Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENGARUH KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DAN PELAYANAN MAHASISWA DI BAGIAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Komunikasi merupakan hal yang memegang peranan penting bagi kelangsungan suatu perusahaan, baik perusahaan swasta maupun pemerintah. Komunikasi sangat diperlukan untuk menjalin hubungan kerjasama yang baik antara manusia yang berperan pada suatu perusahaan dan mempunyai pengaruh yang besar dalam proses pencapaian tujuan suatu perusahaan. Kata “komunikasi” berasal dari bahasa Latin, “comunis”, yang berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Akar katanya “communis” adalah “communico” yang artinya berbagi (Stuart,1983, dalam Vardiansyah, 2004 : 3). Komunikasi memungkinkan setiap anggota dalam suatu perusahaan untuk saling membantu, saling bekerjasama, dan saling mengadakan Interaksi.

Keberhasilan komunikasi akan tercapai apabila pemberi pesan dan penerima pesan sama-sama mengerti maksud dari penyampaian pesan tersebut dan telah memiliki kesimpulan yang sama sesuai dengan maksud yang terkandung dalam pesan yang disampaikan tersebut. Atau dengan kata lain, pemberi dan penerima pesan mengerti tentang apa yang sebenarnya diinformasikan tersebut. Untuk itu sangat dibutuhkan suatu kemampuan atau keterampilan dalam penyampaian informasi tersebut, baik pemilihan kata-kata maupun intonasi yang digunakan dalam suatu perusahaan demi kelancaran kegiatan perusahaan tersebut.
Tujuan dari komunikasi itu sendiri adalah sebagai informatif, pengendali dan persuasif, juga menciptakan rasa saling pengertian (understanding) antara

sesama komunikator (pemberi) dan komunikannya (penerima), mengandung unsur kebenaran atau fakta, memiliki keakuratan informasi, lengkap, mencakup keseluruhan fakta yang ada, menarik dan nyata. Hal yang dimaksudkan diatas masih memiliki beberapa proses, karena banyak hambatan dalam melakukan komunikasi tersebut, diantaranya: adanya perantara dalam penyampaian informasi, sehingga keakuratan informasi tersebut bisa dikatakan tidak lagi akurat. Bila hal ini terus terjadi, maka akan muncul salah pengertian (misunderstanding) yang mengakibatkan salah paham dalam pelaksanaan aktifitas suatu perusahaan yang juga akan menjadi penghambat kinerja karyawan. Karena itu, komunikasi haruslah dipahami dengan seksama.
Peran dari komunikasi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan sangatlah penting karena komunikasi yang baik dan benar akan meningkatkan kinerja karyawan, serta meningkatkan produktivitas perusahaan. Komunikasi pada dasarnya memiliki peranan penting tidak hanya diperusahaan, tetapi juga dilembaga-lembaga lain, juga dalam pergaulan dengan masyarakat luas.
Komunikasi memberikan pemahaman pada tugas yang berubah dan kemajuan, serta suksesnya perusahaan digunakan untuk penukaran informasi dan pendapat. Tanpa adanya hal tersebut, akan sulit mengadakan koordinasi, karena itu perwujudan komunikasi ini memiliki peran yang sangat penting.
Banyak fenomena-fenomena yang terjadi di Fakultas Ekonomi yang berkaitan dengan komunikasi. Diantaranya kesalahan komunikasi antara mahasiswa dan karyawan diakibatkan komunikasi yang kurang efektif dan bisa dikatakan kurang baik. Hal ini memunculkan misscomunication dan perbedaan

persepsi dalam melaksanakan suatu tugas atau perintah-perintah dan terkadang hal ini menyebabkan terjadinya konflik antara mahasiswa dan pegawai.
Berdasarkan pemahaman di atas, maka penulis mengangkat judul “Pengaruh Komunikasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Pelayanan Mahasiswa di Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi ”.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian tersebut maka perumusan masalah yang saya ambil sebagai dasar kajian dalam penelitianan yang saya lakukan adalah: Bagaimana pengaruh komunikasi dalam meningkatkan kinerja karyawan bagian kemahasiswaan dan juga meningkatkan pelayanan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi .
C. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh komunikasi untuk meningkatkan kinerja karyawan dan pelayanan mahasiswa di bagian kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah:
a. Untuk memberikan masukan serta saran yang bias bermanfaat bagi bagian kemahasiswaan Fakultas Ekonomi , mengenai masalah di bidang komunikasi.



b. Sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang berminat meneliti lebih lanjut terhadap judul yang telah penulis teliti.
c. Bagi penulis sendiri bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan mengenai komunikasi yang baik dan efektif yang harus dilakukan dalam suatu perusahaan.



Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi