BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Komunikasi
merupakan hal yang memegang peranan penting bagi kelangsungan suatu perusahaan,
baik perusahaan swasta maupun pemerintah. Komunikasi sangat diperlukan untuk
menjalin hubungan kerjasama yang baik antara manusia yang berperan pada suatu
perusahaan dan mempunyai pengaruh yang besar dalam proses pencapaian tujuan
suatu perusahaan. Kata “komunikasi” berasal dari bahasa Latin, “comunis”, yang
berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau
lebih. Akar katanya “communis” adalah “communico” yang artinya
berbagi (Stuart,1983, dalam Vardiansyah, 2004 : 3). Komunikasi memungkinkan
setiap anggota dalam suatu perusahaan untuk saling membantu, saling
bekerjasama, dan saling mengadakan Interaksi.
Keberhasilan
komunikasi akan tercapai apabila pemberi pesan dan penerima pesan sama-sama
mengerti maksud dari penyampaian pesan tersebut dan telah memiliki kesimpulan
yang sama sesuai dengan maksud yang terkandung dalam pesan yang disampaikan
tersebut. Atau dengan kata lain, pemberi dan penerima pesan mengerti tentang
apa yang sebenarnya diinformasikan tersebut. Untuk itu sangat dibutuhkan suatu
kemampuan atau keterampilan dalam penyampaian informasi tersebut, baik
pemilihan kata-kata maupun intonasi yang digunakan dalam suatu perusahaan demi
kelancaran kegiatan perusahaan tersebut.
Tujuan
dari komunikasi itu sendiri adalah sebagai informatif, pengendali dan
persuasif, juga menciptakan rasa saling pengertian (understanding)
antara
sesama komunikator (pemberi) dan
komunikannya (penerima), mengandung unsur kebenaran atau fakta, memiliki
keakuratan informasi, lengkap, mencakup keseluruhan fakta yang ada, menarik dan
nyata. Hal yang dimaksudkan diatas masih memiliki beberapa proses, karena
banyak hambatan dalam melakukan komunikasi tersebut, diantaranya: adanya
perantara dalam penyampaian informasi, sehingga keakuratan informasi tersebut
bisa dikatakan tidak lagi akurat. Bila hal ini terus terjadi, maka akan muncul
salah pengertian (misunderstanding) yang mengakibatkan salah paham dalam
pelaksanaan aktifitas suatu perusahaan yang juga akan menjadi penghambat
kinerja karyawan. Karena itu, komunikasi haruslah dipahami dengan seksama.
Peran dari komunikasi untuk meningkatkan produktivitas
perusahaan sangatlah penting karena komunikasi yang baik dan benar akan
meningkatkan kinerja karyawan, serta meningkatkan produktivitas perusahaan.
Komunikasi pada dasarnya memiliki peranan penting tidak hanya diperusahaan,
tetapi juga dilembaga-lembaga lain, juga dalam pergaulan dengan masyarakat
luas.
Komunikasi memberikan pemahaman pada tugas yang berubah dan
kemajuan, serta suksesnya perusahaan digunakan untuk penukaran informasi dan
pendapat. Tanpa adanya hal tersebut, akan sulit mengadakan koordinasi, karena
itu perwujudan komunikasi ini memiliki peran yang sangat penting.
Banyak fenomena-fenomena yang terjadi di Fakultas Ekonomi
yang berkaitan dengan komunikasi. Diantaranya kesalahan komunikasi antara
mahasiswa dan karyawan diakibatkan komunikasi yang kurang efektif dan bisa
dikatakan kurang baik. Hal ini memunculkan misscomunication dan
perbedaan
persepsi dalam melaksanakan suatu
tugas atau perintah-perintah dan terkadang hal ini menyebabkan terjadinya
konflik antara mahasiswa dan pegawai.
Berdasarkan pemahaman di atas, maka penulis mengangkat judul “Pengaruh
Komunikasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Pelayanan Mahasiswa di
Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi ”.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian tersebut maka perumusan masalah yang saya
ambil sebagai dasar kajian dalam penelitianan yang saya lakukan adalah:
Bagaimana pengaruh komunikasi dalam meningkatkan kinerja karyawan bagian
kemahasiswaan dan juga meningkatkan pelayanan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi .
C. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh komunikasi untuk meningkatkan kinerja karyawan dan pelayanan mahasiswa
di bagian kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah:
a. Untuk memberikan masukan serta saran yang bias bermanfaat
bagi bagian kemahasiswaan Fakultas Ekonomi , mengenai masalah di bidang
komunikasi.
b. Sebagai bahan referensi bagi
peneliti lain yang berminat meneliti lebih lanjut terhadap judul yang telah
penulis teliti.
c. Bagi penulis sendiri bermanfaat untuk menambah ilmu
pengetahuan mengenai komunikasi yang baik dan efektif yang harus dilakukan
dalam suatu perusahaan.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi