BAB I
PENDAHULUAN
Perkembangan
teknologi yang semakin maju menuntut manusia untuk bertindak semakin cepat
dengan memperhatikan efisiensi di segala bidang, diantaranya dapat berupa
sistem, prosedur atau cara kerja yang kurang efisiensi dalam melaksanakan
pekerjaan kantor.
Kalangan
dunia usaha baik instansi pemerintah maupun instansi pemerintah maupun swasta
dalam melakukan usaha sangat mengandalkan fasilitas atau peralatan kerja untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efisien dan hasil kerja yang optimal.
Pengembangan
sumber daya manusia dapat meningkatkan produktivitas karyawan sehingga dapat
membentuk tenaga kerja yang produktif, terampil dan profesional yang bekerja
secara efektif dan efisien. Produktivitas sering pula dikaitkan dengan cara
sistem yang efisien, sehingga proses produksi berlangsung tepat waktu dan
dengan demikian tidak diperlukan kerja lembur dengan segala implikasinya,
terutama implikasi biaya. Dan merupakan hal yang logis dan tepat apabila
peningkatan produktivitas dijadikan salah satu sasaran jangka panjang Perguruan
Tinggi Negeri dalam rangka pelaksanaan strateginya. Disamping hal tersebut
terdapat pula berbagai faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja,
diantaranya adalah : Sikap mental, pendidikan, keterampilan, manajemen,
hubungan industrial pancasila, tingkat penghasilan, jaminan sosial, lingkungan
dan iklim kerja, sarana produksi, teknologi dan kesempatan berprestasi.
Efisiensi kerja merupakan suatu
prinsip dasar untuk melakukan setiap kegiatan suatu organisasi dengan tujuan
untuk dapat memperoleh hasil yang dikehendaki dengan usaha yang seminimal
mungkin dikaitkan dalam hubungannya dengan waktu, metode kerja dan biaya uang.
Dengan kata lain efisiensi kerja merupakan pelaksanaan cara-cara tertentu
dengan tanpa mengurangi tujuannya dan merupakan cara yang termudah
mengerjakannya, termurah biayanya, dan tersingkat waktunya.
Danfar (2009) menyatakan bahwa efisiensi kerja merupakan
suatu proses dan hasil-hasil efektif yang dicapai dari hasil-hasil usaha untuk
mencari yang lebih baik dan yang lebih mudah untuk melaksanakan suatu
pekerjaan. Suatu tindakan dapat disebut efisien apabila mencapai hasil yang
maksimum dengan usaha tertentu yang diberikan. Usaha yang dimaksud mengandung
tiga unsur yaitu waktu, metode kerja dan biaya.
Tujuan efisiensi kerja pada Departemen Manajemen Fakultas
Ekonomi USU adalah melakukan tugas dengan benar dan berusaha untuk mencari
cara-cara yang paling baik untuk mencapai suatu tujuan atau misi pada kantor
tersebut.
Efisiensi bertindak dengan cara yang dapat meminamilisir
kerugian atau pemborosan sumber daya dalam melaksanakan atau menghasilkan
sesuatu. Dalam pengertian manajemen yang sehat sudah tersimpul pengertian
efisiensi dalam arti bahwa segala sesuatu dikerjakan dengan berdaya-guna artinya
dengan tepat, cepat, hemat, dan selamat.
Efisiensi kerja merupakan suatu pengertian yang menunjukkan
suatu keadaan, maka cara penilaian efisiensi tersebut tidak dapat dilakukan
dalam waktu
sambil lalu saja, tetapi membutuhkan
waktu yang cukup dan dilakukan dengan penelitian. Berkenaan dengan prinsip
efisiensi yang meliputi semua bidang pekerjaan dan harus diterapkan disemua
bidang pekerjaan juga, maka jika prinsip efisiensi dapat diterapkan dengan
menciptakan produktivitas yang tinggi bagi organisasi. Selain itu, kinerja
suatu perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan dapat dilihat dengan
menganalisis “Tingkat Efisinsi”nya dengan menggunakan suatu indikator kinerja.
Efesiensi itu sendiri merupakan suatu usaha untuk memberantas
pemborosan bahan dan tenaga kerja maupun gejala-gejala yang merugikan. Menurut
Achmad (2007), efisiensi artinya perbandingan terbaik antara usaha yang telah
dikorbankan dengan hasil yang dicapai. Pengertian efesiensi pada prinsipnya
merupakan perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh
dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber-sumber dan waktu yang dipergunakan.
Penggunaan fasilitas yang efisien dan efektif akan mampu
mempermudah pelaksaan pekerjaan karyawan, sehingga kinerja atau produktivitas
Departemen Manajemen akan dapat mewujudkan tujuanya. Fasilitas sarana kantor
meliputi : Komputer, Telepon, Faksimile, Printer, Fotocopy, Mesin Tik dan In
Foccus. Masalah yang sering dijumpai atau terjadi dalam pekerjaan kantor
Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU adalah sebagai berikut :
1. Database pada komputer sudah penuh sehingga untuk
penyimpanan data sangat terbatas.
2. Virus komputer yang sering menggangu dan memperlambat
pekerjaan pegawai saat pengelolaan data dan penyimpanan data.
Pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU menggunakan
berbagai macam fasilitas kerja untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas
kerja dan ketepatan waktu pengerjaan tugas oleh karyawan maupun pegawai. Dengan
tersedianya fasilitas kerja yang terdapat pada Departemen Manajemen Fakultas
Ekonomi USU menyebabkan peningkatan produktivitas kerja secara terus-menerus.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis memilih judul “Efisiensi
Kerja pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi”.
B. Perumusan Masalah
Kegiatan operasional instansi pemerintah maupun perusahaan
swasta tidak terlepas dari suatu masalah. Masalah-masalah tersebut merupakan
suatu faktor penghambat dalam mencapai tujuan usaha.
Dari pemikiran-pemikiran yang telah diuraikan di atas, maka
dapat dibuat pokok masalah agar materi yang dibahas tidak menyimpang dari pokok
pembahasan dan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Penulis tertarik dan ingin
mengetahui “Bagaimana Efisiensi Kerja pada Departemen Manajemen Fakultas
Ekonomi Dapat.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
a. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian adalah:
1. Untuk mengetahui pelaksanaan
pekerjaan yang mempengaruhi efisiensi kerja staf dan pegawai Departemen
Manajemen Fakultas Ekonomi .
2. Mengidentifikasi
terhadap sistem kearsipan staf dan pegawai Departemen Manajemen Fakultas
Ekonomi .
b. Manfaat
penelitian
Adapun manfaat dari penelitian adalah :
1. Menambah pengetahuan penulis
tentang penerapan efisiensi kerja dalam pekerjaan kantor khususnya pada
Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi .
2. Sebagai bahan masukkan dan
pertimbangan Departemen Manajemen untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang
ada pada penerapan efisiensi kerja dalam pekerjaan kantor Departemen Manajemen
Fakultas Ekonomi .
3. Sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang berminat
terhadap kajian tersebut.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi