Rabu, 12 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS BIAYA OPERASIONAL PADA PT. DELA ROHITA

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Perusahaan adalah suatu lembaga yang terorganisir dan dijalankan untuk menyediakan barang dan jasa untuk masyarakat dengan motif (incentive) keuntungan. Oleh karena itu, suatu perusahaan di bentuk untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan utama perusahaan adalah mencari laba (profit), kelangsungan hidup (continuity) dan pertumbuhan (growth). Disamping itu juga ada tujuan – tujuan lain yang ingin dikejar oleh perusahaan seperti:
perkembangan, prastise, servis, dan diterimanya lembaga dalam kehidupan masyarakat. Didalam mencapai tujuan tersebut perusahaan menetapkan langkah – langkah yang harus ditempuh, dan kemudian diambil suatu tindakan korektif yang mengarah pada tujuan organisasi pada perusahaan. Untuk memahami bagaimana mempengaruhi laporan keuangan, seseorang harus memahami siklus biaya operasional dalam suatu perusahaan. Dalam hal ini penulis menitik beratkan pada manajemen biaya operasional yang dapat berguna bagi para pemakai laporan keuangan sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan menilai kebutuhan perusaan untuk menggunakan biaya operasional tersebut.
Laba yang menjadi tujuan perusahaan tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi laba diperoleh dengan usaha yang dilakukan secara terencana, teratur dan terus Lia Suryani Pohan : Analisis Biaya Operasional Pada PT. Delta Rohita Contractor & trade, 2010 2
menerus. Dalam pengertian ini, untuk memperoleh laba maka perusahaan harus mampu menekan biaya atau dengan kata lain perusahaan dapat bekerja seefisien mungkin. Pengalokasian biaya yang tepat dan efisien dapat memperkecil jumlah biaya yang akan terjadi. Misalkan dengan memperkecil atau bahkan menghilangkan biaya yang tidak menambah ”valued added” pada barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan merupakan salah satu pengalokasian biaya yang efisien, dimana biaya akan berkurang tetapi dengan tidak mengurangi nilai kualitas barang atau jasa tersebut.Efisiensi dalam setiap kegiatan merupakan faktor untuk mencapai sasaran yang telah diterapkan. Kholmi (2004;11)Biaya adalah pengurangan pada aktiva netto sebagai akibat digunakannya jasa – jasa ekonomi untuk menciptakan penghasilan. Biaya operasional merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan anggaran operasional yang baik, dapat mendukung tujuan akhir perusahaan tersebut. Anggaran biaya operasional merupakan anggaran yang bertujuan untuk menyusun anggaran berupa daftar yang disusun secara sistematis atas pendapatan, beban, dan laba rugi yang di peroleh suatu perusahaan selama periode tertentu.
Anggaran biaya dalam bidang operasional perusahaan sangat penting guna menghindari terjadinya penyimpangan biaya yang tidak diperlukan, yang dapat menyebabkan biaya operasional perusahaan semakin besar karena pada dasarnya perusahaan menginginkan keuntungan yang besar, pertumbuhan yang cepat dan kelangsungan hidup yang lama. Suatu anggaran yang baik dapat membantu pihak manajemen dalam melakukan perencanaan terhadap pelaksanaan kegiatan usaha dan pengawasannya. Anggaran menuntut keputusan pengalokasian sumber daya menuju Lia Suryani Pohan : Analisis Biaya Operasional Pada PT. Delta Rohita Contractor & trade, 2010 3
pencapaian sasaran, disamping itu anggaran juga mempunyai fungsi pengawasan yaitu mengawasi apakah pelaksanaan suatu kegiatan itu sudah dijalankan sesuai dengan rencana yang dibuat. Apabila tujuan untuk mencapai keuntungan tidak dapat direalisasikan dalam jangka waktu tetentu, maka kapital yang telah ditanam oleh para pemilik perusahaan itu akan ditarik / diminta kembali dan perusahaan tersebut akan mengalami kesulitan, oleh karena itu keuntungan merupakan dasar hidupnya suatu perusahaan. Dalam praktek tidak ada jaminan bahwa perusahaan akan selalu memperoleh laba kecuali dengan manajemen yang baik. Dengan kata lain perusahaan dapat memperoleh keuntungan atau dapat juga menderita kerugian. Agar perusahaan bekerja secara efisien dibutuhkan suatu rencana yang baik. Perencanaan dibuat dalam berbagai bidang. Salah satu bidang perencanaan adalah bagian keuntungan. Perencanaan di bidang keuangan atau rencana yang dinilai dengan uang disebut dengan anggaran. Anggaran merupakan rencana kegiatan yang dilakukan dengan teliti, didsarkan atas pengalaman masa lalu dan ramalan pada masa yang akan. Anggaran yang disusun secara teliti dan terperinci dapat menjadi data yang sangat akurat bagi pimpinan dalam melaksanakan tugasnya.
Dalam menganalisa biaya operasional tersebut, setiap perusahaan mempunyai sistem yang berbeda – beda sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut. Biasanya dalam penentuan dan pemakaian sistem analisa biaya operasional sering terjadi kesalahan – kesalahan sehingga hasil dari biaya operasinal tidak sesuai dengan jumlah persediaan yang sebenarnya.Lia Suryani Pohan : Analisis Biaya Operasional Pada PT. Delta Rohita Contractor & trade, 2010 4
Untuk menunjang tercapainya tujuan – tujuan perusahaan diperlukan adanya perencanaan. Perencanaan selalu diikuti dengan pengawasan, pengawasan dimaksudkan untuk menjamin aktifitas yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Pengawasan yang dimaksudkan untuk menilai sampai sejauh mana prinsip efisiensi telah tercapai dalam melaksanakan kegiatan. Anggaran dapat digunakan alat untuk melakukan perencanaan dan pengawasan yaitu dengan membandingkan realisasi dengan apa yang seharusnya dicapai sesuai dengan apa yang dianggarkan. Dari perbandingan dapat dinilai apakah operasi perusahaan telah berjalan dengan efisien dan dapat ditentukan apakah ada penyiimpangan – penyimpangan yang terjadi dalam perusahaan tersebut. Melalui latar belakang masalah diatas, bahwa pentingnya perencanaan penyusunan anggaran biaya operasioanal didalam suatu perusahaan, maka penulis tertarik untuk memilih judul ” ANALISIS BIAYA OPERASIONAL PADA PT. DELLA ROHITA Contractor and Trade”
B. Perumusan Masalah

Dalam menjalankan kegiatan usaha, perusahaan sering mengalami hambatan, baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan. Pengelolaan biaya operasional yang cermat dan tepat akan membantu manajemen perusahaan mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Sehubungan dengan latar belakang diatas, maka pokok permasalahan yang dibahas yaitu ”Bagaimana PT. DELLA ROHITA Contractor and Trade dalam mengelola biaya operasionalnya”.Lia Suryani Pohan : Analisis Biaya Operasional Pada PT. Delta Rohita Contractor & trade, 2010 5

C. Tujuan Penelitian

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan:
a. Untuk dapat menilai kemampuan perusahaan dalam menggunakan biaya operasionalnya
b. Untuk dapat mengetahui bagaimana usaha yang diinginkan yang berdampak pada meningkatnya efisiensi kinerja dan produktivitas perusahaan.
c. Untuk membandingkan teori pencatatan dengan laporan keuangan khususnya laporan biaya yang dipelajari diperkuliahan dengan kenyataan yang ada dalam prakteknya diperusahaan.

D. Manfaat Penelitian
a. Bagi Penulis

Untuk memperdalam pengetahuan, penulisan paper ini digunakan untuk memperluas wawasan tentang analisis biaya operasional dalam praktek yang sebenarnya dan membandingkannya dengan teori yang dipelajari selama diperkuliahan.
b. Bagi Perusahaan

Panalitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada perusahaan untuk meningkatkan produksi dimasa mendatang, sehingga kemungkinan kesalahan operasional dapat diketahui sebagai dasar pertimabangan untuk mengambil keputusan dalam menentukan perencanaan dan kebijaksanaan di masa yang akan datang.Lia Suryani Pohan : Analisis Biaya Operasional Pada PT. Delta Rohita Contractor & trade, 2010 6

c. Bagi kalangan Akademik/ Mahasiswa


Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai bahan informasi atau refrensi penelitian dan penulisan selanjutnya, terutama mengenai biaya operasional.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi