BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pada
umumnya suatu perusahaan dibentuk untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan
umum dari suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba (profit).
Kelangsungan hidup (continuity and survival) dan pertumbuhan (growth).
Didalam
kegiatannya, semua perusahaan yang menghasilkan barang ataupun jasa selalu
menginginkan produk yang dihasilkan tersebut terjual di pasaran. Hal ini
dimaksudkan untuk memenuhi tujuan perusahaan tersebut. Dalam hal ini kegiatan
yang menentukan laku atau tidaknya produk tersebut adalah pemasaran. Pemasaran
yang baik, efisien dan efektif dapat meningkatkan jumlah penjualan produk yang
ditawarkan kepada konsumen.
Pemasaran
merupakan kegiatan yang penting yang perlu dilakukan suatu perusahaan yang
menghasilkan barang dan jasa, karena tanpa adanya pemasaran, produk yang
dihasilkan akan sulit untuk terjual bahkan mungkin dapat mengakibatkan barang
tidak dapat terjual sama sekali.
Pemasaran
menurut Kotler (2000:19) adalah sebagai berikut:
“Pemasaran
adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok
mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan
menukaarkan produk yang bernilai satu sama lain.”
Definisi
pemasaran ini didasarkan pada konsep inti sebagai berikut: Pertama, Kebutuhan
manusia (human needs), dimana kebutuhan manusia
merupakan ketidakberadaan beberapa kepuasan dasar. Kebutuhan
ini tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar. Mereka merupakan hakikat
biologis kondisi manusia. Yang kedua adalah keinginan (wants) dimana
keinginan adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Keinginan manusia
terus dibentuk dan diperbaharui oleh kekuatan dan lembaga sosial. Ketiga adalah
permintaan (demands) yaitu keinginan atas produk yang spesifik yang
didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. Keempat, produk (product)
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan satu kebutuhan dan
keinginan. Produk atau juga sering disebut dengan penawaran dapat dibedakan
menjadi tiga jenis, yaitu barang fisik, jasa dan gagasan. Selain keempat konsep
yang disebutkan diatas, konsep kelima yang membentuk pemasaran adalah nilai (value)
yang merupakan perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan
kebutuhannya. Keenam, biaya (cost) adalah pengorbanan pelanggan dalam
memperoleh produk ataupun jasa yang diinginkannya. Ketujuh, kepuasan (satisfaction)
dimana kepuasan berarti perasaan senang atau kecewa dari seseorang yang berasal
dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk ataupun
jasa dengan harapan-harapannya. Konsep kedelapan adalah pertukaran (exchange)
yang merupakan tindakan untuk memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang
dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan. Konsep lain yang merupakan bagian
dari pemasaran adalah transaksi (transaction) yang merupakan perdagangan
nilai-nilai antara dua pihak atau lebih. Transaksi melibatkan paling sedikitnya
dua barang yang bernilai, persyaratan yang telah disepakati, waktu kesepakatan
dan tempat kesepakatan. Kesembilan, pemasaran
hubungan (relationship) adalah praktik membangun
hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pelanggan, pemasok, dan penyalur
guna mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang mereka. Jaringan
pemasaran (marketing network) adalah pengembangan aset unik perusahaan
yang terdiri dari perusahaan dan semua pihak pendukung yang berkepentingan yang
secara bersama-sama dengan perusahaan telah membangun hubungan bisnis yang saling
menguntungkan. Pasar (market) juga merupakan konsep yang mempengaruhi
pemasaran. Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan
atau keinginan tertentu yang sama, dimana para pelanggan tersebut mungkin
bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan
keinginan itu. Terdapat tiga faktor yang harus diperhatikan dalam permintaan
pasar untuk produk dan jasa, yaitu orang-orang yang memiliki kebutuhan, daya
beli, dan perilaku pembelian mereka, jadi di dalam suatu pasar akan terjadi
suatu proses pertukaran, transaksi, dan hubungan. Selain pasar, dikenal juga
pemasar yakni seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembali yang akan
terlibat di dalam pertukaran nilai. Terakhir adalah calon pembeli, dimana calon
pembeli merupakan seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang
mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran nilai tersebut.
Konsep-konsep tersebutlah yang saling terikat didalam kegiatan pemasaran.
Itulah yang membuat pengaruh pemasaran terhadap penentuan tujuan perusahaan
sangat besar.
Untuk dapat membuat pemasaran dapat
berjalan dengan efektif dan efisien, maka diperlukan manajemen pemasaran
perusahaan yang baik. Pada
hakekatnya semua perusahaan memiliki manajemen perusahaan.
Hal ini menunjukkan pentingnya pengaruh dari pemasaran terhadap perkembangan
dari suatu perusahaan.
Definisi manajemen pemasaran menurut
Kotler (1997:13) adalah sebagai berikut : “Manajemen Pemasaran adalah proses
perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta
penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan
tujuan-tujuan individu dan organisasi.”
Pada dasarnya, didalam manajemen perusahaan ini juga dikenal
bauran pemasaran yang merupakan cakupan dari kegiatan manajemen perusahaan.
Bauran pemasaran didefinisikan oleh Kotler (1997:82) adalah sebagai berikut : “Bauran
pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang diigunakan perusahaan untuk
mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran.”
Secara umum, bauran pemasaran terdiri atas Produk(Product),
Harga (Price), Tempat saluran distribusi (Place), Promosi (Promotion)
dan Layanan pelanggan (Services). Biasanya disingkat dengan 4P ditambah
S. Produk (Product) adalah segala sesuatu yang berbentuk barang ataupun
jasa yang dapat ditawarkan ke pasar sasaran yang dapat dibeli, dikonsumsi,
untuk digunakan guna memenuhi suatu keinginan atau kebutuhan. Produk merupakan
elemen yang terpenting didalam bauran pemasaran, karena produklah yang
dipasarkan oleh perusahaan. Dengan adanya produk, perusahaan dapat memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen. Harga (Price) juga menentukan
keberhasilan suatu pemasaran. Harga bertujuan untuk mencapai target
pengembalian investasi,
menghadapi persaingan, memperoleh
keuntungan maksimum, menjaga kestabilan harga, serta mempertahankan dan
memperbaiki pangsa pasar. Tempat saluran distribusi (Place), merupakan
lokasi dimana kegiatan penyampaian produk sampai ke tangan pemakai pada waktu
yang tepat serta saluran atau mata rantai yang tepat dalam penyaluran barang
produksi tersebut. Promosi (Promotion) juga merupakan bagian dari bauran
pemasaran yang penting sebagai faktor penentu keberhasilan suatu pemasaran. Betapapun
bermanfaatnya suatu produk, jika produk tersebut tidak dikenal oleh konsumen,
maka produk tersebut tidak akan diketahui manfaatnya dan tidak akan dibeli oleh
konsumen. Oleh karena itu, perusahaan harus berusaha untuk mempengaruhi
konsumen untuk menciptakan permintaan atas produk tersebut dan kemudian usaha
tersebut harus terus dipelihara dan dikembangkan. Layanan pelanggan (Services)
merupakan hal yang sama pentingnya dengan bauran pemasaran yang lain. Layanan
pelanggan tidak hanya terbatas pada produk jasa saja, tetapi juga pada produk
barang. Pelayanan pelanggan bermanfaat untuk menambah daya tarik konsumen atas
produk yang telah dibelinya, selain itu pelayanan pelanggan juga bermanfaat
untuk mengetahui penilaian masyarakat atas kualitas dari produk-produk yang
telah diproduksi.
Selain bauran pemasaran, dikenal juga segmentasi pasar. Dalam
hal ini, perusahaan dapat menetapkan berbagai cara yang berbeda-beda untuk
memisahkan pasar, kemudian mengembangkan profil-profil yang ada pada setiap
segmen pasar dan menilai daya tarik dari masing-masing segmen tersebut. Kotler,
(1986:352) mengemukakan definisi dari segmentasi pasar, yaitu : “Segmentasi
pasar adalah usaha pemisahan pasar pada kelompok-kelompok
pembeli menurut jenis-jenis produk tertentu dan memerlukkan beuran pemasaran
tersendiri.”
Segmentasi Pasar bermanfaat untuk
mendeteksi kecenderungan perubahan pasar, merencanakan produk yang sesuai
dengan permintaan pasar, menentukan penampilan iklan secara efektif, serta memanfaatkan
penggunaan promosi yang layak dalam media yang benar pada segmen dengan
keuntungan yang terbesar. Segmentasi pasar yang efektif harus dapat diukur
besar dan daya belinya dengan tingkat tertentu, dapat dicapai dan dilayani
secara efektif, segmen pasar tersebut cukup besar atau menguntungkan serta
memiliki program efektif yang disusun untuk menarik segmen pasar yang ada.
Melihat pentingnya manfaat pemasaran yang efektif dan efisien
didalam suatu perusahaan, maka dalam Tugas Akhir ini akan dibahas mengenai “Analisis
Sistem Pemasaran Pada PT. RodaRoda Global Motorindo.”
B. Perumusan Masalah
Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan sering
mengalami hambatan dalam kegiatan pemasarannya. Pemasaran yang baik, efisien
dan efektif akan membantu manajemen perusahaan dalam mencapai tujuan yang baik
pula. Sehubungan dengan itu, maka pokok pembahasan permasalahannya yaitu : “Apakah
sistem pemasaran pada PT. RodaRoda Global Motorindo telah tersusun dengan baik,
serta dapat dilaksanakan dengan efektif dan dan efisien?”
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah:
a. Mengetahui bagaimana PT. RodaRoda
Global Motorindo melakukan sistem pemasarannya.
b. Memahami tentang sistem pemasaran
yang telah dipelajari selama masa perkuliahan.
c. Mencoba menerapkan teori-teori ilmiah praktik yang nyata
pada perusahaan tentang pemasaran perusahaan.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi
penulis, tetapi juga bagi perusahaan, serta peneliti lain sejenis.
a. Bagi Penulis
Penulis mampu memahami dan mengerti kegiatan pemasaran
perusahaan sebagai penerapan ilmu perkuliahan dan praktik dilapangan khususnya
pada objek penelitian ini.
b. Bagi Perusahaan
Digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilalihan
langkah untuk perencanaan dan penyusunan serta pengawasan pemasaran perusahaan
pada masa yang akan datang, sehingga diharapkan perusahaan dapat terus
mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
c. Bagi Peneliti yang Sejenis
Dipakai sebagai perbandingan informasi bagi rekan-rekan yang
akan melakukan penelitian pada masa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi