Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS ALIRAN KAS PADA CV. SAMUDRA NET


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Secara umum perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain, dimana sumber daya (input) diproses untuk menghasilkan barang dan jasa (output). Dalam menjalankan kegiatan produksi dan distribusi, perusahaan membutuhkan aktiva yang dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sehingga akan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya selain bertujuan mencari laba juga untuk tetap mempertahankan partumbuhan perusahaan itu sendiri, agar tujuan diatas dapat tercapai maka semua faktor-faktor produksi yang mempengaruhi hal tersebut haruslah diperhatikan dan diatur secara baik. Seluruh faktor-faktor produksi mempunyai peranan yang sama pentingnya dalam mencapai tujuan perusahaan, karena itu masing-masing faktor tersebut harus dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sehingga akhirnya akan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan.
Perusahaan yang modern, kasnya dikelola sedemikian rupa sehingga kas menjadi produktif dan selalu tersedia untuk menghindari resiko kekurangan dana dan resiko kapailitan, sistem manajemen yang baik ditandai dengan adanya pemeriksaan dari waktu ke waktu, apakah menjalani kemajuan atau kemunduran dan yang paling penting adalah mengetahui keadaan keuangan perusahaan pada waktu tertentu. Keadaan ini dapat dilihat dari laporan pertanggung jawaban pimpinan dalam bentuk laporan keuangan.
Alat yang dapat memberikan informasi dalam menilai keadaan suatu perusahaan adalah analisa laporan keuangan dimana pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan tersebut dapat menjadikan laporan keuangan sebagai dasar mengambil keputusan, sebab salah satu tujuan dibuatnya

laporan keuangan bagi manajemen adalah sebagai alat pertanggungjawaban kepada pemilik perusahaan atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.
Dalam laporan keuangan akan ditemukan kesulitan untuk mengetahui bagaimana ekspansi perusahaan atau seberapa besara dana yang diperoleh yang berasal dari operasi, sehinga perlu dibuat suatu laporan analisa yang terperinci dan akurat yaitu laporan arus kas yang dapat digunakan untuk menilai hasil-hasil yang telah dicapai perusahaan pada masa yang akan datang.
Segala transaksi yang terjadi pada perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya selalu berhubungan dengan kas. Kas merupakan aktiva lancar yang terdapat di dalam neraca yang dapat dicairkan dengan cepat dan merupakan asset yang paling aktif sehingga pengelolaannya menjadi sangat penting. Arus kas yang pengelolaanya tidak benar akan mengakibatkan ketidakseimbangan antara arus kas masuk dan arus kas keluar.
Laporan arus kas adalah suatu laporan yang menggambarkan penerimaan dan pengeluaran kas serta perubahan bersih pada kas yang berasal dari aktifitas operasional, investasi dan pendanaan perusahaan selama satu periode tertentu dan juga merupakan suatu format yang merekonsiliasikan saldo kas awal dan saldo kas akhir.
Laporan arus kas dimaksudkan untuk memberikan ikhtisar tentang arus kas masuk dan arus kas keluar untuk satu periode. Hasil arus kas masuk meliputi arus kas masuk hasil dari aktivitas operasi utama perusahaan, aktivitas sampingan dan dari aktivitas yang tidak biasa. Sedangkan arus kas keluar digunakan untuk mempertahankan aktivitas inti yaitu dengan melakukan investasi yang didalamnya termasuk pembelian bahan baku dan peralatan. Selain itu arus kas keluar juga digunakan untuk memenuhi kewajiban pembiayaan melalui hutang dan ekuitas, pembayaran dan lainnya.
Pengelolahan kas yang baik dan benar akan mengakibatkan dampak positip bagi perusahaan, antara lain seperti :


1.       
Efektifitas dan efisiensi dari biaya-biaya yang keluar dari kas perusahaan.

Penggunaan kas secara maksimal guna meningkatkan laba perusahaan.

Menghindari adanya kas yang menganggur dengan mengalokasikan secara tepat dan menguntungkan ke tempat lain.

Dengan uraian diatas, maka masalah kas dan pengelolaannya menjadi sangat penting didalam suatu perusahaan, sehingga penulis tertarik untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan kas yang sudah diterapkan pada CV. Samudra Net Medan.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan keterangan-keterangan yang telah diuraikan sebelumnya maka permasalahan yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian adalah :
1.       
Apakah CV. Samudra Net Medan telah mengelola kas sesuai dengan sistem menajemen aliran kas yang baik, terutama dalam hal penggunaan dana atau kas yang dimilikinya untuk menjalankan kegiatan operasional ?

Apakah perputaran arus kas pada CV. Samudra Net Medan dapat mendukung pencapaian tujuan perusahaan dalam memperoleh laba ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan dan manfaat penelitian ini adalah :
1. Tujuan Penelitian :
Untuk mengetahui apakah perputaran kas didalam perusahaan cukup baik sehingga dapat mendukung tujuan perusahaan dalam memperoleh laba.
2. Manfaat Penelitian :
a.
Untuk memberi masukan kepada CV. Samudra Net Medan dalam mengelola dan meningkatkan aliran kasnya dengan baik.



b.
Untuk memperluas wawasan penulis mengenai aliran kas yang terjadi dalam suatu perusahaan dan membandingkan dengan teori yang penulis peroleh selama dalam perkuliahan.
c.
Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Program Diploma III Pada Fakultas Ekonomi .
d.
Sebagai bahan referensi bagi rekan-rekan mahasiswa/i yang akan melakukan penelitian dimasa yang akan datang.

D. Metode Penelitian :
1. Lokasi Penelitian :
CV. Samudra Net Medan yang bergerak dalam bidang Jasa Rental Internet 24 jam, Penjualan Snack, Soft Drink, yang berlokasi di Jl. Jamin Ginting No. 229 P. Bulan – Medan (Sumber USU).
2. Sumber Data :
a. Data Primer adalah data yang diperoleh langsung dari objeknya (Manajer Keuangan & Pimpinan) mengenai pengelolaan aliran kas pada CV. Samudra Net Medan dengan melakukan wawancara dengan Pimpinan Perusahaan.
b. Data Sekunder adalah data yang diperoleh dari luar objek.
3. Teknik Pengumpulan Data :
Dalam menulis Skripsi Minor ini penulis menggunakan 2 teknik pengumpulan data yaitu :
a. Interview (Wawancara) yaitu dengan cara melakukan wawancara dengan pihak yang dianggap berhak dalam memberikan keterangan, dalam hal ini penulis melakukan wawancara dengan pimpinan CV. Samudra Net Medan.
b. Dokumentasi yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan mengamati dokumen yang dimiliki oleh perusahaan untuk diolah oleh peneliti yang berkaitan dengan Laporan Arus Kas dan difokuskan pada

Manajemen Perusahaan, Sarana dan Prasarana yang dimiliki oleh Perusahaan
4. Metode Analisis :
a. Analisis Data Deskriptif
Merupakan serangkaian kegiatan penelitian yang dilakukan dengan jalan mengumpulkan data-data yang diperoleh, selanjutnya diolah kembali sehingga memperoleh gambaran jelas, terarah, menyeluruh dari masalah yang dibahas secara umum.
b. Analisis Metode Deduktif
Metode ini dilakukan dengan cara memberikan alasan dengan berpikir dan bertolak dari pernyataan yang bersifat umum dan mengambil kesimpulan yang bersifat khusus atau spesifik
c.
Analisis Metode Komparatif

Metode ini digunakan untuk membandingkan data-data yang dimiliki perusahaan setiap tahunnya, meliputi laporan neraca, laba rugi dengan tujuan menganalisis seberapa besar perkembangan perusahaan setiap tahunnya.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi