Senin, 03 Maret 2014

Skripsi Ekonomi Pembangunan: FAKTOR-FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI LISTRIK BAGI RUMAH TANGGA MASYARAKAT


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Proses pembangunan pada dasarnya bukanlah sekedar fenomena ekonomi semata. Pembangunan tidak sekedar ditunjukkan oleh prestasi pembangunan ekonomi yang dicapai oleh suatu Negara, namun lebih dari itu pembangunan memiliki persfektif yang luas. Dimensi sosial yang sering terabaikan dalam pendekatan pertumbuhan ekonomi, justru mendapat tempat strategis bagi proses pembangunan. Selain mempertimbangkan dampak aktivitas ekonomi terhadap kehidupan sosial masyaraka. Lebih dari itu, proses pembangunan dilakukan
upaya yang bertujuan untuk mengubah struktur perekonomian yang lebih baik. Pembangunan juga merupakan suatu proses berkelanjutan yang mencakup berbagai bidang dan diajukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan partisipasi aktif serta kerjasama antar masyarakat, dunia usaha dan pemerintah (Arsyad, 1992).
Pembangunan ekonomi yang mengelola kekayaan bumi Indonesia, seperti kehutanan, pertambangan dan energi harus senantiasa memperhatikan bahwa pengelolan sumber daya alam dan energi. Disamping untuk memberikan manfaat masa kini, juga menjamin kehidupan masa depan. Pembangunan sektor ini juga harus membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi pembagunan wilayah, pembagunan daerah dan peningkatan taraf hidup rakyat.
Energi merupakan sumber daya yang dibutuhkan oleh kehidupan dan bagi pembangunan, terutama untuk mendukung proses industrialisasi. Pembangunan




energi diarahkan untuk mendorong kegiatan pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat serta memenuhi kebutuhan energi dan meningkatkan mutu pelayanannya. Pembangunan energi harus memperhatikan kelestarian energi untuk jangka panjang, kebutuhan energi dalam negeri, peluang ekspor dan keselamatan serta kelestarian fungsi lingkungan hidup. Untuk menjaga kelestarian sumberdaya tersebut perlu diupayakan pemanfaatan secara optimal dan penggunaan peralatan dan teknologi hemat energi dalam rangka kebijakan energi nasional yang menyeluruh dan terpadu.
Pembangunan mencakup berbagai aspek. Salah satu diantaranya adalah pengembangan energy listrik yang ditujukan untuk mendorong kegiatan ekonomi masyarakat dengan selalu memperhatikan tersedianya energi secara terus menerus. Sumber-sumber energi baru dan energi yang terbarukan serta energi lestari diupayakan dan peningkatan pemanfaatannya terus didorong dengan tetap memperhatikan aspek ekonomi, budaya dan tidak merusak lingkungan.
Listrik merupakan tulang punggung bagi awal dan kelanjutan pembangunan industri dan tingkat hidup masyarakat. Hal ini dikarenakan energi listrik merupakan bahan bakar bagi industri besar maupun industri kecil. Bagi industri tersedianya tenaga listrik akan memberikan kemudahan perkembangan dalam memajukan industrinya sehingga akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Selain itu adanya listrik yang digunakan sebagai penerangan yang memungkinkan masyarakat melakukan aktivitas di malam hari yang akan dapat menambah penghasilan dari seseorang.


Listrik sebagai komoditi tidak dapat disimpan dalam jumlah besar. Listrik harus dibangkitkan dan diproduksi seketika serta langsung disalurkan kepada pemakai akhir dalam kuantitas dan kualitas yang tepat saat dibutuhkan. Hal ini berbeda dengan BBM yang dapat disimpan dalam tanki untuk beberapa waktu sambil menyesuaikan dengan kebutuhan. Karena itu perencanaan pengembangan tenaga listrik perlu dilakukan secara cermat. Terutama proyesi kebutuhan masa depan. Penyediaan tenaga listrik harus seimbang dengan jumlah yang dibutuhkan. Energi listrik yang terlebih mengakibatkan kapasitas yang terpasang yang ada tidak termanfaatkan, sehingga biaya persatuan kwh menjadi mahal. Begitu pula sebaliknya, kekurangan persediaan listrik akan menyebabkan pemadaman bahkan menjurus pada kerawanan sosial dan politik. Dengan demikian keseimbangan pasar tenaga listrik sangat penting, sehingga perlu dilakukan pemantauan dan penyesuaian terus menerus dari waktu ke waktu (Sugiantoro, 2000: 139).
Kebutuhan energi listrik di Indonesia yang terus meningkat, khususnya energi listrik perlu diimbangi dengan penyediaannya dengan menggunakan potensi yang ada didaerah seperti batubara, atau potensi lain seeperti potensi lesari: air terjun, angin dan sebagainya.penyediaan energi listrik mutlak dilakukan sehubungan dengan permintaan yang terus menerus meningkat, akibatnya dari semakin berkembangnya jumlah dan aktivitas manusia.
Konsumen listrik dibedakan menjadi dua kelompok yaitu kelompok pertama merupakan kelompok konsumtif, termasuk di sini adalah rumah tangga yang menggunakan listrik untuk penerangan dengan pola permintaan cendrung pada malam hari. Kelompok kedua yaitu sebagai kelompok produktif, termasuk

didalamnya adalah industri yang komersial yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaga proses produksi dengan pola permintaan cendrung siang hari.
Perumahan merupakan salah satu indikator tingkat kesejahteraan masyarakat, sedangkan penerangan merupakan fasilitas yang pokok bagi sebuah rumah. Pemakaian listrik untuk penerangan pada sebuah rumah digunakan sebagai indikator tingkat kesejahteraan masyarakat. Suatu rumah tangga dianggap sudah baik tingkat kesejahteraannya apabila ruangan-ruangan di dalam rumahnya menggunakan penerangan listrik.
Mengingat tenaga listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok mesyarakat yang cukup penting dan menyangkut kepentingan umum, maka pengelolaannya menjadi tanggung jawab pemerinah walaupun dimungkinkan sektor swasta untuk berperan didalamnya. Listrik termasuk kebutuhan dasar masyarakat modern baik yang tinggal didaerah perkotaan maupun pedesaan, maka mendorong pemerintah untuk meningkatkan penyediaan tenaga listrik dengan melaksanakan program pengembangan tenaga listrik.
Selain itu listrik sangat dibutuhkan untuk membantu kegiatan sehari-hari, dari mulai untuk penerangan sampai untuk membantu memperlancar pekerjaan, seperti kegiatan usaha. Dengan listrik semua pekerjaan dapat dilaksanakan lebih praktis, apalagi dizaman modern seperti sekarang ini, perabotan-perabotan rumah tangga, bahkan sampai mainan anak-anak menggunakan tenaga listrik. Tidak hanya dikota saja yang menganggap listrik sudah merupakan barang kebutuhan pokok, tetapi didesa juga begitu.

Dengan demikian jaringan listrik semakin luas karena masyarakat desa sudah bisa menikmati adanya listrik, sehingga permintaan daya sambung listrik semakin meningkat.
Badan Usaha Milik Negara masih tetap memegang peranan penting dalam usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum. Penyediaan tenaga listrik dapat diselenggarakan dengan jalan memberikan tugas kepada Badan Usaha Milik Negara untuk mengelola segmen usaha monopoli alamiah seperti transmisi dan distribusi. Selain itu Badan Usaha Milik Negara juga memberikan kesempatan untuk tetap mengelola segmen usaha yang bersifat strategi seperti pengelolah system tenaga listrik yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN).
Permintaaan energi listrik terus mengalami peningkatan untuk setiap tahunnya. Hal ini disebabkan semakin tingginya konsumsi listrik oleh masyarakat di Kelurahan Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, sejalan semakin membaiknya kondisi perekonomian akibat pembangunan yang terus-menerus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Untuk Indonesia, kebutuhan listrik masyarakat di penuhi oleh PLN Pusat, sedangkan Untuk Sumatera Utara kebutuhan listrik masyarakat dipenuhi oleh PLN Wilayah Sumatera Utara, dan untuk Kelurahan Tembung kebutuhan Listrik masyarakat dipenuhi oleh PLN Cabang Lubuk Pakam.
Berikut adalah nama-nama Desa/Kelurahan dan jumlah penduduk yang ada di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi