Rabu, 12 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN PADA PT. DUTA MAHAJAYA



 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dunia usaha yang sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi, baik yang bergerak dalam bidang perdagangan maupun industri. Menyebabkan banyaknya perusahaan-perusahaan kecil bermunculan. Perusahaan merupakan suatu badan usaha yang menjalankan aktivitasnya dengan menggunakan faktor-faktor produksi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kita
ketahui bahwa tujuan utama dari setiap perusahaan tersebut adalah untuk mencapai profit, growth, dan survival. Dimana untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan adanya system manajemen yang baik khususnya persediaan.
Manajemen persediaan terdiri dari perencanaan, pengendalian dan pengawasan persediaan. Persediaan barang merupakan elemen dari modal kerja yang memiliki peranan penting bagi perusahaan dalam mengambil keputusan, dan persediaan merupakan aktiva yang selalu dalam keadaan berputar dimana secara terus menerus mengalami perubahan. Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh suatu perusahaan adalah mengadakan penilaian terhadap persediaan dan pengaruhnya terhadap laba perusahaan. Persediaan (Inventory) merupakan harta penting yang harus selalu ada pada hampir setiap perusahaan baik pada perusahaan dagang maupun perusahaan industri.
Persediaan untuk jenis perusahaan tertentu merupakan jenis aktiva lancar, sehingga dalam melaksanakan aktivitasnya pimpinan perusahaan banyak

mengalami masalah yang berhubungan dengan persediaan, misalnya untuk menentukan tingkat laba. Dapat dikatakan bahwa persediaan merupakan bagian yang esential dari kegiatan penjualan yang dilakukan untuk memperoleh laba. Penginvestasian yang dilakukan terhadap barang-barang yang dibeli atau diproduksi setiap adanya transaksi pembelian atau produksi persediaan perlu dicatat dalam laporan persediaan. Laporan persediaan yang teliti dan relevan sangat penting untuk memberikan informasi yang berguna bagi laporan keuangan.
Mengenai definisi persediaan berbagai penulis memberikan definisi yang berbeda, tapi pada dasarnya tujuannya sama. Secara definitive persediaan dapat didefinisikan sebagai berikut :
Menurut Rangkuti (1998: 7) “Persediaan merupakan suatu aktiva yang meliputi barang-barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu usaha tertentu, atau persediaan barang-barang yang masih dalam pengerjaan / proses produksi, ataupun persediaan bahan baku yang menunggu penggunaannya dalam suatu proses produksi”.
Dari kutipan diatas, dapat disimpulkan bahwa persediaan merupakan bahan-bahan, bagian yang disediakan, dan bahan-bahan dalam proses yang terdapat dalam perusahaan untuk proses produksi, serta barang-barang jadi atau produk yang disediakan untuk memenuhi permintaan dari konsumen atau pelanggan setiap waktu.
Pada prinsipnya persediaan mempermudah atau memperlancar jalannya operasi perusahaan pabrik yang harus dilakukan secara berturut-turut untuk memproduksi barang-barang serta menyampaikannya kepada para pelanggan atau konsumen.

Persediaan yang terlalu tinggi akan mengakibatkan harga pokok penjualan awal menjadi rendah. Pengadaan persediaan yang terlalu besar jika di bandingkan dengan kebutuhan akan memperbesar penyimpanan dan pemeliharaan digudang, juga akan memperbesar kemungkinan kerugian karena kerusakan. Turunnya kualitas dan keusangan akan memperkecil keuntungan perusahaan.
Dalam menjalankan aktivitas perusahaan, pimpinan perusahaan banyak mengalami masalah yang berhubungan dengan persediaan, diantaranya untuk menentukan tingkat laba. Dari dalam perusahaan dagang yang aktivitasnya membeli barang dagang untuk dijual kembali, akan mengalami kerugian bila barang dagangannya tidak tersedia pada saat dibutuhkan. Karena hal tersebut mengakibatkan perusahaan menghentikan aktivitasnya, sehingga menimbulkan kerugian bagi perusahaan.
Setiap perusahaan memiliki masalah dalam menjalankan berbagai aktivitasnya. Salah satu masalahnya adalah yang berhubungan dengan manajemen persediaan. Setiap perusahaan akan mengalami kerugian yang besar, apabila suatu barang yang dibutuhkan tidak ada tersedia dalam gudang penyimpanan. Hal ini menyebabkan perusahaan akan kehilangan pelanggan dan otomatis akan mengurangi laba. Sehingga target laba akan berkurang. Oleh karena itu persediaan memerlukan perencanaan, pengelolaan dan pengawasan yang baik sehingga tidak terjadi penimbunan persediaan yang dapat mengakibatkan aktivitas perusahaan terganggu.
Dengan demikian jelaslah apa yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah manajemen persediaan. Salah satu analisa yang dapat membantu manager

dalam mengawasi segala kegiatan perusahaan adalah dengan analisa manajemen persediaan. Memahami demikian pentingnya peranan manajemen persediaan di dalam perusahaan pada umumnya dan pada PT. DUTA MAHAJAYA MEDAN khususnya; maka penulis tertarik untuk memilih judul “ANALISA MANAJEMEN PERSEDIAAN PADA PT DUTA MAHAJAYA MEDAN”.
B. Perumusan Masalah
Pada umumnya setiap perusahaan mempunyai masalah tersendiri. Hanya saja ada kalanya masalah tersebut ada yang penting dan ada pula yang kurang penting, dimana masalah tersebut tergantung kepada ruang lingkup atau gerak operasi perusahaan.
Melihat uraian diatas yang telah mengemukakan beberapa factor yang mempengaruhi laba perusahaan di dalam laporan keuangan. Selain factor ketersediaannya barang dalam gudang, maka yang menjadi permasalahnnya adalah :
1. Bagaimana sistem persediaan yang di gunakan pada PT DUTA MAHAJAYA MEDAN ?
2. Apakah pelaksana sistem persediaan pada PT DUTA MAHAJAYA MEDAN telah efisien ?


C. Tujuan Penelitian
Sehubungan dengan terbatasnya waktu dan kemampuan penulis, maka penelitian hanya dibatasi pada Analisa Manajemen Persediaan pada PT Duta Mahajaya Medan
Adapun yang menjadi tujuan penelitian yang dilakukan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui secara jelas bagaimana cara perusahaan dalam menerapkan sistem dan metode persediaannya.
2. Untuk mengetahui bagaimana perusahaan mengefisienkan jumlah persediaannya yang ada dengan biaya yang di timbulkannya.
3. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Study Diploma III Fakultas Ekonomi .

D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan manfaat bagi perusahaan, penulis, dan bagi pihak lainnya :
1. Bagi Perusahaan

Sebagai masukkan/ input yang dapat dijadikan pedoman untuk mengambil kebijaksanaan yang lebih baik dimasa yang akan datang, serta sebagai koreksi perusahaan apabila terdapat kelemahan dalam mengelola keuangannya.


2. Bagi Penulis

Sebagai bahan masukkan untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan wawasan berpikir mengenai analisa manajemen persediaan yang dipakai pada perusahaan.
3. Bagi Pihak Lainnya

Sebagai bahan masukkan bagi civitas akademika, masyarakat dan pihak pemerintah yang membutuhkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai manajemen persediaan.

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi