Rabu, 12 November 2014

Skripsi Ekonomi: Strategi pemasaran ekspor pada ud. sumber mulyo di Klaten

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A  Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Strategi pemasaran ekspor pada ud. sumber mulyo di Klaten
Pada era globalisasi saat ini kemajuan teknologi dan pertumbuhan  industri semakin berkembang pesat. Pengaruh globalisasi tersebut apabila  ditinjau dari segi ekonomi adalah kehidupan ekonomi global yang bersifat  terbuka dan tidak mengenal batas - batas teritorial atau kewilayahan antara  daerah satu dengan daerah lainnya. Dunia dianggap sebagai suatu kesatuan  yang  semua  daerah  dapat  terjangkau  dengan  cepat  dan  mudah,  serta  perdagangan  dan  investasi  yang  menuju  kearah  liberalisasi  kapitalisme  sehingga semua orang bebas untuk berusaha dimana saja dan kapan saja,  akibatnya hampir semua perusahaan besar maupun kecil, akan terpengaruh  oleh kegiatan dan kompetisi global karena sebagian besar dari perusahaan  yang memiliki produk potensial ekspor telah menjual produknya ke pasar  internasional dan bersaing dengan produk dan jasa yang berasal dari luar  negeri.
Perdagangan  internasional  yang  mengarah  pada  perekonomian  global  mengakibatkan  Indonesia  dihadapkan  pada  berbagai  masalah  pengembangan  ekspor.  Hal  ini  sekaligus  merupakan  tantangan  bagi  Indonesi untuk dapat memanfaatkan peluang dalam era globalisasi tersebut,  dan  apabila  dibandingkan  pelaksanaannya,  perdagangan  internasional  sangatlah rumit dan kompleks. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan  karena  adanya  batas  -  batas  politik  dan  kenegaraan  yang  dapat    menghambat  perdagangan  internasional,  misalnya  dengan  adanya  perbedaaan  budaya,  bahasa,  mata  uang,  peraturan  kepabeanan,  standar  mutu produk, ukuran takaran dan timbangan serta peraturan perdagangan  luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.
Perdagangan  atau  pertukaran  barang  melewati  batas  suatu  negara  terjadi karena kebutuhan barang atau jasa  yang tidak terdapat pada suatu  negara atau negara tersebut dapat memperoleh barang atau jasa yang lebih  murah  dan  lebih  baik  mutunya  dari  negara  lain.  Kegiatan  ekspor  mempunyai nilai ekonomi  yang sangat penting, baik bagi perkembangan  industri itu sendiri maupun bagi pemerintah. Manfaat yang bisa diperoleh  dengan  adanya  perdagangan  internasional  bagi  suatu  negara  akan  mendorong negara tersebut untuk memacu transaksi ekspor keluar negeri  sehingga  dapat  meningkatkan  pertumbuhan  ekonomi  dan  pendapatan  nasional  negara.  Demikian  juga  bagi  Indonesia,  transaksi  ekspor  sangat  penting  untuk  menambah  cadangan  devisa  dan  mengurangi  tingkat  pengangguran karena meningkatkan produktivitas dan lapangan pekerjaan.
Furniture  merupakan  salah  satu  barang  yang  di  ekspor  dari  Indonesia.  Diantara  pengusaha  industri  furniture  tersebut  banyak  yang  telah mampu mengelola perusahaannya secara profesional sehingga dapat  menjual barang -  barang hasil produksi ke luar negeri dengan mengekspor  sendiri maupun menggunakan jasa perusahaan lain.
Menyusul  penerapan  Sistem  Verifikasi  Legalitas  Kayu  (  SVLK  )  yang  berfungsi  untuk  memerangi  pembalakan  liar  di  Indonesia  dan  mempromosikan  perdagangan  kayu  yang  dipanen  secara  legal  sehingga    memajukan  pengelolaan  hutan  berkelanjutan  di  Indonesia.  Sistem  Verifikasi  Legalitas  Kayu  (  SVLK  )  diterapkan  pada  produk  ekspor  furniture  ke  Uni  Eropa,  pengusaha  industri  furniture  berusaha  untuk  mensosialisasikan dan mengimpletasikan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu  (  SVLK  )  karena  keberhasilan  sistem  ini  akan  menentukan  kreadibilitas  produk kayu Indonesia di mata konsumen Uni Eropa.
Pengusaha industri furniture bersaing dengan pengusaha lain dalam  mengimplementasikan  Sistem  Verifikasi  Legalitas  Kayu  (  SVLK  ),  produsen  -  produsen  furniture  masih  berusaha  meningkatkan  penjualan  ekspornya, salah satunya seperti yang dilakukan oleh UD. Sumber Mulyo.
UD. Sumber Mulyo adalah salah satu perusahaan eksportir  yang bergerak  dibidang industri furniture yang berlokasi di Jalan Raya Serenan, Juwiring,  Klaten.  Perusahaan  ini  mengekspor  produknya  ke  luar  negeri  seperti  Amerika,  Australia,  New  Zealand,  Belanda,  Italia,  serta  negara  Eropa  lainnya.
UD.  Sumber  Mulyo  memiliki  produk  unggulan  ekspor.  Produk  yang dihasilkan hanya menggunakan vernish, tidak menggunakan cat kayu  sehingga  serat  kayu  masih  terlihat.  Hal  ini  dilakukan  untuk  mengikuti  permintaan  pasar  yang  menginginkan  produk  dengan  kesan  natural.
Produk memiliki desain yang minimalis, tidak ada ukir – ukiran kayu yang  khas  seperti  halnya  produk  –  produk  mebel  ukiran  dari  daerah  Jepara.
Dengan mengikuti pangsa pasar dan permintaan pasar, nilai penjualan UD.
Sumber  Mulyo  dari  tahun  ke  tahun  semakin  meningkat.  Berikut  nilai  penjualan yang semakin meningkat dari tahun 2008 hingga tahun 2012.
  Tabel 1.Nilai Penjualan UD. Sumber Mulyo dari tahun 2008 – 201(dalam ribuan) Tahun  Price  Quantity Product 2008  Rp   1.445.772.069  12.932 pcs 2009  Rp. 1.607.874.150  15.689 pcs 2010  Rp.  1.701.311.989  15.232 pcs 2011  Rp.  1.856.035.365  16.778 pcs 2012  Rp. 1.936.941.687  18.341 pcs Sumber : UD. Sumber Mulyo Melihat  data  penjualan  diatas  kita  dapat  menyimpulkan  bahwa  tingkat  penjualan  UD.  Sumber  Mulyo  dari  tahun  ke  tahun  mengalami  peningkatan. Nilai penjualan UD. Sumber Mulyo mengalami peningkatan  seiap  tahunnya  meski  dalam  jumlah  produk  yang  di  ekspor  mengalami  penurunan dan peningkatan. Hal ini dikarenakan pembeli melakukan  Pre  Order ( PO ) dengan produk dan harga yang berbeda – beda.
UD.  Sumber  Mulyo  memiliki  strategi  untuk  mempertahankan  wilayah  pemasaran  furniture  ke  pasar  Amerika  dan  Eropa.  UD.  Sumber  Mulyo  menccoba  mengatasi  kendala  -  kendala  pemasaran  yang  sesuai  dengan  perpaduan  strategi  pemasaran,  mengembangkan  rencana  pemasaran yang baik berdasarkan pengalaman, dan melaksanakan rencana  melalui  strategi  yang  tepat  untuk  mempertahankan  dan  meningkatkan  penjualan  ekspor  furniture.  Karena  bagaimanapun  pemasaran  merupakan  salah  satu  kegiatan  pokok  yang  dilakukan  oleh  setiap  perusahaan  dalam    usahanya  untuk  terus  berkembang.  Melalui  pemasaran  perusahaan  mendapatkan hasil dan dari hasil inilah perusahaan mendapatkan laba.
Berdasarkan  uraian  diatas,  penulis  ingin  mengetahui  dan  mempelajari  strategi  pemasaran  pada  UD.  Sumber  Mulyo  sebagai  alat  promosi  dan  pemasaran  dalam  transaksi  ekspornya.  Penulis  ingin  mengangkatnya  menjadi  pokok  permasalahan  yang  berjudul  ,  “  STRATEGI  PEMASARAN  EKSPOR  PADA  UD.  SUMBER  MULYO DI KLATEN “.
B.  Perumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  yang  telah  diuraikan  diatas,  maka  permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian adalah :.
1.  Bagaimana  strategi  pemasaran  ekspor  pada  UD.  Sumber  Mulyo  di  Klaten?.
2.  Hambatan ekspor apa saja yang dihadapi oleh UD. Sumber Mulyo di  Klaten?.
3.  Bagaimana cara mengatasi hambatan strategi ekspor pada  UD. Sumber  Mulyo di Klaten?.
C.  Tujuan Penelitian.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan agar penelitian tersebut  dapat  memberikan  manfaat  yang  sesuai  dengan  apa  yang  dikehendaki.
Adapun tujuan penelitian ini adalah : .
  1.  Untuk mengetahui strategi pemasaran ekspor pada UD. Sumber Mulyo  di Klaten.
2.  Untuk mengetahui  hambatan  ekspor  yang dihadapi  oleh  UD. Sumber  Mulyo di Klaten.
3.  Untuk mengetahui cara mengatasi hambatan strategi pemasaran  ekspor  pada UD. Sumber Mulyo di Klaten.
D.  Kegunaan Penelitian.
Penelitian ini selain mempunyai tujuan juga mempunyai kegunaan,  antara lain sebagai berikut :.
1.  Bagi penulis Merupakan  penerapan  ilmu  ekonomi  tentang  transaksi  ekspor  impor  yang  diperoleh  dibangku  kuliah  dalam  dunia  praktek  atau  nyata  dan  untuk memperoleh gelar ahli madya Manajemen Perdagangan.
2.  Bagi perusahaan Memberikan  masukan  mengenai  hal  –  hal  yang  berhubungan  dengan  aktivitas  ekspor  yang  dapat  digunakan  sebagai  salah  satu  bahan  evaluasi  dengan  perusahaan  dalam  mengambil  kebijakan  untuk  meningkatkan aktivitas ekspor dan pengembangan usaha.
3.  Bagi mahasiswa dan pembaca lainnya Merupakan  tambahan  pengetahuan  tenang  ekspor  impor,  referensi  bacaan dan informasi khususnya bagi mahasiswa jurusan Manajemen  Perdagangan  yang  sedang  menyusun  Tugas  Akhir  dengan  pokok  permasalahan yang sama.
  E.  Metode Penelitian.
Suatu  penelitian  pada  dasarnya  adalah  bagian  mencari,  mendapatkan data untuk selanjutnya dilakukan penyusunan dalam bentuk  laporan hasil penelitian. Supaya proses tersebut dapat berjalan lancar serta  hasilnya  dapat  dipertanggung  jawabkan  secara  ilmiah,  maka  diperlukan  metode penelitian.
Metode  penelitian  mengemukakan  secara  tertulis  tata  kerja  dari  suatu penelitian. Metode ini terdiri dari :.
1.  Ruang lingkup penelitian .
Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  Tugas  Akhir  ini  adalah  studi  kasus  karena  mengambil  suatu  objek  tertentu  untuk  dianalisa  secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah.
2.  Jenis dan alat pengumpulan data.
a.  Jenis data.
1.  Data primer Yaitu  data  yang  diperoleh  langsung  dari  sumbernya.  Data  ini  diperoleh dengan cara wawancara langsung pada bagian ekspor  dan karyawan UD. Sumber Mulyo di Klaten.
2.  Data sekunder Yaitu  data  pendukung  yang  diperoleh  dari  sumber  lain  yang  berkaitan dengan penelitian.  Data ini penulis peroleh dari buku  maupun sumber bacaan lainnya.
b.  Metode pengumpulan data  1.  Wawancara Merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mengadakan  tanya  jawab  secara  langsung  atau  tidak  langsung  yang  dilaksanakan dengan tatap muka dengan pihak perusahaan  UD.
Sumber Mulyo di Klaten.
2.  Studi pustaka Merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari  buku  atau  referensi  yang  berkaitan  dengan  masalah  yang  diteliti.
3.  Observasi.
Dalam penelitian ini penulis melihat secara langsung mengenai  kegiatan yang dilakukan UD. Sumber Mulyo di Klaten.
3.  Sumber data.
a.  Sumber data primer Yaitu  data  yang  diperoleh  langsung  dari  sumbernya.  Data  ini  diperoleh  dengan  cara  wawancara  langsung  pada  karyawan  UD  Sumber Mulyo di Klaten.
b.  Sumber data sekunder Yaitu  data  pendukung  yang  diperoleh  dari  sumber  lain  yang  berkaitan  dengan  penelitian.  Data  ini  penulis  peroleh  dari  buku  maupun sumber bacaan  lain  yaitu masalah prosedur ekspor, buku  petunjuk ekspor Indonesia.
Skripsi Ekonomi: Strategi pemasaran ekspor pada ud. sumber mulyo di Klaten


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi