BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Komunikasi memegang peranan penting bagi kehidupan suatu
perusahaan, baik perusahaan swasta maupun pemerintahan. Komunikasi sangat
penting untuk menjalin hubungan kerja sama antara manusia yang terlibat dalam
organisasi dan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam proses pencapaian
tujuan organisasi. Komunikasi akan memungkinkan setiap anggota organisasi untuk
saling membantu, saling mengadakan interaksi.
Komunikasi akan berhasil apabila pengirim pesan dan penerima pesan
besama-sama mencapai pengertian dan kesimpulan yang sama sesuai dengan yang
dimaksudkan, tentang apa yang sebenarnya yang diinformasikan. Untuk itu sangat
diperlukan keterampilan dalam pemakaian bentuk-bentuk komunikasi dalam suatu
perusahaan demi kelancaran aktifitas perusahaan.
Tujuan dari pada komunikasi adalah sebagai informatif, pengendali
dan persuasif, selain itu komunikasi juga bertujuan menciptakan dan saling
memberi pengertian (understanding) antara sesama komunikator (pengirim)
dan komunikannya (penerimanya), mengandung kebenaran, lengkap, mencakup
keseluruhan menarik dan nyata. Tetapi hal ini tidak bisa dicapai begitu saja,
karena ada banyak hambatan dalam komunikasi, misalnya: banyaknya perantara
dalam proses penyampaian informasi sehingga yang disampaikan tidak lagi akurat,
dan jika hal ini terjadi akan mengakibatkan salah pengertian
(missunderstanding)
yang
akan berdampak terjadinya salah paham dalam pelaksanaan aktifitas kantor yang
kemudian akan menghambat produktivitas karyawan, oleh karena itu komunikasi
sangat penting untuk dipahami dengan baik.
Peranan
komunikasi dalam meningkatkan produktivitas perusahaan sangat penting karena
sistem komunikasi yang baik akan meningkatkan aktifitas kerja karyawan serta
dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Komunikasi pada hakekatnya
memegang peranan penting tidak hanya diperusahaan saja, tetapi juga
dilembaga-lembaga lainnya, dalam pergaulan dengan masyarakat.
Komunikasi
memberikan pemahaman pada tugas yang berubah dan kemajuan serta suksesnya
organisasi digunakan untuk penukaran informasi dan pendapat. Tanpa adanya
komunikasi yang baik, maka akan sulit mengadakan koordinasi, karena itu
perwujudan komunikasi ini memiliki peran yang sangat penting.
Banyak sekali
fenomena-fenomena yang terjadi di Fakultas Ekonomi USU mengenai komunikasi.
Misalnya kesalah pahaman antara staf dan pegawai di akibatkan oleh komunikasi
yang kurang baik. Hal ini menyebabkan misscommunication dan perbedan
sudut pandang dalam melaksanakan suatu tugas atau perintah-perintah terkadang
hal ini juga menyebabkan terjadinya konflik antara staf dan pegawai.
Berdasarkan
Pemahaman diatas, maka penulis mengambil judul “pengaruh komunikasi dalam meningkatkan
produktivitas kerja staf dan pegawai pada Fakultas Ekonomi ”
B.
Perumusan Masalah
Berdasarkan
uraian tersebut maka perumusan masalah yang saya ambil sebagai dasar kajian
dalam penelitian yang saya lakukan yaitu:
Bagaimana
pengaruh komunikasi dalam meningkatkan produktivitas kerja staf dan pegawai
pada Fakultas ekonomi USU.
C. Tujuan
Penelitian
Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi dalam meningkatkan
produktifitas kerja staf dan pegawai pada Fakultas Ekonomi USU .
D. Manfaat
Penelitian
Manfaat dari penelitian adalah :
a. Untuk memberikan masukan serta
menyampaikan saran yang mungkin bermanfaat bagi Fakultas Ekomoni USU, mengenai
masalah yang di hadapi dibidang komunikasi.
b. Sebagai
referensi bagi peneliti-peneliti lain yang beminat terhadap judul yang penulis
teliti.
c. Bagi penulis
bermanfaat sebagai tambahan ilmu pengetahuan khususnya mengenai sistem
komunikasi yang baik yang seharusnya dilaksanakan dalam suatu perushaan.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi