Senin, 03 Maret 2014

Skripsi Ekonomi Pembangunan: ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN KARYAWAN PT. PP LONDON

BAB I PENDAHULUAN 
1.1. latar belakang
Kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang berpenghasilan sangat kecil, bahkan lebih kecil daripada kebutuhan hidupnya, sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah telah mengembangkan penerapan pendapatan yang harus diterima karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan, sasarannya adalah supaya pendapatan itu paling sedikit cukup memenuhi kebutuhan hidup karyawan dan keluarganya.

Dalam kaitannya dengan tingkat pendapatan, pemerintah mengambil kebijaksanaan UMR (Upah minimum Regional) untuk menerapkan pendapatan yang harus diterima setiap karyawan dalam satu bulan yang berlaku dalam satu daerah tertentu, yang mana merupakan syarat bagi setiap daerah atau perusahaan untuk dapat menetapkan pendapatan terhadap karyawan yang bekerja di perusahaannya guna kesejahteraan hidupnya.
SDM merupakan salah satu sumber daya pembangunan nasional suatu daerah maupun negara, bahkan sumber daya yang penting disamping sumber daya alam, sumber daya Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi), dan sumber daya lain yang berperan dalam pembangunan nasional suatu negara. Tanpa SDM suatu negara maupun daerah tidak mungkin dapat melakukan suatu kegiatan, termasuk kegiatan yang berorientasi pada pembangunan, yang mana hasil daripada kegiatan itu adalah pendapatan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup karyawan dan keluarganya.
 Dan sebaliknya pula, kebutuhan hidup tidak akan tercapai apabila manusia itu tidak mempunyai pekerjaan karena dengan bekerja seseorang akan memperoleh hasil atau pendapatan yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Pada dasarnya, pendapatan merupakan sumber utama penghasilan bagi setiap orang. Sebab itu, pendapatannya harus cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup karyawan dan keluarganya sampai yang paling minimum, pemenuhan ini merupakan tangung jawab bersama antara pemerintah dan perusahaan untuk menjamin bahwa pemenuhan hidup karyawan dapat terpenuhi melalui pekerjaan darimana dia memperoleh pendapatan.
Pendapatan yang lebih baik pengunaanya dalam pemenuhan kebutuhan hidup akan mendorong dan meningkatkan produktivitas kerja karyawan, yang mana produktivitas kerja karyawan dipengaruhi banyak faktor antara lain : tingkat gizi, kesehatan, pendidikan, dan manajemen pimpinan. Namun bagi karyawan yang berpenghasilan rendah, tingkat gizi dan kesehatan merupakan faktor dominan untuk meningkatkan produktivitas kerja, produktivitas kerja terhambat bila kondisi gizi dan kesehatan karyawan sangat rendah, sebab itu untuk dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan, pendapatan mereka harus cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Dengan melihat begitu pentingnya pendapatan yang diterima dan digunakan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya dan merupakan faktor pendorong terlaksananya pembangunan demi kesejahteraan karyawan dan perusahaan serta negara, maka penulis tertarik untuk mengkaji dan memilih skripsi berjudul :  “ Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan karyawan PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk, kantor pusat Medan “.
1.2. Perumusan Masalah.
Sehubungan dengan latar belakang yang telah diuraikan, maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut : Apakah pengalaman atau masa kerja dan tingkat pendidikan berpengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh karyawan PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk, kantor pusat Medan? 1.3. Hipotesa Penelitian.
Hipotesa adalah merupakan jawaban sementara permasalahan yang kebenarannya masih harus diuji, berdasarkan perumusan masalah di atas dapat diambil hipotesis penelitian adalah sebagai berikut : “ Pengalaman atau masa kerja dan tingkat pendidikan mempunyai pengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh karyawan PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk, kantor pusat Medan “.
1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitiaan.
1. Tujuan dari penelitian ini adalah :.
a. Mengkaji pengaruh pengalaman atau masa kerja terhadap pendapatan yang diperoleh karyawan PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk, kantor pusat Medan.
b. Mengkaji pengaruh tingkat pendidikan terhadap pendapatan yang diperoleh karyawan PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk, kantor pusat Medan.
 2. Manfaat dari penelitian ini adalah : a. Untuk menambah dan melengkapi hasil-hasil penelitian yang telah ada, khususnya di bidang ekonomi.
b. Sebagai bahan perbandingan terhadap penelitian yang relefan yang pernah ada.
c. Sebagai bahan studi dan tambahan literatur bagi mahasiswa-mahasiswi fakultas ekonomi  khususnya mahasiswa-mahasiswi ekonomi pembangunan.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi