BAB I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Sejak tahun 1961,
layanan telekomunikasi di
Indonesia diselenggarakan oleh Badan
Usaha Milik Negara.
Sebagaimana terjadi pada
negara berkembang lainnya, pengembangan
dan modernisasi infrastruktur telekomunikasi berperan penting
dalam perkembangan ekonomi secara umum. Selain itu, jumlah
penduduk yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang pesat telah mendorong
permintaan yang tinggi akan layanan telekomunikasi.
Exelcom juga
melakukan perubahan identitas
perusahaan, yaitu Excelcom menjadi XL, berikut logo yang
digunakannya.
Identitas (termasuk
logo) perusahaan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan
pembentukan citra perusahaan
di masyarakat. Identitas
perusahaan yang baik
dan kuat merupakan
pra-syarat membangun citra positif
perusahaan di kelak
kemudian hari. Hal
ini disebabkan karena seperti
halnya dalam kehidupan
orang-perorangan, identitas
perusahaan membentuk kesan
pertama (Sutojo,2004:18).
Identitas perusahaan begitu penting,
sehingga perusahaan rela
untuk mengeluarkan biaya yang
tidak sedikit untuk
mengubah identitasnya. Hal
ini disebabkan banyak orang
melakukan kontak pertama kali
dengan suatu perusahaan melalui identitas
perusahaan yang mereka
miliki, yaitu melalui
iklan, kemasan, dan sebagainya.
Sebagai bagian
dari penerapan identitas
perusahaan, logo perusahaan menjadi peletak dasar yang vital
fungsinya. Logo sebagai bagian dari identitas perusahaan, dirancang
terutama sebagai simbol
pembeda untuk memberikan ciri khas
suatu perusahaan atau
merek tertentu. Bentuknya
dapat berupa lambang, gambar,
bentuk, huruf khusus, atau untaian kata,
yang membentuk nama yang ditulis dengan cara khusus.
Citra merek atau
brand image merupakan seperangkat keyakinan, ide, dan kesan yang dimiliki oleh
seseorang terhadap suatu merek. Kotler mengatakan bahwa sikap dan tindakan
konsumen terhadap suatu merek sangat ditentukan oleh citra
merek tersebut.(Simamora, 2003:63).
Perusahaan memerlukan identitas yang
dapat membedakannya dengan
perusahaan lain untuk membentuk citra
merek perusahaan tersebut.
Identitas perusahaan mewakili karakter perusahaan yang dapat
menciptakan citra di benak masyarakat yang melihatnya. Identitas
perusahaan itu sendiri
adalah semua perwakilan
atau perwujudan media
visual dan fisik
yang menampilkan suatu
jati diri organisasi, sehingga
dapat membedakan organisasi tersebut dengan organisasi lainnya.
(www.wikipedia.com.id/identitas _perusahaan: diakses pada 8 Januari 2011).
Memasuki Oktober
2009, PT. Telkom
Indonesia Tbk tampil
dengan semangat dan logo baru. Identitas PT. Telkom Indonesia Tbk yang
baru terdiri dari lingkaran berwarna biru dengan gambar lima jari tangan
berwarna kuning yang melambangkan kelengkapan
produk dan layanan
serta pertumbuhan, identitas baru
PT. Telkom Indonesia Tbk juga disertai tagline barunya ”The World in
your Hand” yang bermakna
bahwa informasi di
dunia ini dapat disatukan begitu dekat dan nyata dengan
internet, sehingga informasi tersebut berada
dalam genggaman tangan
anda. Logo baru
PT. Telkom Indonesia dirancang oleh sebuah perusahaan
konsultan Brand Union, dalam pembuatan logo baru tersebut PT. Telkom Indonesia
Tbk, mengeluarkan dana sebesar RP.
3,2 milyar.
(www.detiknet.com diakses pada 27 Februari 2011).
Perubahan identitas
PT. Telkom Indonesia Tbk
dilakukan karena adanya transformasi pada
institusi bisnisnya yaitu
dari institusi bisnis
yang berbasis infokom menjadi
institusi bisnis yang
berbasis Telecommunication, Information,
Media, Edutainment (TIME).
Terkait dengan transformasi tersebut, PT. Telkom Indonesia
Tbk juga melakukan perubahan mendasar dari sisi brand untuk meningkatkan citra
perusahaan di mata seluruh stakeholdernya. Melalui citra baru tersebut
diharapkan Telkom dapat memberikan sebuah pengalaman baru
yang berbeda dari
sebelumnya kepada para stakeholders.
Pengalaman baru tersebut adalah layanan yang
lebih baik dari operator mana pun yang pernah mereka kenal dan rasakan.
(www.telkom.co.id, diakses pada 27 Februari 2011) Berikut adalah gambar dari
logo baru PT. Telkom Indonesia Tbk : Gambar 1.1 Logo PT. Telkom Indonesia Sumber
: www.telkom.co.id : diakses pada 7 November 2010.
Kondisi persaingan
pada penyedia layanan
telekomunikasi yang begitu kompetitif, sehingga
tiap-tiap perusahaan penyedia
layanan telekomunikasi tersebut harus
memiliki identitas yang
khas untuk membedakan
dengan pesaing lainnya. Untuk membedakan diri dengan perusahaan penyedia
layanan telekomunikasi lainnya, PT. Telkom Indonesia Tbk memiliki logo yang
khas.
Logo PT. Telkom
Indonesia Tbk terdiri dari 4 elemen: 1. Bentuk logo berupa kombinasi antara
lingkaran dengan gambar jari tangan dan membentuk simbol matahari terbit.
2. Jenis huruf
menggunakan font Sans Serif.
3. Warna logo
terdiri dari; warna Expert Blue pada teks Telkom, warna Vital Yellow pada
telapak tangan, warna Infinite sky blue pada teks Indonesia.
4. Slogan atau
tagline logo “The World in Your Hand”.
Elemen
logo PT Telkom
Indonesia Tbk tersebut
diharapkan dapat mencerminkan
citra positif dari identitas perusahaan tersebut, di dalam benak konsumennya. Dalam
ilmu komunikasi, bentuk,
warna, garis grafis,
simbol, dan ukuran yang terdapat dalam sebuah logo memberikan pengaruh
psikologis yang sangat tinggi (goestoge.wordpress.com, diakses pada 27 Februari
2011).
Perusahaan-perusahaan konsumen
juga sangat mementingkan
jargon atau slogan. Karena jika
sudah terkenal, slogan akan menjadi ciri khas dan andalan perusahaan. (Anggoro,
2000 : 285).
Logo PT Telkom
Indonesia Tbk digambarkan memiliki makna sederhana dan modern
oleh perusahaan, yang
seharusnya dapat membentuk
pencitraan merek yang positif di kalangan anak muda dan mahasiswa yang
menjadi salah satu target pasar dari PT. Telkom Indonesia Tbk. Dengan adanya
pencitraan merek yang positif,
tentunya akan memberikan
dampak terhadap keinginan menggunakan produk-produk
dan layanan-layanan yang
ditawarkan oleh PT Telkom Indonesia Tbk.
Produk-produk dan
layanan-layanan yang
ditawarkan oleh PT.
Telkom Indonesia Tbk adalah : 1. Sambungan telepon tidak bergerak
(telepon rumah) 2. Sambungan
telepon bergerak (
Seluler GSM: Telkomsel
dan CDMA: Telkom flexi).
3. Sambungan
langsung Internasional (SLI) 4. Layanan Internet Speedy.
5. Layanan tv
kabel, Telkomvision.
(www.telkom.co.id,
diakses pada 23 Februari 2011)diolah.
Sebelum melakukan penyebaran kuesioner,
penulis melakukan pra-survey terhadap 20 orang mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi
USU. Berikut adalah tabel dari pendapat responden terhadap logo PT. Telkom
Indonesia : Tabel 1.1 Pengetahuan Logo PT Telkom Indonesia Tbk Mengetahui Logo
Telkom Jawaban Persentase Ya 11 55% Tidak 9 45% Total 20 100% Sumber :
Pra-survei pada mahasiswa Fakultas Ekonomi USU Tabel 1.2 Pendapat tentang
Produk dan Layanan PT Telkom Indonesia Tbk Pendapat tentang Produk dan Layanan Telkom
Jumlah Persentase Murah 11 55% Pelayanan Baik 4 20% Biasa Saja 2 10% Mahal 3
15% Total 20 100% Sumber : Pra-survei pada mahasiswa Fakultas Ekonomi USU.
Tabel 1.3 Keinginan
Menggunakan Produk dan Layanan PT Telkom Indonesia Tbk Keinginan menggunakan produk
dan layanan Jumlah Persentase Ya 14 70% Tidak 6 30% Total 20 100% Sumber :
Pra-survei pada mahasiswa Fakultas Ekonomi USU Berdasarkan hasil pra-survei
yang diperoleh, maka dapat diketahui bahwa mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi USU
mengetahui logo PT.Telkom Indonesia Tbk,
dan mengetahui bagaimana
produk dan layanan
PT.Telkom Indonesia Tbk
serta dari hasil
pra-survey juga menunjukkan
keinginan mahasiswa S1 Fakultas
Ekonomi USU untuk
menggunakan produk dan
layanan yang ditawarkan oleh
PT.Telkom Indonesia Tbk.
Oleh karena itu,
penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh
Logo PT Telkom
Indonesia Tbk Terhadap Pembentukan Brand Image Pada
Mahasiswa S1 Reguler
Fakultas Ekonomi USU”.
1.2. Perumusan
Masalah Masalah yang akan diteliti oleh penulis adalah “Apakah logo (bentuk,
jenis huruf, warna dan
slogan/tagline) PT Telkom
Indonesia Tbk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
pembentukan brand image pada mahasiswa S1 reguler Fakultas Ekonomi USU?” 1.3.
Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk : a. Mengetahui pengaruh
logo PT Telkom
Indonesia Tbk, terhadap pembentukan brand image pada
mahasiswa S1 reguler
Fakultas Ekonomi USU.
b. Mengetahui latar
belakang, arti identitas
, serta tujuan
dari logo PT.Telkom Indonesia Tbk.
c. Melihat apakah
komitmen PT.Telkom Indonesia
Tbk melalui logo dapat tercermin dalam menjalankan
kegiatan operasional sehari-hari.
1.4. Manfaat Penelitian Manfaat yang
diharapkan dari penelitian ini adalah : a. Akademik : Menambah referensi
kepustakaan dan pengetahuan
di bidang komunikasi bisnis
mengenai identitas perusahaan
khususnya logo perusahaan, pada
perusahaan di bidang telekomunikasi.
b. Praktis Bagi
Perusahaan : 1. Dapat dijadikan masukan bagi perusahaan apakah logo perusahaan akan berpengaruh
terhadap pembentukan brand image di
benak konsumen.
2. Dapat menunjukkan
bagaimana tanggapan konsumen
mengenai logo PT Telkom Indonesia Tbk.
Bagi Penulis : a.
Penulis memperoleh wawasan
dan pengalaman bagaimana melakukann suatu penelitian.
b. Memperoleh banyak
pengetahuan dari hasil
pengamatan di lapangan terkait
dengan penelitian yang dilakuakan.
c. Penelitian ini
merupakan suatu kesempatan untuk menerapkan teori pemasaran, khususnya mengenai
identitas perusahaan.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi