Selasa, 25 November 2014

Skripsi Ekonomi: Strategi Promosi Tabungan Simpatik Pada Pt.Bank Syariah Mandiri Tbk. Kantor Cabang Pembantu Palur

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi: Strategi Promosi Tabungan Simpatik Pada Pt.Bank Syariah Mandiri Tbk. Kantor Cabang Pembantu Palur
Sistem  perekonomian  saat  ini  pada  umumnya  merupakan  sistem  perekonomian  globalyang  tidak  lagi  mengenal  batas  wilayah dan  waktu. Akibatnya  arus  informasi  dan  komunikasi  sangat  cepat.  Kondisi  seperti  in i  menyebabkanterjadinya persaingan diantara  pilar  perekonomian  termasuk  perbankan.  Perbankan  merupakan  lembaga intermediate antara  masyarakat  yang memiliki kelebihan dana  dengan  masyarakat yang  membutuhkan dana.

Lembaga  perbankan  baik  yang  berada  di negara  maju maupunnegara  berkembang menunjukkan persaingan yang sangat ketat.
Pada  dasarnya bank  memiliki  fungsi  umum  yaitu  untuk  menghimpun  dana  dari  masyarakat  dan  kemudian  menyalurkannya  kembali  kepada  masyarakat  yang  membutuhkan  dana  dalam  bentuk  kredit.  Selain  itu  bank  juga memiliki fungsi memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Disamping  fungsi  utamanya  sebagai  penghimpun  dana  dan  penyalur  kredit,  bank  juga  merupakan  perusahaan  yang  berorientasi  pada profit atau  keuntungan.
Keuntungan  tersebut  diantaranya dapat diperoleh  dari  margin  bagi  hasil  dan  biaya-biaya seperti biaya buka rekening tabungan, biaya transaksi, biaya debit,  biaya kredit, dan lain-lain yang dibebankan kepada nasabah. Dengan kata lain,  semakin  banyak  jumlah  nasabah  dan  aktivitas  perbankannya,  maka  keuntungan yang diperoleh oleh sebuah perusahaan besar akan semakin besar.
 Perbankan sendiri dalam kenyataannya di Indonesia ada beberapa jenis  bank yang diklasifikasikan  berbagai segi.  Menurut  Kasmir (2002) klasifikasi  yang mengelompokkan masing-masing bank dilihat dari segi cara menentuan  hargaterbagi menjadi  2  kelompok. Jenis klasifikasi  tersebut yaitu bank yang  berdasarkan prinsip konvensionaldan bank yang berdasarkan prinsip syariah.
Konsep  perbankan  syariah  menawarkan  sistem  yang  sesuai  dengan  syariat  Islam/prinsip  syariah,  yang  sangat  berbeda  dengan  konsep  perbankan  konvensional yang memakai sistem bunga yang mengandung unsur riba yang  bertentangan dengan syariah Islam.
Di  Indonesia,  sudah  terdapat  banyak  bank  syariah  diantaranya  Bank  Muamalat,  BRISyariah,  BNI  Syariah,  Bukopin  Syariah  dan  masih  banyak  lagi. Salah satu diantara bank syariah yang cukup terkenal di Indonesia adalah  Bank Syariah Mandiri. Bank Syariah Mandiri merupakan bagian dari PT.Bank  Mandiri  Tbk.  yang  beroperasi  berdasarkan  prinsipsyariah  islam.  Dalam  operasinya  sebagai  penghimpun  dana  dan  pembiayaan,  PT.Bank  Syariah  Mandiri  Tbk. senantiasa mengutamakan  kemitraan dengan nasabah.PT.Bank  Syariah  Mandiri  Tbk.  memiliki  kantor  cabang  yang  menyebar  di  seluruh  daerah  Indonesia.  Setiap  kantor  cabang  PT.Bank Syariah  Mandiri  Tbk.
memiliki Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang berfungsi membantu aktivitas  perbankan di Kantor Cabang.
PT.Bank  Syariah  Mandiri  Tbk.KCP  Palurmerupakan  salah  satu  Cabang  Pembantu  PT.Bank  Syariah  Mandiri  Tbk.  yang  terletak  di  wilayah  Surakarta.  Seperti  halnya  Bank  syariah  Mandiri  pada  umumnya,  PT.Bank   Syariah  Mandiri  Tbk.KCP  Palurjuga  memiliki  berbagai  produk  perbankan  untuk  menghimpun  dana  dari  masyarakat.  Produk  yang  dimiliki  PT.Bank  Syariah  Mandiri  Tbk.  KCP  Palur  untuk  menghimpun  dana  dari  masyarakat  terdiri  dari  giro,  deposito  dan  tabungan.  Produk  tabungan  yang  dimiliki  PT.Bank  Syariah  Mandiri  Tbk.  KCP  Palur  terdiri  dari  tujuh  jenis  produk,  diantaranya Tabungan Berencana BSM,  Tabungan Simpatik BSM, Tabungan  BSM,  Tabungan  Mabrur  BSM,  Tabungan  BSM,  Investa Cendikia,  Tabungan  Kurban BSM dan Tabungan BSM Dollar.
Tabungan  Simpatik  merupakan  salah  satu  produk  tabungan  yang  dikeluarkan oleh Bank Syariah Mandiri Tbk. KCP Palur dimana setoran awal  minimal  Rp20.000,  Rp30.000  (dengan  ATM), setoran  berikutnya  minimal  Rp10.000, saldo  minimal  Rp20.000, biaya  tutup  rekening  Rp10.000, biaya  administrasi  Rp2.000  per  rekening  per  bulan  atau  sebesar  bonus  bulanan (tidak memotong pokok). Biaya pemeliharaan kartu ATM Rp2.000 per bulan.
Setiap bank hampir memiliki produk yang sama dengan bank lain. Hal  ini  disebabkan  berbagai  produk  yang  dihasilkan  bank  didasari  kebutuhan  masyarakat  pada  umumnya. Sehingga  dalam  mengambil  minat  masyarakat  tentu  terjadi  persaingan  yang  ketat  antarbank.  Untuk  memenangkan  persaingan  tersebut  dilakukan dengan berbagai cara untuk menarik  perhatian  masyarakat, salah satunya adalah promosi.
Promosi  merupakan  salah  satu  usaha  untuk  memperkenalkan  suatu  program  atau  produk  perbankan  agar  semakin  dikenal  dan  diketahui  oleh  banyak orang. Banyak keuntungan yang diperoleh dengan berpromosi seperti   kenaikan  penjualan  dan  profit,  mendapatkan  pelanggan  baru  dan  menjaga  kesetiaan  pelanggan,  membedakan  serta  mengunggulkan  produk  dibanding  produk  pesaing,  bahkan  membantu  mengubah  tingkah  laku  dan  pendapat  konsumen.
Keberhasilan  promosi  yang  dilakukan  pun  berbeda-beda  tergantung  sejauh  mana  efektivitas  masing-masing  bank  dalam  melakukan  promosidan  strategi seperti  apa  yang dilakukan  dalam  kegiatan  promosi. Seringkali bank  melakukan  beragam  konsep  promosi dengan  mengikuti trend yang  sedang  berkembang. Beragam cara pun dilakukan seperti promosi penjualan, special  event, pelayanan pelanggan hingga periklanan. Namun semuanya akan sia-sia apabila  bank  tidak  mengetahui strategi promosi  yang  tepat  dengan tujuan  utama yang diharapkan.
PT.Bank Syariah Mandiri  Tbk. KCP  Palur merupakan  salah satu bank  yang  menggunakan  strategi  promosi  dalam  memperkenalkan  produknya.
Salah satu produk yang  dihasilkan oleh  PT.Bank Syariah  Mandiri  Tbk. KCP  Palur  adalah  Tabungan  Simpatik.  Tabungan  Simpatik  merupakan  salah  satu  produk  PT.Bank  Syariah  Mandiri  Tbk.  KCP  Palur  yang  bertujuan  sebagai  tempat penyimpanan dana masyarakat dengan prinsip wadiah (prinsip titipan).
Dalam  menghasilkan  loyalitas  nasabah  Tabungan  Simpatik,  PT.Bank  Syariah Mandiri Tbk. KCP palur memiliki strategi promosi. Namun demikian  perlu  diketahui  seperti  apakah  promosi  yang  dilakukan.  Sehingga  penulis  tertarik untuk menulis tugas akhir dengan judul ”Strategi Promosi Tabungan  Simpatik  Pada  PT.Bank  Syariah  Mandiri  Tbk.  Kantor  Cabang   Pembantu Palur”.Dengan judul tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk  mengetahui  apakah  strategi  promosi  yang  dilakukan  oleh  PT.Bank  Syariah  Mandiri Tbk. untuk produk Tabungan Simpatik sudah optimal.
B.Rumusan Masalah.
Berdasarkanlatar  belakang  masalah  yang  ada  di  atas,  maka  penulis  merumuskan masalah sebagai berikut:.
1. Apa saja strategi promosiyang dilakukan oleh PT.Bank Syariah Mandiri Tbk.  KCP  Palur untuk  memperkenalkan  produk  Tabungan Simpatik kepada masyarakat?.
2. Bagaimana kelebihan  dan  kekurangan  dari  strategi  promosi  yang  diterapkan  oleh  PT.Bank  Syariah  MandiriTbk.  KCP  Palurpada  produk  Tabungan Simpatik?.
C. Tujuan Penelitian.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah.
1. Mengetahui  strategi  promosi yang  dilakukan  oleh  PT.Bank  Syariah  MandiriTbk. KCP Palurpadaproduk Tabungan Simpatik.
2. Mengetahui  kelebihan  dan kekurangan  dari  strategi  yang  d iterapkan  PT.Bank  Syariah  Mandiri Tbk.  KCP  Palur pada  produk Tabungan  Simpatik.
 D. ManfaatPenelitian.
1. Bagi Penulis Penelitian yang dilakukan oleh peneliti diharapkan dapat menambah  pengetahuan  tentang  sistem  syariah  yang  digunakan  pada  bank  dan  bagaimana  memperkenalkan  produk  perbankkan  syariah  kepada  masyarakat.
2. Bagi PT.Bank Syariah Mandiri Tbk. KCPPalur Penelitian yang dilakukan penulis di PT.Bank Syariah MandiriTbk.
KCP  Palurdiharapkan  mampu  memberikan  ide  pikiran  dan  masukan  dalam rangka sosialisasi produk syariah yang selama ini masyarakat belum  mengetahui dengan jelas mengenai produk-produk yang ada.
3. Bagi Mahasiswa dan Masyarakat Umum Menambah  wawasan dan  pengetahuan  tentang  perbankkan  syariah,  khususnya  produk  yang  dimiliki  oleh  perbankkan  syariah,  juga  dapat  berguna  bagi  referensi  dalam  pembuatan  Tugas  Akhir  khususnya  mahasiswa ekonomi.
 E.Metode Penelitian.
1. Objek.
Objek  Penulisan  tugas  akhir  ini  adalah  PT.Bank  Mandiri  Syariah  Tbk.
Kantor Cabang Pembantu Palur pada produk tabungan simpatik.
2. Metode pengumpulan.
a. Wawancara.
Dalam  pengumpulan  data  penulis  mengadakan  wawancara secara  langsung  dengan  salah  satu  staff  PT.Bank  Syariah  Mandiri  Tbk.
Kantor  Cabang  Pembantu  Paluruntuk  memperoleh  informasiyang  jelas dan lengkap.
b. Observasi.
Pengumpulan  data  dengan  mengamati  secara  langsung  supaya  data  yang dimiliki lebih  lengkap melalui pengamatan dengan cara melihat  secara langsung  mengenai  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  PT.Bank  Syariah Mandiri Tbk. Kantor Cabang Pembantu Palur.
c. Dokumentasi.
Pengumpulan  data  dengan  mencatat,  mengambil  gambar  dan  menyimpannya  dalam  suatu  bagian  tertentu  sebagai  catatan  atau  gambar  yang  akan  menunjang  hasil  penelitian yang  dapat dipertanggungjawabkan  serta  mendukung  dalam  penyusunan  penelitian Tugas Akhir ini. (lihat lampiran).

 Skripsi Ekonomi: Strategi Promosi Tabungan Simpatik Pada Pt.Bank Syariah Mandiri Tbk. Kantor Cabang Pembantu Palur

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi