Rabu, 05 Maret 2014

Skripsi Ekonomi Pembangunan: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INVESTASI

1BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Investasi merupakan suatu pengeluaran sejumlah dana dari investor atau pengusaha guna membiayai kegiatan produksi untuk mendapatkan profit di masa yang akan datang. Investasi tercipta dari pendapatan yang di tabung atau dari penanaman modal baik secara langsung maupun tidak langsung oleh berbagai pihak dengan tujuan memperbesar output dan meningkatkan pendapatan di kemudian hari. Investasi yang lazim di sebut dengan istilah penanaman modal, akan memberikan banyak pengaruh kepada perekonomian suatu Negara ataupun dalam cakupan yang lebih kecil, yaitu daerah.

Adakalanya pada suatu tingkat pendapatan nasional tertentu, tingkat investasi mencapai tingkat yang tinggi dan menjadi sangat berbeda pada saat-saat lainnya. Hal ini dapat dimungkinkan karena besarnya tingkat investsi yang sangat bergantung kepada besarnya harapan yang akan dicapai di masa yang akan datang. Apabila ramalan di masa akan datang prospektif, maka ada kecenderungan para investor akan melakukan lebih banyak investasi, dan begitu pula sebaliknya.
Secara umum fluktuasi tingkat investasi ditentukan oleh beberapa faktor yaitu:
(i) Proyeksi di masa yang akan datang

1(ii) Tingkat suku bunga
(iii) Perubahan dan perkembangan teknologi
(iv) Tingkat pendapatan nasional dan fluktuasinya
(v) Tingkat keuntungan perusahaan
Seperti dikethui bahwa investasi melalui proses multiplier-nya akan menciptakan pertambahan dalam pendapatan nasional. Investasi pada tahap awal melalui mulplier effect akan menyebabkan permintaan produktif masyarakat meningkat, hal ini akan mendorong tumbuhnya jenis investasi lain.
Ada dua peran investasi dalam makro ekonomi. Pertama, karena merupakan pengeluaran yang cukup besar dan tidak mudah habis. Perubahan besar dalam investasi akan sangat mempengaruhi permintaan Agregat dan ahirnya akan berpengaruh juga pada output dan kesempatan kerja. Kedua, investasi akan mendorong terjadinya akumulasi modal, penambahan stok bangunan gedung dan peralatan penting lainnya akan meningkatkan output potensial suatu bangsa dan merangsang pertumbuhan suatu bangsa di bidang ekonomi untuk jangka panjang.
Dengan demikian investasi memainkan dua peran yakni mempengaruhi output jangka pendek melalui dampaknya terhadap permintaan Agregat dan mempengaruhi laju pertumbuhan output jangka panjang melalui dampak pembentukan modal terhadap output potensial dan penawaran Agregat.
Pada lingkup Kota Medan, tingkat Investasi juga terjadi di berbagai sektor, terutama setelah krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1997. hal ini dapat di pahami, karena kota medan berkedudukan sebagai ibu kota propinsi, dimana kota
1Medan juga berperan sebagai pusat kegiatan ekonomi yang memiliki potensi dan daya tarik di sumatera utara, sehingga merupakan pasar potensial bagi kegiatan investor, di samping itu Kota Medan memiliki berbagai macam keunggulan baik di sektor pertanian, industri, pariwisata, kelautan dan jasa. Yang harus digali dan dikembangkan lagi untuk kemajuan Kota Medan.
Guna mengetahui sejauh mana investasi di Kota Medan maka perlu dilakukan penelitian tentang “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi investasi di Kota Medan”
1.2 Perumusan Masalah
Bertitik tolak dari masalah diatas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini apakah PDRB, tingkat suku bunga dan pengeluaran pemerintah mempengaruhi investasi di Kota Medan?
1.3 Hipotesa
Hipotesa merupakan jawaban sementara terhadap permasalahan yang ada yang masih perlu dikaji kebenarannya melalui data-data yang terkumpul, dari permasalahan yang ada maka hipotesanya adalah sebagai berikut :
1. PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) akan mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat investasi.
2. Tingkat Suku Bunga akan mempunyai pengaruh negatif terhadap tingkat investasi.
13. Pengeluaran Pemerintah akan mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat investasi.
1.4 Tujuan penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui pengaruh PDRB terhadap investasi.
2. Untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga terhadap investasi.
3. Untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemeritah terhadap investasi.
1.5 Manfaat penelitian
1. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan dan pengetahuan bagi pembaca mengenai investasi.
2. Hasil penelitian juga dapat dijadikan referensi bagi penulis lainnya.
3. Hasil penelitian ini menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan penulis dalam melakukan penelitian.
4. Sebagai penambah, pelengkap sekaligus pembanding hasil-hasil penelitian yang ada menyangkut topik yang sama.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi