tabungan Negara(Persero) Cabang Syariah Solo”.
B. Perumusan Masalah.
Dengan  memperhatikan   latar  belakang  masalah,  maka  akan  timbul  permasalah  sebagai berikut:.
1.  Prosedur apa saja yang digunakan bank BTN syariah Solo kepada nasabah untuk  pembiayaan kendaraan bermotor.
2.   Bagaimana  penerapan  prinsip  murabahah  pada  pembiayaan  kendaraan  bermotor  pada bank BTN syariah Solo.
  3.Apa  kelebihan  dan  kelemahan  Pembiayaan  Kendaraan  Bermotor  pada  bank  BTN syariah Solo.
C.  Tujuan Penulisan Tugas Akhir.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:.
1.   Mengetahui  prosedur  dalam  pembiayaan  kendaraan  bermotor  pada  bank  BTN  syariah Solo.
2.  Mengetahui  penerapan prinsip murabahah dalam pembiayaan kendaraan  bermotor  bank BTN syariah Solo.
3.  Mengetahui  kelemahan  dan  kelebihan  dalam  Pembiayaan  Kendaraan  Bermotor  di  bank BTN syariah Solo.
D.  Manfaat Penulisan Tugas Akhir.
Penelitian  yang  telah  dilakukan  penulis  ini  diharapkan  dapat  bermanfaat  bagi  pihak-pihak sebagai berikut ini.
1.  Bagi Perusahaan Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi BTN  Syariah dalam rangka pengambilan keputusan terutama di bidang pembiayaan Kendaraan Bermotor.
2.  Bagi Peneliti    Hasil  penelitian  dapat  memberikan  pengalaman  tentang  penerapan  dari  teori  perkuliahan  yang  telah  diberikan  selama  masa  perkuliahan,  sehingga  dapat  diterapkan dimasa yang akan datang oleh peneliti.
3.  Bagi Pembaca Tugas Akhir ini dapat digunakan sebagai wawasan, pengetahuan, referensi, acuan  pembanding  dan  bahan  masukan  dalam  penulisan  Tugas  Akhir  bagi  peneliti  lain  yang berminat meneliti tema yang sama.
E. Metode Penulisan Tugas Akhir.
1.  Lokasi Magang.
Tempat  yang  menjadi  objek  penelitian  adalah  lembaga  keuangan  yaitu  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Cabang  Syariah  Solo  yang  beralamat  di  Jalan  Slamet  Riyadi Surakarta.
2.  Objek Magang .
Penelitian  dilakukan  di  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Cabang  Syariah  Solo  dengan alasan tempat magang ini karena :.
a.  Lembaga  keuangan  tersebut  telah  memenuhi  syarat  penelitian  guna  menyusun  tugas akhir.
b.  Lembaga  keuangan  tersebut  bersedia  memberikan  data  mengenai  Prinsip  pembiayaan  Kendaraan  Bermotor  dan  keterangan  yang  akan  di  gunakan  untuk  pemecahan masalah yang akan diteliti.
c.  Tempatnya strategis sehingga dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya.
 3.  Metode Pengumpulan Data.
a.  Sumber Data .
1.  Data primer  Yaitu  data  yang  diperoleh  secara  langsung  dari  sumbernya.  Dalam  hal  ini  penulis menggunakan cara sebagai berikut : a)  Magang Yaitu  mengadakan  wawancara  langsung  dengan  responden  di  lembaga  keuangan tersebut untuk memperoleh data yang paling akurat dan dapat  dipercaya.
b)  Dokumenter  Yaitu  dengan  memperoleh  data  dari  lembaga  keuangan  yang  berhubungan dengan masalah yang dibahas.
2.  Data sekunder  Data  yang  diperoleh  dari  membaca  atau  literature  dari  sumber  lainnya.

Penulis  melakukan  studi  pustaka  yaitu  dengan  membaca  berbagai  literature  yang berhubungan dengan teori dan penelitian tersebut.   
Skripsi Ekonomi: Prosedur pembiayaan kendaraan bermotor dengan prinsip murabahah pada pt. bank tabungan negara (persero) tbk. cabang syariah Solo

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi