Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISA LAPORAN PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PROGRAM DIPLOMA III DI FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Setiap perusahaan harus mengetahui perkembangan kegiatan usahanya dari waktu ke waktu agar dapat mengetahui apakah perusahaan mengalami kemajuan atau kemunduran, serta perlu juga mengetahui keadaan keuangan pada saat tertentu. Hal ini dapat dilihat melalui laporan pertanggung jawaban perusahaan dalam bentuk laporan keuangan.

Salah satu bentuk laporan keuangan tersebut adalah laporan arus kas dimana dalam laporan tersebut akan terlihat arus masuk dan arus keluar dari kegiatan usaha, yang dapat digunakan sebagai salah satu alat analisa keuangan yang sangat penting bagi suatu pimpinan. Dengan analisa tersebut maka akan dapat diketahui berapa besar dana yang dibutuhkan agar mampu membiayai operasi perusahaan sehari – hari yang dapat menguntungkan perusahaan dan memungkinkan perusahaan untuk beroperasi seefisien mungkin serta tidak mengalami kesulitan keuangan.
Apabila kas yang tersedia dalam suatu perusahaan terlampau kecil, maka akan mengakibatkan operasi perusahaan akan terganggu atau terhambat sehingga akan menimbulkan kerugian dan sebaliknya jika kas yang tersedia
  
dalam suatu perusahaan terlalu besar akan mengakibatkan adanya pemborosan yang juga dapat merugikan perusahaan. Dengan demikian, kas yang tersedia dalam suatu perusahaan haruslah cukup, yaitu sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk membiayai operasi perusahaan sehari-hari.
Dengan adanya analisa laporan arus kas ini maka akan dapat membantu pihak yang berkepentingan baik pihak intern seperti pemilik perusahaan/lembaga, pimpinan perusahaan/lembaga, karyawan maupun pihak ekstern perusahaan/lembaga untuk mengetahui dari mana diperoleh sumber kas dan bagaimaa penggunaan kas tersebut dapat membantu pihak tersebut dalam mengambil keputusan.
Berdasarkan uraian diatas dan melihat pentingnya pengelolaan kas dalam suatu perusahaan/lembaga maka penulis merasa tertarik dan mencoba membahas dengan memilih judul “ANALISA LAPORAN PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PROGRAM DIPLOMA III DI FAKULTAS EKONOMI  ”.
B. Permasalahan
Agar dalam pembahasan tidak terjadi kerancuan dan penyimpangan, maka perlu adanya batasan perumusan masalah sehingga tujuan penelitian dapat tercapai. Adapun batasan permasalahan dalam tugas akhir ini adalah
  
Apakah Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi Sumatera Utara sudah efektif.
C. Maksud dan Tujuan Penelitian

Adapun yang menjadi maksud dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah:
1. Bagi penulis untuk mengetahui laporan arus kas dari laporan keuangan suatu perusahaan.
2. Bagi perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan perencanaan dan kebijakan pada waktu pengambilan keputusan dimasa yang akan datang.
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah:
1. Untuk menegtahui gambaran yang jelas sampai sejauh mana analisa laporan penerimaan dan pengeluaran kas pada Diploma III Fakultas Ekonomi  .
2. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidian program Diploma III Jurusan Keuangan pada Fakultas Ekonomi  .


  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi