Selasa, 25 November 2014

Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Cv. Valasindo Sentra Usaha Karanganyar

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang.
 Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Cv. Valasindo Sentra Usaha Karanganyar
Dalam  dunia  persaingan  global  yang  tajam  saat  ini,  orang  banyak  berbicara  tentang  “mutu”  terutama  berhubungan  dengan  pekerjaan  yang  menghasilkan  produk  dan/atau  jasa.  Suatu  produk  dibuat  karena  ada  yang  membutuhkan,  dan  kebutuhan  tersebut  berkembang  seiring  dengan  tuntutan  mutu  penggunanya. Pada  era  persaingan  pasar  global  dewasa  ini,  tuntutan  konsumen  atas  peningkatan  kualitas  produk  dan  jasa  yang  semakin  tinggi.

Terjadi  pula  peningkatan  penawaran  produk  dan  jasa  dengan  harga  lebih  bersaing dari negara dengan biaya tenaga kerja rendah seperti halnya negaranegara di kawasan timur: China, Vietnam, dan India.
Dewasa  ini  di  tengah  perkembangan  teknologi,  menjamurnya  perusahaan-perusahaan baru, dan bermunculannya konsumen yanglebih kritis  menimbulkan  permasalahan  baru  bagi  perusahaan  dalam  hal  optimisasi  seperti: 1) Tuntutan konsumen terhadap barang yang semakin bermutu.
2)  Kemampuan  perusahaan pesaing  sebagai  fo llower  menyebabkan  keberanian  mereka  untuk  mengadakan  serangan terbuka  dalam  periklanan.
3)  Persaingan harga yang mulai tidak sehat.
Keberhasilan  bisnis  salah  satunya  ditentukan  oleh  kemampuan  memahami  desain.  Output  dari  kemampuan  tersebut,  menopang  manajemen   dalam memutuskan dalam memutuskan dimana akan bersaing dan bagaimana  posisi  diantara  pesaing.  Demikian  karena,  analisis  dilakukan  dengan  cara  identifikasikan  industri  dan  karakteristiknya,  identifikasi  bisnis  di  dalam  industri,  kemudian  masing-masing  bisnis  pun  dievaluasi,  prediksi  aktifitas  pesaing  termasuk  identifikasi  pesaing  baru  yang  mungkin  menerobos  pasar  maupun  segmen  pasar.  Analisis  persaingan  merupakan  sebuah  usaha  untuk  mengidentifikasikan ancaman,  kesempatan,  atau  permasalahan  strategis yang  terjadi  akibat  dari  perubahan  persaingan  potensial  serta  kekuatan  dan  kelemahan pesaing.
Persaingan  yang  kuat  diantara  sesama  perusahaan  menuntut  setiap  perusahaan berusaha dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan  kinerjanya  masing-masing  tidak  hanya  itu,  perusahaan  juga  harus  mampu  untuk  mengatasi segala kendala yang dapat menghambat perkembangan perusahaan  agar kelangsungan hidup perusahaan dapat terjamin.
Profitabilitas  merupakan  salah  satu  pengukuran  bagi  kinerja  suatu  perusahaan,  profitabilitas  suatu  perusahaan  menunjukan  kemampuan  suatu  perusahaan  dalam  menghasilkan  laba  selama  periode  tertentu  pada  tingkat  penjualan. Terdapat dua jenis pengukuran profitabilitas yang digunakan dalam  mengevaluasi  suatu  pusat  laba,  sama  halnya  seperti  dalam  mengevaluasi  perusahaan  secara  keseluruhan.  Pertama  adalah  pengukuran  kinerja  manajemen,  yang  memiliki  fokus  pada  bagaimana  hasil  kerja  para  manajer.
Pengukuran  ini  digunakan  untuk  perencanaan  (planning),  koordinasi  (coordinating), dan pengendalian (controlling) kegiatan sehari-hari dari pusat  laba  dan  sebagai  alat  untuk  memberikan  motivasi  yang  tepat  bagi  para   manajer.  Yang  kedua  adalah  ukuran  kinerja  ekonomis,  yang  memiliki  fokus  pada bagaimana kinerja pusat laba sebagai suatu entitas ekonomi. Maksud dari  kedua ukuran di atas berbeda satu sama lain.
Kinerja  manajemen  sangat tergantung dengan  kinerja  Sumber  Daya  Manusia  merupakan  istilah  dari  kata Job  Performance  atau  Actual  Performance (Prestasi Kerja)  adalah hasil kerja secara kualitas  dan kuantitas  yang dicapai oleh seseorang karyawan/pegawai dalam melaksanakan tugasnya  sesuai  dengan  tanggung  jawab  yang  diberikan  kepadanya  (Mangkunegara,  2007).  Fokus pengukuran  kinerja  karyawan justru terletak pada outcome dan  bukan input dan  proses outcome yang  dimaksudkan  adalah outcome yang  dihasilkan  oleh  karyawan  secara  keseluruhan,  outcome  harus  mampu  memenuhi  harapan  dan  kebutuhan  perusahaan  menjadi  tolok  ukur  keberhasilannya.
Penulis  tertarik  mengamati  kinerja  karyawan  perusahaan  CV.
Valasindo  Sentra  Usaha  Karanganyar  karena  karyawan  pada  perusahaan  tersebut  memiliki  karyawan  yang  komplek  yang  terbagi  menjadi  karyawan  tetap,  borongan,  dan  harian.  Untuk  meningkatkan  profitabilitas  kerja  karyawan,  perusahaan  menerapkan  “Intensive  Target  Produksi”  yaitu  memberikan  karyawan  bonus  setiap  satu  bulan  sekali  jika  perusahaan  memenuhi target penjualan.
Dari observasi awal penulis memberikan gambaran lebih lanjut tentang  industri  menengah  yang  memproduksi  furniture,  dari  observasi  awal  itu  penulis mengamati bahwa masih ada karyawan yang bekerja kurang maksimal  misalnya  banyak  waktu  yang  terbuang dengan  kegiatan  tidak  perlu  seperti  ngobrol, menganggur, dan duduk-duduk terutama jika supervisor dan pemilik   tidak  mengawasi,  maka  penulis  ingin  mengetahui  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  kinerja  karyawan  pada  perusahaan  CV.  Valasindo  Sentra  Usaha,  Karanganyar.  Atas  dasar  uraian  tersebut  penulis  tertarik  menyusun  dengan  judul  :  “FAKTOR-FAKTOR  YANG  MEMPENGARUHI  KINERJA  KARYAWAN  CV.  VALASINDO  SENTRA  USAHA  KARANGANYAR”.
B.Rumusan Masalah.
Berdasarkan  uraian  latar  belakang  yang  telah  dikemukakan  tersebut  diatas  mengenai  industri  menengah  yang  memproduksi  furniture  di  karanganyar,  khususnya  masalah  produktivitas  tenaga  kerja  maka  penulis  mengambil pokok permasalahan :.
1. Bagaimana  tingkat  kinerja  karyawan  di  CV. Valasindo   Sentra  Usaha Karanganyar ?.
2. Faktor-faktor  apa saja  yang  mempengaruhi  kinerja  karyawan  CV.
Valasindo Sentra Usaha  Karanganyar ?.
C.Tujuan Penelitian.
Berdasarkan  rumusan  masalah  diatas,  maka  tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:.
1. Untuk  mengetahui tingkat  kinerja  karyawan  di  CV. Valasindo   Sentra  UsahaKaranganyar.
2. Untuk  mengetahui  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  kinerja  karyawan  CV. Valasindo Sentra Usaha  Karanganyar.
 D.Manfaat Penelitian.
1. Bagi Penulis.
a. Untuk  mengetahui  tingkat  kinerja  dan  faktor-faktor  yang  mempengaruhi kinerja karyawan di perusahaan.
b.Merupakan  latihan  untuk  menghadapi  suatu  kasus,  memberikan  manfaat  untuk  membandingkan  teori  yang  telah  dipelajari  dengan  kenyataan perusahaan.
c. Sebagai  bahan  implementasi  dari  teori-teori  mata  kuliah  yang  sudah  diajarkan.
2. Bagi Perusahaan.
a. Penelitian ini bermanfaat bagi CV. Valasindo Sentra Usaha furniture di  Karanganyar dalam upaya meningkatan kinerja karyawan.
b.Hasil  penelitian  ini  dapat  digunakan  sebagai  pertimbangan  khususnya  manajemen perusahaan dalam menentukan kebijakan perusahaan terkait  sumber daya manusia.
3. Bagi Pihak Lain.
a. Sebagai  bahan  informasi  serta  perbandingan  untuk  penelitian  mendatang dan untuk memperluas pengetahuan bagi para pembaca.
b.Hasil  dari  penelitian  ini  d iharapkan  dapat  memberikan  informasi  dan  referensi pihak yang berkepentingan untuk di jadikan evaluasi.
E.Metode Penelitian.
1. Desain penelitian.
Penelitian  deskriptif  yaitu  suatu  penelitian  yang  menggambarkan  suatu  peristiwa  atau  obyek  secara  rinci  dan  mendalam,  dan  gambaran   tersebut  dipaparkan  secara  rinci  dan  mendalam  tidak  hanya  sampai data  pengumpulan data dan kemudian menceritakan, tetapi data tersebut diolah  lebih  lanjut  kemudian  dipresentasikan. yang  dilakukan  pada  perusahaan  yaitu  tentang  produktivitas  tenaga  kerja  dan  membahas  tentang  faktorfaktor  yang  mempengaruhinya (Lexy.  J. Moleong  2005).  Penelitian  ini  dilakukan pada CV. Valasindo Sentra UsahaKaranganyar.
2. Objek Penelitian.
Objek  atau  lokasi  penelitian  di CV.  Valasindo   Sentra  Usaha  Karanganyar  berada  di  jalan Solo-Purwodadi  Km  8,5  Selokaton,  Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
3. Jenis dan Sumber Data.
Menurut Lofland yang dikutip oleh (Lexy J. Moleong 2004) bahwa  ”Sumber  data  utama  dalam  penelitian  ialah  kata-kata  dan  tindakan,  selebihnya  adalah  data  tambahan  seperti  dokumen  dan  lain-lainya”.
Sedangkan  menurut (HB.  Sutopo  2006)  ”Sumber  data  kualitatif  dapat  berupa manusia/narasumber, peristiwa dan aktivitas, tempat/lokasi, benda,  beragam gambar dan rekaman”. Berdasarkan beberapa pengertian tersebut  dapat dikemukakan bahwa  kata-kata dan tindakan dari  orang-orang yang  diamati atau diwawancarai merupakan sumber utama penelitian sedangkan  dokumen dan lain-lainnya merupakan data tambahan.
Data-data yang dapat diperoleh antara lain dari informan, dokumen  dan arsip maupun setiap yang diperoleh dilokasi penelitian. Selengkapnya  adalah :.
 1. Informan, yakni  semua pihak yang  terkait dengan permasalahan yang  diteliti,  yakni  manajemen  dan  karyawan  di CV. Valasindo   Sentra  UsahaKaranganyar.
2. Dokumen  dan  arsip  yang  berhubungan  permasalahan  yang  akan  diteliti.  Misalnya  :  catatan,  dokumen,  dan  arsip  dari CV. Valasindo  Sentra UsahaKaranganyar.
4. Teknik Sampling.
Menurut (Lexy J.  Moleong  2004), mengemukakan bahwa  ”teknik  sampling  adalah  suatu  bentuk  khusus  atau  proses  yang  umum  dalam  pemusatan  atau  pemilihan  dan  penelitian  yang  mengarah  pada  seleksi”.
Proses  pemilihan  dan  pemusatan  yakni  memilih  informan  dalam  penelitian.
Penelitian  ini menggunakan  cara  pengambilan  sampel purposive  sampling.  Pilihan  sampel  diarahkan  pada  sumber  data  yang  dipandang  memiliki  data  yang  penting  yang  berkaitan  dengan  permasalahan  yang  diteliti (HB. Sutopo, 2006). Cara pengambilan sampel ini tidak ditekan kan  pada  jumlah,  tetapi  lebih  ditekankan  pada  kualitas  pemahaman  masalah  yang  akan  diteliti  sehingga  tujuan  penelitian  tercapai.  Peneliti  tidak  menentukan jumlah sampel, melainkan menetukan jumlah informan untuk  memperoleh informasi tentang permasalahan yang akan diteliti. Dalam hal  ini  peneliti  hanya  memilih  informan  yang  dianggap  mengetahui  permasalahannya,  serta  pemilihan  informan  dapat  berkembang  sesuai  dengan kebutuhan dan kemantapan peneliti dalam memperoleh data.
 Pada  penelitian  ini  peneliti  memilih  sampel  karyawan  dibagian  produksi di CV. Valasindo  Sentra UsahaKaranganyar  dengan  sebanyak  49 karyawan.

 Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Cv. Valasindo Sentra Usaha Karanganyar

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi