Sabtu, 08 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS SISTEM PEMASARAN PADA PT. RODARODA GLOBAL MOTORINDO


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada umumnya suatu perusahaan dibentuk untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan umum dari suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba (profit). Kelangsungan hidup (continuity and survival) dan pertumbuhan (growth).

Didalam kegiatannya, semua perusahaan yang menghasilkan barang ataupun jasa selalu menginginkan produk yang dihasilkan tersebut terjual di pasaran. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi tujuan perusahaan tersebut. Dalam hal ini kegiatan yang menentukan laku atau tidaknya produk tersebut adalah pemasaran. Pemasaran yang baik, efisien dan efektif dapat meningkatkan jumlah penjualan produk yang ditawarkan kepada konsumen.
Pemasaran merupakan kegiatan yang penting yang perlu dilakukan suatu perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa, karena tanpa adanya pemasaran, produk yang dihasilkan akan sulit untuk terjual bahkan mungkin dapat mengakibatkan barang tidak dapat terjual sama sekali.
Pemasaran menurut Kotler (2000:19) adalah sebagai berikut:
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan menukaarkan produk yang bernilai satu sama lain.”
Definisi pemasaran ini didasarkan pada konsep inti sebagai berikut: Pertama, Kebutuhan manusia (human needs), dimana kebutuhan manusia
 merupakan ketidakberadaan beberapa kepuasan dasar. Kebutuhan ini tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar. Mereka merupakan hakikat biologis kondisi manusia. Yang kedua adalah keinginan (wants) dimana keinginan adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Keinginan manusia terus dibentuk dan diperbaharui oleh kekuatan dan lembaga sosial. Ketiga adalah permintaan (demands) yaitu keinginan atas produk yang spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. Keempat, produk (product) adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan satu kebutuhan dan keinginan. Produk atau juga sering disebut dengan penawaran dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu barang fisik, jasa dan gagasan. Selain keempat konsep yang disebutkan diatas, konsep kelima yang membentuk pemasaran adalah nilai (value) yang merupakan perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya. Keenam, biaya (cost) adalah pengorbanan pelanggan dalam memperoleh produk ataupun jasa yang diinginkannya. Ketujuh, kepuasan (satisfaction) dimana kepuasan berarti perasaan senang atau kecewa dari seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk ataupun jasa dengan harapan-harapannya. Konsep kedelapan adalah pertukaran (exchange) yang merupakan tindakan untuk memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan. Konsep lain yang merupakan bagian dari pemasaran adalah transaksi (transaction) yang merupakan perdagangan nilai-nilai antara dua pihak atau lebih. Transaksi melibatkan paling sedikitnya dua barang yang bernilai, persyaratan yang telah disepakati, waktu kesepakatan dan tempat kesepakatan. Kesembilan, pemasaran
 hubungan (relationship) adalah praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pelanggan, pemasok, dan penyalur guna mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang mereka. Jaringan pemasaran (marketing network) adalah pengembangan aset unik perusahaan yang terdiri dari perusahaan dan semua pihak pendukung yang berkepentingan yang secara bersama-sama dengan perusahaan telah membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan. Pasar (market) juga merupakan konsep yang mempengaruhi pemasaran. Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama, dimana para pelanggan tersebut mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu. Terdapat tiga faktor yang harus diperhatikan dalam permintaan pasar untuk produk dan jasa, yaitu orang-orang yang memiliki kebutuhan, daya beli, dan perilaku pembelian mereka, jadi di dalam suatu pasar akan terjadi suatu proses pertukaran, transaksi, dan hubungan. Selain pasar, dikenal juga pemasar yakni seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembali yang akan terlibat di dalam pertukaran nilai. Terakhir adalah calon pembeli, dimana calon pembeli merupakan seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran nilai tersebut. Konsep-konsep tersebutlah yang saling terikat didalam kegiatan pemasaran. Itulah yang membuat pengaruh pemasaran terhadap penentuan tujuan perusahaan sangat besar.
Untuk dapat membuat pemasaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien, maka diperlukan manajemen pemasaran perusahaan yang baik. Pada
 hakekatnya semua perusahaan memiliki manajemen perusahaan. Hal ini menunjukkan pentingnya pengaruh dari pemasaran terhadap perkembangan dari suatu perusahaan.
Definisi manajemen pemasaran menurut Kotler (1997:13) adalah sebagai berikut : “Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.”
Pada dasarnya, didalam manajemen perusahaan ini juga dikenal bauran pemasaran yang merupakan cakupan dari kegiatan manajemen perusahaan. Bauran pemasaran didefinisikan oleh Kotler (1997:82) adalah sebagai berikut : “Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang diigunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran.”
Secara umum, bauran pemasaran terdiri atas Produk(Product), Harga (Price), Tempat saluran distribusi (Place), Promosi (Promotion) dan Layanan pelanggan (Services). Biasanya disingkat dengan 4P ditambah S. Produk (Product) adalah segala sesuatu yang berbentuk barang ataupun jasa yang dapat ditawarkan ke pasar sasaran yang dapat dibeli, dikonsumsi, untuk digunakan guna memenuhi suatu keinginan atau kebutuhan. Produk merupakan elemen yang terpenting didalam bauran pemasaran, karena produklah yang dipasarkan oleh perusahaan. Dengan adanya produk, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Harga (Price) juga menentukan keberhasilan suatu pemasaran. Harga bertujuan untuk mencapai target pengembalian investasi,

menghadapi persaingan, memperoleh keuntungan maksimum, menjaga kestabilan harga, serta mempertahankan dan memperbaiki pangsa pasar. Tempat saluran distribusi (Place), merupakan lokasi dimana kegiatan penyampaian produk sampai ke tangan pemakai pada waktu yang tepat serta saluran atau mata rantai yang tepat dalam penyaluran barang produksi tersebut. Promosi (Promotion) juga merupakan bagian dari bauran pemasaran yang penting sebagai faktor penentu keberhasilan suatu pemasaran. Betapapun bermanfaatnya suatu produk, jika produk tersebut tidak dikenal oleh konsumen, maka produk tersebut tidak akan diketahui manfaatnya dan tidak akan dibeli oleh konsumen. Oleh karena itu, perusahaan harus berusaha untuk mempengaruhi konsumen untuk menciptakan permintaan atas produk tersebut dan kemudian usaha tersebut harus terus dipelihara dan dikembangkan. Layanan pelanggan (Services) merupakan hal yang sama pentingnya dengan bauran pemasaran yang lain. Layanan pelanggan tidak hanya terbatas pada produk jasa saja, tetapi juga pada produk barang. Pelayanan pelanggan bermanfaat untuk menambah daya tarik konsumen atas produk yang telah dibelinya, selain itu pelayanan pelanggan juga bermanfaat untuk mengetahui penilaian masyarakat atas kualitas dari produk-produk yang telah diproduksi.
Selain bauran pemasaran, dikenal juga segmentasi pasar. Dalam hal ini, perusahaan dapat menetapkan berbagai cara yang berbeda-beda untuk memisahkan pasar, kemudian mengembangkan profil-profil yang ada pada setiap segmen pasar dan menilai daya tarik dari masing-masing segmen tersebut. Kotler, (1986:352) mengemukakan definisi dari segmentasi pasar, yaitu : “Segmentasi
 pasar adalah usaha pemisahan pasar pada kelompok-kelompok pembeli menurut jenis-jenis produk tertentu dan memerlukkan beuran pemasaran tersendiri.”
Segmentasi Pasar bermanfaat untuk mendeteksi kecenderungan perubahan pasar, merencanakan produk yang sesuai dengan permintaan pasar, menentukan penampilan iklan secara efektif, serta memanfaatkan penggunaan promosi yang layak dalam media yang benar pada segmen dengan keuntungan yang terbesar. Segmentasi pasar yang efektif harus dapat diukur besar dan daya belinya dengan tingkat tertentu, dapat dicapai dan dilayani secara efektif, segmen pasar tersebut cukup besar atau menguntungkan serta memiliki program efektif yang disusun untuk menarik segmen pasar yang ada.
Melihat pentingnya manfaat pemasaran yang efektif dan efisien didalam suatu perusahaan, maka dalam Tugas Akhir ini akan dibahas mengenai “Analisis Sistem Pemasaran Pada PT. RodaRoda Global Motorindo.”
B. Perumusan Masalah
Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan sering mengalami hambatan dalam kegiatan pemasarannya. Pemasaran yang baik, efisien dan efektif akan membantu manajemen perusahaan dalam mencapai tujuan yang baik pula. Sehubungan dengan itu, maka pokok pembahasan permasalahannya yaitu : “Apakah sistem pemasaran pada PT. RodaRoda Global Motorindo telah tersusun dengan baik, serta dapat dilaksanakan dengan efektif dan dan efisien?

C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah:
a. Mengetahui bagaimana PT. RodaRoda Global Motorindo melakukan sistem pemasarannya.
b. Memahami tentang sistem pemasaran yang telah dipelajari selama masa perkuliahan.
c. Mencoba menerapkan teori-teori ilmiah praktik yang nyata pada perusahaan tentang pemasaran perusahaan.

D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi penulis, tetapi juga bagi perusahaan, serta peneliti lain sejenis.
a. Bagi Penulis

Penulis mampu memahami dan mengerti kegiatan pemasaran perusahaan sebagai penerapan ilmu perkuliahan dan praktik dilapangan khususnya pada objek penelitian ini.
b. Bagi Perusahaan

Digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilalihan langkah untuk perencanaan dan penyusunan serta pengawasan pemasaran perusahaan pada masa yang akan datang, sehingga diharapkan perusahaan dapat terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan.


c. Bagi Peneliti yang Sejenis

Dipakai sebagai perbandingan informasi bagi rekan-rekan yang akan melakukan penelitian pada masa yang akan datang.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi