Kamis, 04 Desember 2014

Skripsi Sastra: Perancangan Visual Branding Dan Media Promosi Aksesoris Sindu Craft Handmade Di Klaten

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang Masalah.
Skripsi Sastra: Perancangan Visual Branding Dan Media Promosi Aksesoris Sindu Craft Handmade Di Klaten
Seiring berjalannya waktu banyak kreatifitas yang menghasilkan karya yang  menarik  dengan  berbagai  media  yang  digunakan,  sebagai  media  berkreasi  yang  mempunyai  keunikan  dan  ciri  khas  suatu  produk  berekspresi  dalam  hal  berpakaian.  Saat  ini  banyak  berkembangnya  bermacam-macam  model  pakaian  terutama untuk kalangan perempuan. Sehingga tidak heran banyak yang menjual  berbagai aksesoris  dengan  berbagai  model dan warna untuk pakaian, diantaranya  adalah  bross,  hairclip,  bando, kalung dan  sebagainya.  Aksesoris ini tidak  hanya  untuk  remaja dan dewasa  saja tetapi  juga dapat di pakai oleh anak-anak  bahkan  orang tua dengan banyak pilihan model dan warna.

Daerah  klaten  terdapat  usaha  pembuatan  aksesoris  pakaian  yang  bernama  Sindu Craft Handmade yang beralamatkan  di Perumahan Taman Anggrek No.A6,  RT 3 RW 5 Srago, Klaten. Pada tahun 2013 Sindu Craft Handmade berdiri usaha  pembuatan  aksesoris  pakaian  dengan  banyak  model  dan  warna  yang  sesuai  dengan target marketnya  yaitu perempuan  mulai usia anak-anak sampai dewasa.
Sindu  Craft  Handmade  masih  merintis  usahanya  dari  awal  yang  bertempat  di rumah  sebagai  tempat  pembuatan  dan  menjual  produk.  Sindu  Craft  Handmade  masih  menggunkan  identitas  atau  logo  yang  sederhana.  Banyak  pembeli  grosir  yang mengambil barang di Sindu Craft Handmade yang kemudian dijual kembali,  ada juga yang membeli secara  retail  untuk dipakai sendiri.  Pembuatan aksesoris    menggunakan bahan pita yang dibentuk bunga atau motif lain dan kain daur ulang  yang  dibuat  dengan  keterampilan  tangan.  Oleh  karena  itu  penulis  ingin  mempromosikan  usaha  ini  dengan  cara  memperkenalkan  kemasyarakat  dengan  identitas  usaha  dengan  media  promosi  yang  tepat  agar  konsumen  mengenal  kerajinan  aksesoris  Sindu  Craft  Handmade,  maka  diperlukan  kegiatan  memperkenalkan identitas suatu produk dan promosi bagi Sindu Craft Handmade yang tepat sasaran.
Untuk  itu  penulis  ingin  mengambil  tema  PERANCANGAN  VISUAL BRANDING  DAN  MEDIA  PROMOSI  AKSESORIS  “SINDU  CRAFT  HANDMADE”  DI  KLATEN  agar  dapat  mempromosikan  dan  memperkenalkan  Sindu  Craft  Handmade  lebih  dekat  kepada  masyarakat  melalui  sarana  branding yaitu  dengan membuat sebuah identitas usaha agar dapat dikenal oleh masyarakat  luas  dan promosi yang menarik,  harapannya  agar Sindu Craft Handmade semakin  maju dan bisa menjadi unggulan dibandingkan produk lain.
B.  Permasalahan.
Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan bahwa  masalah yang  dihadapi untuk mempromosikan Sindu Craft Handmade antara lain:.
1.  Bagaimana  cara  agar  masyarakat  lebih  mengenal  tentang  Sindu  Craft  Handmade?.
2.  Bagaimana  memilih  media  promosi  yang  efektif  dan  efisien  untuk  mempromosikan Sindu Craft Handmade melalui media komunikasi visual?  .
  C.  Tujuan.
Merancang  visual  branding  atau  identitas  Sindu  Craft  Handmade  agar  masyarakat  dapat  mengenal  dan  tertarik  dengan  produk  yang  ditawarkan  Sindu  Craft Handmade.

Memilih media promosi yang  efektif  dan efisien  sehingga konsumen dapat mengetahui dan tertarik dengan promosi yang dirancang, agar dapat secara  tepat  mencapai target yang diinginkan.  
Skripsi Sastra: Perancangan Visual Branding Dan Media Promosi Aksesoris Sindu Craft Handmade Di Klaten 

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi