Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: TINJAUAN ATAS PENGENDALIAN ANGGARAN BIAYA ADMINISTRASI DAN UMUM PADA FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Semakin kompleksnya masalah menyebabkan banyak kegiatan harus dilaksanakan berdasarkan perencanaan yang cermat. Sebagai contoh suatu perusahaan di setiap aktivitas atau kegiatan yang dilakukan adalah bertujuan untuk mencapai suatu tujuan yaitu memperoleh laba. Aktivitas perusahaan itu dapat berupa kegiatan pemasaran, kegiatan personalia, maupun administrasi. Untuk mencapai tujuan perusahaan diperlukan manajemen yang baik dalam melakukan kegiatan operasional perusahaan yang meliputi perencanaan dan pengendalian yang tepat.

Perencanaan berguna untuk tujuan perusahaan, sedangkan pengendalian digunakan perusahaan sebagai alat untuk menilai apakah tindakan yang dilakukan sesuai dengan rencana. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alat manajemen untuk menilai keberhasilan pelaksanaan proses perencanaan dan pengendalian terutama yang berhubungan dengan kondisi keuangan perusahaan.
Perencanaan dan pengendalian yang baik juga mampu membantu dan mempermudah organisasi dalam mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, setiap organisasi seyogyanya menyusun anggaran, karena penganggaran itu penting untuk membuat perencanaan dan untuk mengendalikan kegiatan. Dengan demikian anggaran yang berfungsi sebagai perencanaan dan pengendalian kegiatan organisasi haruslah disusun dengan teliti, penuh
  
pertimbangan dan serta disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan yang terjadi saat ini.
Anggaran atau sering kita sebut dengan business budget adalah salah satu bentuk dari berbagai rencana yang mungkin disusun, meskipun tidak setiap rencana dapat disebut sebagai anggaran (Gunawan, 2003:1). Anggaran biaya administrasi dan umum bermanfaat sebagai alat pengendalian yang dilakukan oleh perusahaan, karena biaya administrasi dan umum dapat menjelaskan biaya-biaya yang dibebankan kepada masing-masing jenis produk yang bersangkutan. Pengendalian manajemen ini merupakan proses memotivasi dan memberi semangat kepada pada anggota organisasi dan mencapai tujuan secara efektif.
Untuk memenuhi segala aspek yang dikandung oleh pengertian diatas, maka anggaran harus disusun dalam bentuk tabel-tabel dan bersifat kuantitatif. Salah satu cara untuk menyajikan informasi biaya adalah dengan menggunakan pengklasifikasian biaya yang bertujuan mempermudah pengalokasian biaya pada setiap bagian yang bersangkutan dengan menggunakan kode-kode rekening. Dengan adanya sistem kode rekening tersebut, akan lebih mudah memungkinkan pemasukan dan pembebanan berbagai macam biaya yang dapat dilakukan secara tepat ke dalam rekening pembukuan.
Suatu anggaran harus saling mendukung suatu rencana kerja yang mencakup seluruh kegiatan dalam perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan prosedur penyusunan anggaran administrasi dan umum yang sesuai dengan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh suatu perusahaan.
  
Berdasarkan uraian diatas terlihat jelas bahwa pentingnya anggaran biaya administrasi dan umum dalam kegiatan operasional perusahaan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti dan menelaah mengenai pengendalian anggaran biaya administrasi dan umum melalui suatu penelitian yang akan dituangkan dalam bentuk penulisan Laporan Tugas Akhir. Adapun judul yang diambil untuk penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah: “Tinjauan Atas Pengendalian Anggaran Biaya Administrasi dan Umum Pada Fakultas Ekonomi  .”
B. Permasalahan

Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu Apakah Anggaran Biaya Administrasi dan Umum yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Unversitas Sumatera Utara sudah berfungsi sebagai alat pengendalian.
C. Maksud dan Tujuan
Maksud dari penelitin ini adalah untuk mengetahui, mengumpulkan data dan informasi, mengolah dan kemungkinan menganalisis data dan informasi tentang pelaksanaan anggaran biaya administrasi dan umum pada Fakultas Ekonomi USU.
Tujuan penulis mengadakan peninjauan adalah sesuai dengan masalah yang diidentifikasi di atas yaitu, untuk mengetahui apakah anggaran biaya administrasi dan umum pada Fakultas Ekonomi USU telah menjadi alat pengendalian.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi