BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dalam
pelaksanaan suatu pekerjaan sering dijumpai kendala-kendala yang dapat
mempengaruhi kelancaran aktivitas kerja. Diantaranya dapat berupa sistem,
prosedur atau cara kerja yang kurang efisien dalam melaksanakan pekerjaan
kantor. Hal ini dapat dialami oleh seluruh unit dan kegiatan kerja lainnya.
Pada
setiap kantor akan ditemukan “unsur inti” yaitu manusia beserta
hubungan-hubungan sosial mereka dan “unsur kerja” yang meliputi sumber daya
insan, sumber daya nir-insani, dan sumber daya konseptual yaitu berupa
informasi atau data-data yang dapat diakses melalui internet. Dalam
kenyataannya unsur inti akan dipengaruhi oleh unsur kerja pada saat kantor
berfungsi sebagai perangkat untuk memasok informasi dan merawat aktiva sehingga
diperlukan cara-cara bekerja yang efisien.
Dari
uraian tersebut diatas, dapat kita ketahui bahwa kantor tidak hanya sebagai
tempat berkumpul orang-orang yang tergabung dalam sebuah organisasi atau
perkumpulan, tetapi juga berisi sistem informasi yang sistematis dan tersusun
rapi.
Setiap
kantor pasti mempunyai pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan didalamnya
seperti kegiatan administrasi. Sebagaimana definisi yang dikembangkan oleh
Masry (2004) bahwa administrasi merupakan pedoman/ petunjuk, kepemimpinan dan
pengawasan dari usaha-usaha kelompok atau individu-individu guna tercapainya
tujuan bersama.
pekerjaan kantor yang dilakukan
hendaknya sesuai dengan sumberdaya yang dimiliki untuk mencapai efektivitas dan
efisiensi kerja. kantor yang ingin mencapai tujuan dan hasil yang memuaskan
harus mampu melalui penerapan tata kerja dengan tepat, sesuai standartisasi dan
pengendalian kerja yang tepat. Tujuan efisiensi kerja pada kantor adalah untuk
melakukan tugas dengan benar sesuai tolak ukur atau standart suatu pekerjaan
dan berusaha untuk mencari cara-cara yang paling baik untuk mencapai suatu
tujuan atau misi pada kantor tersebut.
Efisiensi kerja merupakan suatu prinsip dasar untuk melakukan
setiap kegiatan suatu organisasi dengan tujuan untuk dapat memperoleh hasil
yang dikehendaki dengan usaha yang disesuaikan dan dikaitkan dalam hubungannya
dengan pemakaian tenaga jasmani, pikiran, waktu, ruang, benda, dan uang.
Efisiensi kerja juga merupakan suatu proses dan hasil-hasil efektif yang
dicapai dari hasil-hasil usaha untuk mencari yang lebih baik dan yang lebih
mudah untuk melaksanakan suatu pekerjaan berdasarkan suatu standart yang telah
ditentukan.
Sumber utama efisiensi sebenarnya ada dalam diri individu
masing-masing pegawai, karena dengan akal pikiran dan pengetahuan yang ada
pegawai mampu menciptakan kerja yang efisien. Unsur-unsur efisien itu antara
lain kesadaran, keterampilan atau skill, disiplin yang dimiliki oleh pegawai
serta kerja sama yang baik antara pegawai dengan ruang lingkup pekerjaannya.
Cara bekerja yang efisien dapat diterapkan oleh setiap orang
untuk semua jenis pekerjaan, baik itu pekerjaan yang berat maupun pekerjaan
yang ringan dengan menggunakan cara bekerja yang sederhana, dengan menggunakan
alat dapat membantu mempercepat penyelesaian pekerjaan.
Pelaksanaan efisiensi tidak hanya
dikalangan “atas” saja, tetapi juga meliputi tingkat pekerjaan sampai paling
“bawah”. Namun, untuk lebih meningkatkan jiwa efisiensi dalam diri pegawai,
maka dibuatlah peraturan-peraturan yang mengikat yaitu berupa penerapan tata
kerja di kantor atau perusahaan. Jika suatu peraturan yang telah disepakati
dilanggar maka akan dikenakan sanksi.
Dalam meningkatkan efisiensi kerja di suatu kantor atau
perusahaan yang pertama sekali dilakukan adalah dengan menerapkan tata kerja
yang baik. Selain untuk menetapkan disiplin kerja, penerapan tata kerja juga
berfungsi untuk memudahkan dalam pembagian tugas dan tanggung jawab dalam
bekerja. Adanya kemungkinan yang akan timbul dalam penyelenggaraan penerapan
tata kerja yang tidak efisien adalah dapat mengakibatkan sulitnya pimpinan
dalam mengambil keputusan yang cepat dan tepat bila terjadi suatu masalah
sehingga dapat terjadi penyimpangan, penyalahgunaan kekuasaan dan sulitnya
melakukan pengawasan dan pemeriksaan dengan cepat.
Efisiensi itu sendiri merupakan suatu usaha untuk memberantas
pemborosan bahan dan tenaga kerja maupun gejala-gejala yang merugikan. Menurut
Achmad (2007), efisiensi artinya perbandingan terbaik antara usaha yang telah
dikorbankan dengan hasil yang dicapai. Pengertian efesiensi pada prinsipnya
merupakan perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh
(output) dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber-sumber dan waktu yang
dipergunakan (input).
Berdasarkan uraian diatas, maka
penulis merasa tertarik untuk menulis laporan Tugas Akhir dengan judul ”Efisiensi
Kerja Pada Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi ”.
Dengan judul ini penulis dapat melihat bagaimana Efisiensi
Kinerja pada kantor Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi USU dalam aktivitas atau
kegiatan perkantoran yang dilakukan sehari-hari.
B. Perumusan Masalah
Kegiatan operasional instansi pemerintah maupun perusahaan
swasta tidak terlepas dari suatu masalah. Berdasarkan latar belakang yang
diuraikan di atas, maka terdapat perumusan masalah yang menjadi objek
penelitian yaitu :
1. Bagaimana efisiensi kerja Bagian
Keuangan Fakultas Ekonomi USU ditinjau dari kinerja pegawai ?
2. Apa hubungan prestasi kerja
pegawai terhadap efisiensi kerja pada Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi USU ?
3. Bagaimana sistem kearsipan
mempengaruhi efisiensi kerja Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi USU ?
4. Bagaimana hubungan fasilitas kerja mempengaruhi efisiensi
kerja pada Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi USU ?
C. Manfaat dan Tujuan Penelitian
a. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian adalah :
• Bagi Kantor / Perusahaan
1. Sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk memperbaiki
kelemahan-kelemahan yang ada pada penerapan efisiensi kerja dalam pekerjaan
kantor Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi .
• Bagi Peneliti/ Penulis
1. Menambah pengetahuan penulis
tentang penerapan efisiensi kerja dalam pekerjaan kantor khususnya pada kantor
Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi .
2. Sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang berminat
terhadap kajian tersebut.
b. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui sejauh
mana efisiensi kerja dalam pekerjaan kantor yang diterapkan pada kantor Bagian
Keuangan Fakultas Ekonomi .
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi