BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Menurut
Sukirno (2004) Informasi merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan
bisnis dan organisasi, sehingga informasi merupakan variabel yang penting dalam
operasi organisasi/perusahaan, Disamping sumber daya alam, modal dan manusia.
Selain itu keterbatasan kapasitas manusia untuk mampu mengolah data dan
informasi yang begitu cepat berubah mendorong manusia untuk memanfaatkan secara
optimal teknologi dan sistem informasi yang pada zaman ini sudah menjadi bagian
yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan kegiatan sehari – hari.
Informasi
dibutuhkan untuk menyusun strategi yang dipakai dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan,
baik dalam perencanaan maupun pengawasan kegiatan organisasi/perusahaan. Setiap
keputusan yang diambil oleh organisasi/perusahaan merupakan hasil pengolahan
dari berbagai informasi yang terkumpul dan selanjutnya keputusan tersebut dapat
merupakan informasi bagi para karyawan dalam organisasi/perusahaan. Sistem
pengawasan yang efektif diperlukan dalam kegiatan operasi organisasi/perusahaan
agar dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat membantu
organisasi/perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan serta meningkatkan
produktivitas karyawan.
Agar
informasi dapat bermanfaat bagi organisasi/perusahaan dan pengguna – pengguna
lainnya, informasi haruslah relevan dan akurat sehingga tidak menimbulkan
kesalahan fatal dalam pengambilan keputusan. Informasi yang
disajikan
juga harus lengkap dan cepat secara periodik sehingga dalam pengambilan
keputusan dalam pekerjaan dapat dilakukan secara menyeluruh dan tepat pada
waktunya.
Dalam dunia yang
serba cepat dan penuh kompetisi dibutuhkan organisasi/perusahaan yang mampu
menampung dan menyaring informasi sebanyak mungkin. Kekuatan bisnis saat ini
sangat bergantung pada informasi yang dapat diolah menjadi keunggulan
kompetitif bagi dirinya. Pada masyarakat yang hidup sebelum era informasi,
penanganan informasi dilakukan secara manual atau secara mekanik dengan
menggunakan mesin – mesin yang bukan komputer.
Bahkan dalam era
informasi sekarang ini pun tidak sedikit organisasi/perusahaan, terutama yang
kecil yang masih mengolah informasi yang dibutuhkannya secara manual/mekanik.
Akan tetapi karena komputer dan perangkat lunak pendukungnya yang terdapat di
pasaran relatif makin murah dan memiliki kemampuan yang makin besar, makin
banyak pula organisasi yang melakukan komputerisasi. Setidaknya menurut
Situmorang dan Dilham (2007) ada lima faktor yang sangat mempengaruhi, yaitu:
a.
Pertumbuhan
internet dan teknologi (internet growth and technology convergence).
Ditandai dengan munculnya teknologi seperti VOIP, Wireless, komputer yang
semakin cepat dan semakin murah, banyak situs – situs bisnis.
b.
Perubahan
lanskap bisnis (transformation of the business enterprise), banyak
perusahaan yang telah merubah lanskap bisnisnya dari konvensional menjadi
digital.
c.
Pertumbuhan
globalisasi ekonomi (growth of a globally connected economy), munculnya
kesadaran untuk membuat komunitas ekonomi baik secara regional dan global
seperti integrasi ekonomi Asia, masyarakat ekonomi Eropah, dan sebagainya.
d.
Ledakan
informasi dan pengetahuan yang berbasis ekonomi (growth of knowledge and
information-based economies). Hal ini ditandai dengan globalisasi ekonomi
yang semakin meningkat, dan munculnya ide – ide baru (produk dan service)
di lingkungan bisnis.
e.
Munculnya
perusahaan – perusahaan digital (emergence of the digital firm), hal ini
ditandai dengan banyaknya bisnis berbasis digital.
Menurut O’Brien
(2006), sistem informasi adalah kesatuan sistem terdiri atas orang – orang, hardware,
software, jaringan komputer, sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah
dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi/perusahaan. Setiap orang
bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain
dengan menggunakan berbagai jenis alat fisik (hardware), perintah dan
prosedur pemrosesan informasi (software), saluran komunikasi (jaringan),
dan data yang disimpan (sumber daya data) sejak permulaan peradaban. Sistem
informasi memberikan nilai tambah terhadap proses, produksi, kualitas, manajemen,
pengambilan keputusan dan pemecahan masalah serta keunggulan kompetitif yang
tentu saja sangat berguna bagi kegiatan bisnis.
Terdapat
perbedaan antara data dengan informasi. Data adalah fakta – fakta, angka –
angka, atau keterangan mentah/kasar yang memiliki kaitan dengan
sebuah
organisasi yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. Data juga
menggambarkan sesuatu kejadian-kejadian (event) dan kesatuan nyata (fact dan
entity). Dalam representasinya, data ini juga dinyatakan dengan simbol-simbol,
gambar-gambar, kata-kata, angka-angka, atau huruf-huruf yang menunjukkan suatu
ide, obyek kondisi atau situasi tertentu. Data selalu bersifat umum dan belum
tentu memiliki relasi yang signifikan terhadap perencanaan dan pengambilan
keputusan pada sebuah organisasi/perusahaan.
Sedangkan
informasi adalah data yang telah diproses, atau yang memiliki arti bagi
pemakainya untuk kegunaan perencanaan dan pengambilan keputusan dalam sebuah
organisasi/perusahaan. Informasi berasal dari sumber – sumber internal maupun
lingkungan. Suatu pengolah informasi menyediakan informasi dalam bentuk lisan
dan tulisan dan digunakan dalam membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Perubahan data
menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi (information processor).
Pengolah informasi adalah salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual.
Pengolah informasi dapat meliputi elemen – elemen komputer, elemen – elemen non
– komputer, atau kombinasinya.
Sistem informasi
merupakan komponen pendukung proses manajemen dalam organisasi/perusahaan.
Dengan penanganan/penerapan sistem informasi yang terkelola dengan baik, maka
akan mendukung produktivitas kerja karyawan menjadi lebih baik. Dalam mengelola
organisasi/perusahaan, diperlukan berbagai jenis informasi guna mendukung
berbagai proses pengambilan keputusan, pertanggung jawaban, dan penyelenggaraan
kegiatan operasional.
Berdasarkan
hal tersebut, pengolahan informasi harus dilakukan dengan sebaik – baiknya,
sehingga informasi tersebut dapat terkumpul, terolah, dan tersimpan dengan
baik. Dengan demikian, informasi akan lebih mudah ditelusuri dan
didistribusikan sesuai dengan kebutuhan kerja karyawan pada suatu perusahaan.
Meskipun penggunaan berbagai jenis informasi tersebut berbeda dari satuan kerja
ke satuan kerja yang lain, namun pada tingkat tertentu terdapat kesamaan jenis
informasi yang dibutuhkan itu.
Oleh karena itu,
diputuskan penulisan Tugas Akhir dengan pembahasan mengenai PENERAPAN SISTEM
INFORMASI PADA BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI .
B.
Perumusan
Masalah
Dari uraian
diatas, maka dapat dibuat perumusan pokok masalah agar materi yang akan dibahas
tidak menyimpang dari pokok pembahasan dan sesuai dengan kebutuhan yang
diharapkan. Adapun perumusan masalah yang dapat diambil sebagai dasar kajian
dalam penelitian yang dilakukan yaitu:
“Bagaimana
Penerapan Sistem Informasi Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Kinerja Pegawai
pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi ”.
C.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan
Penelitian
Adapun yang
menjadi tujuan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :
1.
Untuk mengetahui
penerapan sistem informasi dalam upaya meningkatkan efisiensi kinerja pegawai
pada bagian akademik Fakultas Ekonomi .
Untuk
membandingkan antara teori yang ada dalam praktek dihubungkan dengan
teori-teori yang selama ini diterima dalam perkuliahan dan literatur-literatur
lainnya.
D. Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat
dari penelitian tersebut adalah :
1.
Sebagai
bahan masukan kepada Fakultas Ekonomi agar kinerja pegawai pada bagian akademik
Fakultas Ekonomi menjadi lebih baik.
2.
Menyediakan
informasi mengenai pentingnya sistem informasi yang dipergunakan untuk
perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan pada
bagian akademik Fakultas Ekonomi .
3.
Sebagai
bahan referensi Tugas Akhir bagi peneliti lain yang ingin meneliti mengenai
penerapan sistem informasi.
4.
Sebagai
tambahan ilmu pengetahuan mengenai sistem informasi organisasi/perusahaan.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi