BAB I
PENDAHULUAN
a. Latar Belakang Masalah
Dalam proses menghasilkan barang atau jasa, suatu
perusahaan menggunakan beberapa faktor produksi yaitu : tenaga kerja (labour),
modal (capital), sumber daya fisik (physical resources), dan kewirausahaan
(entrepreneurship). Tenaga kerja yang sekarang lebih populer disebut dengan
sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor produksi yang sangat berpengaruh
dalam pencapaian hasil suatu perusahaan. Dengan adanya sumber daya manusia yang
kompeten maka suatu perusahaan akan mampu menghasilkan laba maksimal juga menunjukkan
kinerjanya terhadap masyarakat sebagai konsumen barang atau jasa yang
dihasilkan.
Setiap perusahaan atau instansi selalu berusaha
menggunakan faktor produksi sekecil mungkin untuk mencapai hasil yang maksimal.
Oleh karena itu, perusahaan akan menggunakan dana atau sumberdaya yang ada
secara efektif dan efisien.
Efisiensi merupakan suatu ukuran keberhasilan yang
dinilai dari segi besarnya sumber atau biaya yang digunakan untuk mencapai
hasil dari kegiatan yang dijalankan (www.scribd.com). Semakin kecil
biaya yang digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa berarti semakin
efisien penggunaan biaya tersebut. Begitu juga dengan penggunaan sumber daya
manusia, jumlah orang yang bekerja menentukan hasil yang akan dicapai, namun
tak selamanya jumlah pagawai yang
besar memberikan hasil
yang besar pula. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan dan menilai
kinerja pegawai yang dimilikinya.
Kinerja ( prestasi kerja ) adalah
hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh pegawai dalam
melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya
(Mangkunegara, 2005). Dengan segala kemampuan yang dimiliki, pegawai akan
bekerja sesuai tanggugjawab yang diberikan kepadanya untuk menunjukkan kinerjanya
kepada perusahaan.
Sebagai instansi yang menyediakan
jasa pendidikan, Fakultas Ekonomi memiliki berbagai fasilitas yang dapat
dinikmati oleh mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan akademik serta kegiatan
kemahasiswaan lainnya. Salah satu fasilitas yang disediakan itu adalah Ruang
Baca atau Perpustakaan.
Menurut UU Perpustakaan
pada Bab I pasal 1 menyatakan Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan
pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi
kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.
Ruang baca atau perpustakaan Fakultas Ekonomi tidak hanya menyediakan buku – buku ekonomi,
tetapi juga menyediakan skripsi dan tugas akhir sebagai referensi mahasiswa
untuk menyusun skripsi dan tugas akhir.
Ruang baca memiliki beberapa orang pegawai yang
berfungsi untuk melayani mahasiswa sebagai konsumen dari ruang baca tersebut.
Kinerja pegawai pada ruang baca tersebut mencerminkan pelayanan yang diberikan
oleh kampus
terhadap mahasiswa yang mengunjungi
ruang baca. Jumlah pegawai ruang baca juga perlu disesuaikan dengan
tanggungjawab mengelola ruang baca serta jumlah mahasiswa yang mengunjungi
ruang baca agar ruang baca tersebut dikelola dengan kinerja pegawai yang
efisien.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis memilih
judul “EFISIENSI KINERJA PADA BAGIAN RUANG BACA FAKULTAS EKONOMI ”.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah
dikemukakan di atas maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian, “Bagaimana
efisiensi kinerja pegawai Ruang Baca Fakultas Ekonomi ?”
C. Tujuan Penelitian
Tujuan penulisan Tugas Akhir ini, “Untuk mengetahui bagaimana
efisiensi kinerja pegawai Ruang Baca Fakultas Ekonomi .”.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat penulisan Tugas Akhir dari penelitian yang penulis
lakukan adalah :
1. Bagi Pembaca
Untuk menambah wawasan mengenai efisiensi kinerja pegawai
serta sebagai referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya.
2. Bagi Fakultas Ekonomi
Memberikan bahan masukan atau
penilaian mengenai efisiensi kinerja pegawai pada Ruang Baca Fakultas Ekonomi .
3. Bagi penulis
Untuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis mengenai
efisiensi kinerja pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya.
E. Sistematika Penelitian
1. Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Ruang Baca Fakultas Ekonomi Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Proses
penelitian berlangsung pada bulan Februari 2012.
2. Laporan Penelitian
Tugas Akhir ini dibagi atas empat bab dan setiap bab nya
dibagi atas beberapa sub bab antara lain:
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini, Penulis menjelaskan latar belakang penelitian,
perumusan masalah, tujuan, manfaat penelitian jadwal penelitian dan sistematika
penulisan.
BAB II : PROFIL INSTANSI
Dalam bab ini, Penulis menjelaskan mengenai sejarah ringkas
Fakultas Ekonomi USU, struktur organisasi dan Job Description, jenis
kegiatan, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
BAB III : PEMBAHASAN
Dalam bab ini, menjelaskan hasil penelitian mengenai segala
sesuatu yang berhubungan dengan judul tugas akhir. Pembahasan berupa efisiensi,
kinerja pegawai, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai, dan efisiensi
kinerja pegawai pada bagian Ruang Baca Fakultas Ekonomi .
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini, penulis mencoba menjelaskan tentang kesimpulan
yang merupakan inti dari pembahasan penelitian dan memberikan saran yang
bertitik tolak dari pengumpulan data yang dapat membangun bagi Fakultas Ekonomi
di masa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi