Rabu, 26 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS PENGARUH LOGO PT. TELKOM INDONESIA TBK TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND IMAGE PADA MAHASISWA



BAB I PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang
 Sejak  tahun  1961,  layanan  telekomunikasi  di  Indonesia  diselenggarakan oleh  Badan  Usaha  Milik  Negara.  Sebagaimana  terjadi  pada  negara berkembang  lainnya,  pengembangan  dan  modernisasi  infrastruktur telekomunikasi berperan penting dalam perkembangan ekonomi secara umum. Selain itu, jumlah penduduk yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang pesat telah mendorong permintaan yang tinggi akan layanan telekomunikasi. 
Persaingan  bisnis  telekomunikasi  yang  sangat  ketat,  menuntut  pihak perusahaan penyedia layanan telekomunikasi untuk memikirkan kembali misi dan  strategi  bisnisnya.  Jika  perusahaan  tidak  memiliki  strategi  bisnis  yang baik, maka tidak menutup kemungkinan perusahaan tersebut akan kalah dalam persaingan.  Menghadapi  persaingan  tersebut,  setiap  perusahaan  memiliki strategi  tersendiri  agar  dapat  tetap  eksisis.  Salah  satu  strategi  manajemen perusahaan agar dapat tetap eksisis dan berkembang adalah dengan merubah identitas perusahaan. Sejumlah perusahaan di Indonesia yang telah melakukan perubahan identitas perusahaan di antaranya; Bank BNI, yang mengganti logo bergambar perahu layar berwarna hijau, diganti dengan kotak bertuliskan 46 berwarna oranye dan hijau pada tulisan BNI. Di bidang telekomunikasi, PT.
Exelcom  juga  melakukan  perubahan  identitas  perusahaan,  yaitu  Excelcom menjadi XL, berikut logo yang digunakannya.
Identitas (termasuk logo) perusahaan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi  keberhasilan  pembentukan  citra  perusahaan  di  masyarakat.  Identitas  perusahaan  yang  baik  dan  kuat  merupakan  pra-syarat membangun  citra  positif  perusahaan  di  kelak  kemudian  hari.  Hal  ini disebabkan  karena  seperti  halnya  dalam  kehidupan  orang-perorangan, identitas  perusahaan  membentuk  kesan  pertama  (Sutojo,2004:18). Identitas perusahaan  begitu  penting,  sehingga  perusahaan  rela  untuk  mengeluarkan biaya  yang  tidak  sedikit  untuk  mengubah  identitasnya.  Hal  ini  disebabkan banyak  orang  melakukan  kontak pertama  kali  dengan  suatu  perusahaan melalui  identitas  perusahaan  yang  mereka  miliki,  yaitu  melalui  iklan, kemasan, dan sebagainya.
Sebagai  bagian  dari  penerapan  identitas  perusahaan,  logo  perusahaan menjadi peletak dasar yang vital fungsinya. Logo sebagai bagian dari identitas perusahaan,  dirancang  terutama  sebagai  simbol  pembeda  untuk  memberikan ciri  khas  suatu  perusahaan  atau  merek  tertentu.  Bentuknya  dapat  berupa lambang, gambar, bentuk, huruf khusus, atau untaian kata,  yang membentuk nama yang ditulis dengan cara khusus.
Citra merek atau brand image merupakan seperangkat keyakinan, ide, dan kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu merek. Kotler mengatakan bahwa sikap dan tindakan konsumen terhadap suatu merek sangat ditentukan oleh  citra  merek  tersebut.(Simamora,  2003:63).  Perusahaan  memerlukan identitas  yang  dapat  membedakannya  dengan  perusahaan  lain  untuk membentuk  citra  merek  perusahaan  tersebut.  Identitas  perusahaan  mewakili karakter perusahaan yang dapat menciptakan citra di benak masyarakat yang melihatnya.  Identitas  perusahaan  itu  sendiri  adalah  semua  perwakilan  atau  perwujudan  media  visual  dan  fisik  yang  menampilkan  suatu  jati  diri organisasi, sehingga dapat membedakan organisasi tersebut dengan organisasi lainnya. (www.wikipedia.com.id/identitas _perusahaan: diakses pada 8 Januari 2011).
Memasuki  Oktober  2009,  PT.  Telkom  Indonesia  Tbk  tampil  dengan semangat dan logo baru. Identitas PT. Telkom Indonesia Tbk yang baru terdiri dari lingkaran berwarna biru dengan gambar lima jari tangan berwarna kuning yang  melambangkan  kelengkapan  produk  dan  layanan  serta  pertumbuhan, identitas baru PT. Telkom Indonesia Tbk juga disertai tagline barunya ”The World  in  your  Hand” yang  bermakna  bahwa  informasi  di  dunia  ini  dapat disatukan begitu dekat dan nyata dengan internet, sehingga informasi tersebut berada  dalam  genggaman  tangan  anda.  Logo  baru  PT.  Telkom  Indonesia dirancang oleh sebuah perusahaan konsultan Brand Union, dalam pembuatan logo baru tersebut PT. Telkom Indonesia Tbk, mengeluarkan dana sebesar RP.
3,2 milyar. (www.detiknet.com diakses pada 27 Februari 2011).
Perubahan  identitas  PT. Telkom  Indonesia  Tbk  dilakukan  karena  adanya transformasi  pada  institusi  bisnisnya  yaitu  dari  institusi  bisnis  yang  berbasis infokom  menjadi  institusi  bisnis  yang  berbasis Telecommunication, Information,  Media,  Edutainment (TIME). Terkait  dengan  transformasi tersebut, PT. Telkom Indonesia Tbk juga melakukan perubahan mendasar dari sisi brand untuk meningkatkan citra perusahaan di mata seluruh stakeholdernya. Melalui citra baru tersebut diharapkan Telkom dapat memberikan sebuah pengalaman  baru  yang  berbeda  dari  sebelumnya  kepada  para stakeholders.
 Pengalaman baru tersebut adalah layanan yang lebih baik dari operator mana pun yang pernah mereka kenal dan rasakan. (www.telkom.co.id, diakses pada 27 Februari 2011) Berikut adalah gambar dari logo baru PT. Telkom Indonesia Tbk : Gambar 1.1 Logo PT. Telkom Indonesia Sumber : www.telkom.co.id : diakses pada 7 November 2010.
Kondisi  persaingan  pada  penyedia  layanan  telekomunikasi  yang  begitu kompetitif,  sehingga  tiap-tiap  perusahaan  penyedia  layanan  telekomunikasi tersebut  harus  memiliki  identitas  yang  khas  untuk  membedakan  dengan pesaing lainnya. Untuk membedakan diri dengan perusahaan penyedia layanan telekomunikasi lainnya, PT. Telkom Indonesia Tbk memiliki logo yang khas.
Logo PT. Telkom Indonesia Tbk terdiri dari 4 elemen: 1. Bentuk logo berupa kombinasi antara lingkaran dengan gambar jari tangan dan membentuk simbol matahari terbit.
2. Jenis huruf menggunakan font Sans Serif.
3. Warna logo terdiri dari; warna Expert Blue pada teks Telkom, warna Vital Yellow pada telapak tangan, warna Infinite sky blue pada teks Indonesia.
4. Slogan atau tagline logo “The World in Your Hand”.
 Elemen  logo  PT  Telkom  Indonesia  Tbk  tersebut  diharapkan  dapat mencerminkan citra positif dari identitas perusahaan tersebut, di dalam benak konsumennya.  Dalam  ilmu  komunikasi,  bentuk,  warna,  garis  grafis,  simbol, dan ukuran yang terdapat dalam sebuah logo memberikan pengaruh psikologis yang sangat tinggi (goestoge.wordpress.com, diakses pada 27 Februari 2011).
Perusahaan-perusahaan  konsumen  juga  sangat  mementingkan  jargon  atau slogan. Karena jika sudah terkenal, slogan akan menjadi ciri khas dan andalan perusahaan. (Anggoro, 2000 : 285).
Logo PT Telkom Indonesia Tbk digambarkan memiliki makna sederhana dan  modern  oleh  perusahaan,  yang  seharusnya  dapat  membentuk  pencitraan merek yang positif di kalangan anak muda dan mahasiswa yang menjadi salah satu target pasar dari PT. Telkom Indonesia Tbk. Dengan adanya pencitraan merek  yang  positif,  tentunya  akan  memberikan  dampak  terhadap  keinginan menggunakan  produk-produk  dan  layanan-layanan  yang  ditawarkan  oleh  PT Telkom Indonesia Tbk.
Produk-produk  dan  layanan-layanan yang  ditawarkan  oleh  PT.  Telkom Indonesia Tbk adalah : 1. Sambungan telepon tidak bergerak (telepon rumah) 2. Sambungan  telepon  bergerak  (  Seluler  GSM:  Telkomsel  dan  CDMA: Telkom flexi).
3. Sambungan langsung Internasional (SLI) 4. Layanan Internet Speedy.
5. Layanan tv kabel, Telkomvision.
(www.telkom.co.id, diakses pada 23 Februari 2011)diolah.
 Sebelum melakukan penyebaran kuesioner, penulis melakukan pra-survey terhadap 20 orang mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi USU. Berikut adalah tabel dari pendapat responden terhadap logo PT. Telkom Indonesia : Tabel 1.1 Pengetahuan Logo PT Telkom Indonesia Tbk Mengetahui Logo Telkom Jawaban Persentase Ya 11 55% Tidak 9 45% Total 20 100% Sumber : Pra-survei pada mahasiswa Fakultas Ekonomi USU Tabel 1.2 Pendapat tentang Produk dan Layanan PT Telkom Indonesia Tbk Pendapat tentang Produk dan Layanan Telkom Jumlah Persentase Murah 11 55% Pelayanan Baik 4 20% Biasa Saja 2 10% Mahal 3 15% Total 20 100% Sumber : Pra-survei pada mahasiswa Fakultas Ekonomi USU.
Tabel 1.3 Keinginan Menggunakan Produk dan Layanan PT Telkom Indonesia Tbk Keinginan menggunakan produk dan layanan Jumlah Persentase Ya 14 70% Tidak 6 30% Total 20 100% Sumber : Pra-survei pada mahasiswa Fakultas Ekonomi USU Berdasarkan hasil pra-survei yang diperoleh, maka dapat diketahui bahwa mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi USU mengetahui logo PT.Telkom Indonesia Tbk,  dan  mengetahui  bagaimana  produk  dan  layanan  PT.Telkom  Indonesia  Tbk  serta  dari  hasil  pra-survey  juga  menunjukkan  keinginan  mahasiswa  S1 Fakultas  Ekonomi  USU  untuk  menggunakan  produk  dan  layanan  yang ditawarkan oleh PT.Telkom Indonesia Tbk.
Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis  Pengaruh  Logo  PT  Telkom  Indonesia  Tbk  Terhadap Pembentukan Brand  Image Pada  Mahasiswa  S1  Reguler  Fakultas Ekonomi USU”.
1.2. Perumusan Masalah Masalah yang akan diteliti oleh penulis adalah “Apakah logo (bentuk, jenis huruf,  warna  dan  slogan/tagline)  PT  Telkom  Indonesia  Tbk  berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan brand image pada mahasiswa S1 reguler Fakultas Ekonomi USU?” 1.3. Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk : a. Mengetahui  pengaruh  logo  PT  Telkom  Indonesia  Tbk,  terhadap pembentukan brand  image pada  mahasiswa  S1  reguler  Fakultas Ekonomi USU.
b. Mengetahui  latar  belakang,  arti  identitas  ,  serta  tujuan  dari  logo PT.Telkom Indonesia Tbk.
c. Melihat  apakah  komitmen  PT.Telkom  Indonesia  Tbk  melalui  logo dapat tercermin dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari.
 1.4. Manfaat Penelitian Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah : a. Akademik : Menambah  referensi  kepustakaan  dan  pengetahuan  di  bidang komunikasi  bisnis  mengenai  identitas  perusahaan  khususnya  logo perusahaan, pada perusahaan di bidang telekomunikasi.
b. Praktis Bagi Perusahaan : 1. Dapat dijadikan masukan bagi perusahaan apakah logo perusahaan akan  berpengaruh  terhadap  pembentukan brand  image di  benak konsumen.
2. Dapat  menunjukkan  bagaimana  tanggapan  konsumen  mengenai logo PT Telkom Indonesia Tbk.
Bagi Penulis : a. Penulis  memperoleh  wawasan  dan  pengalaman  bagaimana melakukann suatu penelitian.
b. Memperoleh  banyak  pengetahuan  dari  hasil  pengamatan  di lapangan terkait dengan penelitian yang dilakuakan.
c. Penelitian ini merupakan suatu kesempatan untuk menerapkan teori pemasaran, khususnya mengenai identitas perusahaan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi