Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: HAMBATAN PENYALURAN KREDIT PADA PT. BANK

     BAB I PENDAHULUAN
 A. ALASAN PEMILIHAN JUDUL 
Perkembangan dunia bisnis dewasa ini di negara kita terlihat semakin memacu laju pertumbuhan negara. Hal ini dipastikan akan sangat membantu dalam meningkatkan taraf hidup rakyat. Oleh sebab itu pemerintah perlu melakukan suatu perubahan-perubahan atas strategi yang diterapkan dalam dunia bisnis.

Sehubungan dengan usaha pemerintah dalam meningkatkan fungsi dari dunia bisnis di Indonesia yang sekaligus untuk memacu laju perekonomian negara, maka dalam hal ini pemerintah harus memperhatikan peran dan fungsi dari perbankan Indonesia, yaitu menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan dari kesejahteraan rakyat banyak.
Berdasarkan dari uraian ini, bahwa dunia perbankan tidak akan terlepas dari pembangunan nasional negara kita.
Selanjutnya peran bank dalam mendukung kegiatan bisnis pasti akan sangat besar pula. Dimana kita ketahui bahwa bank bekerja dalam menyalurkan kredit kepada pengusaha. Kredit bank diperlukan bagi pengusaha kecil, menengah, dan juga pengusaha yang telah memiliki modal besar.
Oleh sebab itu pemerintah kita dewasa ini berusaha untuk semakin mempererat kerjasama dengan pihak bank dalam upaya meningkatkan peran bank dalam rangka penyaluran kredit bagi nasabah atau pengusaha.
       Bank-bank yang dikelola oleh pemerintah ataupun bank swasta sekarang ini telah semuanya turut ambil bagian dalam penyaluran kredit bagi pengusaha yang membutuhkan tambahan modal kerja. Peran dari bank yang demikian akan sangat membantu dalam kelancaran operasional usaha yang telah menerima kredit tersebut. Karena itu pihak bank dimintakan untuk memberi kemudahan dalam pelayanan penyaluran kredit kepada para pengusaha yang membutuhkannya. Sama halnya dengan pengusaha yang memanfaatkan kredit bank agar kiranya dalam menyelesaikan pelunasan kreditnya sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak.
Namun dalam realisasinya penyaluran kredit oleh bank belum tentu berjalan dengan lancar karena tidak semua nasabah dapat mengembalikan kredit sesuai dengan perjanjian, artinya masih ada kredit yang macet. Dan ini merupakan kendala yang cukup berat yang harus dihadapi oleh bank dalam usahanya untuk menyalurkan kredit. Dari pihak nasabah sendiri banyak kendala yang harus dihadapi, misalnya mereka tidak sanggup untuk mengembalikan kredit yang telah dipinjam karena penurunan penjualan dan sebagainya.
Dari semua uraian di atas jelaslah terlihat bahwa banyak hambatan yang dihadapi oleh pihak bank maupun pihak nasabah dalam hal perkreditan.
Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk membahas mengenai hambatanhambatan dalam perkreditan ini. Dan selanjutnya penulis memilih judul “HAMBATAN PENYALURAN KREDIT PADA PT. BANK SUMUT CABANG UTAMA MEDAN”.
       B. PERUMUSAN MASALAH Seperti kita ketahui bahwa kegiatan penyaluran kredit merupakan salah satu kegiatan usaha dari bank, dimana dalam hal ini bank akan menyalurkan semua dana yang diperolehnya dari simpanan atau tabungan masyarakat kepada berbagai pihak yang akan membutuhkan kredit dari bank.
Untuk menarik minat dari para nasabah yang membutuhkan kredit, maka perlu kiranya pihak bank menerapkan suatu metode yang memiliki strategi yang baik dalam penyaluran kredit yang dibutuhkan nasabah. Apabila kita mengetahui sekarang ini tentang persaingan antar bank yang semakin tajam dalam usahanya menarik minat para nasabah yang membutuhkan kredit.
Karena itulah penulis merasakan dalam penyaluran kredit bank menemukan masalah atau hambatan dalam penyaluran kredit. Serta apa yang dibutuhkan dalam menanggulangi hambatan-hambatan dalam penyaluran kredit.
Dapat disimpulkan yang menjadi permasalahan pokok dari penulisan skripsi ini adalah apa hambatan yang dihadapi oleh PT. Bank Bank Sumut Cabang Utama Medan dalam menyalurkan kredit yang diberikan tersebut.
       C. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN 1. Tujuan Penelitian a. Untuk mengetahui secara jalas jenis-jenis kredit yang disalurkan dan jaminan yang diterima bank.
b. Untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin timbul dalam penyaluran kredit bank.
c. Untuk mengetahui strategi penanggulangan atas hambatan yang timbul dalam penyaluran kredit.
2. Manfaat Penelitian a. Bagi penulis, berguna untuk memenuhi salah satu syarat akademik dalam menyelesaikan pendidikan Diploma III Fakultas Ekonomi  .
b. Bagi lembaga pendidikan, berguna sebagai suatu bahan masukan bagi yang membutuhkannya.
c. Bagi pihak PT. Bank Sumut Cabang Utama Medan, dapat menjadi suatu bahan masukan dan menjadi bahan pertimbangan dalam memberikan penyaluran kredit nasabah yang akan datang.
       D. METODE PENELITIAN DATA Untuk menyelesaikan masalah yang terdapat dalam skripsi ini diperlukan data. Untuk memperoleh data dilakukan penelitian, maka dalam pembahasan ini penulis menggunakan dua metode penelitian yaitu : 1. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data ilmiah yang berhubungan dengan pokok-pokok permasalahan yang dibahas. Metode ini dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari literature-literature yang berhubungan dengan skripsi ini.
2. Penelitian Lapangan (Field Research) Penelitian yang langsung dilakukan pada objek yang dipilih yaitu pada PT.
Bank Sumut Cabang Utama Medan. Untuk mengumpulkan data tersebut penulis menggunakan dua cara yaitu : a. Dengan Wawancara Yaitu dengan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada pihakpihak yang berkepentingan di PT. Bank Sumut Cabang Utama Medan.
b. Dengan Observasi Yaitu dengan pelaksanaan suatu studi dari pengamatan dan pencatatan terhadap fenomena yang menjadi objek yang diteliti.
       E. SISTEMATIKA PEMBAHASAN Secara garis besar pembahasan dalam skripsi ini dilaksanakan dengan empat bab. Dalam setiap bab akan dibagi atas beberapa sub bab sesuai denagn penulisan lebih lanjut. Adapun sistematika pembahasan dan penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut : BAB I : PENDAHULUAN Bab ini mencakup alasan pemilihan judul, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode pengumpulan data, dan diakhiri sistematika pembahasan.
BAB II : PT. BANK SUMUT CABANG UTAMA MEDAN Bab ini mencakup sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, pengertian bank, pengertian kredit, syarat-syarat dan pertimbangan dalam memberikan kredit, dan hambatan dalam penyaluran kredit.
BAB III : ANALISA DAN EVALUASI Di dalam bab ini akan dianalisa dan dievaluasi seluruh hasil penelitian yang diperoleh dari perusahaan.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Skripsi ini akan ditutup dengan suatu kesimpulan dan saran yang diperoleh dari hasil evaluasi atas bab-bab terdahulu.

   
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi