BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Dengan semakin
berkembangnya kebutuhan akan informasi dewasa ini, maka peranan komunikasi juga
dirasakan penting. Informasi sebagai produk dari komunikasi akan sangat
bermanfaat dalam pelaksanaan kerja bagi anggota perusahaan secara keseluruhan.
Suatu komunikasi yang baik dan lancar akan menghasilkan arus informasi yang
baik untu kebutuhan para atasan dan karyawan. Sehingga tujuan organisasi/
kantor dapat tercapai. Komunikasi adalah saluran untuk memberi atau menerima,
pengaruh mekanisme perubahan, alat untuk mendorong dan mempertinggi motivasi,
perantara antara sarana yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya.
Setiap
organisasi perusahaan bertujuan untuk mencapai sasaranyang telah ditetapkan
sebelumnya, yaitu memaksimalisasikan laba yang nantinya akan dipergunakan untuk
kesejahteraan karyawan dan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Bilamana
sasaran-sasaran perusahaan mampu memberikan rangsangan kepada karyawan guna
meningkatkan produktivitasnya dalam pelaksanaan tugas-tugasnya. Produktivitas
adalah hubungan antara kualitas yang dihasilkan dengan jumlah kerja yang
dilakukan dengan melihat kompleksitasnya. Permasalahan-permasalahan mengenai
bagaimana menyampaikan informasi ke seluruh bagian organisasi dan bagaimana menerima
informasi dari seluruh bagian organisasi. Apalagi semakin berkembangnya suatu
organisasi, maka sebagian
tanggung jawab
dan wewenangnya didelegasikan kepada bawahannya. Dalam mendelegasikan wewenang
dan tanggung jawab, salah satu faktor penting bagi pelaksanaan tugas tersebut
adalah adanya unsur kepercayaan yang besar terhadap bawahan. Namun hal tersebut
tidak dapat tercapai begitu saja, karena banyak hambatan yang mungkin saja bisa
terjadi dalam proses komunikasi seperti perbedaan dalam persepsi dan bahasa,
pendengaran yang buruk, keterlibatan emosional, perbedaan budaya, dan gangguan
fisik.
Kantor PTPN III
Medan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit,
karet, dan produk-produk turunannya. Dengan demikian berarti perusahaan turut
andil dalam memberikan tambahan devisa negara. Memiliki karyawan produktiv
adalah impian setiap manajemen perusahaan. Namun untuk mendorong karyawan agar
produktiv adalah tidak mudah. Produktivitas karyawan tidak hanya menyangkut
dalam hal penjadwalam kerja karyawan, tetapi keterampilan berkominikasi juga
penting, oleh karena itu menjalin hubungan komunikai yang terbuka, jujur, adil
antara pimpinan dan karyawan akan mendorong karyawan untuk bekerja dengan
senang hati sehingga produktivitas pun dapat ditingkatkan.
Untuk lebih
mengetahui bagaiman dalam meningkatkan produktivitas karyawan, maka penulis
mencoba meneliti dengan mengambil judul “Peranan Komunikasi dalam Meningkatkan
Produktivitas Kerja Staff dan Karyawan pada Bagian Tata Usaha Kantor PTPN III
Medan”.
B. Perumusan
Masalah
Adapun yang
menjadi perumusahn masalah didalam Tugas akhir ini adalah
1. Bagaimana
Komunikasi diterapkan pada Kantor PTPN III Medan?
2. Apakah
Komunikasi yang diterapkan di Kantor PTPN III Medan sudah Efektif, sehingga
dapat meningkatkan Produktibitas Karyawan?
C. Tujuan dan
Kegunaan Penelitian
1. Tujuan
Penelitian
Penelitian ini
berguna untuk mengetahui hal-hal berikut.
a. Penerapan komunikasi
pada Kantor PTPN III Medan.
b. Penerapan
komunikasi dalam hal mendorong peningkatan produktivitas karyawan
c. Pedia-media
yang digunakan dalam komunikasi di Kantor PTPN III Medan.
d.
Hambatan-hambatan yang dialami kantor dalam berkomunikasi.
2. Kegunaan
Penelitian
Adapun kegunaan
dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
a. Sebagai bahan
masukan bagi pimpinan dan manajemen dalam mengembangkan dalam hal komunikasi
perusahaan guna meningkatkan produktivitas karyawan.
b. Untuk
memberikan gambaran yang nyata pada penulis, bagaimana komunikasi tersebut
diterapkan secara efektif dan efisien dalam meningkatkan produktivitas
karyawan.
D. Sistematika
Penelitian
1. Jadwal
Kegiatan
Riset ini
dilakukan oleh penulis pada kantor PT. Perkebunan III (Persero) dan jadwal
kegiatan dapat dilihat pada Tabel 1.1 sebagai berikut:
Tabel 1.Jadwal
Kegiatan
Jadwal Jadwal
Penelitian dan Penyusunan Tugas Akhir
NO
Keterangan
Juni
Juli
I
II
III
IV
I
II
III
IV
1.
Mencari/menentukan
tempat penelitian
2.
Pengajuan Judul
Tugas Akhir
3.
Pengajuan surat
izin riset dari fakultas kepada perusahaan
4.
Pengajuan surat
permohonan Dosen Pembimbing
5.
Proses
penelitian pada perusahaan
6.
Studi
pustaka/penyusunan Tugas Akhir
7.
Bimbingan Tugas
Akhir
Di dalam
kegiatan pengumpulan data, penulis melakukan riset mulai tanggal 27 Juni 29
Juni 2012 pada kantor PT. Perkebunan III Persero Jl. Sei Batanghari No.2 Medan
2. Laporan
Penelitian
Adapun laporan
penelitian dari penulisan tugas akhir ini adalah
BAB I.
PENDAHULUAN
Pada bab I ini
penulis akan memaparkan latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat
penelitian,sistematika penelitian yang terdiri dari: jadwal kegiatan dan
laporan penelitian.
BAB II. PROFIL
PERUSAHAAN/INSTANSI
Pada bab II ini
penulis akan membahas sejarah singkat, visi dan misi perusahaan, paradigm baru
perusahaan, struktur organisasi, uaraian tugas pada kantor PTPN III (Persero).
BAB III. TOPIK
PENELITIAN
Pada bab III ini
penulis akan menguraikan tenteng pengertian komunikasi, bentuk-bentuk
komunikasi, serta hambatan-hamabatan dalam komunikasi dan perana komunikasi
dalam meningkatkan produktivitas kerja staf dan karyawan PTPN III (Persero).
BAB IV.
KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab IV ini
penulis akan menguraikan kesimpulan dan saran terhadap sistem komunikasi yang
telah berjaan pada kantor PTPN III (Persero) serta cara untuk lebih
meningkatkan produktivitas karyawan.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi