Senin, 03 Maret 2014

Skripsi Ekonomi Pembangunan: DAMPAK KONVERSI MINYAK TANAH KE ELPIJI 3 KG TERHADAP PENDAPATAN USAHA PEDAGANG BAKSO


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang

Konversi minyak tanah ke elpiji 3 Kg merupakan program kebijakan pemerintah untuk pengalihan penggunaan minyak tanah bersubsidi oleh masyarakat ke elpiji 3 Kg melalui pembagian paket elpiji 3 Kg beserta isi, kompor, regulator dan selang secara gratis kepada masyarakat yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Beratnya beban subsidi pemerintah terutama disebabkan kecenderungan kenaikan harga minyak dunia menjadi salah satu faktor utama yang mendorong pemerintah untuk terus mendukung suksesnya program ini.

Pelaksanaan program konversi ini berdasarkan Kebijakan Energi Nasional (Perpres No 5 Tahun 2006) antara lain melalui diversifikasi energi yaitu penganekaragaman penyediaan dan pemanfaatan berbagai sumber energi dalam rangka optimasi penyediaan energi. Dalam hal ini untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak tanah dapat dialihkan ke elpiji. Pemerintah menunjuk Kementerian Negara Koperasi dan UKM bersama dengan PT. Pertamina dan Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan sebagai pelaksana.
Pada awalnya di Kota Medan terjadi penolakan oleh ratusan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pemakai Minyak Tanah Subsidi di Sumatera Utara. Mereka menilai pembagian gas yang disalurkan kepada masyarakat tidak efektif digunakan jika dilihat dari proses pembelian yang tidak dapat dibeli secara

eceran, selain itu adanya wacana bahwa tabung elpiji 3 Kg mudah meledak sehingga dapat terjadi kebakaran yang akhirnya akan menelan korban jiwa. Namun demikian, berkat kerjasama Pemerintah Kota Medan dan PT. Pertamina (Persero) sebagai pelaksana, pendistribusian paket konversi mulai terlaksana di bulan Agustus 2009.
Terdapat 7.360 paket konversi yang diberikan kepada usaha mikro di Kota Medan diantaranya terdiri dari 3.004 pedagang bakso. Usaha mikro yang dikenakan program konversi ini adalah usaha mikro yang menggunakan minyak tanah sebagai bahan produksinya.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi