Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERANAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN TATA USAHA

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan informasi dewasa ini, maka peranan komunikasi juga dirasakan penting. Informasi sebagai produk dari komunikasi akan sangat bermanfaat dalam pelaksanaan kerja bagi anggota perusahaan secara keseluruhan. Suatu komunikasi yang baik dan lancar akan menghasilkan arus informasi yang baik untu kebutuhan para atasan dan karyawan. Sehingga tujuan organisasi/ kantor dapat tercapai. Komunikasi adalah saluran untuk memberi atau menerima, pengaruh mekanisme perubahan, alat untuk mendorong dan mempertinggi motivasi, perantara antara sarana yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya.

Setiap organisasi perusahaan bertujuan untuk mencapai sasaranyang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu memaksimalisasikan laba yang nantinya akan dipergunakan untuk kesejahteraan karyawan dan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Bilamana sasaran-sasaran perusahaan mampu memberikan rangsangan kepada karyawan guna meningkatkan produktivitasnya dalam pelaksanaan tugas-tugasnya. Produktivitas adalah hubungan antara kualitas yang dihasilkan dengan jumlah kerja yang dilakukan dengan melihat kompleksitasnya. Permasalahan-permasalahan mengenai bagaimana menyampaikan informasi ke seluruh bagian organisasi dan bagaimana menerima informasi dari seluruh bagian organisasi. Apalagi semakin berkembangnya suatu organisasi, maka sebagian

tanggung jawab dan wewenangnya didelegasikan kepada bawahannya. Dalam mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab, salah satu faktor penting bagi pelaksanaan tugas tersebut adalah adanya unsur kepercayaan yang besar terhadap bawahan. Namun hal tersebut tidak dapat tercapai begitu saja, karena banyak hambatan yang mungkin saja bisa terjadi dalam proses komunikasi seperti perbedaan dalam persepsi dan bahasa, pendengaran yang buruk, keterlibatan emosional, perbedaan budaya, dan gangguan fisik.
Kantor PTPN III Medan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, karet, dan produk-produk turunannya. Dengan demikian berarti perusahaan turut andil dalam memberikan tambahan devisa negara. Memiliki karyawan produktiv adalah impian setiap manajemen perusahaan. Namun untuk mendorong karyawan agar produktiv adalah tidak mudah. Produktivitas karyawan tidak hanya menyangkut dalam hal penjadwalam kerja karyawan, tetapi keterampilan berkominikasi juga penting, oleh karena itu menjalin hubungan komunikai yang terbuka, jujur, adil antara pimpinan dan karyawan akan mendorong karyawan untuk bekerja dengan senang hati sehingga produktivitas pun dapat ditingkatkan.
Untuk lebih mengetahui bagaiman dalam meningkatkan produktivitas karyawan, maka penulis mencoba meneliti dengan mengambil judul “Peranan Komunikasi dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Staff dan Karyawan pada Bagian Tata Usaha Kantor PTPN III Medan”.

B. Perumusan Masalah
Adapun yang menjadi perumusahn masalah didalam Tugas akhir ini adalah
1. Bagaimana Komunikasi diterapkan pada Kantor PTPN III Medan?
2. Apakah Komunikasi yang diterapkan di Kantor PTPN III Medan sudah Efektif, sehingga dapat meningkatkan Produktibitas Karyawan?
C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Penelitian ini berguna untuk mengetahui hal-hal berikut.
a. Penerapan komunikasi pada Kantor PTPN III Medan.
b. Penerapan komunikasi dalam hal mendorong peningkatan produktivitas karyawan
c. Pedia-media yang digunakan dalam komunikasi di Kantor PTPN III Medan.
d. Hambatan-hambatan yang dialami kantor dalam berkomunikasi.
2. Kegunaan Penelitian
Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
a. Sebagai bahan masukan bagi pimpinan dan manajemen dalam mengembangkan dalam hal komunikasi perusahaan guna meningkatkan produktivitas karyawan.
b. Untuk memberikan gambaran yang nyata pada penulis, bagaimana komunikasi tersebut diterapkan secara efektif dan efisien dalam meningkatkan produktivitas karyawan.

D. Sistematika Penelitian
1. Jadwal Kegiatan
Riset ini dilakukan oleh penulis pada kantor PT. Perkebunan III (Persero) dan jadwal kegiatan dapat dilihat pada Tabel 1.1 sebagai berikut:
Tabel 1.Jadwal Kegiatan
Jadwal Jadwal Penelitian dan Penyusunan Tugas Akhir
NO
Keterangan
Juni
Juli
I
II
III
IV
I
II
III
IV
1.
Mencari/menentukan tempat penelitian
2.
Pengajuan Judul Tugas Akhir
3.
Pengajuan surat izin riset dari fakultas kepada perusahaan
4.
Pengajuan surat permohonan Dosen Pembimbing
5.
Proses penelitian pada perusahaan
6.
Studi pustaka/penyusunan Tugas Akhir
7.
Bimbingan Tugas Akhir
Di dalam kegiatan pengumpulan data, penulis melakukan riset mulai tanggal 27 Juni 29 Juni 2012 pada kantor PT. Perkebunan III Persero Jl. Sei Batanghari No.2 Medan
2. Laporan Penelitian
Adapun laporan penelitian dari penulisan tugas akhir ini adalah
BAB I. PENDAHULUAN

Pada bab I ini penulis akan memaparkan latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian,sistematika penelitian yang terdiri dari: jadwal kegiatan dan laporan penelitian.
BAB II. PROFIL PERUSAHAAN/INSTANSI
Pada bab II ini penulis akan membahas sejarah singkat, visi dan misi perusahaan, paradigm baru perusahaan, struktur organisasi, uaraian tugas pada kantor PTPN III (Persero).
BAB III. TOPIK PENELITIAN
Pada bab III ini penulis akan menguraikan tenteng pengertian komunikasi, bentuk-bentuk komunikasi, serta hambatan-hamabatan dalam komunikasi dan perana komunikasi dalam meningkatkan produktivitas kerja staf dan karyawan PTPN III (Persero).
BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab IV ini penulis akan menguraikan kesimpulan dan saran terhadap sistem komunikasi yang telah berjaan pada kantor PTPN III (Persero) serta cara untuk lebih meningkatkan produktivitas karyawan.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi